Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Cara Sinkronisasi IPv6 ke Cloudflare

2 min read

setting cdn quic cloud di wordpress

Ingin tahu cara sinkronisasi IPv6 ke Cloudflare? Nah, Anda sudah menemukan halaman yang tepat nih. 

Penggunaan IPv6 pada akun hosting akan membuat proses transfer data menjadi lebih cepat dan efektif. Apalagi, IPV6 juga menjamin pertukaran data lebih aman.

Nah, kalau Anda juga menggunakan Cloudflare, menghubungkan IPv6 akun hosting dengan Cloudflare juga akan mengoptimalkan keamanan website Anda. Jadi, ketika terjadi serangan DDoS, website Anda menjadi lebih terlindungi.

Nah, lalu bagaimana cara sinkronisasi IPv6 ke Cloudflare, ya? Yuk, langsung saja simak panduan lengkapnya di bawah ini!

Panduan Sinkronisasi IPv6 ke Cloudflare

Ada dua cara sinkronisasi IPv6 ke Cloudflare yang bisa Anda lakukan. 

Pertama, sinkronisasi di awal ketika melakukan integrasi Cloudflare dengan domain hosting Anda. Caranya, langsung saja tambahkan AAAA record saat melakukan review konfigurasi DNS.

Kedua, bagi Anda yang sudah mengintegrasikan Cloudflare dengan hosting, Anda bisa mengikuti 4 langkah sinkronisasi IPv6 ke Cloudflare berikut ini:

  1. Mengaktifkan IPv6 Akun Hosting
  2. Mengakses DNS Management Cloudflare
  3. Menambahkan AAAA Record
  4. Menghapus A Record

Artikel ini akan menjelaskan cara sinkronisasi IPv6 ke Cloudflare yang sudah diintegrasikan dengan hosting Anda. Nah, berikut ini panduan lengkapnya:

1. Mengaktifkan IPv6 Akun Hosting

Bagi pengguna Niagahoster, Anda dapat mengaktifkan IPv6 dengan mudah melalui Member Area Niagahoster. Caranya, klik tombol Kelola Hosting pada layanan hosting yang akan Anda aktifkan IPv6-nya.

Masuk ke halaman pengaturan hosting

Kemudian, pilih tab Detail pada halaman Pengaturan Hosting. Lalu, klik tombol Enable IPV6 untuk mengaktifkan IPv6 secara otomatis di hosting Anda.

Mengaktifkan IPv6 di hosting

Tunggulah beberapa saat hingga IP tersebut muncul pada halaman detail hosting seperti berikut ini:

Detail IPv6 hosting yang sudah diaktifkan

Nah, sekarang IPv6 akun hosting Anda sudah aktif. Silakan salin IPv6 tersebut, karena Anda akan menggunakannya pada langkah selanjutnya.

2. Mengakses DNS Management Cloudflare

Untuk melakukan sinkronisasi IPv6 ke Cloudflare, Anda perlu login ke panel Cloudflare terlebih dulu. Jika sudah masuk ke halaman dashboard, pilihlah nama domain website Anda. Lalu, masuk ke menu DNS.

Di halaman DNS Management ini, Anda akan melihat list konfigurasi DNS untuk website Anda seperti ini:

Mengakses DNS management Cloudflare

3. Menambahkan AAAA Record

Langkah ini merupakan tahap utama dalam cara sinkronisasi IPv6 ke Cloudflare. Anda perlu menambahkan AAAA record pada konfigurasi DNS. 

Sama seperti A record, AAAA record berfungsi untuk memetakan domain atau subdomain, perbedaannya hanya terletak pada jenis IP yang digunakan. A record menggunakan IPv4, sedangkan AAAA record menggunakan IPv6. 

Untuk menambahkan AAAA record, silakan klik tombol Add record. Kemudian, isilah tiga kolom berikut ini:

  • Type : ubah menjadi AAAA
  • Name : isilah dengan simbol @ untuk domain utama 
  • IPv6 address : masukkan IPv6 hosting yang telah Anda salin pada langkah sebelumnya
Menambahkan AAAA Record IPv6 di Cloudflare

Kalau semua kolom sudah terisi, jangan lupa klik tombol Save untuk menyimpan record DNS.

4. Menghapus A Record

Jika AAAA record sudah ditambahkan, maka Anda bisa menghapus A record karena sudah tidak akan menggunakan IPv4 lagi. Caranya, silakan klik Edit pada A record, lalu klik tombol Delete untuk menghapus record.

Menghapus A record/IPv4 di Cloudflare

Nah, sampai sini Anda sudah berhasil melakukan sinkronisasi IPv6 ke Cloudflare. Kini, AAAA record yang memuat IPv6 sudah ditambahkan dan A record sudah terhapus. 

Nantinya, tampilan konfigurasi DNS di Cloudflare Anda akan mirip seperti ini:

Berhasil sinkronisasi IPv6 ke Cloudflare

Kesimpulan

Demikianlah cara sinkronisasi IPv6 ke Cloudflare. Selain bertujuan untuk menggantikan IPv4 yang terbatas jumlahnya, IPv6 juga penting untuk membantu mencegah downtime ketika dihubungkan dengan Cloudflare.

Berbeda dengan IPv4 yang websitenya tidak bisa diakses jika ada serangan DDoS sebagai perlindungan, website dengan sinkronisasi IPv6 Cloudflare akan tetap online dan bisa diakses meski hal itu terjadi.

Nah, untuk mendapat keuntungan tersebut, Anda harus menggunakan layanan hosting yang mendukung IPv6 dan juga terintegrasi dengan Cloudflare. Contohnya, layanan Hosting Niagahoster.

Niagahoster memiliki fitur integrasi Cloudflare yang memudahkan Anda untuk menggunakan Cloudflare langsung dari cPanel. Pengguna Niagahoster juga akan mendapatkan IPv6 secara dedicated pada akun hosting yang dipakai. 

Selain itu, untuk memperkuat keamanan website, Unlimited Hosting Niagahoster memiliki Imunify360 yang bisa membantu melindungi website dari malware maupun serangan DDoS. 

Tak hanya itu saja, Niagahoster juga menawarkan uptime sebesar 99.98% yang menjamin website Anda selalu online 24 jam. Sangat menarik, bukan?

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, lindungi website Anda dengan cara sinkronisasi IPv6 ke Cloudflare dan jangan lupa gunakan hosting dengan layanan keamanan terbaik! 

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *