Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Begini Cara Mengetahui Versi WordPress Anda

2 min read

Begini Cara Mengetahui Versi WordPress Anda

Cara mengetahui versi WordPress penting sekali untuk Anda ketahui. Informasi versi WordPress itu dibutuhkan supaya Anda tidak menemui masalah ketika menginstal template maupun plugin baru.

Pasalnya, template dan plugin baru biasanya membutuhkan WordPress versi terbaru juga.

Oya, informasi versi WordPress dapat dikatakan sebagai informasi rahasia. WordPress juga telah menyediakan opsi menyembunyikan informasi versi ini untuk alasan keamanan.

Nah, di artikel ini kami akan memberitahukan cara mengetahui versi WordPress website yang aman Anda gunakan. Yuk simak pembahasannya berikut!

3 Cara Cek Versi WordPress yang Bisa Anda Coba!

Berikut ini beberapa cara mengetahui versi WordPress dengan mudah! Oya, sebelum memulai langkah berikut, Anda membutuhkan akses ke dashborad admin WordPress dan akses cPanel hosting. Yuk simak pembahasannya!

1. Cek Versi WordPress Melalui Admin Area

Cara paling mudah mengecek versi WordPress adalah melalui dashboard admin WordPress. Anda hanya perlu login, kemudian pilih menu Dashboard > Updates.

Pada halaman ini Anda akan melihat versi WordPress yang Anda gunakan berikut versi WordPress terbarunya.

Cara mengetahui versi WordPress melalui admin area

Anda juga dapat melihat versi WordPress dengan cara scroll ke bagian bawah halaman Update. Anda akan melihat tulisan thank you for creating with WordPress. Lalu di bagian pojok kanan bawah Anda akan melihat versi WordPress Anda.

versin wordpress di halaman update wordpress

 Informasi ini hanya dapat dilihat untuk WordPress versi 4.1.5 ke atas.

2. Cek Versi WordPress Melalui Page Source

Jika Anda tidak dapat login ke admin area karena mengalami permasalahan login, Anda tidak perlu khawatir. Ada cara lain untuk mengecek versi WordPress dengan mudah.

Informasi versi website WordPress tersimpan di meta tag HTML. Tag ini secara default dimasukkan ke dalam website oleh template WordPress. Biasanya informasi versi ini dapat Anda lihat dengan mudah. Meskipun demikian, dalam beberapa kasus Anda tidak dapat melihatnya karena dinonaktifkan oleh admin website demi alasan keamanan.

Untuk menemukan versi WordPress melalui meta tag, klik kanan pada website Anda dan pilih View Page Source. Tab baru akan terbuka dan halaman ini berisi code HTML halaman website Anda.

Silakan tekan tombol CTRL + F atau COMMAND + F jika Anda menggunakan Mac. Search bar akan muncul di sini dan Anda hanya perlu mengetikkan generator pada kolom isian yang tersedia. Jika meta tag generator tidak dinonaktifkan, Anda akan melihat tag seperti berikut ini.

cara mengetahui versi wordpress melalui page source

Seperti yang telah kami katakan sebelumnya, menampilkan versi WordPress seperti ini tidaklah aman. Kami lebih menyarankan Anda untuk menyembunyikannya.

Apabila Anda tidak dapat melihat tag tersebut, artinya template yang Anda gunakan telah menyembunyikannya untuk Anda. Hal ini baik untuk menjaga supaya website Anda tetap aman.

Nah, berikut langkah di bawah ini untuk menonaktifkan meta generator agar tidak menampilkan versi WordPress pada page source.

1. Akses dashboard admin WordPress Anda.

2. Pilih menu Apperance > Theme Editor.

cara menyembunyikan versi wordpress

3. Klik Theme Function (functions.php) untuk diedit.

edit file function.php

4. Paste kode berikut ini pada bagian paling bawah code yang ada di file functions.php.

remove_action('wp_head', 'wp_generator');

5. Simpan perubahan dengan menekan tombol Update File.

Baca Juga: Cara Downgrade WordPress

3. Cek Versi WordPress Melalui File version.php

Cara mengetahui versi WordPress berikutnya adalah dengan mengecek file version.php. Gunakan File Manager dari control panel hosting Anda atau melalui FTP Client.

Di tutorial ini kami akan melihat dengan File Manager. Caranya tinggal login ke cPanel hosting Anda. Setelah login, klik menu File Manager.

informasi versi WordPress ini biasanya berada di public_html. Cari folder wp-includes, kemudian buka file bernama version.php.

Cara cek versi wordpress melalui file manager

Anda akan melihat baris kode berisi versi WordPress Anda.

Cara mengetahui versi wordpress melalui file manager

Baca juga: Belajar WordPress dengan Mudah bagi Pemula

Ketahui Versi WordPress Anda dan Update Sekarang!

Itu tadi tiga cara melihat versi WordPress yang aman Anda gunakan, yaitu melalui admin area, page source, dan file version.php. Nah, Apabila website Anda belum menggunakan versi terbaru, Anda bisa melakukan update WordPress ke versi terbaru.

Oya, jangan lupa juga sebelum melakukan update, Anda perlu backup website terlebih dulu ya.

Nah, kalau Anda menggunakan hosting dari Niagahoster, Anda bisa pakai fitur auto update untuk update WordPpress, plugin, dan juga tema. Dengan fitur tersebut, Anda tak perlu repot update secara manual.

Tinggal login ke member area, masuk ke layanan hosting Anda, klik menu WordPress Management, lalu klik tombol Aktifkan auto-update? Sekarang WordPress akan otomatis melakukan update jika ada versi terbaru.

tombol untuk mengaktifkan auto update di member area baru

Gimana gampang banget kan? Langsung aja pilih paket hosting unlimited terbaik pilihan Anda. Mulai dari 10 ribuan per bulan aja!

CTA banner web hosting

Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *