Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Apa itu Backdoor dan Bagaimana Cara Menanganinya?

3 min read

Apa itu Backdoor

Pada artikel ini saya akan menjelaskan mengenai apa itu backdoor dan apa saja jenis backdoor yang saat ini ada. Selain itu cara membuat backdoor juga akan dijelaskan pada bagian kedua. Di akhir tulisan terdapat cara mengatasi backdoor yang dapat Anda coba untuk mengamankan server Linux.

Apa itu Backdoor?

Backdoor adalah perangkat lunak yang digunakan untuk mengakses sistem, aplikasi, atau jaringan tanpa harus menangani proses autentikasi. Backdoor dapat membantu user yang membuat backdoor (peretas) dapat masuk ke dalam sistem tanpa harus melewati proses autentifikasi. Backdoor juga dapat diartikan sebagai mekanisme yang digunakan untuk mengakses sistem atau jaringan.

Awalnya backdoor dibuat para programmer untuk mendapatkan akses khusus untuk masuk ke dalam program yang mereka kembangkan. Apalagi saat terjadi masalah pada program mereka, seperti crash maupun masalah yang diakibatkan oleh bug. Pada saat terjadi masalah itu, backdoor menjadi salah satu solusi yang berhasil dibuat.

Namun, sejalan dengan perkembangan teknologi informasi, backdoor yang sebelumnya menjadi solusi, saat ini menjadi salah satu celah yang digunakan mengambil akses sistem secara paksa. Backdoor disisipkan ke dalam kode sistem maupun sebuah program secara diam-diam sehingga pengguna tidak mengetahui ada backdoor pada sistemnya. Akibatnya, pembuat backdoor tadi dapat masuk dan mendapatkan akses ke dalam sistem pengguna bahkan dapat mengakses keseluruhan sistem.

Fungsi Backdoor

Fungsi backdoor yang paling banyak digunakan adalah untuk masuk ke dalam sistem tanpa harus melewati mekanisme autentikasi. Fungsi ini banyak digunakan oleh para programmer untuk masuk ke dalam sistem yang mereka kembangkan. Dikarenakan pada sistem yang sedang dalam proses perkembangan terkadang masih banyak masalah seperti berhenti secara tiba-tiba dan bugs lainnya.

Berikut ini adalah beberapa fungsi lain backdoor.

  • Mengambil hak akses website

Apa itu backdoor untuk mengambil hak akses website? Backdoor saat ini banyak tersebar di berbagai aplikasi dan fitur yang digunakan pada sebuah website. Tujuannya adalah untuk mendapatkan akses ke dalam website. Setelah masuk, tergantung pembuat backdoor atau yang biasa disebut peretas. Dikarenakan, saat sudah dapat masuk ke dalam sistem website maka peretas dapat melakukan apa saja.

Ada beberapa cara yang dapat digunakan untuk memasukkan backdoor ke dalam website, seperti melalui tema, plugin, folder upload, wp-config, dan folder include. Kebanyakan backdoor ini malah dimasukkan sendiri oleh korban secara tidak sengaja.

  • Mengambil hak akses server/komputer

Hal lain yang cukup berbahaya adalah ketika peretas berhasil menaruh backdoor ke dalam server (bisa jadi perangkat pribadi). Saat backdoor sudah masuk ke dalam sistem korban, peretas dapat melakukan akses ke semua folder yang ada di perangkat itu. Tidak jarang peretas juga melakukan pencurian data menggunakan cara ini.

Berbeda dengan cara mengambil hak akses website, memasukkan backdoor ke dalam sebuah perangkat kebanyakan melalui aplikasi yang diinstal korban. Aplikasi-aplikasi ini umumnya tidak diketahui sebagai backdoor, dikarenakan peretas memberikan nama aplikasi ini dengan nama program yang wajar dan bahkan yang ingin korban instal.

Tujuan backdoor pada web server digunakan untuk melakukan aktivitas berbahaya, termasuk:

  • Pencurian data
  • Pembajakan server
  • Merusak situs web
  • Menaruh virus pada pengunjung website
  • Melakukan serangan Distributed Denial of Service (DDoS)

Jenis Backdoor

Jenis-jenis backdoor dilihat dari tipenya.

  • Web Shell Backdoor

Web Shell Backdoor adalah salah satu cara memperoleh backdoor (pintu masuk) melalui web shell. Apa itu web shell? Web shell adalah sejenis teks perintah yang terdapat pada halaman website yang dapat digunakan untuk melakukan akses ke dalam sistem dengan mengeksekusi program tertentu.

  • System Backdoor

System Backdoors adalah jenis backdoor yang paling populer dari sekian tipe backdoor. Jenis ini termasuk menjadi target utama dalam melakukan backdoor. Dikarenakan memberikan fleksibilitas dan stabilitas dibandingkan dengan web shell backdoor.

Lagkah-langkah Mencari Backdoor

Demi keamanan sistem Anda apalagi yang berbasiskan online. Ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mencari dan mencegah kemungkinan backdoor yang menyerang sistem. Pada bagian ini akan saya bahas mengenai cara-cara yang bisa dilakukan untuk melakukan penanganan backdoor pada sistem yang menggunakan sistem operasi Linux khususnya.

Hal-hal yang Perlu Dipersiapkan

  • Komputer klien yang dapat digunakan untuk mengakses server atau web hosting.

Mengatasi Backdoor

Mengatasi backdoor di web hosting

Pada hosting web ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk membersihkan backdoor. Berikut beberapa pengecekan yang bisa dilakukan untuk penanganan backdoor.

  • Tema-tema yang tidak digunakan lebih baik dihapus dan gunakan tema yang original serta terpercaya.
  • Lakukan pengecekan file .htaccess, pastikan tidak ada script redirect.
  • Periksa file wp-config.php sehingga sama dengan file wp-config-sample.php pada konfigurasinya.

Mencari File yang Mengandung Backdoor

Langkah ini terkadang berguna untuk penanganan pasca terjadi serangan pada server web hosting. Tujuannya adalah untuk mencari jika masih ada script yang tertanam di suatu file di salah satu folder. Masalahnya adalah di sana banyak sekali folder dan file yang tersimpan. Mulai dari ratusan megabytes sampai dengan beberapa gigabytes.

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mencari potongan kode yang ada di salah satu file server adalah dengan menggunakan teks perintah. Pada Linux terdapat perintah grep atau grep command yang dapat digunakan untuk mencari potongan script yang ada di dalam file.

Grep sudah ada di setiap Linux sehingga tidak perlu melakukan instalasi lagi. Sedangkan untuk file website yang ingin diperiksa harus di unduh terlebih dahulu.

Mencari Baris Perintah Passtrhu Menggunakan Linux

Baris perintah berikut digunakan untuk mencari seluruh folder dan file yang terdapat pada public_html yang mengandung script passtrhu.

$ grep -Rn “passthru *(” public_html/

Jika ingin menyimpan hasil dari pencarian ke dalam sebuah file, makan dapat menggunakan perintah berikut.

$ grep -Rn “passthru *(” public_html/ >> hasil.txt

Mencari Baris Perintah Passtrhu Menggunakan Windows

Jika menggunakan sistem operasi Windows juga terdapat perintah yang dapat digunakan untuk melakukan pengecekan baris kode. Jika di Linux menggunakan Grep maka di Windows menggunakan Findstr.

$ findstr /r /s /n /c:”passthru *(” *.*

Kedua cara tersebut adalah salah satu contoh dari beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menangani masalah pada backdoor.

Penutup

Pada artikel ini sudah dijabarkan mengenai apa itu backdoor dan bagaimana backdoor itu bekerja. Meskipun sederhana, backdoor adalah tools yang dapat menjadi kesalahan fatal bagi pengelola sistem. Dikarenakan dapat mengambil alih secara paksa hak akses pada sistem itu.

Ada beberapa tindakan pencegahan yang dapat dilakukan untuk menangani backdoor. Namun hal yang paling sederhana yang dapat dilakukan adalah meminimalisir penggunaan file atau folder yang tidak terpecaya. Dikarenakan terkadang pada beberapa tema, contohnya website, terdapat beberapa tema yang diselipkan backdoor di dalamnya.

Semoga artikel mengenai apa itu backdoor ini dapat bermanfaat. Setelah mendapatkan informasi mengenai backdoor, berikut ini adalah beberapa artikel yang mungkin Anda tertarik untuk membacanya juga.

Baca juga:

Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *