Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

9 Tips Meningkatkan Penjualan Bisnis Online dengan TikTok

4 min read

“TikTok mau lewat.. yang pake Instagram sama Facebook minggir dulu ya..” 

Sepertinya, orang sudah tidak kaget kalau bisnis dipromosikan dengan Facebook dan Instagram, ya. Hasilnya pun sudah terbukti.

Tapi, bagaimana kalau menggunakan TikTok, ya?

Strategi marketing TikTok memang masih baru. Tapi, siapa sangka potensinya cukup besar. Bayangkan, penggunanya di seluruh dunia mencapai 500 juta orang. Bahkan, Indonesia juga menjadi negara pengunduh TikTok terbanyak lho..

Artinya, kalau ingin produk lebih dikenal luas, terutama di Indonesia, menjajal promosi lewat TikTok bisa jadi pilihan menarik. 

Eits.. tapi jualan di TikTok itu beda loh dengan di Instagram atau Facebook. Jadi, penting buat tahu strateginya dulu. 

Bagaimana caranya? Tenang, di artikel kali ini, Anda akan mempelajari strategi marketing TikTok supaya bisnis Anda makin cuan. Yuk simak penjelasannya! 

9 Strategi Marketing TikTok untuk Meningkatkan Penjualan Bisnis Online Anda 

Berikut ini strategi marketing TikTok yang perlu Anda lakukan supaya bisnis makin laris manis. 

1. Kenali Cara Kerja TikTok

strategi marketing tiktok dengan kenali cara kerja tiktok

TikTok adalah platform media sosial yang fokus pada sharing konten video. Setiap video berdurasi 15 detik dan dapat digabung menjadi 60 detik.

Platform ini bisa jadi sarana buat promosi produk bisnis. 

Caranya, buatlah sebuah video produk, lalu tambahkan efek video dan latar musik yang dapat menarik audience.

Nantinya, pengguna TikTok bisa memberi komentar, like, bahkan share video produk tersebut. Semakin banyak interaksi dari pengguna, semakin tinggi peluang Anda dipromosikan oleh TikTok ke pengguna lainnya. 

Selain itu, dengan engagement rate yang lebih tinggi dari Instagram, TikTok tentu cocok untuk membangun brand awareness produk dengan lebih optimal.

2. Cari Ide Konten Menarik untuk Video TikTok

Sudah tahu kan cara kerja TikTok? Nah, sekarang tinggal mencari ide konten video yang menarik untuk strategi marketing TikTok.  

Sebenarnya sih tidak jauh beda dengan saat akan membuat konten blog. 

Anda bisa coba tool seperti Ahrefs atau Ubersuggest untuk tahu tren kata kunci yang sesuai kebutuhan audiens atas produk bisnis Anda. Lalu, jadikan saja sebuah konten.

strategi marketing tiktok dengan riset keyword untuk ide konten

Cara lainnya, bertanyalah ke audiens melalui postingan di media sosial atau melakukan polling atas beberapa topik pilihan yang disukai. 

Namun, pada dasarnya, ide konten TikTok untuk bisnis tentu akan seputar product launching, tutorial, dan hashtag challenge. 

3. Pakai Hastag untuk Membuat Video 

pakai hashtag untuk membuat video

Ingin strategi marketing TikTok Anda berhasil? Jangan pernah lupa untuk menggunakan hashtag pada setiap video yang Anda buat. 

Pihak TikTok sendiri mengatakan bahwa hashtag, bagian dari informasi video, menjadi rujukan untuk kasih rekomendasi video kepada pengguna lain.

Tapi, jangan sembaran hashtag juga, ya. Gunakan yang paling relevan dengan konten dan bisnis Anda. 

Misalnya, untuk konten tutorial makeup, Anda bisa menambahkan hashtag #tutorialmakeup atau #makeupchallenge.

Bahkan, agar terlihat menonjol, gunakan saja branding promo yang sedang Anda lakukan. Contohnya nih, Zalora bikin hashtag #ZStyleNow untuk promosi event Zalora Fashion Festival

hashtag zstylenow sebagai strategi marketing tiktok

Dengan hashtag itu, akan semakin banyak orang tahu promo Anda, dan kenal produk bisnis Anda dengan lebih baik, bukan?

4. Kerjasama dengan Influencer 

kerja sama dengan influencer sebagai strategi marketing tiktok

Meski terbilang lebay, daya pikat influencer buat membius pengikutnya menggunakan suatu produk itu cukup berhasil.  Tak heran, 86 persen marketer mempercayakan influencer untuk meningkatkan penjualan dan brand awareness.  

Mau bukti? Brand jam tangan Daniel Wellington berhasil meningkatkan penjualan sampai 4700 persen hanya dalam tiga tahun saja. Mantap, kan? Itu semua berkat influencer lho.

Menariknya, mereka menggunakan semua jenis influencer, mulai dari mikro influencer sampai beauty influencer terkenal seperti Charlotte Letitia Crosby.

Yang penting dalam strategi ini, pilih influencer yang sesuai dengan target audience dan tujuan promosi Anda.

5. Konsisten Posting Konten

posting konten secara konsisten

Rajin posting pangkal sukses menaikan brand awareness. Benarkah? 

Ketika Anda mengupload video, follower Anda akan melihatnya. Lalu, ketika mereka menyukainya, akan ditampilkan juga di halaman follower pengguna itu. Semakin banyak like, video Anda bisa jadi akan ditampilkan masuk ke halaman for you page. 

Bayangkan kalau hal itu terjadi setiap hari. Tujuan membangun brand awareness yang kuat tentu semakin mudah tercapai, bukan?

6.Tanggapi Komentar dari Pengguna

tanggapi komentar dari pengguna

Menanggapi komentar dan menjawab pertanyaan audiens di sebuah posting tak kalah penting lho. Apalagi, inilah yang dapat meningkatkan engagement akun Anda. 

Tunggu.., apakah berarti semua komentar harus dibalas?

Tentu tidak. Pilihlah yang paling memberikan informasi positif terkait produk Anda saja. Selain itu, jangan ragu berkomentar di postingan pengguna lain karena dapat meningkatkan brand awareness Anda. 

Hmm.. kok bisa? 

like komentar konten tiktok

Alasannya, saat Anda berkomentar di postingan orang lain dan mendapatkan like, nama brand Anda bisa saja berada di urutan komentar teratas. Begitulah algoritma yang diterapkan TikTok. 

7. Buat Hashtag Challenge 

Warga TikTok suka dengan challenge. Contohnya, #lalalachallenge yang menarik lebih dari 200 juta pengguna, mulai dari netizen biasa hingga public figure. 

strategi marketing tiktok hashtag challenge luna maya

Apa artinya bagi bisnis Anda? Dengan merencanakan sebuah challenge terkait produk, Anda bisa saja meraih kepopuleran serupa.

Brand fashion Guess sudah pernah membuktikannya, kok. 

strategi marketing tiktok hashtag challenge Guess

Mereka menggunakan hashtag challenge #InMyDenim untuk mempromosikan produk denim terbaru mereka. Hasilnya, banyak pengguna TikTok yang membuat video menggunakan produk denim mereka. 

Hashtag challenge ini terbilang cukup efektif untuk mempromosikan produk bisnis. Sebab, untuk ikut serta dalam sebuah challenge, kreator TikTok perlu memiliki produknya dulu, kan? 

Jika video-video challenge tersebut terlihat keren, orang yang melihatnya akan tertarik untuk membuat video challenge serupa. Artinya, akan semakin banyak orang yang membeli produk, bukan?  

8. Pakai TikTok Ads 

strategi marketing tiktok pakai tiktok ads

Salah satu strategi marketing TikTok yang tak boleh terlewat adalah pakai TikTok Ads

Tidak mau ketinggalan dengan platform media sosial lainnya, TikTok juga menyediakan layanan iklan berbayar lho. Anda mau menjangkau target audiens lebih cepat? Bisa! 

TikTok menawarkan empat jenis produk iklan: 

  • InFeed Ads: iklan muncul saat pengguna scroll feed
  • Promotes Hashtag Challenge: iklan yang mengajak pengguna menggunakan hashtag challenge
  • Branded Effect/Filter: filter atau efek khusus yang berisi informasi produk
  • Brand Takeover: iklan eksklusif berupa image, gif, atau video yang hanya muncul sehari sekali saat pertama membuka aplikasi.  

Dari keempatnya, InFeed Ads adalah yang paling populer. Untuk bisnis kecil, jenis ini juga yang paling menguntungkan kok.

Alasannya, selain budget untuk memasang iklan relatif kecil, iklan itu nantinya akan muncul di feed audiens. Bahkan, untuk membuat iklan semakin optimal, ada pilihan penargetan minat dan penargetan perilaku

Sebenarnya, penargetan minat ini mirip seperti Facebook Ads dan Instagram Ads. Jadi, iklan cuma ditampilkan ke audiens dengan minat sesuai bisnis Anda. 

Sedangkan penargetan perilaku akan mempelajari perilaku pengguna TikTok selama 7-15 hari terakhir, dan menampilkan iklan yang sesuai dengan kesukaan mereka. 

9. Lihat Data Analytics TikTok Ads

strategi marketing tiktok dengan lihat data analytics

Coba sebutkan, digital marketing apa sih yang bisa sukses hanya pakai “feeling”? Hmm.. menjalani sebuah hubungan saja perlu tahu track record orangnya, apalagi dalam menjalankan promosi ya?  

Nah, jika menggunakan TikTok Ads, Anda akan mendapatkan data tersebut. Selanjutnya, Anda bisa melakukan analisa apakah promosi berjalan dengan baik.

Caranya, tinggal klik menu Analytics pada Akun TikTok Anda. 

cara lihat data analytics tiktok

Lalu klik “view analytics” untuk melihat hasil analytic setiap postingan Anda. 

TikTok juga memiliki fitur Followers Analytics, yang bisa memberikan Anda insight tentang perilaku followers Anda. Mulai dari konten seperti apa yang sering ditonton, kapan waktu mereka online, dan lainnya. 

Jadi, Anda bisa membuat konten-konten yang lebih baik dan sesuai dengan tujuan Anda. 

Yuk Terapkan Strategi Marketing TikTok, Sekarang! 

TikTok boleh dianggap “anak kemarin sore” dalam hal digital marketing. Namun, strategi marketing TikTok jangan dipandang sebelah mata. Apalagi kalau target pasar Anda adalah generasi muda yang aktif menggunakan platform tersebut.

Sukses jualan di TikTok bukan lagi sekedar mimpi lho. Di artikel ini, kami sudah membagikan tips meningkatkan penjualan bisnis online di TikTok yang bisa Anda gunakan. Berikut ini ringkasannya: 

  • Mengenali cara kerja TikTok 
  • Cari ide konten yang menarik 
  • Pakai hashtag 
  • Kerja sama dengan influencer 
  • Konsisten posting konten 
  • Menanggapi komentar dari pengguna 
  • Buat hashtag challenge 
  • Lihat data analytic konten

Nah, agar bisnis Anda lebih mudah berkembang, penting untuk memanfaatkan strategi digital marketing lainnya. Untuk memudahkan Anda, kami sudah siapkan ebook panduan digital marketing yang bisa Anda dapatkan secara gratis. 

banner ebook panduan digital marketing

Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.