Muhammad Ariffudin Ariffud is a career-shifting SEO Content Writer from Web Programming educational background, specializes in writing technical topics.

WordPress 6.0 Telah Rilis dengan 900+ Perubahan & Fitur Baru!

5 min read

22_6_6_4 WordPress 6.0 Telah Rilis dengan 900+ Perubahan & Fitur Baru!

Kabar gembira bagi Anda pengguna WordPress! Pada 24 Mei 2022 lalu, WordPress 6.0 akhirnya dirilis. Versi terbaru dari platform CMS terpopuler ini membawa lebih dari 900 perubahan dan fitur baru!

Lantas, seperti apa detail perbaikan dan fitur-fitur baru tersebut? Apa manfaatnya bagi pengguna WordPress? Bagaimana cara mengupdate WordPress ke versi teranyar 6.0?

Temukan semua jawabannya di artikel kali ini!

WordPress 6.0 Terbaru Diberi Nama ‘Arturo’

wordpress 6.0 arturo

WordPress melalui laman resminya mengumumkan rilis terbaru, WordPress 6.0, pada tanggal 24 Mei 2022 lalu. Versi teranyar ini diberi nama Arturo, terinspirasi dari musisi Jazz pemenang penghargaan Grammy, Arturo O’Farrill.

Hal ini masih sesuai dengan kebiasaan WordPress sebelumnya. Yaitu, menamai setiap rilisan terbarunya berdasarkan nama seorang musisi Jazz.

Kembali ke WordPress 6.0. Sebagai major update kedua tahun ini, tepat setelah WordPress 5.9, WordPress 6.0 disebut membawa sekitar 400 perbaikan performa dan 500 fitur baru nan menarik.

Bahkan, developer menjanjikan pengalaman menulis dan mendesain website yang jauh lebih menyenangkan bagi penggunanya dengan WordPress 6.0 loh!

Anda sudah tidak sabar ingin mengenal fitur-fitur baru WordPress 6.0? Yuk meluncur ke poin selanjutnya!

Baca juga: Update Terbaru Plugin WordPress Astra Tawarkan 100+ Template Gratis!

Apa yang Baru di WordPress 6.0 Arturo?

Seperti yang sudah disinggung, rilisan WordPress 6.0 ini membawa hampir 1000 perbaikan dan fitur baru. Kami tentu tidak akan mengulas semuanya, melainkan beberapa fitur paling menonjol dan berdampak signifikan bagi Anda.

Apa sajakah itu?

1. Performa WordPress 6.0 Ditingkatkan

Salah satu hal yang paling diharapkan pengguna terkait munculnya update terbaru dari suatu platform yaitu adanya peningkatan performa. Hal ini juga berlaku untuk WordPress 6.0.

Untungnya, rilisan kali ini membawa beberapa perubahan yang dapat meningkatkan performa website. Mulai dari perbaikan waktu loading halaman, efisiensi waktu eksekusi query database, sampai perbaikan metode caching.

Harapannya, website Anda yang menggunakan WordPress 6.0 dapat dimuat lebih cepat ketika diakses oleh pengunjungnya.

Baca juga: 21 Cara Mempercepat Loading Website WordPress Anda

2. Pengalaman Menulis Lebih Nyaman

fitur wordpress 6.0 pengalaman menulis

Seperti yang diketahui, WordPress menggandeng editor Gutenberg atau yang dikenal dengan Block Editor, sebagai editor bawaan sejak WordPress 5.0. Di rilisan terbaru ini, pengalaman menulis Anda dengan Block Editor jadi lebih nyaman berkat:

  • Kemampuan menyeleksi teks dari beberapa block berbeda, sehingga lebih memudahkan Anda melakukan copy-paste tulisan.
  • Penambahan shortcut dua kurung siku buka ‘[[‘ untuk menampilkan daftar halaman dan postingan blog terbaru.
  • Kemampuan menyimpan settingan style yang ada ketika Anda mengubah jenis block, misalnya dari block paragraf menjadi block kode.
  • Kemudahan membuat custom button, lalu mengaplikasikan settingan custom tersebut ke button lain yang hendak dibuat.
  • Perbaikan tampilan ikon media sosial dan tag menjadi lebih menarik, serta penambahan settingan dan beberapa kontrol baru.

3. Style Switching untuk Mengubah Tampilan

wordpress 6.0 style switching

Perubahan di WordPress 6.0 lainnya yang langsung menarik perhatian adalah adanya fitur Style Switching. Fitur ini memungkinkan para pengembang tema, terutama yang mendukung Block Editor, menyediakan opsi preset untuk tampilan.

Beberapa opsi preset ini meliputi variasi jenis font dan palet warna. Kemudian, Anda tinggal memilih-milih preset yang ada sembari melihat sendiri perubahan yang terjadi di website secara real time.

Semua itu bisa Anda lakukan hanya dengan beberapa klik saja!

Baca juga: 50 Template WordPress Gratis dan Terbaru 2022

4. Pilihan Template Lebih Variatif

template options

Selain kemudahan berganti style, WordPress 6.0 juga menambah lima opsi template baru untuk tema berjenis Block. Lima template tersebut antara lain Author, Date, Categories, Tag, dan Taxonomy.

Sehingga, Anda bisa lebih fleksibel dalam mendesain halaman web sesuai tujuannya. Lebih lanjut, Anda bisa mengkombinasikan lima template baru di atas dengan tools lain yang sudah ada sebelumnya.

Atau, melakukan kustomisasi lanjutan dengan opsi-opsi baru berikut:

  • Menggunakan Featured Image sebagai sampul dari sebuah Block.
  • Mengatur ukuran gambar dengan opsi yang lebih beragam untuk hasil akhir gambar lebih sesuai keinginan.
  • Menampilkan Quick Inserter ketika Anda mengutak-atik template di berbagai bagian Blocks sehingga bisa mempercepat proses pengeditan.
  • Menggabungkan Filtering jika terdapat beberapa Author berbeda, serta opsi tampilan custom lain ketika menggunakan Query Block.

5. Integrated Patterns untuk Mendesain Halaman

integrated patterns

Masih berhubungan dengan tema, ada fitur baru bernama Integrated Patterns untuk memudahkan Anda ketika membangun halaman web. 

Normalnya ketika mendesain halaman, Anda akan memulai dengan sebuah layout kosong. Namun berkat fitur yang satu ini, Anda bisa memilih preset layout yang tersedia untuk selanjutnya dimodifikasi sesuai kebutuhan. Pilihan layoutnya juga lumayan beragam sesuai peruntukannya, misalnya layout khusus header atau footer.

Sama seperti Style Switching, keberadaan Integrated Patterns ini juga tergantung pada tema yang Anda gunakan. Makanya, pastikan pengembang tema Anda telah menyediakan preset layout dulu, ya!

Baca juga: 11+ Website Inspirasi Footer Design Terbaik (2022)

6. Additional Design Tools Semakin Memudahkan

Selain fitur-fitur untuk mempercantik tampilan halaman di atas, WordPress 6.0 masih menyediakan seperangkat Design Tools tambahan yang tak kalah ciamik, di antaranya:

  • Desain Color Panel baru yang lebih intuitif, serta mempercepat proses seleksi warna.
  • Border Controls baru yang lebih sederhana, sehingga Anda lebih mudah dan presisi dalam menentukan batas di bagian halaman tertentu.
  • Penambahan opsi Transparency Levels ketika memilih warna, sehingga hasil akhir elemen yang diwarnai jadi lebih menarik.
  • Group Block menyediakan lebih banyak opsi kontrol di dalamnya, mulai dari Control Gaps, Margin, Typography, dan sebagainya.
  • Group Block juga menambah berbagai variasi opsi susunan, seperti Stack, Row, dan Group, sehingga Anda bisa mengatur layout dengan lebih fleksibel.
  • Gap Support Functionality sudah tersedia di Gallery Block, memungkinkan Anda mengatur, menambah, bahkan menghapus jarak antar gambar.

7. Tampilan List View Lebih Menarik

fitur wordpress 6.0 list view

Tampilan List View di dalam Block Editor juga termasuk fitur di WordPress 6.0 yang dipermak ulang. Seperti yang terlihat di gambar, kini Anda bisa memasukkan berbagai Block dan menata berbagai Block ke dalam List View.

Bahkan, List View ini bisa dibuka dan ditutup dengan sangat mudah. Namun secara default, tampilan List View akan tertutup. Baru kemudian, ia akan terbuka otomatis ketika Anda menyeleksi sebuah Block.

Baca juga: 7 Plugin WordPress Page Builder Terbaik

8. Block Locking Controls untuk Mengunci Block

block locking controls

Di samping kemudahan menambahkan Block ke dalam List View, WordPress 6.0 juga memungkinkan Anda mengunci Block tertentu. Dengan begitu, Block yang terkunci tidak dapat diedit, dipindahkan, bahkan dihapus.

Fitur ini sangat cocok bagi Anda yang masih pemula dalam mendesain web, tapi ingin mengkustomisasi tampilan. Sebab, Anda tidak perlu lagi merasa takut salah eksekusi Block yang menyebabkan tampilan berantakan.

9. Aksesibilitas WordPress 6.0 Lebih Baik

Perubahan terakhir yang menonjol dari WordPress 6.0 terbaru ini ialah dukungan aksesibilitas yang lebih baik. Hal ini sesuai dengan misi WordPress untuk menjadi platform yang bisa dinikmati semua kalangan, termasuk disabilitas.

Tercatat, ada sekitar 50 perbaikan khusus untuk menambah aksesibilitas WordPress. Mulai dari peningkatan fitur Alt Text ketika memasukkan gambar, sampai perbaikan lain di fitur Screen Reader.

Sampai di sini, Anda telah mengenal beberapa fitur baru dan perbaikan yang terjadi di WordPress 6.0. Lantas, bagaimana caranya menikmati versi termutakhir ini? Tenang, jawabannya ada di poin setelah ini.

Baca juga: 26+ Cara Mengamankan WordPress Terbaik untuk Website Anda [Edisi 2022]

Bagaimana Cara Update ke WordPress 6.0 Terbaru?

Sudah tidak sabar ingin mengupdate WordPress ke versi 6.0? Yuk praktikkan beberapa langkah mudah berikut ini!

Seperti biasa, pertama Anda harus masuk ke dashboard WordPress dulu. Di sini, klik menu Updates yang terletak di sidebar sebelah kiri.

dashboard wordpress udpates

Di halaman Updates, akan muncul versi terbaru WordPress. Langsung saja klik tombol Update to Version 6.0.

versi baru wordpress tersedia

Silakan tunggu, update versi WordPress akan berlangsung. Jika sudah, tampilan yang muncul seperti ini:

update wordpress 6.0 berhasil

Selamat! Anda telah berhasil mengupdate ke WordPress 6.0. Bagaimana, gampang banget kan?

Pun demikian, update WordPress dengan metode ini bersifat manual. Artinya, Anda harus mengupdate secara berkala tiap kali versi terbaru WordPress muncul. Namun sebenarnya, ada solusi praktisnya loh!

Yaitu, dengan memanfaatkan fitur Auto Update WordPress. Fitur ini tersedia secara khusus bagi Anda pelanggan setia Niagahoster. Cara mengaktifkannya juga tak kalah mudah!

Anda cukup berkunjung ke Member Area Niagahoster. Lalu, klik menu WordPress Management > Website di bagian sidebar.

member area niagahoster

Di halaman WordPress Management, pilih opsi Auto Update dan lakukan konfigurasi seperti berikut:

fitur auto update wordpress

Selesai! Auto Update WordPress telah berhasil dan kini Anda tidak akan ‘ketinggalan kereta’ ketika WordPress merilis versi terbaru. Bahkan menariknya lagi, fitur ini juga bisa mengupdate tema dan plugin WordPress Anda secara otomatis!

Masih kurang? Sistem secara canggih akan otomatis membackup website Anda sebelum melakukan update. Sehingga, Anda bisa kembali ke versi sebelumnya jika update terbaru ternyata tidak sesuai harapan Anda.

Namun sebelum bersiap mengupdate WordPress, ada baiknya Anda menyimak pesan berikut ini!

Baca juga: Hati-hati! Tidak Semua Plugin WordPress Aman untuk Diinstall

Baca Ini Dulu Sebelum Mengupdate WordPress!

Mengupdate WordPress memang mudah, apalagi dengan adanya fitur Auto Update WordPress plus backup website secara otomatis. Namun mungkin sebagian dari Anda masih ragu karena takut website jadi rusak setelah update.

Tenang, masih ada triknya kok. Caranya lewat fitur Staging WordPress. Dengan fitur ini, Anda bisa mengkloning website dan melakukan update versi WordPress di website tiruan tersebut.

fitur staging

Kemudian, periksa semua bagian website dan pastikan tidak ada tampilan dan fitur yang rusak setelah mengupdate WordPress. Setelah benar-benar yakin, baru deh Anda mengupdate WordPress di website asli.

Layaknya Auto Update WordPress, fitur Staging juga tersedia di halaman WordPress Management Member Area Niagahoster. Bagaimana, keren banget kan?

Makanya, yuk segera beralih ke layanan WordPress Hosting Niagahoster. Sebab, semua fiturnya dirancang khusus untuk kemudahan Anda dalam mengelola dan berkarya di website WordPress.

Bahkan, harganya juga super terjangkau. Mulai dari Rp26 ribuan saja per bulan! Yuk nikmati kecanggihan fitur baru dan performa WordPress 6.0 dengan paket WordPress Hosting Niagahoster!

Sumber:

WordPress 6.0 “Arturo”

WordPress 6.0 ‘Arturo’ Is Here With Nearly 1,000 Changes

Muhammad Ariffudin Ariffud is a career-shifting SEO Content Writer from Web Programming educational background, specializes in writing technical topics.

Leave a Reply

Your email address will not be published.