David Kurniawan A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

WAMP Server: Cara Download & Install dengan Mudah

3 min read

install WAMP server

Apache, PHP, dan MySQL hanya bisa berjalan pada sistem operasi Linux dan tidak tersedia secara native untuk platform Windows. Jadi bagi Anda yang ingin menjalankan web server Apache, PHP, dan MySQL di Windows, Anda perlu menggunakan WAMP Server.

Di sini, kami akan memberikan penjelasan mengenai apa itu WAMP Server. Tak lupa, kami juga akan bahas cara download dan install WAMP server dengan mudah.

Apa itu WAMP Server?

WAMP adalah singkatan dari Windows, Apache, MySQL, dan PHP. WAMP digunakan untuk menjalankan web server pada sistem operasi Windows. WAMP menjadi salah satu software paling populer di kalangan developer, karena sering digunakan untuk menginstall WordPress di komputer pribadi.

Fungsi WAMP adalah sebagai virtual/local server yang dijalankan di komputer Anda. Software ini digunakan untuk melakukan testing  semua fitur WordPress tanpa perlu khawatir adanya risiko atau masalah di website yang online. Ini mungkin terjadi karena “website” sama sekali tidak terkoneksi dengan internet dan hanya terinstall di komputer Anda.

Adanya WAMP akan mempermudah pekerjaan back-end dan front-end developer. Karena mereka dapat mendesain dan mengembangkan website tanpa khawatir mengubah kode yang ada di dalam website. Dengan kata lain, Anda juga bisa menggunakan WAMP Server untuk mengeksplorasi situs dan inti konten.

Cara Download WAMP Server

Untuk mengunduh WAMP web server buka situs resmi WAMP dan download sesuai dengan versi Windows Anda.

Setelah Anda mengakses situs resmi WAMP, Anda akan diarahkan pada halaman seperti di bawah ini. Download file yang sesuai dengan Operating System Anda. Pada panduan ini kami menggunakan Operating System x64.

Instal WAMP server

Selanjutnya, akan muncul popup dan klik pada download directly seperti pada gambar di bawah ini.

Instal WAMP server

Kemudian, tunggu hingga proses download selesai. File tersebut memiliki size 517MB. Pastikan memiliki koneksi internet yang stabil agar tidak terjadi error saat proses download berjalan.

Cara Install WAMP Server

Setelah proses download selesai, cari  file setup WAMP Server di folder download Anda. Lalu, ikuti langkah-langkah instalasi di bawah ini.

1. Pilih Bahasa

Pertama, buka setup instalasi WAMP Server lalu pilih bahasa yang akan Anda gunakan selama instalasi.  Pada tutorial ini menggunakan bahasa English. Klik OK untuk melanjutkan instalasi.

Instal WAMP server

2. Read License Agreement

Selanjutnya, Anda akan diberikan perintah untuk membaca License Agreement dari WAMP Server. Pilih I accept the agreement untuk menerima license Agreement. Klik Next untuk melanjutkan.

Instal WAMP server

3. Tentukan Lokasi Instalasi

Kemudian, pilih lokasi untuk install WAMP Server pada komputer Anda. Pada tutorial ini kami menginstall di lokasi C:\wamp64. Setelah menentukan lokasi instalasi, klik Next untuk melanjutkan.

Instal WAMP server

4. Pilih Komponen Tambahan

Setelah itu, pilih komponen tambahan instalasi. Fungsi komponen ini adalah untuk memperlancar penggunaan WAMP Server dan mendukung file dengan kapasitas besar. Sesuaikan komponen tambahan yang dipilih seperti pada gambar di bawah ini. Jika sudah, klik Next untuk melanjutkan instalasi.

Instal WAMP server

5. Tentukan Nama Aplikasi

Sebenarnya Anda bebas mengganti nama aplikasi yang akan ditampilkan pada Start Menu. Akan tetapi, demi kemudahan saat mencari aplikasi ini, sebaiknya gunakan nama Wampserver64 saja. 

Instal WAMP server

6. Mulai Proses Instalasi

Setelah memberikan komponen tambahan, Anda bisa memulai proses instalasi WAMP server. Klik Install untuk melanjutkan proses.

Instal WAMP server

7. Pilih Browser

Saat proses instalasi akan selesai, Anda akan diberikan pilihan untuk memilih browser yang akan digunakan untuk menjalankan tampilan default dari WAMP server. Klik Yes untuk memilih browser.

Instal WAMP server

Selanjutnya, pilih Chrome app dan klik Open untuk melanjutkan proses instalasi.

Instal WAMP server

8. Pilih Text Editor

Kemudian, pilih aplikasi Text Editor yang akan digunakan untuk edit file host pada WAMP Server. Klik Yes Untuk melanjutkan.

Instal WAMP server

Pada panduan ini kami menggunakan text editor Sublime Text. Anda bisa menggunakan text editor seperti Notepad atau text editor yang biasa Anda gunakan. Klik Open untuk melanjutkan instalasi.

Instal WAMP server

Tunggu instalasi hingga selesai dan klik Finish.

Instal WAMP server

9. Cek Instalasi WAMP Server

Setelah instalasi berhasil, buka WAMP Server dan tunggu hingga berjalan di komputer Anda. Lalu, pilih show hidden icons yang ada pada pojok kanan taskbar Anda dan klik kiri icon WAMP Server. Saat Anda membukanya, Anda akan menemukan shortcut untuk memeriksa dan menggunakan Apache, MySQL, PHPMyAdmin, MariaDB.

Untuk memastikan apakah web server Apache Anda aktif dan berjalan di Windows, klik menu localhost.

Instal WAMP server

Kemudian, Anda akan diarahkan pada halaman default seperti pada gambar di bawah ini. Pada halaman default, Anda dapat menambahkan Virtual Host, membuka phpMyAdmin, dan cek informasi php.

Instal WAMP server

WAMP vs XAMPP

Kalau Anda sudah mengenal WAMP, besar kemungkinan Anda juga pernah dengar XAMPP. Lalu, apa perbedaan keduanya?

XAMPP dan WAMP memiliki perbedaan cukup signifikan. Hal yang paling kelihatan adalah WAMP hanya dapat digunakan pada sistem operasi Windows. Di sisi lain, XAMPP tersedia di berbagai sistem operasi seperti Linux, Mac OS, dan Windows. 

Di sini, kami akan menjelaskan beberapa perbedaan lain antara XAMPP dan WAMP.

XAMPPWAMP
Memiliki lebih banyak ekstensi dibandingkan dengan WAMP.Memiliki jumlah ekstensi yang lebih sedikit dan kurang lengkap.
Dilengkapi dengan Perl, Apache, MySQL, dan PHP.Dilengkapi dengan MySQL, PHP, dan Apache, tetapi tidak memiliki Perl.
XAMPP dikenal dengan interface yang clean dan sederhana, dan ideal untuk pemula.Interface yang sederhana. Tidak cocok untuk pemula karena sulit untuk dipahami. Namun, lebih disenangi oleh developer karena memiliki tampilan yang sederhana dan melekat.
XAMPP didukung oleh beberapa sistem operasi Mac OS, Linux, dan Windows.WAMP hanya didukung oleh sistem operasi Windows.

Kesimpulan

WAMP adalah salah satu virtual server yang bisa Anda gunakan untuk proses percobaan pembuatan website. WAMP termasuk aplikasi yang populer dan banyak digunakan.

Di artikel ini kami sudah membahas bagaimana cara download dan install WAMP server dengan mudah. Tidak hanya itu, kami juga membahas apa saja perbedaan dari WAMP dan XAMPP.

Sedikit tips saja. Ketika Anda ingin membuat virtual server, jangan lupa untuk melihat kebutuhan dan sistem apa yang akan Anda buat. 

Demikian artikel kami, Jika Anda masih memiliki pertanyaan, Anda bisa meninggalkan pertanyaan  di kolom komentar di bawah artikel ini. Semoga artikel ini membantu!

3
David Kurniawan A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

2 × two =