Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

WordPress 5.9 Sudah Rilis! Apa Saja Fitur Barunya?

4 min read

Plugin WordPress terbaik

WordPress 5.9 yang dirilis pada 25 Januari menghadirkan banyak fitur baru dan berbagai peningkatan fitur lainnya. Namun, yang paling ditunggu dari WordPress 5.9 adalah kemudahan desain website dengan fitur Full Site Editing

Ingin tahu apa saja yang bisa dilakukan dengan Full Site Editing? Lalu, apa saja update fitur di WordPress 5.9? Yuk, langsung saja simak penjelasan lengkapnya!

Apa Saja Yang Baru di WordPress 5.9?

Berikut ini adalah beberapa fitur baru dan perubahan yang terjadi WordPress di versi 5.9:

1. Block Theme dan Full Site Editing

WordPress 5.9 memperkenalkan default theme bernama Twenty Twenty-Two, sesuai dengan tahun rilisnya. 

Yang membedakan dari tema lainnya, Twenty Twenty-Two adalah sebuah block theme, yaitu tema WordPress dengan template yang terdiri dari block. 

Dengan block theme, Anda bisa melakukan full site editing pada website WordPress Anda. Tapi, apa itu full site editing

Full Site Editing adalah fitur yang memungkinkan Anda untuk mengedit keseluruhan website termasuk tema, widget, dll tanpa menyentuh kode website sama sekali. 

Dengan begitu, Anda bisa mendesain website mulai dari header sampai footer langsung pada block editor WordPress.

Tema baru di WordPress 5.9

Nah, kalau tema yang Anda pilih adalah sebuah block theme dan dalam keadaan aktif, Anda tidak akan menemukan fitur Customize seperti di versi lama. Sebagai gantinya, Anda akan melihat sub menu Editor di menu Appearance

Baca Juga : 10+ Tema WordPress SEO Friendly Gratis Terbaik

2. Global Style untuk Mendesain Website Lebih Mudah 

Di WordPress 5.8, Anda bisa melakukan parsial editing untuk mendesain website dengan fitur Customize. Namun, kustomisasi Typography, Colors, Layout dan Blocks tetap harus dilakukan di file theme.json.

Nah, WordPress 5.9 menyediakan graphic interface untuk theme.json. Jadi, desain website bisa Anda lakukan tanpa mengedit atau menambahkan kode di file theme.json. 

Dengan Global Style yang dikenalkan di versi terbaru ini, Anda akan melihat sidebar baru bernama Styles yang berisi 4 komponen berikut ini:

Typography – Panel tempat Anda mengontrol typography untuk text dan link yang ada pada website.  Anda bisa mengatur font family, size, line height dan appearance.

typography style di block theme WordPress 5.9

Colors – Panel tempat Anda memilih atau melakukan kustomisasi warna untuk elemen website.

colors style di block theme WordPress 5.9

Layout – Panel tempat Anda melakukan kustomisasi layout, seperti mengatur padding layout website.

layout style di block theme WordPress 5.9

Blocks – Dengan global style, sekarang Anda bisa mengubah tampilan pada spesifik block. Tapi, perlu diingat bahwa setiap block memiliki elemen berbeda yang bisa dikustomisasi. 

Misalnya, di block paragraph, Anda bisa mengubah typography dan colors. Sedangkan di block buttons, Anda bisa mengatur typography, colors dan layout.

blocks style di block theme WordPress 5.9

Baca juga: Update Terbaru Plugin WordPress Astra Tawarkan 100+ Template Gratis!

3. Block Editor dengan Fungsi Lebih Baik

WordPress 5.9 meningkatkan fungsi pada beberapa block editor, diantaranya:

Navigation Block – Kini, navigation block bisa Anda gunakan pada post dan pages. Block ini mengizinkan Anda untuk membuat menu navigasi pada artikel atau landing page Anda. Misalnya, untuk membuat daftar isi seperti berikut ini:

navigation block

Konten dari navigation block akan disimpan di database sebagai wp_navigation. Hal ini memungkinkan Anda untuk menggunakan menu navigasi secara berulang pada block theme yang berbeda.

Image Galleries & Featured Image – Jika pada WordPress 5.8 kustomisasi image galleries dan featured image terbatas. Kini Anda bisa mengatur dimensions (height, width, scale controls) dan menerapkan duotone filter pada setiap gambar. 

Image Cropping Site Logo – Sebelumnya, logo hanya bisa diedit sebelum diupload. Di WordPress 5.9, Anda bisa melakukan crop, zoom dan rotate gambar menggunakan Site Logo block langsung dari block toolbar.

Border – Kalau Anda menggunakan Group block, Anda akan melihat panel Border di block settings sidebar. Anda bisa mengubah width dan style border sesuai keinginan Anda.

List View – Sekarang, Anda bisa memindahkan section di List View hanya dengan melakukan drag and drop.

Block Gap Spacing Control – Block spacing control mengizinkan Anda untuk mengatur jarak items pada suatu block.

Link Control – Kini, link control menyediakan rich URL preview yang menampilkan details dari link target.

Link Popup – Di post editor, Anda bisa membuat halaman baru langsung dari inline link popup.

Search Block – Ada penambahan pengaturan button dan border color. Anda juga bisa melakukan kustomisasi background dan radius.

Block Dimensions – Panel dimensions yang baru meliputi height, width, padding, margin, dan alignment control. Tapi perlu diingat bahwa tidak semua atribut dimiliki setiap block.

Widget Group Block – Ada penambahan Widget Group Block baru di Widgets Screen.

Flex Layout and Row Block – Beberapa block, contohnya Social Link block, kini menyediakan kumpulan toolbar controls yang memungkinkan Anda untuk melakukan kustomisasi flex layout dan row block.

4. Pattern Block Lebih Beragam

Pattern block pertama kali diperkenalkan WordPress pada versi 5.5, block ini menyediakan kumpulan struktur block (template block) yang bisa langsung digunakan di konten website hanya dengan beberapa klik saja.

WordPress 5.9 menambahkan Footers Block dan Featured Block Patterns yang diambil langsung dari Pattern Directory yang menyediakan berbagai pattern populer yang siap digunakan untuk website Anda.

block pattern lebih beragam

Seiring bertambahnya jumlah pilihan pattern di Pattern Directory, WordPress 5.9 memperkenalkan Full Screen Pattern Explorer agar Anda bisa lebih leluasa untuk mencari dan menambahkan pattern pada konten website Anda.

5. Performa WordPress 5.9 Lebih Baik

Penggunaan block theme di WordPress 5.9 bisa mengurangi jumlah file CSS pada website. Sehingga, performa website akan meningkat dan waktu loading menjadi lebih singkat.

Selain berkurangnya file CSS, WordPress 5.9 mengalami peningkatan pada lazy loading. Pada beberapa riset terakhir, lazy loading ternyata menurunkan performa website sehingga WordPress mulai melakukan perbaikan untuk itu. 

Di WordPress 5.9, lazy load tidak akan berlaku untuk gambar pertama yang ditampilkan website, tapi tetap berlaku pada gambar selanjutnya. Perubahan ini terbukti telah meningkatkan kecepatan loading halaman sampai 30%.

Baca Juga: Guest Mode WordPress di Plugin LSCache

6. Tambahan Fitur untuk Developer

Tak hanya menambahkan fitur untuk end-user atau pengguna umum, WordPress 5.9 juga memperkenalkan beberapa fitur baru untuk developer, yaitu:

Atribut Lock Block – Fitur ini bisa mencegah user agar tidak dapat memindahkan atau menghapus individual block. Artinya, user hanya bisa mengedit konten pada block. Anda juga bisa menggunakan fitur ini pada spesifik block di block pattern.

API Baru – WordPress 5.9 memiliki API baru untuk mengakses data global settings dan styles dari theme.json.

Nah, itu dia beberapa fitur baru dan perubahan di WordPress 5.9, menarik bukan?

Ingin Segera Menggunakan WordPress 5.9?

WordPress 5.9 menawarkan banyak fitur baru, terutama terkait kemudahan merancang desain website. Mulai tema baru dengan kemampuan full site editing hingga performa yang lebih baik. 

Hal tersebut tentu akan membuat semakin digemari, terutama oleh pemula, ya. 

Pun demikian, langkah upgrade ke versi WordPress terbaru tidak boleh asal. Pastikan cocok dengan plugin dan tema yang saat ini Anda gunakan. Salah-salah, malah bisa membuat website rusak, lho.

Itulah kenapa melakukan update lewat WordPress staging itu penting. Dengan menggunakan website duplikat, proses update jadi lebih aman.

Kalau perlu, pastikan untuk selalu melakukan backup data sebelum melakukan update WordPress, ya.

Nah, untungnya, pengguna Niagahoster bisa menikmati fitur WordPress staging dan Auto Update langsung dari menu WordPress Management. Dengan sekali klik, proses backup akan terjadi otomatis sebelum auto update dilakukan.

fitur WP management Niagahoster

Tak hanya itu, Layanan WordPress Hosting Niagahoster memberikan kualitas hosting yang baik dengan keamanan dan kecepatan terjaga. 

Yang tak kalah menarik, layanan WordPress Hosting sangat terjangkau, mulai Rp32rb/bulan saja. Jadi, tunggu apa lagi? Yuk, berlangganan layanan WordPress Hosting dan nikmati fitur-fitur terbaru WordPress 5.9!

Sumber

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Leave a Reply

Your email address will not be published.