Tutorial Menggunakan Domain

Cara Menghubungkan Domain dengan Hosting Anda

Tidak hanya dapat digunakan untuk menamai website Anda saja, ada banyak hal lain yang bisa Anda lakukan dengan nama domain Anda sendiri! Simak cara-caranya di seri Knowledge Base Tutorial Menggunakan Domain kami berikut ini.

Cara Menghubungkan Domain dengan Hosting Anda

 

Pertama-tama, sebelum mulai menghubungkan domain dengan hosting, Anda perlu mengetahui nameserver milik Anda terlebih dahulu.

 

1.1. Apa itu Nameserver?

Nameserver adalah nama dari sebuah web server yang digunakan untuk mengarahkan domain ke server tertentu dan bisanya ditulis dengan format ns1.namaserver dan lain-lain. Penamaan tersebut berbeda-beda setiap layanan dan tergantung dengan konfigurasi yang dilakukan.

 

A. Video Panduan Menghubungkan Domain dengan Hosting

 

B. Untuk tutorial tanpa video, silakan ikuti tahapannya secara rinci sesuai panduan berikut

1.2. Bagaimana Cara Mengecek Nameserver Anda?

Secara otomatis, kami akan mengirimkan nameserver yang harus Anda gunakan di email Anda ketika Anda mengorder layanan hosting kami. Namun, tak jarang klien lupa apa nameserver yang harus digunakan untuk domain yang ingin digunakan di akun hostingnya.

 

Jika Anda menggunakan layanan hosting Niagahoster, ada beberapa nameserver berbeda yang mungkin digunakan mengingat Niagahoster memiliki banyak server dan setiap server memiliki nameserver-nya sendiri.

 

Untuk mengecek nameserver yang tepat sesuai dengan yang Anda order, silahkan login pada member area pada: http://www.niagahoster.co.id/login. Setelah itu, silakan pilih menu Hosting & Domain kemudian pilih order hosting Anda dan klik Kelola. Tampilannya ada pada gambar di bawah ini.

 

 

Setelah itu akan muncul tampilan seperti berikut. Bagian yang ditandai kotak berwarna merah adalah Nameserver dan login cPanel Anda. Ada dua nameserver yang tertera di sana: ns45.niagahoster.com dan ns46.niagahoster.com.

 

 

Ingat, nameserver seperti di atas hanya bisa Anda dapatkan apabila Anda berlangganan hosting di Niagahoster. Seperti yang sudah diungkapkan sebelumnya, nameserver ini bisa berbeda-beda meskipun berada dalam satu server yang sama. 

 

Pastikan Anda menggunakan nameserver yang benar pada domain Anda. Kesalahan pada penggunaan nameserver akan menyebabkan domain Anda tidak mengarah ke server dan tidak dapat diakses.

 

1.3. Bagaimana Cara Update Nameserver?

Untuk update nameserver, Anda dapat login pada member area hosting Anda: http://www.niagahoster.co.id/login. Setelah itu, silakan pilih Hosting & Domain > Nama Domain Anda > Kelola.

Dan setelah itu anda akan melihat halaman domain panel, nah dari halaman domain panel anda tersebut silahkan anda klik tab menu "Name Server" sebagai mana yang tertera di halaman berikut :

Silahkan isikan nameserver dari server hosting anda ke kolom nameserver tersebut dan klik tombol "Update"

 

Hal yang perlu di perhatikan :

- Setiap kali anda melakukan update nameserver maka akan ada masa propagasi dengan estimasi waktu maksimal 48 jam. Jadi apabila setelah melakukan update nameserver namun domain anda belum juga terhubung dengan server hostingnya maka mohon menunggu hingga kurun waktu tersebut

Nb : Apbila anda membeli domain dan hosting secara bersaam di niagahoster maka proses konfigurasi penghubungan domain dengan hostingnya akan di lakukan secara otomatis.


Download ebook gratis kami disini untuk panduan lengkap menghubungkan domain ke gmail, zohomail, facebook dan twitter Anda.


Anda Butuh Domain?

Di Niagahoster, Domain .COM termurah dengan fasilitas DNS Management dan Full Akses ke Domain Manager bisa Anda dapatkan dengan harga Rp 103ribu saja. Klik tautan berikut untuk daftar sekarang!

Back to list
Mulai Chat