Elisabeth W. Alfanisa A public relations enthusiast who loves to write and read. A girl behind Niagahoster's good news on media. A cool kid you'll find spacing out in the backyard.

ZMOT: Kunci Keberhasilan Marketing Zaman Now

1 min read

ZMOT: Kunci Keberhasilan Marketing Zaman Now

Apakah Anda sering melihat review di internet sebelum membeli barang? Atau apakah Anda suka browsing terlebih dahulu untuk membandingkan harga barang yang ingin Anda beli? Ya, setiap orang pasti melakukannya! Forbes merilis hasil penelitian yang dilakukan oleh The ROBO (Research Online Buy Offline) Economy yang menyatakan bahwa 82% pengguna telepon pintar mencari referensi melalui mesin pencari, seperti Google, sebelum membeli barang, 45% diantaranya membaca review. Momen pencarian di internet ini ternyata membawa pengaruh besar atas keputusan seseorang membeli barang. Oleh Google, momen ini dipopulerkan dengan sebutan Zero Moment of Truth (ZMOT).

Permainan ZMOT = Permainan Mesin Pencari

Para digital marketer dan pelaku bisnis online percaya bahwa memenangkan permainan ZMOT adalah kunci keberhasilan marketing di era digital. Di era konvensional, kita mengenal istilah First Moment of Truth (FMOT), yaitu momen dimana seseorang mendatangi toko dan tertarik membeli sebuah barang. Seiring dengan perkembangannya, ZMOT menghadirkan fenomena baru dalam berbelanja. Di dalam momentum ini, konsumen biasanya menggali sebanyak-banyaknya informasi tentang barang yang ingin dibeli, seperti harga barang, spesifikasi, kualitas, review, hingga toko terdekat yang menjualnya. Banyak pula yang melakukan perbandingan antara merk satu dan lainnya. Pada kolom pencarian di mesin pencari, banyak orang yang mengawalinya dengan pertanyaan seperti: “Merk parfum apa yang wanginya tahan lama?”, “Merk tas apa yang sedang hits saat ini?”, “Merk sabun cuci baju apa yang ampuh menghilangkan noda?”. Merk yang muncul pertama pada pertanyaan-pertanyaan ini akan memiliki nilai keunggulan yang lebih dibandingkan merk lain. Kehadiran online sebuah produk dalam bentuk website atau online marketplace tentu menjadi semakin penting untuk mengambil momentum keputusan konsumen membeli sebuah produk tersebut.

Peran mesin pencari seperti Google, Yahoo!, Bing, tidak dapat dikesampingkan dalam memenangkan permainan ZMOT. ThinkwithGoogle mengungkapkan 42% orang melakukan pencarian online ketika mengunjungi toko dan 64% diantaranya menggunakan bantuan mesin pencari, 46% lainnya mengunjungi langsung website atau aplikasi toko. Data ini menunjukkan perlunya toko hadir di dunia maya untuk memperkuat kehadiran online sebuah brand atau produk.

Pentingnya Kehadiran Online

Di Indonesia saat ini baru ada 3,97 juta UMKM dari total 60 juta yang menjajakan barang dagangannya secara online. Jumlah ini tentu diharapkan semakin bertambah mengingat semakin banyak cara mudah untuk menciptakan kehadiran bisnis di dunia maya. Saat ini sudah banyak tersedia hosting, domain, dan server murah untuk memulai membuat website. Dikutip dari blog Niagahoster, saat ini juga sudah banyak  perangkat teknologi yang dapat digunakan dalam mengelola UMKM, antara lain WordPress, Google Bisnisku, WhatsApp Bisnis, dan lainnya. Ditambah dengan pemaksimalan fitur marketing lainnya, seperti online ads, konten ramah SEO, pilihan transaksi pembayaran yang beragam, kupon diskon, dan kode referral, pelaku usaha dapat dengan mudah mengambil momentum ZMOT untuk menarik minat pelanggan membeli barang dagangannya. Pada akhirnya kemenangan permainan ZMOT akan berpihak pada pelaku usaha yang mau bertransformasi, belajar, dan terus mengembangkan kehadirannya di dunia maya dengan memanfaatkan fitur pendukung lainnya.

1
Elisabeth W. Alfanisa A public relations enthusiast who loves to write and read. A girl behind Niagahoster's good news on media. A cool kid you'll find spacing out in the backyard.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × one =