Email

Cara Membuat Email di HP dan Laptop Kurang dari 5 Menit!

Cara membuat email baru itu gampang kok, tidak sampai lima menit! Singkatnya, inilah cara membuat email yang bisa Anda lakukan di HP:

  1. Buka aplikasi Gmail di HP Android Anda
  2. Klik “Buat Akun Gmail”
  3. Isi nama lengkap Anda
  4. Masukkan tanggal lahir dan gender
  5. Pilih alamat Gmail Anda
  6. Masukkan password buat akun Gmail baru
  7. Masukkan nomor HP untuk menerima verifikasi
  8. Tambahkan nomor HP pribadi untuk menautkan ke akun Google Anda
  9. Review akun Gmail Anda
  10. Pahami dan setujui kebijakan privasi dan persyaratan Google
  11. Akun Gmail baru Anda sudah siap digunakan!

Mudah sekali, kan? Nah, selain membuat email di HP, Anda juga akan belajar cara membuat email di laptop, baik menggunakan Gmail maupun Outlook. Penasaran, kan? Yuk, simak selengkapnya!

Cara Membuat Email Baru di HP Android

Di atas, kami sudah menjelaskan langkah-langkah untuk membuat email baru di HP. Agar lebih mudah diikuti, kami akan menjelaskannya secara detail di bawah:

1. Jika Anda sudah memiliki akun aktif di Gmail, klik foto profil di pojok kanan atas. Kemudian, klik Tambahkan Akun lainnya. Lalu pada halaman Siapkan Email, pilih Google.

2. Pilih Buat Akun, lalu tentukan siapa yang akan menggunakannya saat daftar akun Gmail baru tersebut. Selanjutnya isikan nama lengkap dan tanggal lahir serta jenis kelamin Anda.

3. Kemudian pilih alamat email. Anda bisa menggunakan Gmail baru atau membuat sendiri, dan masukkan kata kuncinya.

4. Setelah itu, Anda akan diminta untuk memasukkan nomor HP untuk verifikasi pembuatan Gmail baru Anda. Jika tidak berkenan, bisa klik Lewati.

5. Terakhir, Anda perlu meninjau info akun Anda, dan menyetujui Petunjuk Privasi dan Persyaratan penggunaan email baru tersebut.

Setelah cara buat email baru selesai, secara otomatis Anda bisa mengirim dan menerima email sesuai akun email baru yang dibuat.

Cara Buat Email Baru Lewat HP (Menggunakan Browser Chrome)

Selain melalui aplikasi Gmail, cara buat email baru lewat HP juga bisa melalui browser langsung. Inilah langkahnya:

  1. Buka aplikasi browser di HP, dan ketikkan accounts.google.com
  2. Pilih Buat Akun
  3. Isikan nama lengkap, nama pengguna email baru, dan kata sandi
  4. Lakukan verifikasi nomor telepon
  5. Masukkan tanggal lahir dan jenis kelamin
  6. Setujui Privasi dan Persyaratan Penggunaan.

Cara membuat email baru lewat HP dengan bantuan browser sebenarnya tak jauh beda dengan aplikasi. Namun, tentu bisa menjadi solusi jika perangkat yang Anda gunakan memang belum terinstall Gmail.

Cara Membuat Akun Email di Laptop

Membuat email baru di HP kurang cocok untuk Anda karena lebih sering menggunakan laptop atau PC? Tenang, langkah buat email baru di laptop juga mudah, kok:

  1. Buka Gmail lewat web browser
  2. Isikan nama lengkap Anda
  3. Pilih alamat Gmail Anda
  4. Masukkan password dan konfirmasi
  5. Verifikasi nomor HP Anda
  6. Masukkan kode verifikasi yang masuk ke ponsel Anda
  7. Masukkan email pemulihan
  8. Masukkan tanggal lahir dan jenis kelamin Anda
  9. Baca dan setujui kebijakan Privasi & Persyaratan Google

Penjelasan lengkap cara bikin email baru di laptop seperti ini.. Anda bisa masuk ke halaman Gmail melalui web browser Anda. Kemudian, klik tombol Buat Akun.

Setelah itu, Anda bisa mengisi data yang diminta oleh Google untuk buat akun Gmail baru. Data uang diperlukan mulai dari nama lengkap, alamat email yang diinginkan, password, hingga nomor telepon.

Karena langkah verifikasi nomor telepon penting untuk memperketat keamanan email, pastikan Anda menggunakan data yang benar. Jadi, jika terjadi masalah seperti di-hack, lupa password, dsb Anda bisa memulihkan akun Gmail Anda dengan mudah.

Tahap berikutnya, Google akan menunjukkan Kebijakan Privasi & Persyaratan yang menjelaskan bagaimana Google menggunakan data Anda.

Setelah klik ‘Saya Setuju’, Anda bisa langsung masuk ke halaman utama Gmail Anda.

Baca Juga: Cara Daftar Gmail

Cara Membuat Email Outlook di HP

Bagi pengguna Microsoft, tentunya Outlook lebih sering digunakan untuk mengelola email. Terlebih kalau Anda menggunakannya di kantor untuk tujuan profesional.

Nah, bagaimana cara membuat email baru dengan Outlook melalui HP? Ini langkahnya:

  • Download dan Install aplikasi Outlook dari PlayStore
  • Buka aplikasi Outlook, dan pilih Buat Akun Baru
  • Masukkan nama email baru di halaman Buat Akun
  • Pilih domain email Anda (hotmail.com, outlook.com, outlook.co.id)
  • Buat kata sandi yang kuat untuk email baru Anda
  • Isikan nama lengkap Anda
  • Masukkan informasi negara dan tanggal lahir
  • Selesaikan teka-teki untuk verifikasi yang muncul
  • Tambahkan akun lain jika diinginkan, atau lewati
  • Terima persetujuan penggunaan data
  • Email baru Outlook siap digunakan

Kalau lebih jelas langkahnya akan dimulai dengan membuat akun baru Outlook

Selanjutnya, tentukan nama domain yang ingin digunakan untuk email baru tersebut.

Jika sudah, masukkan kata sandi yang digunakan untuk email baru Outlook tersebut.

Setelah mengisikan tanggal lahir dan negara, setujui persyaratan penggunaan untuk bisa mengakses Outlook Anda.

Anda sudah berhasil melakukan cara membuat email baru dari HP dengan aplikasi Outlook. Meskipun tampak profesional, domain yang digunakan masih milik Outlook.

Bagaimana kalau ingin menggunakan domain sendiri?

Cara Membuat Email dengan Domain Perusahaan

Di atas, Anda sudah belajar cara membuat email, terutama untuk keperluan personal. Nah, kalau untuk kebutuhan bisnis, bagaimana cara membuat email baru yang benar?

Agar bisnis Anda lebih profesional dan meyakinkan, Anda perlu punya email dengan domain perusahaan sendiri. Contohnya, pengusaha Rudy Salim yang punya alamat email unik, gmail@rudysalim.com.

Baca Juga: Ingin Punya Email Bisnis Profesional? Email Hosting Solusinya!

Nah, Anda pingin punya email bisnis yang unik juga? Tenang, cara membuat email dengan domain sendiri itu juga mudah, kok. Ikuti saja langkah-langkah berikut:

  1. Siapkan akun Gmail yang masih aktif
  2. Pastikan Anda sudah berlangganan hosting dan memiliki domain sendiri
  3. Masuk ke cPanel dari layanan hosting yang Anda pakai
  4. Buat akun email baru di cPanel
  5. Cek detail POP3 dan SMTP
  6. Atur penerimaan email di Gmail
  7. Lakukan konfigurasi Gmail untuk pengiriman email
  8. Cek keberhasilan konfigurasi email dengan domain sendiri

Mungkin, cara membuat email baru untuk bisnis di atas tampak susah. Padahal, sebenarnya simple, kok. Kalau Anda ingin memahami lebih jelas, kami akan membantu Anda lewat artikel ini -> Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri dalam 6 Langkah.

Oh ya perlu Anda ketahui, layanan hosting apapun yang Anda gunakan memungkinkan Anda membuat email dengan domain sendiri. Mulai dari Unlimited Hosting (shared hosting), Cloud Hosting, WordPress hosting, dsb.

Namun, sebenarnya pilihan yang lebih optimal adalah jika Anda memakai Email Hosting.

Email hosting adalah layanan server khusus email. Berbeda dengan web hosting yang berfokus pada layanan server website. Email Hosting cocok bagi pengguna website yang butuh kapasitas email tinggi.

