Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Cara Memasang Captcha Google di WordPress

5 min read

Pernahkah Anda melihat postingan blog yang kolom komentarnya dibanjiri oleh komentar spam? Atau mungkin, website Anda sendiri pernah disusupi dengan komentar promosi, iklan produk tidak jelas, atau bahkan kalimat-kalimat aneh yang tidak bisa dipahami?

Selain menyebalkan, komentar-komentar spam juga bisa merusak reputasi website Anda, lho! Untungnya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan komentar spam pada website. Salah satunya adalah dengan memasang Captcha. Bagaimana caranya?

Tenang, di artikel kali ini kami akan memandu Anda cara memasang Captcha Google di website WordPress. Mulai dari cara membuat Captcha, langkah-langkah instalasinya, hingga cara menggunakan Google Captcha.

Penasaran, kan? Simak artikel ini hingga selesai, ya!

Memilih Jenis Captcha yang Tepat

Captcha adalah sebuah fitur keamanan untuk melindungi website dari serangan robot, sehingga website hanya bisa diakses oleh manusia. 

Anda pasti pernah diminta menebak-nebak gambar atau menulis kembali kata-kata yang muncul di layar sebelum bisa masuk ke sebuah website kan? Nah, itulah yang dimaksud dengan Captcha.

Jika dipasang di website, Captcha dapat berguna untuk mencegah komentar-komentar spam, mencegah registrasi akun palsu, serta mengamankan transaksi jual beli online di website.

Jenis Captcha yang dikenal paling sulit untuk ditembus oleh robot adalah Google Captcha. Google Captcha, atau nama resminya Google reCAPTCHA, menggunakan teknologi yang bisa menganalisa risiko serta menghadapi berbagai serangan yang berasal dari mesin ‘bot’.

Jadi dengan teknologi canggihnya, Google captcha bisa efektif menghalau serangan robot sambil tetap menjadi tool yang mudah digunakan manusia.

Nah, Google menyediakan dua jenis reCAPTCHA yang bisa Anda gunakan, yakni v2 dan v3. Apa sih perbedaan keduanya?

reCAPTCHA v2

reCAPTCHA v2 adalah jenis Captcha yang simpel karena hanya membutuhkan dua baris HTML untuk membuatnya. Ada tiga bentuk verifikasi reCAPTCHA v2, yaitu:

  • “I’m not a robot” Checkbox

reCAPTCHA ini akan menampilkan checkbox “I’m not a robot” pada halaman yang dipasang Captcha. Pengunjung harus mencentang checkbox tersebut untuk memvalidasi mereka adalah manusia. Contohnya seperti ini:

google recaptcha v2 i'm not a robot checkbox
Sumber: developers.google.com
  • Invisible reCAPTCHA Badge

Sesuai namanya, reCAPTCHA yang satu ini tidak selalu tampil di halaman yang dipasang Captcha. Invisible reCAPTCHA Badge baru akan muncul jika sistem mendeteksi ada trafik website yang mencurigakan. Tampilannya seperti berikut:

google recaptcha v2 invisible recaptcha badge
Sumber: developers.google.com
  • reCAPTCHA Android

reCAPTCHA Android Library adalah bagian dari Google Play Services SafetyNet APIs. Library ini menyediakan API Captcha Native yang bisa diterapkan pada aplikasi berbasis Android.

Caranya dengan melakukan setting pada Google Play Services di aplikasi lalu hubungkan dengan GoogleApiClient. Baru setelahnya API reCAPTCHA Android bisa ditampilkan.

reCAPTCHA v3

Jika reCAPTCHA v2 saja sudah cukup simpel, ternyata reCAPTCHA v3 menawarkan fitur yang lebih simpel lagi. reCAPTCHA yang satu ini menggunakan sistem verifikasi keamanan otomatis. Contohnya seperti ini:

google recaptcha v3
Sumber: thecrazyprogrammer.com

Lalu, bagaimana cara kerjanya? Google reCAPTCHA v3 menggunakan JavaScript untuk menilai koneksi yang sedang berlangsung. Kemudian mengambil tindakan apakah akan menampilkan Captcha atau tidak.

Jadi, Captcha tidak selalu muncul pada website yang dipasang reCAPTCHA v3. Jika Google mendeteksi aktivitas yang berlangsung di situs tersebut dilakukan oleh robot, maka Captcha akan tampil. Sebaliknya, jika website banyak diakses oleh manusia, Captcha tidak akan dimunculkan.

Anda sudah tahu apa itu Google reCAPTCHA, keunggulannya, serta jenis-jenisnya. Lantas, bagaimana cara memasang Captcha Google di WordPress? Yuk, ikuti panduan berikut!

Baca juga: 13+ Cara Menghilangkan Komentar Spam di Website

Cara Memasang Captcha Google di WordPress

Cara memasang Captcha Google di WordPress ini dibagi menjadi dua bagian utama. Pertama, membuat Captcha Google untuk mendapatkan Site Key dan Secret Key. Kedua, menambahkan Site Key dan Secret Key ke WordPress agar Captcha bisa digunakan.

Cara Membuat Captcha Google

Sebelum Anda bisa menggunakan Google reCAPTCHA di website WordPress, Anda harus membuatnya terlebih dahulu. Syaratnya cuma dua, yakni memiliki akun Gmail dan domain website aktif.

Langkah 1: Login Akun Google

Buka halaman Google atau Gmail, lalu login ke akun Anda.

cara membuat captcha google login akun google

Langkah 2: Buka Laman Google reCaptcha

Kunjungi halaman Google reCAPTCHA. Kemudian klik tombol Admin Console.

cara membuat captcha google buka halaman recaptcha

Langkah 3: Daftarkan Domain Baru ke Google reCaptcha

Akan muncul pilihan Register a new site untuk mendaftarkan website Anda ke Google reCaptcha. Ada beberapa form yang perlu Anda isi untuk mendapatkan Site Key dan Secret Key:

cara membuat captcha google daftar domain baru
  • Label – Isi nama Captcha. Anda bisa mengisi form Label dengan nama domain atau nama lain.
  • reCAPTCHA Type – Pilih jenis reCaptcha yang ingin anda gunakan. Ada empat opsi reCAPTCHA yang bisa anda pilih, yakni reCAPTCHA v3 dan tiga pilihan reCAPTCHA v2 masing-masing “I’m not a robot” Checkbox, Invisible reCaptcha Badge, dan reCAPTCHA Android.
  • Domains – Isi sesuai dengan URL website anda.
  • Owners – Pilihan ini diatur secara default oleh Google menyesuaikan dengan akun Google dan alamat email yang anda gunakan saat login tadi. Jika domain anda memiliki lebih dari satu pemilik, Anda bisa mendaftarkan email lain lewat opsi Enter email addresses.
  • Terms of Service – Centang pada pilihan Accept the ReCAPTCHA Terms of Service untuk bisa menggunakan reCAPTCHA di website anda.
  • Alerts – Centang opsi ini maka Google akan memberitahu Anda secara otomatis jika sewaktu-waktu terjadi error pada konfigurasi reCAPTCHA, atau terjadi aktivitas trafik yang mencurigakan.

Jika semua form sudah anda isi, klik tombol SUBMIT.

Baca juga: Keamanan Website Jadi Tren Penting Dunia Digital Tahun 2021

Langkah 4: Salin Site Key dan Secret Key

Setelah Anda melakukan submit, Anda akan mendapatkan dua kunci, yakni Site Key dan Secret Key. Anda harus menyalin dua kunci tersebut agar bisa menggunakan Google reCAPTCHA di WordPress.

cara membuat captcha google salin site key secret key

Sampai di tahap ini, anda telah sukses mendaftarkan website anda ke Google reCAPTCHA. Ada dua menu tambahan yang tersedia, yakni Go to Settings untuk menuju halaman pengaturan reCAPTCHA dan Go to Analytics untuk melihat statistik reCAPTCHA di website anda.

Cara Memasang Captcha Google di WordPress

Cara paling mudah untuk memasang Google reCAPTCHA di WordPress adalah dengan menggunakan plugin. Nantinya Site Key dan Secret Key yang Anda salin tadi perlu ditambahkan ke website melalui plugin WordPress yang diinstall.

Mari ikuti langkah-langkah instalasinya:

Langkah 1: Login dan Buka Dashboard WordPress

Buka halaman dashboard WordPress Anda dengan mengakses URL http://websiteanda/wp-admin. Lalu isikan alamat email atau username dan password WordPress Anda.

cara memasang captcha google di wordpress login dashboard

Jika Anda pengguna Layanan Hosting Niagahoster, ada cara login yang lebih simpel nih. Caranya dengan menggunakan fitur Auto Login untuk bisa masuk ke Dashboard WordPress tanpa harus menginput username dan password.

cara memasang captcha google di wordpress auto login niagahoster

Langkah 2: Install Plugin reCaptcha by BestWebSoft

Di sini, kami akan menggunakan plugin reCaptcha by BestWebSoft untuk memasang Captcha Google di WordPress.

cara memasang captcha google di wordpress install plugin recaptcha

Di halaman Dashboard, pilih menu Plugins > Add New. Lalu ketikkan ‘reCaptcha by BestWebSoft’ pada kolom pencarian. Kemudian klik Install Now.

cara memasang captcha google di wordpress install now recaptcha

Tunggu hingga proses instalasi selesai, setelahnya klik Activate.

cara memasang captcha google di wordpress activate recaptcha

Baca juga: 3 Cara Install Plugin di WordPress

Selain plugin dari BestWebSoft, sebenarnya ada dua plugin Captcha lain yang bisa Anda jadikan alternatif untuk menghalau serangan robot, yaitu:

  1. Advanced noCaptcha & Invisible Captcha (v2 & v3) – Plugin ini memiliki keunggulan bisa menambahkan lebih dari satu Captcha dalam satu halaman web. Namun plugin ini memiliki isu kompatibilitas dengan versi WordPress yang terbaru.
  2. Login noCaptcha reCAPTCHA – Plugin ini menyediakan versi reCAPTCHA v2 dan v3 terapkan pada halaman login, registrasi, ataupun lupa password. Sayangnya, Anda tidak bisa menambahkan Captcha pada form kontak maupun kolom komentar.

Nah, sekarang Anda bebas pilih plugin mana yang lebih sesuai kebutuhan. Sebab, kurang lebih pengaturannya akan sama saja.

Langkah 3: Buka Pengaturan Plugin reCaptcha by BestWebSoft

Selanjutnya Anda masih perlu melakukan pengaturan plugin. Caranya buka menu Plugins > Installed Plugins. Cari reCaptcha by BestWebSoft lalu klik Settings.

cara memasang captcha google di wordpress buka pengaturan plugin

Langkah 4: Pilih Versi reCaptcha

Ada tiga opsi yang ditawarkan plugin ini, yakni Version 2, Version 3, dan Invisible. Sesuaikan dengan versi reCAPTCHA yang anda gunakan.

cara memasang captcha google di wordpress pilih versi recaptcha

Langkah 5: Masukkan Site Key dan Secret Key

Tuliskan Site Key dan Secret Key yang telah anda salin tadi pada kolom yang tersedia.

cara memasang captcha google di wordpress masukkan site key secret key

Langkah 6: Pilih Form yang akan Ditambahkan reCaptcha

Selanjutnya Anda diminta memilih halaman yang akan dipasang Captcha. Ada opsi WordPress Default dimana Anda bisa memasang Captcha di halaman login, halaman registrasi, halaman reset password, dan kolom komentar.

Selain itu, anda juga bisa menerapkan Captcha pada plugin eksternal, misalnya form kontak ataupun halaman testimoni.

cara memasang captcha google di wordpress pilih form captcha

Kabar baiknya, anda juga bisa menambahkan Captcha di lebih dari satu form, lho!

Langkah 7: Atur Tampilan Captcha

Anda bisa mengatur tampilan Captcha pada form, misalnya menggunakan Dark Mode.

cara memasang captcha google di wordpress atur tampilan captcha

Langkah 8: Atur Visibilitas Captcha

Anda juga diberi beberapa opsi pengaturan tambahan agar Captcha tidak ditampilkan ketika diakses oleh admin, editor, kontributor website, atau yang lainnya.

cara memasang captcha google di wordpress atur visibilitas captcha

Selesai! Kini, website Anda telah aman dari serangan robot.

Baca juga: 26+ Cara Mengamankan WordPress Terbaik untuk Website Anda

Segera Gunakan Captcha Google di Website Anda!

Google reCAPTCHA adalah layanan Captcha paling populer saat ini dan terbukti ampuh mencegah serangan robot di website Anda. Fitur-fitur yang ditawarkan sangat lengkap. Anda juga diberi kebebasan untuk menentukan jenis reCAPTCHA yang ingin digunakan.

Cara pakainya sangat mudah. Anda tinggal mendaftarkan domain, menginstall plugin, lalu menambahkan Site Key dan Secret Key pada form yang dikehendaki. Tentu langkah-langkahnya sangat mudah dan bisa anda praktikkan dalam waktu beberapa menit saja.

Meski begitu, memasang Captcha hanyalah salah satu cara untuk mengamankan website. Ada banyak cara yang perlu Anda lakukan untuk melindungi website. Misalnya memasang SSL, menginstall plugin dan tema dari website resmi, serta menggunakan layanan hosting terpercaya dengan fitur keamanan lengkap, seperti Niagahoster.

Nah, agar website Anda lebih aman, kami telah menyediakan panduan lengkap cara mengamankan website WordPress dalam bentuk ebook. Dan pastinya bisa Anda download sekarang juga secara gratis!

Langkah Mengamankan Website

Semoga artikel kali ini bermanfaat. Jika masih ada pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya melalui kolom komentar. Sampai jumpa lagi!

Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *