Muhammad Ariffudin also known as Ariffud

Update Terbaru Plugin WordPress Astra Tawarkan 100+ Template Gratis!

3 min read

[FI] Update Terbaru Plugin WordPress Astra Tawarkan 100+ Template Gratis!

Kabar gembira bagi Anda yang ingin mempercantik website dengan mudah! Belum lama ini Astra, salah satu tema WordPress populer, meluncurkan update untuk pluginnya, yakni Starter Template 3.0.

Versi terbaru plugin yang sering digunakan untuk mendesain website ini, membawa banyak perubahan signifikan. Salah satunya adalah penambahan 100+ template website gratis yang bisa Anda coba.

Penasaran bagaimana detailnya? Simak informasi berikut hingga tuntas, ya!

Kenalan dengan Plugin Astra Starter Templates

Pertengahan Desember 2021, WPAstra selaku pengembang plugin Starter Templates mengumumkan adanya update besar-besaran pada pluginnya. Update tersebut diberi nama Starter Templates 3.0.

Dilansir laman resmi, tim pengembang menyatakan bahwa update tersebut adalah bentuk komitmen mereka. Yaitu, untuk membantu jutaan orang untuk menciptakan website dengan menyediakan tools yang mudah digunakan.

astra starter templates

Bagi Anda yang belum familiar, Starter Templates adalah plugin berbentuk library. Library ini berisi ratusan jenis template website buatan desainer profesional, baik template single-page maupun untuk keseluruhan halaman web.

Cara kerjanya sangat simpel. Anda tinggal memilih template yang diinginkan, kemudian lakukan kustomisasi terhadap logo, warna, dan font. Setelahnya, Starter Template akan membangun tampilan website dalam sekejap.

Meski dikembangkan oleh Astra, Starter Templates juga kompatibel dengan Page Builder lain. Contohnya Elementor, Beaver Builder, atau Block Editor.

Lantas, apa saja perubahan yang terjadi di Starter Templates 3.0? Temukan jawabannya di poin selanjutnya!

Baca juga: WordPress 5.9 Sudah Rilis! Apa Saja Fitur Barunya?

Apa yang Baru di Astra Starter Templates 3.0?

Starter Templates 3.0 menjanjikan pengalaman pengguna yang lebih baik dengan kehadiran beberapa fitur baru, seperti:

1. Interface Baru dengan 100+ Template Gratis

Tim pengembang mendesain ulang interface plugin Starter Templates dengan React. Hasilnya tidak mengecewakan, interface baru ini tampak modern, nyaman dipandang, tapi tetap mudah digunakan.

interface astra starter templates

Hal ini sesuai dengan tagline baru yang mereka usung, yakni “Hundreds of Templates, Millions of Possibilities”. Sehingga, Anda lebih mudah dalam memilih template website terbaik.

Nah, cara paling mudah menemukan template adalah lewat kolom pencarian. Di sini, Starter Templates menambahkan fitur Live Search yang dapat menampilkan hasil pencarian selagi Anda mengetik.

Tak hanya itu, Starter Templates menyediakan fitur filter dan sortir, guna memudahkan Anda mencari template berdasarkan kategori tertentu. Misalnya template untuk toko online, template populer, atau template terbaru.

Seperti yang sedikit dijelaskan, template yang tersedia di sini merupakan hasil karya desainer profesional. Jadi tidak hanya cantik, semua template juga dirancang agar responsive di berbagai perangkat.

2. Tools Baru: Logo, Palet Warna, Tipografi

Selain template website, tim pengembang juga menambahkan fitur kustomisasi. Hal ini berguna agar tampilan website Anda jadi lebih unik. Brandingnya pun tampak lebih jelas di mata pengunjung.

Di sini, Anda bisa menambahkan logo, mengganti palet warna, sampai memilih font yang sesuai. Tujuannya agar Anda mendapat preview tampilan website, sebelum semuanya dibangun dengan fitur Website Builder.

Dengan kata lain, Anda bisa mengetahui apakah logo, warna, dan font yang dipilih sudah cocok dengan template yang digunakan.

