Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Cara Mengaktifkan HTTPS Termudah untuk Pemula

3 min read

perbedaan http dan https

Siapa pun bisa memiliki website, tapi tidak semuanya tahu bahwa mengaktifkan HTTPS saat ini adalah hal wajib kalau Anda ingin berinternet dengan aman.

Faktanya, protokol HTTPS merupakan salah satu syarat utama yang menjamin keamanan situs. Dengan mengaktifkan HTTPS, Anda akan meningkatkan kepercayaan pengunjung dan memberikan perlindungan yang lebih baik bagi pengguna situs web Anda.

Dalam panduan ini, kami akan menjelaskan langkah-langkah mengaktifkan HTTPS yang bisa diikuti dengan mudah oleh pemula . Untuk meningkatkan keamanan situs web Anda, yuk ikuti cara mengaktifkan HTTPS berikut!

CTA banner web hosting

Kenapa Anda Perlu Mengaktifkan HTTPS?

Sebelum membahas cara mengaktifkan HTTPS, Anda perlu memahami mengapa protokol ini begitu penting. HTTPS adalah versi aman dari protokol HTTP.

icon gembok di website Niagahoster pertanda HTTPS sudah aktif

Ini dia manfaat utama menggunakan HTTPS:

  • Meningkatkan kepercayaan pengunjung
  • Melindungi data pengguna dari pencurian dan manipulasi dari pihak tidak berwenang
  • Berpotensi meningkatkan ranking website di mesin pencarian

Singkat kata, mengaktifkan HTTPS akan melindungi pengunjung situs web Anda dengan cara mengamankan data yang dikirimkan antara mereka dan server.

Nah, Anda mungkin pernah mendengar juga tentang HTTP. Pada dasarnya, perbedaan HTTP dan HTTPS terletak pada versinya, di mana HTTPS merupakan versi yang lebih baru dari HTTP.

Kemudian, huruf ‘S’ dalam HTTPS berarti ‘Secure’, yang menandakan bahwa protokol ini merupakan versi yang memiliki keamanan lebih ketat daripada HTTP.

Meskipun fungsinya kurang lebih sama, protokol HTTP kini sudah mulai ditinggalkan karena kurang aman. Oleh karena itulah, baik sebagai pemilik maupun pengunjung website, Anda sangat disarankan untuk menggunakan HTTPS.

Mau tahu langkah-langkahnya? Yuk simak cara mengaktifkan HTTPS berikut ini!

Cara Mengaktifkan HTTPS

Untuk mengaktifkan HTTPS, lakukan beberapa langkah ini:

  1. Dapatkan sertifikat SSL
  2. Instal SSL
  3. Arahkan HTTP ke HTTPS
  4. Perbarui website dan uji koneksi HTTPS

Selengkapnya, ini dia cara mengaktifkan HTTPS:

1. Dapatkan Sertifikat SSL

Langkah pertama, Anda harus memiliki sertifikat SSL terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkan SSL dari penyedia hosting seperti Niagahoster.

Niagahoster menyedikan SSL premium

Saat membeli hosting Niagahoster, Anda akan ditawarkan untuk sekaligus memasang SSL premium Comodo SSL. Namun, semua paket hosting di Niagahoster juga sudah dilengkapi dengan SSL gratis dari Let’s Encrypt.

2. Instal SSL

Setelah Anda memiliki sertifikat SSL, langkah berikutnya adalah menginstalnya pada server hosting Anda.

install SSL untuk cara mengaktifkan HTTPS

Penting Anda ketahui, cara instal SSL di hosting berbeda untuk SSL versi premium dan gratisnya. Silakan ikuti petunjuk sesuai SSL yang Anda miliki.

3. Arahkan HTTP ke HTTPS

Setelah menginstal SSL, Anda masih perlu melakukan pengalihan (redirect) dari HTTP ke HTTPS.

Cara menggunakan HTTPS ini diperlukan untuk memastikan semua permintaan ke website akan secara otomatis mengarah ke versi yang aman setelah mengaktifkan SSL.

ilustrasi mengarahkan HTTP ke HTTPS

Anda dapat melakukannya dengan mengedit file .htaccess. Atau bagi Anda yang menggunakan WordPress, silakan ikuti cara redirect http ke https di WordPress

4. Perbarui Struktur Website dan Uji Koneksi HTTPS

Langkah terakhir dalam cara mengaktifkan HTTPS yaitu mengupdate struktur website dan menguji koneksi HTTPS.

ilustrasi figur memeriksa website lewat desktop dan mobile

Di tahap ini, Anda memastikan bahwa seluruh halaman website sudah sepenuhnya beralih ke HTTPS, dan koneksi HTTPS juga berfungsi dengan baik tanpa memicu peringatan keamanan.

Untuk memperbarui struktur website dan menguji koneksi HTTPS, Anda bisa melakukannya dengan:

  • Memperbarui URL di situs web: Ganti semua link internal dan eksternal pada situs web Anda dari HTTP ke HTTPS.
  • Memperbarui sitemap: Jika Anda menggunakan sitemap, pastikan sitemap juga mencantumkan URL yang menggunakan HTTPS. Hal ini membantu mesin pencari mengetahui bahwa situs Anda telah beralih ke HTTPS.
  • Menguji koneksi HTTPS: Gunakan tool pengujian koneksi HTTPS, seperti SSL Checker atau HTTPS Checker, untuk memeriksa dan memvalidasi sertifikat SSL Anda. 
  • Memeriksa peringatan keamanan: Setelah mengaktifkan HTTPS, periksa website Anda dan Pastikan SSL Anda valid untuk memastikan tidak ada peringatan keamanan yang muncul. 
  • Uji keseluruhan situs web: Pastikan semua halaman dan fitur website berfungsi dengan baik dalam mode HTTPS. Cek seluruh link internal, fitur website, atau fungsi lain yang ada di situs web Anda untuk memastikan semuanya sudah tidak ada masalah.

Selamat! Setelah menyelesaikan cara mengaktifkan HTTPS di atas, artinya Anda sudah memastikan bahwa website Anda sepenuhnya aman dan bisa berjalan dengan lancar setelah HTTPS aktif.

Setelah HTTPS Aktif, Apa Lagi?

Sesudah mengaktifkan HTTPS pada website, penting untuk Anda ingat bahwa sertifikat SSL memiliki masa berlaku terbatas, biasanya setahun baik untuk SSL gratis maupun premium.

Jadi, jangan lupa untuk selalu memperbarui atau memperpanjang (renew) sertifikat SSL secara tepat waktu agar website tetap aman.

Pertanyaan Lain Tentang Cara Mengaktifkan HTTPS

Di bagian ini, kami akan menjawab beberapa pertanyaan yang umum diajukan tentang cara mengaktifkan HTTPS:

1. Apakah HTTP tidak aman?

HTTP tidak aman karena data yang dikirim melalui protokol ini tidak dienkripsi. Oleh karena itu, penting untuk mengaktifkan protokol HTTPS yang menawarkan lapisan keamanan tambahan.

2. Bagaimana cara mendapatkan sertifikat SSL/TLS?

Anda dapat memperoleh sertifikat SSL/TLS dari penyedia hosting yang Anda gunakan. Niagahoster, misalnya, menyediakan SSL gratis seperti Let’s Encrypt serta SSL premium yang bisa Anda pasang sebelum atau sesudah membeli hosting.

3. Apa yang harus dilakukan jika situs web menampilkan peringatan keamanan setelah mengaktifkan HTTPS?

Jika situs web Anda menampilkan peringatan setelah beralih ke HTTPS, cek pengaturan sertifikat SSL dan pastikan konfigurasinya benar. Jika peringatan tetap muncul, hubungi penyedia sertifikat atau penyedia hosting Anda untuk mendapatkan bantuan.

Yuk Aktifkan HTTPS Sekarang Juga!

Saat ini, mengaktifkan HTTPS adalah keharusan bagi setiap pemilik website. Baik untuk website pribadi maupun bisnis Anda, perlu diingat bahwa menggunakan protokol HTTPS merupakan syarat dasar untuk menjaga keamanan website.

Dengan mengikuti cara mengaktifkan HTTPS di artikel ini, HTTPS Anda akan segera aktif. Nah, langkah-langkah tersebut juga bisa lebih mudah jika Anda menggunakan layanan web hosting Niagahoster.

Karena saat membeli hosting Niagahoster, Anda bisa sekalian mengorder domain serta SSL, dan menginstalnya dengan mudah ke hosting.

Kabar gembiranya lagi, Niagahoster menyediakan SSL gratis dan premium dengan harga terjangkau, sehingga Anda bisa memilih mana yang lebih sesuai kebutuhan.

Jadi, tidak ada alasan lagi untuk tidak melindungi situs web Anda dengan HTTPS yang aman. Yuk aktifkan HTTPS website sekarang dan berikan perlindungan terbaik bagi pengunjung situs web Anda!

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *