Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Cara Setting Cloudflare di Website [Termudah]

2 min read

22_11_20 Cara Setting Cloudflare di Website Anda

Siapa yang tidak ingin punya website super ngebut, ya? Nah, menggunakan layanan CDN seperti Cloudflare bisa menjadi solusinya. Tapi, bagaimana cara setting Cloudflare di website?

Tenang, jawabannya ada di sini, kok. Kali ini, kami akan ajak Anda belajar cara menggunakan Cloudflare dengan langkah-langkah yang mudah.

Yuk langsung praktik tutorial selengkapnya!

Apa itu Cloudflare?

apa itu cara setting cloudflare

Cloudflare adalah penyedia layanan CDN (Content Delivery Network) yang bisa membantu mempercepat akses menuju website Anda. 

Hal itu bisa terjadi karena cara kerja Cloudflare CDN adalah mengirimkan konten website dari server terdekat. Artinya, transfer data dibuat lebih efektif dengan melihat lokasi pengunjung.

Cloudflare memiliki lebih dari 275 jaringan server yang tersebar di seluruh dunia. Sehingga, akses website yang telah didaftarkan ke Cloudflare akan dilayani oleh server terdekat tadi.

jaringan server cloudflare domain

Nah, Anda sudah paham pengertian Cloudflare, kan? Berikutnya, yuk praktik langsung cara setting domain di Cloudflare dengan scroll ke bawah!

Cara Setting Cloudflare dengan 6 Langkah Mudah

Urutan langkah cara mengaktifkan Cloudflare domain adalah sebagai berikut:

  1. Persiapan
  2. Daftar Akun Cloudflare
  3. Tambahkan Domain Website Baru
  4. Cek DNS & Nameserver Cloudflare
  5. Ubah Nameserver Bawaan
  6. Tunggu Propagasi DNS

Langsung mulai dari langkah yang pertama, yuk!

1. Persiapan

Sebelum mulai mengaktifkan Cloudflare, pastikan Anda sudah memiliki website dengan domain aktif. Anda bisa berlangganan domain murah di penyedia layanan tepercaya, seperti Niagahoster.

Jika sudah punya Cloudflare domain, silakan lanjut ke langkah nomor dua!

Baca juga: Sinkronisasi VPS ke Cloudflare

2. Daftar Akun Cloudflare

Berikutnya, Anda perlu mendaftar akun baru di Cloudflare. Apabila sudah pernah daftar sebelumnya, cukup klik Login dan silakan menuju langkah yang ketiga.

Kembali lagi, cara daftar akun Cloudflare adalah:

1. Buka website resmi Cloudflare, lalu klik tombol Sign Up.

1 cara setting cloudflare buka halaman resmi

2. Isikan alamat email dan password Anda pada kolom yang tersedia, kemudian klik Sign Up.

2 daftar akun cloudflare domain

3. Periksa inbox email Anda, lalu ikuti instruksi yang diberikan Cloudflare.

3. Tambahkan Domain Website Baru

Setelah daftar atau login akun Cloudflare, sekarang waktunya mendaftarkan domain Anda ke layanan CDN ini. Langkah-langkahnya adalah:

1. Di dashboard Cloudflare, klik Add Site.

3 tambahkan site

2. Berikutnya, tuliskan nama domain Anda lalu klik Add Site.

4 cara setting domain di cloudflare tambahkan website

3. Cloudflare akan menyodorkan beberapa opsi layanan untuk Anda pilih. Sebagai contoh, kami akan mencoba plan Free. Kemudian, klik Continue.

5 pilihan paket cloudflare

Baca juga: Sinkronisasi IPv6 Cloudflare

4. Cek DNS & Nameserver Cloudflare

Cara setting Cloudflare langkah berikutnya yaitu memeriksa konfigurasi DNS dan nameserver Cloudflare. Nah, ini dia urutan langkahnya:

1. Setelah memilih plan, Anda akan menjumpai tampilan berikut. Silakan periksa apakah A record sudah mengarah ke IP hosting Anda. Jika lupa detail IP Address, baca lagi panduan cek IP hosting.

6 cara menggunakan cloudflare review dns

2. Jika konfigurasi DNS sudah sesuai, lanjutkan dengan klik Continue.

3. Berikutnya, waktunya mereview informasi nameserver. Nah, Cloudflare menyediakan dua nameserver untuk Anda gunakan di langkah selanjutnya. Maka, catat kedua informasi tersebut, ya.

7 cara setting cloudflare review nameserver

5. Ubah Nameserver Bawaan

Cara setting domain di Cloudflare berlanjut dengan mengganti nameserver bawaan penyedia domain. Bagaimana caranya?

1. Buka sebuah tab browser baru, lalu kunjungi Member Area Niagahoster.

2. Jika sudah login, buka Layanan Anda > Domain > Kelola Layanan

tombol kelola layanan domain niagahoster

3. Di halaman selanjutnya, silakan cek bagian Overview Domain, tepatnya di kolom Nameserver

kolom nameserver di bagian overview domain

4. Klik tombol Ubah Nameserver, lalu ganti form Nameserver 1 dan Nameserver 2 sesuai informasi dari Cloudflare.

5. Simpan perubahan nameserver Cloudflare dengan klik Simpan.

Baca juga: Apa Name Server Saya?

6. Tunggu Propagasi DNS

Langkah terakhir dalam setting Cloudflare yaitu memverifikasi beberapa hal di Cloudflare. Ikuti langkah mudah berikut:

1. Kembali ke tab browser Cloudflare, lalu klik Done, check nameservers.

11 cara menggunakan cloudflare validasi nameserver

2. Jika sudah, Anda bisa cek status penggunaan Cloudflare domain. Apabila masih pending, artinya Anda masih dalam masa propagasi DNS. Yaitu, waktu yang dibutuhkan untuk update informasi DNS ke server baru.

3. Silakan tunggu propagasi DNS yang memakan waktu maksimal 2×24 jam. Jika statusnya sudah active, maka website Anda sudah bisa diakses secara normal.

12 cara setting domain di cloudflare telah berhasil

Sampai di sini, Anda telah berhasil menyelesaikan tutorial setting Cloudflare. Oh ya, Anda juga bisa mencoba cara menghapus website dari Cloudflare jika sudah tidak ingin memakai layanan ini lagi.

Intinya, cara mengaktifkan atau menonaktifkan Cloudflare domain sama mudahnya.

Tertarik Mencoba Cara Setting DNS Cloudflare?

Di artikel ini, Anda sudah mempraktikkan cara setting Cloudflare di website secara mudah. Pun demikian, cara setting domain di Cloudflare hanyalah salah satu upaya untuk mempercepat akses website.

Anda harus ingat kalau kecepatan website juga dipengaruhi kualitas hosting yang digunakan. Untuk itu, pastikan selalu gunakan layanan hosting yang teruji kecepatannya, seperti Unlimited Hosting Niagahoster.

Layanan ini menggunakan LiteSpeed Web Server, web server tercepat di dunia saat ini. Selain itu, ada juga protokol jaringan generasi terbaru HTTP/3 dengan kecepatan hingga 10Gig/s yang semakin mempercepat loading website Anda.

Jadi tunggu apa lagi, yuk gunakan Unlimited Hosting Niagahoster sekarang!

Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

71 Replies to “Cara Setting Cloudflare di Website [Termudah]”

    1. Halo Pak Deni Saputro,

      Untuk error tersebut dapat disebabkan karena terdapat masalah pada CloudFlare atau pada server website Anda sendiri. Jika masalah berasal dari server website Anda, silakan untuk menghubungi bagian support untuk dilakukan pengecekan. Untuk referensi silakan menuju link berikut https://goo.gl/q4KEFv

  1. sesudah setting, halaman selain homepage terdapat error SSL_ERROR_INTERNAL_ERROR_ALERT, kira2 knp ya?

    1. Hallo Bapak Ariansyah,

      Untuk error: SSL_ERROR_INTERNAL_ERROR_ALERT, dapat disebabkan karena domain masih dalam masa propagasi DNS, biasanya memerlukan waktu maksimal 72 jam

    1. Halo Bapak Habibi,

      Perbedaan SSL gratis dari CloudFlare dan SSL Berbayar adalah untuk SSL gratis dari CloudFlare digunakan oleh lebih dari 50 customer, untuk penamaan di bagian infonya menggunakan CloudFlare (contoh: ssl123456.cloudflaressl.com), sedangkan untuk yang berbayar digunakan oleh Anda sendiri dan namanya adalah nama domain Anda.

      1. Terus jika dari segi keamanan website apa beda kalo yang bayar sama yang gratis mas?

        1. o ya, jika nanti kita mau gunakan yang berbayar apa SSL Gratis ini ini akan tetap tau akan dihapus ya mas 🙂

  2. Mantab infornya, saya langsung praktikan langkah diatas..
    tinggal menanti propagasi, smg lancar.. amin

  3. Website saya coba menggunakan layanan cloudflare CDN dan setelah resolve mengalami masalah, klien saya tidak bisa open tiket di client area. saat mereka coba submit tiket otomatis logout. kenapa itu tuan?

    1. Halo,

      Kemungkinan hal tersebut dapat disebabkan IP yang digunakan klien Anda adalah IP dinamis(berubah-ubah), untuk solusinya klien Anda dapat menginstal Add-Ons anonymox di browsernya. semoga berhasil 🙂

      1. Kenapa setelah daftar cloudflare, web saya untuk postingan dan artikel gx update jika dibuka dengan browser operasi?

        1. Hai, apakah maksudnya browser Opera? Kondisi postingan atau artikel tidak update bisa jadi karena beberapa hal. Misalnya DNS masih dalam proses propagasi, atau cache website belum berubah. Mungkin bisa refresh browser, clear cache, atau mencoba menggunakan browser lain, ya. Terima kasih.

  4. Maf mau tanya kenapa setelah menggunakan cdn CloudFlare tidak bisa menerima email dari domain, tetapu dapat mengirim email

  5. Jika dikombinasikan dengan plugin wp super chace di wordpress, apakah ada pengaturan khusus min?

    1. Tidak ada pengaturan khusus, tapi pastikan di setingan cloudflare pada bagian Speed > Auto Minify untuk Javascript, CSS, HTML tidak aktif / tidak dicentang.

    1. Coba dibalikin ke setingan semula/nameservernya diarahkan langsung ke hosting, kemudian diseting ulang ke cloudflare (pastikan untuk nameserver hanya menggunakan 2 nameserver cloudflare saja). semoga membantu. 🙂

      1. pada settingan di dashboard domain, nameserver diubah menjadi 2nameserver dari cloudflare saja . Apakah settingan 2 nameserver dengan hosting tidak akan terpengaruh? mengalami error?

        1. Settingan dua nameserver yang lain dihapuskan, jadi hanya tinggal dua nameserver saja yang tersedia.

  6. Hallo min,
    Mau tanya nih, sebelumnya web saya sudah terinstall Rapid SSL. Ketika menggunakan CDN CLoudflare yang terbaca adalah FREE SSL dari Cloudflare.
    Nah solusi agar kita bisa pakai DNS CLoudflare tetapi SSL tetap terbaca Rapid SSL gimana ya?

    Terima kasih

    1. Halo,

      Jika ingin menggunakan SSL yang dimiliki, anda perlu mengupgrade CloudFlare ke versi berbayar terlebih dahulu, berikut referensinya: https://support.cloudflare.com/hc/en-us/articles/200170466-How-do-I-upload-a-custom-SSL-certificate-Business-or-Enterprise-only-

      semoga membantu. 🙂

  7. apakah bisa langsung mengaktifkan ssl dari cloudflare di cpanel niaga hoster pak? kalo bisa bagaimana caranya?
    terima kasih banyak. 🙂

    1. Jika menggunakan DNS CloudFlare, untuk mengaktifkan SSL dapat melalui dashboard CloudFlare, silakan pilih menu Crypto, kemudian pada bagian SSL pilih Flexible.

  8. min, mau tanya donk, untuk setting email jika sudah menggunakan cloudflare gimana ya? thanks.

    1. Biasanya untuk email sudah otomatis terseting. Untuk mengeceknya, silakan login di akun CloudFlare, kemudian pilih menu DNS dan cek bagian mail.

  9. setelah aktifkan cloudflare banyak masalah..
    salah satunya error 502
    setelah baca artikel https://goo.gl/q4KEFv menurut artikel ini kesalahan bukan di cloudflare tapi di server hosting.
    gimana memperbaikinya ?

    1. Untuk solusinya, karena kesalahan ada pada server, silakan menghubungi support layanan hosting yang Anda gunakan untuk dilakukan pengecekan lebih lanjut.

  10. ikut nimbrung., kok setelah pakai cloudflare, Cpanel saya jadi eror tampilannya ya gan?apa memang begitu? tampilannya cuma tulisan-tulisan html saja?terimakasih

    1. Coba akses cPanel Anda melalui url default dari hosting Anda, biasanya dikirimkan melalui email ketika hosting diaktifkan, bukan dari domain yang diseting CloudFlare tapi berupa IP atau alamat khusus.

  11. Saya baru pasang, kenapa masih sama ya min saya cek pakai gtmetrix, apa harus menunggu beberapa jam supaya cepat

  12. saya sudah setting cloudfare seperti di pilihan A tapi tidak terjadi apa apa, dan saat saya buka menu cludfare di cpanel saya masih di suruh untuk setting nameserver, pdahal nameserver sudah saya rubah

    1. Jika langkah yang Anda lakukan sudah sesuai dengan tutorial, silakan ditunggu untuk proses pointing, untuk memastikan nameserver Anda menggunakan nameserver CloudFlare, dapat dicek melalui intodns.com

    1. Untuk CloudFlare free plan tidak ada batasan waktu, silakan cek melalui tautan berikut: https://www.cloudflare.com/plans/

  13. Makasih infonya gan 100% berhasil dan semoga yang hosting di niagahoster juga menggunakan cloudflare ini..

  14. Saya sudah setting cloudflar. Tapi permasalahan nya, wp-admin jadi tidak bisa diakses.

    ERR_SSL_VERSION_OR_CHIPER_MISMATCH

    Solusi nya gimana ya min?

  15. Apakah juga support untuk platform Joomla ? Adakah yang pernah menggunakan dengan platform joomla disini ?

    1. Jika menggunakan Joomla Anda bisa menyetingnya juga dengan mengganti nameserver menggunakan cloudflare

    1. Apakah sudah dilakukan pengaturan pada nameserver domainnya?
      Nameserver domain seharusnya sama dengan nameserver pada hosting

  16. Sempat mau dipasang untuk website yang lain tapi hasilnya malah gagal nih 😀 langsung aja nameserver cloudflarenya saya copot lagi

  17. Siang admin, mo nanya min. Untuk pengguna WP dgn plugin CloudFlare, apa mesti mulai dari awal pilihan B ya?
    Atau langsung cara instal plugin sy ikut min?
    Maaf min banyak tanya, masih newbie.

    1. Kalau saya pribadi menggunakan yang langsung ke Cloudflare, dikarenakan jika ingin menambahkan situs web tinggal masuk dan menambahkan saja.

  18. saya daftarkan nama domain di cloudflare dan setup di wordpress menggunakan plugin cloudflare,
    apakah harus merubah nameserver di cpanel juga?

  19. Setelah setting CDN Cloudflare ternyata mengalami banyak error, dan harus melakukan settingan ulang karena error tersebut. Tapi ya setidaknya hal ini dapat membantu karena bandwith menjadi lebih irit setelahnya. Terima kasih sudah berbagi panduannya pak…

  20. Terima kasih, artikelnya sangat membantu sekali.

    Sudah berulang kali mempraktekkan metode di artikel ini, maaf baru sempat komen.

  21. halo min mau tanya, “Penting: Mengaktifkan CloudFlare untuk cPanel, email, ftp atau sistem lainnya tidak disarankan karena dapat menyebabkan berbagai masalah DNS.” mending dibiarin berwarna abu-abu atau dihapus ya?

    1. Halo, mohon maaf atas keterlambatan responnya.

      Anda dapat membiarkannya saja dan tidak mengaktifkannya.

  22. Halo mas. Kenapa tiba” jadi keluar error seperti ini ya setelah saya pasang cloudflare,padahal sebelumnya tidak ada masalah?
    SSLError: HTTPSConnectionPool(host=’namawebsite.com’, port=443): Max retries exceeded with url: (Caused by SSLError(SSLError(1, ‘_ssl.c:510: error:14077410:SSL routines:SSL23_GET_SERVER_HELLO:sslv3 alert handshake failure’),))

  23. Halo mas,saya ingin bertanya. Kenapa setelah saya pasang cloudflare,ada error seperti ini ya?
    SSLError: HTTPSConnectionPool(host=’namawebsite.com’, port=443): Max retries exceeded with url: (Caused by SSLError(SSLError(1, ‘_ssl.c:510: error:14077410:SSL routines:SSL23_GET_SERVER_HELLO:sslv3 alert handshake failure’),))

    Terima Kasih

  24. Sangat membantu. Tapi setelah menggunakan cdn CloudFlare, saya tidak bisa menerima email. Kenapa ya?

  25. saya seting tadi berbeda dengan tutorial, cara mengecek apakah sudah betul setingnya bagaimana ya ? tadi sih pas di nama domain yang tadinya pending menjadi ceklist tanda centang. Apakah masih nungga propagansi ?

    mohon di balas

    Terima kasih
    Janan

    1. halo! kalau di keterangannya sudah checklist berarti masa propagasi sudah selesai ya, website bisa diakses normal.

      cara ceknya gampang, cukup akses website yang bersangkutan apakah masih error atau sudah lancar dibuka.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *