Tutorial

Panduan Staging WordPress di CyberPanel

Melakukan modifikasi WordPress secara langsung memang mudah. Namun, kalau terjadi kendala, website Anda berisiko tidak bisa diakses. Itulah kenapa langkah staging sangat direkomendasikan.

Staging adalah membuat duplikat website untuk melakukan perubahan yang aman pada WordPress. 

Kalau Anda mencari panduan staging Cyber Panel, Anda sudah menemukan artikel yang tepat. Kali ini, kami akan akan menjelaskan cara staging di WordPress CyberPanel. Yuk, simak lebih lanjut!

Panduan Staging CyberPanel

Sebelum mengikuti tutorial staging di CyberPanel WordPress, lakukanlah backup data terlebih dulu untuk mengantisipasi hal yang tidak diinginkan terjadi saat proses staging berlangsung.

Nah, dalam panduan staging ini, ada tiga langkah utama yang perlu Anda pahami, yaitu:

  1. Membuat Website Staging
  2. Sinkronisasi Staging WordPress
  3. Menghapus Website Staging

Nah, berikut ini panduan lengkapnya!

1. Membuat Website Staging

Untuk membuat website staging, inilah langkah yang perlu Anda lakukan:

1. Login ke CyberPanel

Untuk masuk ke panel admin CyberPanel, Anda perlu mengakses alamat https://namadomainanda:8090 pada browser.

Masukkan username dan password akun CyberPanel Anda, lalu klik Sign In.

2. Mengakses Menu List Websites

Setelah masuk ke halaman dashboard, masuklah ke menu List Websites yang dapat Anda temukan pada sidebar menu sebagai berikut :

3. Melakukan Staging WordPress

Pada halaman List Websites, pilihlah website yang akan Anda lakukan staging. Klik Manage seperti pada gambar :

Setelah berada di halaman manage website, Anda akan disuguhkan tampilan seperti gambar di bawah ini. Kemudian, klik CLONE/STAGING untuk melakukan setup staging environment.

Pada halaman set up staging, isilah kolom Domain dengan nama domain yang akan dibuat sebagai child-domain dari domain master Anda. Pada tutorial ini kami menggunakan domain staging.webtestwriter.xyz

Selanjutnya, tekan tombol Start Cloning. Lalu, tunggu beberapa saat hingga setup staging selesai dengan keterangan: Successfully Installed.

Sekarang, Anda sudah dapat mengakses website staging pada domain yang telah Anda buat. 

Untuk melakukan proses editing pada dashboard admin WordPress, Anda dapat mengakses alamat domainstagingAnda/wp-admin. Proses editing di halaman website staging sama saja kok dengan proses editing pada website live master.

2. Sinkronisasi Staging WordPress ke Halaman Live Master

Setelah proses editing pada WordPress staging selesai, saatnya melakukan sinkronisasi staging ke halaman live master dengan cara berikut:

1. Mengakses Menu List Domain

Pertama-tama, Anda perlu masuk kembali ke halaman manage website yang telah dilakukan staging. Setelah berada di halaman Manage website, scroll ke bawah dan temukan menu List Domain.

Kemudian, klik icon Launch pada domain staging WordPress yang Anda buat seperti pada gambar berikut ini :

2. Melakukan Copy/Sync Staging ke Halaman Master

Setelah masuk ke halaman manage staging website, klik tombol COPY/SYNC TO MASTER untuk melakukan sinkronisasi staging WordPress dengan halaman live/master.

Selanjutnya, berikan ceklis pada bagian yang akan di sinkronisasi. Kemudian, klik Start Syncing untuk memulai proses sinkronisasi staging WordPress. 

Tunggu beberapa saat hingga proses sinkronisasi selesai dilakukan dan muncul pesan Successfully Installed.

Anda dapat mengecek keberhasilan sinkronisasi dengan mengakses domain website master Anda. 

3. Menghapus Website Staging

Kalau Anda sudah tidak membutuhkan website staging, Anda bisa menghapusnya. Atau, apabila Anda ingin melakukan staging lagi, hapuslah database dan domain staging yang lama terlebih dulu. Inilah langkahnya :

1. Menghapus Database

Untuk menghapus database staging, Anda perlu mengakses menu Delete Database pada sidebar menu di dashboard CyberPanel.

Selanjutnya, pilih domain website Anda pada kolom Select Website. Lalu, pilih database staging yang akan dihapus. Database staging biasanya ada di urutan paling bawah dari kolom Select Database.

Jangan lupa klik tombol Delete Database untuk melakukan penghapusan database.

2. Menghapus Direktori

Untuk menghapus direktori website staging, Anda perlu masuk ke menu manage pada domain website Anda. Kemudian, temukan dan klik menu List Domains.

Klik tombol Delete pada baris kolom domain website staging yang lama seperti terlihat pada gambar berikut ini :

Nah, jika proses penghapusan direktori website staging lama sudah selesai, sekarang Anda dapat membuat staging WordPress yang baru di CyberPanel.

Kesimpulan

Dengan staging, Anda bisa melakukan modifikasi website WordPress dengan nyaman. 

Alasannya, setiap perubahan yang dilakukan belum muncul di website live. Dengan begitu, Anda tak harus terburu-buru mengerjakannya dan tak perlu khawatir akan mengganggu kenyamanan pengunjung jika terjadi kesalahan.

Pada intinya, ada dua tahap utama dalam panduan cara staging di WordPress CyberPanel, yaitu :

  1. Membuat Staging WordPress
  2. Melakukan Sinkronisasi Staging ke Halaman Master

Kedua proses tersebut bisa Anda lakukan dengan mudah dan cepat. Termasuk, ketika hendak menghapus staging yang lama sebelum membuat staging yang baru.

Oh ya, agar proses staging WordPress CyberPanel lebih cepat dan nyaman, gunakan layanan hosting yang bisa diandalkan seperti CyberPanel VPS Hosting Niagahoster.

Selain memiliki fitur staging WordPress, CyberPanel VPS Niagahoster juga menawarkan berbagai fitur menarik lainnya. Salah satunya, fitur Auto Installer yang memudahkan Anda untuk instalasi WordPress hanya dengan sekali klik.

Tak hanya itu, CyberPanel VPS Niagahoster juga menjamin keamanan website dengan dukungan fitur  Pure-FTPD. Fitur ini akan memudahkan Anda untuk menginstall SSL melalui web panel. Dan, masih banyak fitur lain yang akan membuat performa website Anda optimal.

Bagaimana? Tertarik menggunakan layanan CyberPanel VPS Hosting Niagahoster?

Demikianlah artikel pada kali ini, semoga panduan staging cyberpanel bermanfaat bagi Anda 🙂

Nida Regita F

SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Share
Published by
Nida Regita F

Recent Posts

Pilih Blogspot atau WordPress? Ini Perbandingannya

Pilih Blogspot atau WordPress, ya? Sebelum memilih, cek dulu perbandingan keduanya di artikel ini.

7 hours ago

Panduan Lengkap CodeIgniter 4

Dibanding pendahulunya, CodeIgniter 4 menawarkan berbagai kelebihan, terutama pada peningkatan performa yang telah didukung PHP versi 7. CodeIgniter 4 juga…

1 day ago

Niagahoster Kembali Adakan Program #NiagahosterSalingBantu untuk yang Terdampak Pandemi

Pandemi COVID-19 di Indonesia memang menunjukkan penurunan tren kasus baru harian dalam beberapa minggu terakhir, namun hal ini tidak kemudian…

1 day ago

Belajar Docker: Definisi, Fungsi, dan Cara Menginstalnya

Mengembangkan sebuah software dengan efisien itu penting. Terutama, untuk dapat dilakukan di berbagai lingkungan pengembangan sekaligus. Nah, Docker adalah salah…

2 days ago

Produk Update Agustus 2021

Selama bulan Agustus, kami telah melakukan beberapa update fitur untuk terus meningkatkan kenyamanan pelanggan dan mengembangkan produk terbaik. Apa saja…

3 days ago

Cara Memasang Captcha Google di WordPress

Pernahkah Anda melihat postingan blog yang kolom komentarnya dibanjiri oleh komentar spam? Atau mungkin, website Anda sendiri pernah disusupi dengan…

3 days ago