Berbeda dengan web hosting yang kapasitas pengirimannya hanya kisaran 200-300 email/jam, Email Hosting memungkinkan Anda mengirim hingga 400 email/jam. Tak hanya itu, masih banyak juga keunggulan Email Hosting:

PerbedaanEmail HostingEmail di Web Hosting Biasa
Kapasitas Pengiriman400 email/jam200-300 email/jam
Batas Maksimal Penerima50 penerima dalam sekali kirim15 penerima dalam sekali kirim
Kapasitas Penyimpanan25-100 GB10 GB
Fitur KeamananGreylist, SpamAssassin, SpamExpertsSpamExperts (Paket Bisnis & Cloud Hosting)
Fitur BackupJetBackup (Hingga 30GB)JetBackup (Hingga 10GB)

Kabar gembiranya, Niagahoster memiliki layanan email hosting terbaik yang bisa Anda gunakan. Memakai Email Hosting Niagahoster, Anda juga akan mengantongi berbagai keistimewaan ini:

  • Bebas gunakan domain pribadi;
  • Memperkuat branding personal ataupun bisnis;
  • Jumlah akun email unlimited;
  • Proses pengiriman email cepat dan aman
  • Keamanan mailbox terjamin penuh;
  • Fitur backup email harian dan otomatis.

Bagaimana? Menarik, bukan?

Baca Juga: Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri

Selamat, Anda Sudah Berhasil Membuat Email!

Jadi, itu tadi berbagai cara membuat email di hp, laptop, sampai email perusahaan.

Bisa Anda simpulkan, membuat email itu memang mudah. Tapi agar penggunaannya tepat, Anda harus memahami dulu apa tujuan dan kebutuhan dari email tersebut.

Email pribadi biasanya digunakan untuk keperluan personal. Seperti mendaftar media sosial, mencadangkan data pribadi, dsb.

Sedangkan email bisnis lebih cocok untuk meningkatkan kredibilitas, branding, serta memaksimalkan kegiatan bisnis. Mulai dari mengirim email promosi secara massal, menjamin email tidak nyangkut di kotak spam, dan banyak lagi.

Beda dengan email biasa, untuk membuat email bisnis yang maksimal, Anda membutuhkan layanan hosting khusus seperti Email Hosting Niagahoster.

Dengan Hosting Email Niagahoster, kapasitas penyimpanan serta kemampuan pengiriman Anda lebih besar daripada hosting biasa. Selain itu, keamanannya pun juga lebih terjamin.

Jadi tunggu apa lagi? Yuk bangun email bisnis dengan Email Hosting Murah Niagahoster!

Benefita

Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Share
Published by
Benefita

Recent Posts

Apa Itu UKM? Pahami Contoh Sampai Perbedaannya dengan UMKM!

UKM memiliki peran penting bagi Indonesia. Sebenarnya, apa sih UKM itu? Bagaimana contoh dan tips mengembangkannya? Cek selengkapnya disini!

9 hours ago

Cara Install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS dengan Mudah

Ingin menggunakan Yarn, tapi tak tahu cara instalnya? Yuk pelajari cara install Yarn di Windows, Linux, dan MacOS lengkap di…

12 hours ago

Pengganti Niaga Forum, Ini Layanan Niagahoster Lain untuk Tetap Up to Date

Ingin tahu sumber referensi resmi dan cara memaksimalkan layanan Niagahoster? Yuk kepoin 3 layanan pengganti Niaga Forum di sini!

16 hours ago

Ingin Membuat Konsumen Anda Terpikat? Tawarkan Value Proposition yang Tepat!

Value proposition adalah kunci untuk memikat target pasar. Sebab, Anda menjelaskan kenapa produk Anda harus dipilih dibandingkan yang lain.  Dengan…

2 days ago

Produk Unggulan Niagahoster sebagai Alternatif Layanan EazyLink

Niagahoster berkomitmen membantu Anda meraih kesuksesan online. Nah, kami punya pemberitahuan terkait layanan EazyLink. Cek infonya di sini!

4 days ago

Apa Itu Reseller? Contoh, Cara Kerja, dan Tips Menjadi Reseller

Ingin berbisnis tapi tak punya modal yang cukup? Atau ingin memiliki usaha sampingan yang fleksibel tapi menjanjikan? Sangat bisa. Anda…

1 week ago