Cara Install WordPress Offline dengan Wampserver - Tutorial Website, Hosting dan Bisnis Online

Jika Anda berencana membangun blog WordPress, Anda dapat mencoba melakukan instalasi WordPress pada komputer lokal dan mengembangkannya dari sana terlebih dahulu. WordPress yang diinstal pada local host tidak akan bisa diakses melalui jaringan internet. Cara ini menawarkan kesempatan yang lebih baik untuk membangun serta mengetes suatu website. Dalam tutorial kali ini kami akan membahas cara install WordPress offline menggunakan Wampserver pada Windows.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, pastikan bahwa Anda:

  • Komputer dengan sistem operasi Windows dan koneksi internet.

Berikut Ini adalah Cara Install WordPress Offline …

Langkah 1: Unduh dan Install Wampserver pada Komputer

Silakan unduh Wampserver melalui website Wampserver. Dengan Wampserver, Anda dapat menjalankan PHP, MySQL, dan Apache2 pada sistem operasi Windows. Sebelum mulai mengunduh, pastikan Anda memilih versi yang sesuai dengan Windows Anda, yaitu 32 bit atau 64 bit.

Setelah proses unduhan selesai, silakan lakukan instalasi. Ikuti petunjuk yang tersedia, kemudian pastikan Anda memperhatikan semua informasi yang ada. Silakan mulai cara install WordPress offline pada direktori C:\wamp64\. Wampserver juga akan menanyakan browser yang mana yang akan Anda gunakan. Jika Anda tidak ingin menginstalnya pada browser default (Internet Explorer), Anda dapat memilih browser yang Anda inginkan seperti Google Chrome.

Instalasi Wampserver cukup mudah. Setelah proses instalasi selesai, silakan buka Wampserver.

PENTING – Jika Anda menggunakan Skype, pastikan Anda menutupnya terlebih dahulu. Aplikasi ini tidak kompatibel dengan Wampserver.

Langkah 2: Buat Database WordPress

Sebelum memulai instalasi, Anda perlu membuat database website WordPress terlebih dahulu. Untuk melakukannya, silakan buka Wampserver dari taskbar dan pilih phpMyAdmin.

cara install wordpress offline

Browser akan terbuka dan menampilkan halaman untuk URL /localhost/phpmyadmin/. Di sini Anda akan melihat layar login dari phpMyAdmin. Jika terdapat pesan kesalahan, pastikan Anda menonaktifkan Skype dan restart browser terlebih dahulu. Wampserver menggunakan username root serta password kosong secara default. Masukkan detail seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini untuk login ke phpMyAdmin.

login ke phpmyadmin

Selanjutnya, pilih Databases dan masukkan nama database baru ke dalam kolom di bawah Create database dan klik Create. Pada contoh ini kami menggunakan wordpress_123 sebagai nama database.

membuat database di phpmyadmin

Database baru akan dibuat dan Anda dapat melanjutkan ke tahap berikutnya.

Langkah 3: Install WordPress di Windows

Silakan buka wordpress.org untuk mendownload versi WordPress terbaru. Setelah diunduh, silakan pindahkan file-nya ke document root dari Wampserver. Secara default, ada di direktori www di dalam direktori wamp64. Direktori tersebut beralamatkan di C:/wamp64/www/. Ekstrak file tersebut ke dalam direktori www.

install wordpress di windows

Setelah file diekstrak, seharusnya website sudah dapat diakses. Silakan buka browser yang sudah Anda tentukan sebelumnya dan akses link localhost/wordpress/. Anda akan melihat layar instalasi WordPress di sini. Pilih bahasa yang ingin Anda gunakan dan lanjutkan ke langkah selanjutnya: formulir untuk mengisi detail database.

setting detail database

  • Database name: Masukkan nama database yang sebelumnya sudah Anda buat. Pada contoh ini adalah wordpress_123.
  • Username: Gunakan username MySQL default dari Wampserver yaitu root.
  • Password: Silakan kosongkan, secara default Wampserver tidak memiliki password.
  • Database host: Isi dengan localhost.
  • Table prefix: Anda tidak perlu mengubahnya atau dapat Anda tentukan sesuai yang diinginkan. Disarankan menggunakan wp_.

Setelah semua detail diisi, silakan klik Submit untuk menuju ke langkah selanjutnya. Akan tampil halaman untuk memasukkan beberapa informasi mengenai situs WordPress. Anda juga dapat mengubahnya di lain waktu, jadi Anda boleh memasukkan informasi secara singkat terlebih dahulu.

setting detial website

  • Site Title: Judul website WordPress Anda.
  • Username: Username untuk admin area website WordPress Anda.
  • Password: Password untuk user admin dari website WordPress Anda.
  • Your Email: Alamat email aktif pengguna dari administrator website WordPress.

Setelah semuanya Anda isi, silakan klik tombol Install WordPress dan proses instalasi akan dimulai. Jika sudah selesai, silakan login ke dashboard admin WordPress dengan mengakses /localhost/wordpress/wp-admin/ kemudian masukkan username serta password administrator yang sebelumnya telah Anda buat. Jika dashboard admin WordPress dapat diakses dengan baik, berarti instalasi WordPress Anda berhasil.

Kesimpulan

Setelah mengikuti tutorial cara install WordPress offline menggunakan Wampserver, Anda dapat segera melanjutkan ke tahap pengembangan tampilan seperti pengaturan template dan plugin. Jika proses pembuatan website sudah sepenuhnya selesai, Anda dapat mulai mengunggah website ke hosting agar website dapat diakses melalui internet. Simak tutorial berikut ini untuk mengetahui cara upload WordPress ke hosting dari localhost.

Ingin terus mendapatkan update terbaru seputar dunia online? Klik Subscribe sekarang dan dapatkan ulasan dari kami langsung melalui email Anda 😊

Sampai jumpa di lain kesempatan ✌

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.