Categories: Email

Cara Membuat Email Baru di HP (Email Gmail & Perusahaan)

Cara membuat email dapat Anda lakukan menggunakan beberapa cara. Di artikel ini kami akan membahas tiga langkah membuat email yang paling sering digunakan. Ketiga cara membuat email tersebut adalah:

  1. Cara Membuat Email Baru di HP Android
  2. Cara Membuat Email Gmail
  3. Cara Membuat Email Perusahaan

Anda bisa membuat email di perangkat apa pun, baik itu di desktop maupun smartphone Android. Pilih salah satu cara di bawah ini yang cocok untuk Anda!

Cara Membuat Email di HP Android

Anda juga bisa mengelola email perusahaan melalui perangkat Android. Di bawah ini kami akan menjelaskan bagaimana cara melakukan pengaturan email dengan domain sendiri menggunakan Gmail perangkat Android.

Sebelum memulai pengaturan email di perangkat Android, pastikan Anda sudah memiliki email dengan domain sendiri dan tentu saja perangkat Android. Jika belum memiliki email dengan domain sendiri, Anda bisa membuatnya terlebih dahulu dengan mengikuti panduan di poin sebelumnya.

Jika sudah punya email dengan domain sendiri, Anda bisa langsung menerapkan panduan di bawah ini:

1. Buka perangkat android Settings > Add Account. Pilih Other yang ada pada daftar aplikasi email untuk menambahkan akun email Anda.

2. Masukkan alamat email Anda dan klik Next.

3. Pilih jenis dari incoming server yang ingin Anda gunakan, apakah itu POP3 atau IMAP.

4. Masukkan password email Anda

5. Cek kembali incoming server setting seperti tampilan berikut,

  • Username – Alamat email Anda.
  • Password – Password akun email Anda.
  • Server – Umumnya menggunakan domainanda.com atau mail.namadomain.com. Untuk memastikan, silakan hubungi layanan hosting Anda.
  • Port – Untuk contoh kami menggunakan port 993, hal ini tergantng dari layanan hosting Anda. Namun, untuk port default POP3 dan IMAP adalah 110 POP3 tanpa SSL, 143 IMAP tanpa SSL, 993 IMAP dengan SSL, atau 995 POP3 dengan SSL.

6. Setelah semua detail berhasil terisi, klik Next.

7. Selanjutnya Anda akan diminta untuk mengisi detail untuk Outcoming server. Detail pada outgoing server sebaiknya diisi seperti detail pada incoming server. Untuk port, isi dengan 587 dan Security type pilih SSL/TLS (Accept all certificates).

8. Klik next dan proses membuat email di perangkat Android selesai!

Saat ini Anda sudah dapat menggunakan alamat email di Android. Langkah detailnya juga bisa Anda cek di artikel cara setting Android.

Membuat Email Baru di Gmail

Selanjutnya adalah cara membuat email baru di Gmail. Simak langkah-langkah berikut.

1. Buka halaman https://www.google.com/gmail/ di browser Anda.

2. Klik Buat Akun pada bagian kanan atas.

3. Isi nama depan, nama belakang Anda, dan nama alamat email yang Anda inginkan. Untuk nama alamat email, Anda hanya bisa menggunakan kombinasi huruf, angka, dan titik.

4. Setelah berhasil memilih alamat email, masukkan password yang Anda inginkan dan jangan lupa isikan konfirmasi password kemudian klik Berikutnya.

5. Selanjutnya Anda akan diminta untuk memasukkan nomor telepon untuk verifikasi. Satu nomor telepon hanya bisa digunakan untuk satu alamat email.

6. Setelah melakukan verifikasi menggunakan nomor telepon Anda akan diminta memilih tanggal, bulan dan tahun lahir Anda.

7. Pilih jenis kelamin Anda kemudian klik Berikutnya.

8. Akan muncul halaman Privasi dan Persyaratan, scroll ke bawah kemudian kilik Saya setuju.

Selamat, email Anda siap untuk digunakan.

Membuat Email Gratis untuk Perusahaan

Terdapat dua cara untuk membuat email perusahaan dengan domain sendiri. Cara pertama dapat Anda lakukan menggunakan Zoho. Sedangkan cara kedua bisa Anda terapkan ketika sudah punya layanan hosting.

Cara Membuat Email Perusahaan Menggunakan Zoho (Gratis)

Zoho menyediakan pilihan free plan bagi Anda yang ingin membuat email gratis menggunakan nama domain perusahaan atau bisnis. Zoho Mail menyediakan pilihan domain email gratis untuk Anda. Berikut adalah cara daftar email gratis di Zoho:

1. Buka website Zoho

2. Pilih Free Plan, lalu klik Get Started

3. Masukkan domain website bisnis Anda

4. Lengkapi informasi bisnis Anda, lalu klik Proceed

Email gratis untuk bisnis dari Zoho hanya dapat digunakan untuk lima username dalam satu domain dengan rincian 5 GB per user dan maksimal attachment 25 MB. Untuk lebih lengkapnya Anda bisa membaca artikel Membuat Email Domain Sendiri dengan Zoho Mail

Membuat Email Perusahaan Menggunakan Hosting (Berbayar)

Cara kedua tidak kalah mudahnya. Anda hanya perlu membeli layanan hosting lalu mengatur email perusahaan yang Anda inginkan. Berikut langkah-langkah lengkapnya:

1. Beli salah satu paket hosting. Di Niagahoster Anda bisa membeli hosting dan mendapatkan domain gratis!

2. Setelah mengaktifkan hosting dan domain, Anda bisa membuat email dengan domain sendiri melalui cPanel

3. Buka cPanel dan pilih menu Email Accounts

4. Masukkan alamat email yang ingin dibuat pada kolom Email, kemudian pilih domain untuk email pada bagian Domain (jika Anda memiliki lebih dari satu domain pada hosting). Masukkan kata sandi pada form Password, tentukan kuota, kemudian simpan perubahan dengan menekan tombol Create Account.

5. Selesai! Anda telah berhasil membuat email perusahaan dengan domain sendiri.

6. Anda bisa mengakses email yang telah Anda buat melalui namadomainanda.com/webmail, masukkan alamat email dan password yang Anda tentukan untuk email yang Anda buat.

7. Setelah itu akan tampil tiga pilihan aplikasi webmail yang dapat Anda gunakan. Klik salah satu aplikasi. Pada contoh ini kami memilih roundcube.

8. Di bawah ini adalah tampilan webmail roundcube, Anda sudah bisa berkirim email melalui menu yang tersedia.

Layanan email dari hosting biasanya punya batasan tertentu. Jika Anda membutuhkan email perusahaan dengan kapasitas lebih banyak, email hosting dari Niagahoster bisa menjadi pilihan.

Bagaimana? Mudahkan? Jika Anda ingin mendapatkan panduan seputar membuat email, silakan tonton video berikut!

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto
Tags: Email

Recent Posts

Google WebP: Format Gambar Digital yang Bisa Mempercepat Website

Kalau Anda ingin meningkatkan kecepatan website, ukuran gambar adalah salah satu kuncinya. Kenapa? Karena semakin besar ukuran gambar, semakin lama…

8 hours ago

Apa itu Spoofing? Pahami Jenis-Jenis dan Cara Pencegahannya

Spoofing adalah salah satu bentuk kejahatan dunia maya atau cyber crime yang perlu Anda waspadai.  Menurut Indonesia Computer Emergency Response…

1 day ago

Cara Memasukkan dan Mengatur Gambar di HTML

Website tanpa gambar ibarat sayuran tanpa garam, akan terasa hambar. Sebab, kemungkinan  website akan terasa membosankan, sulit dipahami, dan tidak…

2 days ago

5+ Rekomendasi Tools Google Gratis untuk Digital Marketer

Untuk bisa mencapai kesuksesan bisnis online, Anda perlu melakukan upaya pemasaran dengan tepat. Untungnya, saat ini ada banyak tools Google…

2 days ago

Apa itu Blogwalking? Perlukah Setiap Blogger Melakukannya?

Blogwalking tentu bukan hal asing bagi blogger. Namun, tahukah Anda kalau sebenarnya blogwalking merupakan istilah yang hanya ada di Indonesia?…

3 days ago

Panduan Blogging Terlengkap yang Wajib Anda Baca!

Membuat blog saat ini sudah semakin mudah. Tak heran, banyak pihak membangun blog untuk berbagai tujuan, baik untuk pribadi maupun…

3 days ago