Panduan Domain

Cara Menghubungkan Domain dengan Hosting Anda

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Anda Pengguna Baru Layanan Kami?


Mulai Disini

Cara Menghubungkan Domain dengan Hosting Anda












Sebelum menghubungkan Domain dan Hosting, Anda perlu mengetahui Nameserver milik Anda. Apa itu Nameserver?

Nameserver adalah nama dari web server yang digunakan untuk mengarahkan domain ke server tertentu. Biasanya, nameserver ditulis dengan format ns1.nameserver (contoh: ns1.niagahoster.co.id). Penamaan tersebut dapat berbeda-beda pada setiap layanan dan tergantung dengan konfigurasi yang dilakukan.

Untuk mengarahkan Domain dan Hosting, Anda dapat mengecek tutorial dengan video atau secara manual seperti di bawah ini:

Panduan Video


Tutorial Manual

Secara otomatis, Niagahoster akan mengirimkan nameserver yang akan dan dapat Anda gunakan melalui email yang sesuai dengan email saat Anda mengorder layanan kami. Namun, klien bisa saja lupa nameserver yang harus digunakan untuk mengarahkan domain dan hostingnya. Lalu, bagaimana cara mengeceknya?

Niagahoster sendiri memiliki beberapa nameserver, mengingat banyaknya server yang dimiliki Niagahoster. Tiap server memiliki nameserver yang berbeda dengan server lain. Jadi, pastikan Anda mendapatkan nameserver yang benar dengan login pada Member Area NiagahosterBerikut tutorial lengkapnya:

1. Login pada Member Area Niagahoster.

2. Pilih menu Hosting & Domain > Hosting > Kelola.


3. Perhatikan screenshoot di bawah ini. Bagian yang ditandai dengan kotak berwarna merah adalah nameserver dan detail login cPanel Anda.

Pada contoh kotak nameserver terdapat nameserver ns45.niagahoster.com & ns46.niagahoster.com. Nameserver seperti ini hanya akan Anda dapatkan jika menggunakan layanan hosting Niagahoster. Pastikan Anda menulis dan mengingat nameserver yang benar agar domain dapat diarahkan ke server.


4. Kemudian, update nameserver Anda dengan memilih Hosting & Domain > Domain > Kelola.


5. Klik menu Name Server.


6. Masukkan nameserver yang Anda dapatkan pada menu hosting tadi (contoh: ns45.niagahoster.com & ns46.niagahoster.com) ke dalam kolom nameserver yang tersedia. Klik Update.

Hal yang Perlu Diperhatikan

  • Setiap kali Anda melakukan update nameserver, maka akan ada masa propagasi dengan estimasi waktu maksimal 48 jam. Jadi apabila setelah melakukan update nameserver namun domain Anda belum juga terhubung dengan server hostingnya, maka mohon menunggu hingga kurun waktu tersebut.
  • Apabila Anda membeli domain dan hosting secara bersamaan di Niagahoster maka proses konfigurasi penghubungan domain dengan hostingnya akan dilakukan secara otomatis.


Semoga bermanfaat!


Artikel Terkait Cara Menghubungkan Domain dengan Hosting Anda