Nah, berikut penjelasan singkat dari tools baru tersebut:

Menambah Logo Baru

Segera setelah menentukan template, Anda bisa langsung menambahkan logo website. Tak perlu pusing menentukan tata letak dan sebagainya, karena Starter Templates telah menyiapkannya untuk Anda.

logo starter templates

Di sini, Anda tinggal memilih file logo lalu tekan upload. Secara instan, preview dari logo tersebut akan muncul. Setelahnya, Anda tinggal menggeser slider untuk menyesuaikan ukuran logo dan lanjut ke opsi selanjutnya.

Mudah sekali bukan?

Memilih Palet Warna

Kustomisasi website tak lengkap rasanya tanpa memilih warna. Nah, Starter Templates menyajikan beberapa opsi palet warna menarik. Dan pastinya, palet yang tersedia dirancang agar sesuai dengan template Anda.

mengganti palet warna

Nah, preview palet warna yang Anda pilih juga akan muncul secara instan. Hal ini berguna untuk menghindarkan Anda melakukan kesalahan dalam memilih kombinasi warna.

Sebab, seperti yang mungkin juga Anda rasakan, memilih warna yang tepat adalah salah satu tantangan terbesar ketika mendesain website. Salah pilih warna dapat menyebabkan website terlihat jelek di mata pengunjung.

Menentukan Tipografi

Layaknya warna, kesalahan tipografi juga bisa menyebabkan pengguna malas mampir ke website Anda. Alasannya jelas, karena konten jadi sulit terbaca. Untungnya, Starter Templates punya opsi mengubah kombinasi font.

mengganti tipografi

Jangan khawatir, fitur ini juga dilengkapi dengan preview instan untuk membantu Anda memilih font yang tepat. Lagi-lagi, semuanya bertujuan untuk memudahkan Anda mendesain website, dengan hasil akhir yang menawan.

Baca juga: 40 Font Keren Gratis untuk Website yang Bisa Anda Coba!

3. Peningkatan Kecepatan Website Builder

Selain membawa fitur-fitur baru, WPAstra juga mengklaim adanya peningkatan performa di Starter Templates 3.0. Dengan Website Builder, Anda bisa mengimpor template beserta kustomisasinya lebih cepat.

website builder

Selain lebih cepat, Website Builder juga terbilang stabil. Karena, fitur ini akan otomatis memberitahu Anda apabila terjadi kendala ketika proses impor, beserta langkah-langkah memperbaikinya.

Bahkan, pengembang menjanjikan keberadaan Starter Templates 3.0 tidak akan memperlambat website Anda. Sebab, plugin ini berjalan di sisi admin, sehingga tidak mempengaruhi kecepatan loading website secara keseluruhan.

Baca juga: Ini Dia 10+ Tips Desain Website Terbaik yang Bisa Anda Terapkan

Mudahnya Mendesain Website dengan Astra Templates!

Anda telah berkenalan dengan plugin Astra Starter Templates. Praktis, Anda jadi tahu fitur-fitur baru pada Starter Templates 3.0 beserta manfaatnya.

Jika Anda tertarik mencoba, langsung saja install plugin yang satu ini lewat dashboard WordPress. Jangan lupa juga untuk gunakan tema Astra, agar Anda lebih mudah dalam mengelola tampilan website.

Pun demikian, tampilan bukan satu-satunya hal penting ketika memiliki website. Masih banyak hal yang harus Anda kerjakan. Mulai dari meningkatkan kecepatan, mengamankan website, hingga perkara teknis lain.

Untungnya, sekarang telah hadir Simple WordPress dari Niagahoster. Layanan ini merupakan jawaban bagi Anda yang ingin punya website sendiri, tapi tidak ingin ribet mengelola hal-hal teknis di website.

Simple WordPress mengoptimasi semua hal teknis seperti kecepatan, keamanan, dan backup secara otomatis. Dengan begitu, Anda bisa fokus membuat konten dan mengembangkan website, deh.

Menariknya lagi, Simple WordPress dari Niagahoster adalah layanan pertama dan satu-satunya di Indonesia yang berfokus pada kemudahan pengelolaan website WordPress.

Jadi tunggu apa lagi, yuk gunakan layanan Simple WordPress dan nikmati kemudahan mengelola website!

Sumber:
Introducing Starter Templates 3.0: Hundreds of Templates, Millions of Possibilities!
Updated WordPress Plugin Offers 100+ Free Templates

Muhammad Ariffudin also known as Ariffud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *