Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Cara Install Ulang Core WordPress yang Aman

3 min read

FI Cara Install Ulang Core WordPress yang Aman

Ada kalanya website mengalami error sehingga tidak dapat diakses. Error ini dapat terjadi karena adanya kerusakan core WordPress yang disebabkan oleh malware ataupun ada file core yang hilang ketika gagal melakukan update.

Lalu, bagaimana cara mengatasinya ya? 

Install ulang core wordpress menjadi pilihan yang tepat dan aman untuk mengatasi masalah tersebut. Anda tidak perlu khawatir kehilangan file konten, tema maupun plugin yang sudah terinstall pada WordPress Anda sebelumnya.

Anda dapat langsung mengikuti cara instal ulang core wordpress melalui artikel ini. Kami menyediakan 4 cara mudah yang dapat Anda pilih salah satunya, yaitu :

  1. Install Ulang Core WordPress Melalui Dashboard
  2. Install Ulang Core WordPress Melalui FTP
  3. Install Ulang Core WordPress Melalui WP-CLI
  4. Install Ulang Lengkap Menggunakan Auto Install Website WordPress

Tetapi sebelum melakukan install ulang, kami tetap menyarankan Anda untuk melakukan backup file WordPress terlebih dahulu. Hal ini dilakukan sebagai antisipasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan saat proses install ulang berlangsung.

Install Ulang Core WordPress Melalui Dashboard

Pertama-tama, login ke halaman admin atau dashboard WordPress Anda. Kemudian klik menu Updates yang terdapat pada sidebar. Menu ini berisi informasi mengenai update apa saja  yang telah tersedia.

Untuk melakukan reinstall core wordpress, klik tombol Re-install seperti yang ditunjukkan pada gambar berikut ini.

Install Ulang Core WordPess Melalui Dashboard

Proses ini berlangsung secara otomatis, Anda hanya perlu menunggu beberapa detik saja untuk menyelesaikan proses install ulang core wordpress.

Install Ulang Core WordPress Melalui FTP

Bagaimana jika dashboard WordPress Anda error atau tidak bisa diakses? Tenang saja, Anda masih dapat melakukan install ulang core WordPress melalui FTP kok. Langsung saja ikuti langkah-langkah berikut ini :

1. Download WordPress Versi Terbaru

Anda harus mendownload WordPress versi terbaru yang tersedia di website resmi WordPress.org terlebih dahulu. Setelah masuk ke halaman website, temukan dan klik tombol Download WordPress

2. Ekstrak File WordPress

Jika proses download telah selesai, Anda akan melihat file berekstensi .zip di dalam folder download pada komputer Anda. Silahkan ekstrak seluruh konten yang terdapat pada file .zip tersebut.

Ekstrak file zip wordpress

Agar konten wordpress Anda tidak ter-overwrite ketika proses upload file, hapuslah folder wp-content dengan cara klik kanan pada folder, lalu klik Delete. Anda juga bisa menghapusnya dengan langsung menekan tombol delete di keyboard.

3. Upload File WordPress

Terakhir, Anda perlu mengupload file wordpress Anda dengan menggunakan FTP Client.  Unggah file ke folder tempat Anda menginstall WordPress. Secara default, biasanya WordPress tersimpan pada folder root dengan nama public atau public_html.

cara install wordpress upload filezilla

Baca Juga : Cara Menggunakan FileZilla

Ketika proses upload dimulai, aplikasi FTP Client Anda akan menampilkan prompt dengan pesan Target file already exists.  Pilih opsi Overwrite dan ceklis pilihan Apply to current queue only, lalu klik OK untuk melanjutkan upload file.

Karena Anda sudah menghapus folder wp-content di langkah sebelumnya, maka tema maupun plugin WordPress Anda tidak akan terpengaruh saat dilakukan overwrite terhadap semua file core WordPress.

Jika proses upload telah selesai, harusnya sekarang core WordPress baru sudah terinstall dan berjalan dengan baik pada website Anda.

Install Ulang Core WordPress Melalui WP-CLI

Anda juga dapat menerapkan cara instal ulang core wordpress dengan cara menggunakan WP-CLI. WP-CLI merupakan tool yang memungkinkan Anda untuk mengelola dan mengatur WordPress menggunakan command line (baris perintah).

Oleh karena itu, pastikan layanan hosting yang Anda gunakan memiliki fitur akses ke WP-CLI seperti Paket WP Personal dan Paket WP Bisnis Niagahoster.

Untuk melakukan download dan reinstall core wordpress tanpa menghapus/mengubah tema dan plugin, Anda dapat langsung menjalankan perintah berikut ini pada WP-CLI :

wp core download --skip-content --force

Pastikan juga untuk menjalankan perintah tersebut di dalam direktori tempat WordPress Anda tersimpan. 

Install Ulang Lengkap Menggunakan Auto Install Website WordPress

Kalau website mengalami error yang sulit untuk diperbaiki atau berniat untuk memulai semuanya dari awal dan membersihkan semua file WordPress, metode ini bisa digunakan.

Perhatian : Metode ini dapat menghapus semua data WordPress Anda secara permanen. 

Pada dasarnya metode ini meliputi 2 tahapan, yaitu :

  1. Menghapus semua file WordPress yang ada
  2. Install WordPress baru sesuai metode yang Anda inginkan

Anda dapat menghapus file WordPress langsung melalui File Manager di cPanel maupun melalui FTP. Pada tutorial kali ini, kami menghapus file WordPress melalui FTP.

Anda juga dapat menghapus database lama yang Anda gunakan agar WordPress terlihat lebih bersih dan baru. Walaupun sebenarnya Anda tetap dapat membuat database baru tanpa menghapus database WordPress yang lama. 

Anda dapat menghapus database langsung dari cPanel dengan cara masuk ke menu MySQL Databases ataupun melakukan drop database dari phpmyadmin.

Selanjutnya, Anda hanya perlu melakukan instalasi website dari awal dengan pilihan cara install WordPress yang Anda inginkan. Salah satunya dengan menggunakan fitur Auto Install Website WordPress yang disediakan oleh Niagahoster pada halaman Member Area.

Baca Juga : Panduan Menggunakan Auto Install WordPress Niagahoster

Sudah Siap Install Ulang Core WordPress?

Bagaimana mudah kan melakukan install ulang core WordPress? Anda dapat mencoba salah satu cara yang sudah kami jelaskan di artikel ini: 

  1. Melalui dashboard WordPress
  2. Melalui koneksi FTP
  3. Melalui WP-CLI
  4. Install ulang lengkap menggunakan Auto Install Website WordPress

Sampai saat ini, WordPress masih menjadi CMS paling populer di dunia. Cara penggunaannya mudah, fitur lengkap, dan juga gratis menjadi alasan WordPress selalu diminati. 

Nah, bagi Anda yang berminat menggunakan WordPress, Niagahoster memiliki layanan WordPress Hosting Murah loh!

Layanan ini dioptimasi khusus untuk WordPress, sehingga performa website jauh lebih baik. Selain itu, adanya beragam fitur hebat di WordPress Management memudahkan Anda untuk melakukan optimasi website hanya dengan beberapa klik saja. 

Anda ingin beralih ke WordPress Niagahoster sekarang? 

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.