Categories: Dev

Migrasi Hosting dari WordPress.com ke Hosting Sendiri

Jika Anda memiliki blog di WordPress.com dan ingin memindahkannya ke self-hosted WordPress (platform WordPress yang menggunakan hosting sendiri), Anda berada di tempat yang tepat. Melalui tutorial ini kami akan memberikan panduan kepada Anda langkah demi langkah cara pindah hosting dari wordpress.com ke self-hosted WordPress alias hosting milik Anda sendiri menggunakan platform WordPress.

Apa yang Anda Butuhkan?

Di bawah ini adalah dua hal yang Anda butuhkan untuk memindahkan blog dari WordPress.com ke self-hosted WordPress.

  • Hosting dan domain

Cara Pindah Hosting dari WordPress.com ke Hosting Sendiri

Berikut adalah langkah-langkah untuk memindahkan hosting dari WordPress.com ke hosting sendiri:

Langkah 1: Beli Hosting dan Domain

Sebelumnya website Anda disimpan di hosting WordPress.com. Untuk mengubahnya menjadi self-hosted WordPress, Anda memerlukan akun hosting baru.

Langkah pertama cara pindah hosting wordpress dari WordPress.com ke hosting sendiri adalah membeli domain dan layanan hosting baru. Jika belum punya hosting, Anda bisa membelinya di Niagahoster. Selain hosting, Anda juga akan mendapatkan domain gratis serta SSL!

Hosting Terbaik untuk WordPress, Gratis Domain & SSL!
Cek Sekarang! Diskon 75%

Namun, apabila semuanya sudah siap, Anda dapat langsung melanjutkan ke langkah kedua.

Langkah 2: Instal WordPress

Setelah menentukan layanan hosting untuk menyimpan website, langkah selanjutnya adalah menginstal WordPress.

Instalasi WordPress sangatlah mudah. Apabila menggunakan Niagahoster, ada fitur Auto Install WordPress yang akan memudahkan Anda dalam memasang WordPress.

Bagaimana cara install WordPress? Anda bisa menemukan panduan lengkapnya di artikel 5+ Cara Install WordPress. Di artikel tersebut, Anda akan mendapatkan panduan install WordPress, dari cara otomatis hingga manual.

Langkah 3: Atur Tampilan WordPress Anda

Sebelum memasuki langkah ini, silakan pastikan terlebih dahulu bahwa WordPress Anda sudah berhasil diinstal pada hosting yang Anda miliki. Selanjutnya Anda dapat melakukan pengaturan template WordPress.

Seluruh konten blog dalam WordPress.com dapat Anda pindahkan ke hosting baru. Hanya saja, template dan widget Anda tidak. Karenanya, Anda perlu melakukan pengaturan template baru terlebih dahulu.

Tersedia template versi gratis dan berbayar di WordPress. Tak perlu repot-repot mencari tema WordPress. Kami sudah merangkumnya secara lengkap untuk Anda. Temukan tema WordPress terbaik Anda di 50 Template WordPress Gratis Terbaru!

Jika masih belum terbiasa dengan instalasi template WordPress, silakan simak tutorial instal template WordPress yang telah kami sediakan berikut ini.

Langkah 4: Export dan Import Konten

Setelah template berhasil diinstal, langkah selanjutnya adalah melakukan pemindahan konten dari WordPress.com ke website baru Anda.

1. Export Konten

1. Pada dashboard WordPress.com Anda, silakan pilih menu My Site > Settings dan pilih Export yang berada pada Site Tools untuk mengunduh file XML dari seluruh konten Anda.

2. Klik tombol Export All untuk mulai mengunduh semua konten Anda. Kemudian, klik tombol dropdown untuk mengunduh konten tertentu. Setelahnya, klik Download untuk mengunduh file website Anda.

2. Import Konten

1. Silakan masuk ke dashboard admin WordPress Anda di hosting baru. Kemudian, pilih menu Tools > Import dan klik Install Now pada bagian sebelah kiri halaman WordPress Anda. Setelah itu, klik Run Importer untuk mengimpor file XML konten Anda.

2. Silakan klik tombol Choose File untuk memilih file .xml yang sebelumnya diekspor. Klik tombol Upload file and import untuk memulai unggahan.

Langkah 5: Hubungkan Domain dengan Hosting

Jika hosting yang Anda gunakan sudah termasuk domain gratis seperti layanan hosting Niagahoster (paket Pelajar ke atas), langkah ini tidak perlu dilakukan. Tapi jika tidak, silakan untuk menghubungkan domain dengan hosting Anda.

Silakan ikuti langkah di bawah ini untuk mengetahui caranya.

Jika blog Anda di WordPress.com sudah menggunakan custom domain seperti namadomainanda.com, ada dua pilihan yang bisa Anda lakukan.

1. Jika domain Anda terdaftar di WordPress.com, Anda dapat melakukan transfer domain dari WordPress.com ke layanan baru atau update nameserver sesuai dengan nameserver hosting baru Anda.

2. Jika domain terdaftar di layanan lain selain WordPress.com, caranya pun sama. Anda hanya perlu transfer domain maupun update nameserver.

Baca Juga: Cara Custom Domain WordPress.com dalam 4 Langkah

(Optional) Redirect Blog dari WordPress.com ke Domain Anda

Jika blog Anda belum menggunakan domain dan masih menggunakan subdomain dari WordPress.com seperti namadomainanda.wordpress.com, Anda dapat melakukan redirect ke domain baru.

Redirect dengan domain di WordPress.com ini memakan biaya sebesar $13 tiap tahun. Informasi lebih lengkap bisa Anda lihat dalam referensi berikut ini.

Kesimpulan

Pendeknya, untuk memindahkan blog dari WordPress.com ke WordPress hosting Anda sendiri tidaklah sulit. Pastikan bahwa Anda sudah memiliki domain dan hosting terlebih dahulu. Selanjutnya Anda hanya tinggal melakukan instalasi WordPress di hosting baru dan mengimpor konten dari blog di WordPress.com.

Sampaikan segala pertanyaan dan masukan Anda pada kolom komentar yang tersedia! Jangan lupa klik Subscribe untuk terus mendapatkan ulasan menarik kami langsung melalui inbox email Anda!

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto

Recent Posts

PHP Editor Terbaik: Manakah Pilihanmu untuk 2020?

Ketika mengelola website, kesalahan mengedit file PHP bisa berakibat fatal. Bisa-bisa website jadi tidak dapat diakses. Itulah alasan banyak web…

7 mins ago

Mengenal QRIS: Anti Ribet Bayar di Niagahoster dengan QRIS!

Kemajuan teknologi selalu memberikan kemudahan, termasuk dalam melakukan transaksi pembayaran. Bayangkan, cukup dengan scan QR code melalui ponsel, pembayaran sudah…

6 hours ago

Panduan Terbaru Cara Migrasi Wix ke WordPress

Anda sudah belajar kelebihan Wix dan WordPress di artikel sebelumnya. Sebagai pengguna Wix, Anda mungkin berpikir untuk menggunakan WordPress karena…

8 hours ago

Cara Menghindari Blacklist Google dalam 5 Langkah Mudah [Terbaru!]

Apakah tiba-tiba muncul pesan peringatan berwarna merah saat website Anda diakses? Jika iya, berarti Google sedang mem-blacklist website Anda. Tak…

1 day ago

Ingin Jago Bisnis Online? Yuk Kursus Digital Marketing di Niagahoster Course!

Apakah Anda sedang menjalankan bisnis online? Atau mungkin Anda baru berencana untuk memulainya?  Apapun situasinya, Anda pasti setuju kalau melakoni…

1 day ago

11+ Tips Mempercepat WordPress untuk Website Toko Online [Terbaru]

Sebagai pebisnis, mempercepat toko online harus Anda jadikan prioritas utama di zaman serba wus-wus ini. Sebab, 53% pengunjung itu tingkat…

2 days ago