Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Membuat Email Gmail, Android, Hingga Perusahaan [Terlengkap]

5 min read

cara membuat email

Melalui artikel ini, kami akan membahas beberapa pilihan cara membuat email baru. Mulai dari email gratis di Gmail sampai email berbayar dengan nama domain sendiri seperti email@namaanda.com atau anda@namaperusahaan.com baik untuk personal maupun alamat email perusahaan. Langkah membuat email akan kami bahas secara lengkap dan bisa Anda ikuti dengan mudah.

Fungsi Email

Saat ini email memiliki banyak fungsi yang bisa digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan sekedar untuk berkirim pesan, berikut beberapa fungsinya:

1. Berikirim Pesan

Fungsi awalnya email adalah untuk berikirim pesan. Anda dapat mengirim atau menerima pesan dalam hitungan detik, tergantung dari kecepatan internet yang digunakan dan server email Anda.

2. Untuk Melakukan Pendaftaran Akun Online

Saat ini hampir setiap orang memiliki akun media sosial seperti Twitter atau Facebook, untuk membuatnya tentu akan memerlukan alamat email. Selain itu, alamat email juga diperlukan ketika Anda akan berbelanja online, baik itu untuk membeli barang atau tiket, karena harus membuat akun terlebih dahulu.

3. Mengaktifkan Smartphone

Untuk Anda yang memiliki smartphone Android, supaya perangkatnya dapat digunakan, Anda akan memerlukan alamat email. Ini juga berguna untuk login di play store yang nantinya akan berguna ketika Anda ingin melakukan instalasi aplikasi baru.

4. Media Promosi

Tentu Anda sudah sering menerima email promosi dari berbagai perusahaan mengenai promo yang sedang mereka jalankan. Itulah salah satu fungsi email, yaitu untuk mendapatkan konversi, baik itu meningkatkan penjualan atau jumlah pendaftaran.

Cara Membuat Email Baru dengan Berbagai Metode

Pada tutorial ini kami akan membahas tiga langkah membuat email dengan cara berbeda, jika Anda ingin membuat email gratis dan tidak menginginkan email profesional, silakan ikuti langkah di pilihan 1.

Untuk Anda yang menginginkan email yang lebih profesional, silakan ikuti langkah di pilihan 2, untuk pilihan ini kami membagikan cara yang lebih hemat untuk membuat email dengan nama domain sendiri.

Cara Membuat Email di Gmail

  1. Silakan akses halaman https://www.google.com/gmail/ pada browser Anda.
  2. Klik Buat Akun pada bagian kanan atas.
  3. Silahkan isikan nama depan & nama belakang Anda.
  4. Selanjutnya isikan alamat email yang Anda Inginkan.
  5. Apabila nama email sudah digunakan, silahkan ganti atau mengkombinasikan dengan angka.
  6. Setelah berhasil memilih alamat email, silahkan masukkan password yang Anda inginkan dan jangan lupa isikan konfirmasi password kemudian klik Berikutnya.
  7. Selanjutnya isikan nomor telepon dan alamat email pemulihan atau bisa dikosongkan karena bersifat opsional.
  8. Pilih tanggal, bulan dan tahun lahir Anda.
  9. Pilih jenis kelamin Anda kemudian klik Berikutnya.
  10. Akan muncul halaman Privasi dan Persyaratan, scroll kebawah kemudian kilik Saya setuju.
  11. Selamat, email Anda siap untuk digunakan.

Baca juga: 3+ Layanan Email Gratis untuk Bisnis

Cara Membuat Email Perusahaan

Jika Anda seorang profesional yang membutuhkan sebuah alamat email sesuai dengan nama perusahaan atau profesi supaya lebih terpercaya di mata pelanggan, tentu Anda wajib membuat  alamat email perushaan sesuai dengan nama perusahaan atau nama Anda.

Tapi sebelum Anda memutuskan untuk membuat email, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Sebuah alamat email adalah bagian terpenting pada email supaya dapat dengan mudah menerima pesan, dan alamat email untuk setiap pengguna akan berbeda-beda.

Itulah kenapa Anda harus mempertimbangkan beberapa hal ketika akan membuat email, untuk lebih jelasnya silakan simak infografis di bawah ini.

cara membuat email infografis

Ada beberapa pilihan yang dapat Anda gunakan untuk membuat alamat email perusahaan dengan menggunakan nama domain sendiri, berikut diantaranya:

a. Cara Membuat Email Perusahaan dengan Domain Sendiri di Zohomail

Pilihan ini dapat Anda gunakan ketika Anda ingin memiliki alamat email sesuai yang diinginkan tapi dengan biaya yang terjangkau, karena hanya perlu membayar biaya domain untuk satu tahun.

Jadi Anda hanya mengeluarkan biaya untuk membeli domain sekitar Rp. 115.000/tahun.

Alamat email yang bisa Anda buat dapat disesuaikan dengan nama domain yang dipilih. Misalnya, jika nama domain Anda adalah namausahaanda.com, untuk alamat email dapat dibuat menjadi kontak@namausahaanda.com, namaanda@namausahaanda.com, dll.

Keuntungan

  • Alamat email Anda terlihat lebih profesional
  • Anda hanya perlu membayar biaya domain untuk satu tahun

Kekurangan

  • Resource dibatasi hanya 5GB.
  • Email Anda dapat dihapus sewaktu-waktu jika Anda dianggap melanggar syarat dan ketentuan dari Zoho Mail.

Untuk caranya silakan ikuti langkah di bawah ini:

1. Beli nama domain, Anda dapat membelinya di www.niagahoster.co.id/domain-murah.

2. Pilih nama domain, dengan memasukkan nama yang diinginkan pada kolom yang tersedia kemudian klik tombol Cek Domain. Jika Anda kesulitan menentukan nama domain, silakan baca artikel mengenai cara menentukan nama domain.

domain untuk membuat email

3. Jika tidak tersedia, silakan cari nama domain lainnya. Jika tersedia silakan selesaikan proses pemesanan.

4. Setelah domain Anda aktif, silakan lakukan konfigurasi domain Anda dengan Zohomail, sesuai dengan tutorial yang sudah kami buat mengenai cara membuat email dengan domain sendiri di Zohomail.

Catatan: Untuk akun Zoho Mail gratis, Anda akan mendapatkan 5GB/User untuk 25 user, 20MB Attachment dan single domain. Jika Anda ingin resource yang lebih besar, Anda dapat menggunakan cara di bawah ini.

b. Cara Membuat Email Perusahaan dengan Domain Sendiri di Hosting

Pilihan ini adalah solusi untuk Anda yang membutuhkan resource yang lebih besar dengan harga yang terjangkau.

Keuntungan

  • Alamat email Anda terlihat lebih profesional
  • Anda dapat membuat website sesuai nama domain email, silakan ikuti tutorial cara membuat website untuk lebih lengkapnya.
  • Email mudah di backup kapan saja, silakan baca tutorial cara backup email.

Kekurangan

  • Anda harus membeli hosting, tapi akan sebanding dengan resource yang didapatkan dan tidak perlu membeli domain (mulai dari paket hosting Pelajar).

Untuk membuat email di hosting sesuai dengan domain sendiri, sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah seperti di bawah ini:

1. Beli hosting dan domain, jika Anda membeli hosting di Nagahoster kami menyarankan mulai dari paket Pelajar, karena untuk domain tidak dikenakan biaya. Untuk membelinya, silakan akses halaman berikut www.niagahoster.co.id/hosting-indonesia.

2. Lakukan pemesanan, pada salah satu paket hosting, kami menyarankan untuk memilih paket Personal dengan gratis domain dan resource yang cukup lega. Setelah Anda melakukan pembayaran dan konfirmasi sesuai petunjuk, hosting dan domain Anda akan aktif dalam beberapa saat.

3. Jika hosting dan domain Anda sudah aktif, silakan buat email baru Anda dengan login ke cPanel.

4. Di dalam cPanel, silakan pilih menu Email Accounts

langkah cara membuat email baru

5. Masukkan alamat email yang ingin dibuat pada kolom Email, kemudian pilih domain untuk email pada bagian Domain (jika Anda memiliki lebih dari satu domain pada hosting). Masukkan kata sandi pada form Password, tentukan kuota, kemudian simpan perubahan dengan menekan tombol Create Account.

membuat email

6. Untuk menggunakan email, silakan akses melalui tautan namadomainanda.com/webmail, masukkan alamat email dan password yang Anda tentukan untuk email yang Anda buat.

login email

7. Akan tampil tiga pilihan aplikasi webmail yang dapat Anda gunakan, silakan klik salah satu, pada contoh ini kami memilih roundcube.

aplikasi webmail

8. Di bawah ini adalah tampilan webmail roundcube, Anda sudah bisa berkirim email melalui menu yang tersedia.

tampilan webmail rouncube

Untuk petunjuk yang lebih lengkap, silakan ikuti tutorial mengenai cara membuat email di cPanel.

Cara membuat email di atas bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan personal maupun kebutuhan perusahaan Anda.

Namun jika Anda lebih berfokus untuk membuat email perusahaan yang mementingkan aktivitas lalu lintas email.  Baik dari sisi jumlah penerima atau pun pengiriman dengan kapasitas besar, email hosting ialah pilihan tepat.

Anda bisa mempertimbangkan untuk menggunakan email hosting khusus yang telah kami sediakan untuk pengguna yang memerlukan resource lebih besar untuk kebutuhan email. Menariknya Anda bisa memilih disk space untuk email hosting sesuai kebutuhan Anda.

alamatemailperusahaan

Baca Juga: 3+ Layanan Email Gratis untuk Bisnis

Cara Membuat Email di Android

Jika sebelumnya Anda sudah mengetahui cara membuat email di Gmail hingga membuat email baru dengan nama domain sendiri kini saatnya Anda membuat email di android Anda. Apa saja yang Anda butuhkan? Simak selengkapnya!

Pastikan Anda sudah memiliki:

  • Email dengan domain sendiri.
  • Perangkat Android.

Di tutorial ini, kami menggunakan Gmail sebagi contoh.

  • Silakan langsung buka perangkat android  Settings > Add Account.cara setting email di androidPilih Other yang ada pada daftar aplikasi email untuk menambahkan akun email Anda.

setting email di android

  • Masukkan alamat email Anda dan klik Next.

cara setting email kantor di android

  • Pilih jenis dari incoming server yang ingin Anda gunakan, apakah itu POP3 atau IMAP.

cara setting email android

cara setting email di android 1

  • Cek kembali incoming server setting seperti tampilan berikut,

cara-setting-email-di-android-2

  1. Username – Alamat email Anda.
  2. Password – Password akun email Anda.
  3. Server – Umumnya menggunakan domainanda.com atau mail.namadomain.com. Untuk memastikan, silakan hubungi layanan hosting Anda.
  4. Port – Untuk contoh kami menggunakan port 993, hal ini tergantng dari layanan hosting Anda, tapi untuk port default POP3 dan IMAP adalah:
  • 110 POP3 tanpa SSL
  • 143 IMAP tanpa SSL
  • 993 IMAP dengan SSL
  • 995 POP3 dengan SSL

Setelah semua detail berhasil terisi, silakan klik Next.

  • Detail pada outgoing server sebaiknya diisi seperti detail pada incoming server. Untuk port silakan isi dengan 587 dan Security type pilih SSL/TLS (Accept all certificates). Untuk detail silakan lihat gambar di bawah.

cara-setting-email-1

  • Klik next dan selesaikan prosesnya.

Saat ini Anda sudah dapat menggunakan alamat email di Android. Langkah detailnya juga bisa Anda cek di artikel cara setting android.

Baca juga: Email Marketing: Cara Mengembangkan Email List Anda

Kesimpulan

Itulah beberapa pilihan untuk membuat email baru yang dapat Anda gunakan. Jika Anda hanya memerlukan email untuk membuat akun sosial media seperti facebook, Gmail saja sudah cukup. Tapi, jika Anda ingin memiliki alamat email yang lebih profesional, kami sarankan untuk membuat email dengan nama sendiri seperti di langkah 2.

Untuk alamat email dengan nama domain sendiri ada dua alternatif, yang pertama hanya membayar domain untuk satu tahun atau membeli hosting dan domain untuk mendapatkan kontrol penuh.

Jika Anda memiliki pertanyaan atau masukkan mengenai tutorial langkah membuat email, jangan ragu untuk berkomentar melalui kolom yang tersedia. Silakan Subscribe untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di ibox email Anda. 🙂

4
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

4 Replies to “Cara Membuat Email Gmail, Android, Hingga Perusahaan [Terlengkap]”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

17 − 9 =