Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.

Cara Konfigurasi SSL di CyberPanel

2 min read

Konfigurasi SSL di CyberPanel

Apakah website Anda mendapat peringatan Not Secure ketika diakses? Jika iya, segera tingkatkan keamanannya, ya! Bagi pengguna CyberPanel, Anda bisa melakukan konfigurasi SSL CyberPanel dulu.

Harapannya, dengan jaminan keamanan yang baik, kredibilitas website bisa dijaga dan pengunjung juga menjadi lebih nyaman berinteraksi dengan website Anda.

Cara konfigurasi SSL di CyberPanel itu juga cukup mudah, kok. Artikel berikut ini akan memberikan penjelasan lengkapnya. Yuk, ikuti panduannya!

Cara Instal SSL di CyberPanel

CyberPanel dilengkapi dengan Let’s Encrypt sebagai sertifikat default untuk menjamin keamanan website. Sertifikat ini bisa Anda dapatkan secara gratis. Anda hanya perlu melakukan 4 langkah konfigurasi SSL CyberPanel berikut ini :

  1. Login ke CyberPanel
  2. Mengakses Menu SSL
  3. Melakukan Issue SSL
  4. Mengecek Validitas SSL

Nah, panduan lengkap CyberPanel untuk konfigurasi SSL adalah:

1. Login ke CyberPanel

Peringatan Not Secure akan muncul jika konfigurasi SSL belum dilakukan. Hal ini akan terjadi juga di halaman login CyberPanel sebagai berikut:

url login cyberpanel not secure

Nah, untuk mengaktifkan SSL CyberPanel, Anda perlu login ke panel admin CyberPanel terlebih dulu. Caranya, masukkan username dan password akun CyberPanel Anda pada kolom yang tersedia, kemudian klik Sign In.

2. Mengakses Menu SSL

Setelah masuk ke halaman dashboard, Anda dapat mengakses menu SSL dengan dua cara. Pertama, dengan mengakses langsung pada bagian Available Function seperti pada gambar di bawah ini:

Menu SSL di dashboard CyberPanel

Kedua, mengakses menu SSL melalui sidebar menu seperti pada gambar berikut ini:

Menu SSL di sidebar

Terdapat 3 pilihan submenu pada menu SSL di atas:

  • Manage SSL : Digunakan untuk menerbitkan SSL Let’s Encrypt pada website yang ada pada server CyberPanel. 
  • Hostname SSL : Digunakan untuk menerbitkan SSL pada hostname VPS Anda. Nantinya, Anda dapat mengakses CyberPanel menggunakan protokol https.
  • MailServer SSL : Digunakan untuk menerbitkan SSL mail server. SSL ini perlu diaktifkan untuk mengakses rainloop/webmail Anda.

Baca Juga : Tutorial Membuat Akun Email CyberPanel

Kami sarankan Anda untuk menerbitkan Hostname SSL terlebih dulu agar proses manajemen VPS di CyberPanel lebih nyaman. Karena jika belum diaktifkan, setiap kali Anda berpindah halaman di CyberPanel, akan muncul peringatan seperti pada gambar berikut :

Connection is not private CyberPanel

Cara mengatasinya memang mudah, cukup klik pada tombol Advanced, lalu klik Proceed to domainanda.com (unsafe). Tapi, tetap saja akan sangat mengganggu jika proses ini terus berulang, kan?

Cara mengatasi connection is not private

3. Melakukan Issue SSL

Ketika Anda mengakses salah satu submenu SSL, Anda akan langsung diarahkan ke halaman issue SSL. Pada tutorial kali ini, kami memilih submenu Hostname SSL untuk aktivasi CyberPanel LetsEncrypt pada hostname.

Pilih domain yang Anda gunakan pada kolom Select Website. Lalu, klik tombol Issue SSL untuk menerbitkan sertifikat SSL.

Issue SSL untuk hostname

Tunggu beberapa saat hingga muncul pesan pemberitahuan SSL Issued. Anda dapat melakukan hal yang sama pada submenu Manage SSL dan MailServer SSL.

4. Mengecek Validitas SSL

Setelah sertifikat SSL berhasil diterbitkan, silahkan logout dari CyberPanel terlebih dulu. Lalu, akses kembali CyberPanel dengan alamat https://domain:8090. 

Klik ikon gembok yang terdapat pada samping kiri url Anda. Kalau hostname sudah menggunakan koneksi yang aman, sertifikat SSL-nya pun sudah valid seperti terlihat pada gambar berikut :

Mengecek validitas SSL

Baca Juga : Cara Migrasi dari cPanel ke CyberPanel

Kesimpulan

Bagaimana, sekarang peringatan Not Secure di website Anda sudah hilang kan? 

Keamanan memang salah satu faktor yang penting dalam pengelolaan website. Oleh karena itu, aktivasi SSL sangat dianjurkan.

Beruntung bagi Anda yang menggunakan CyberPanel. Sebab, ada fitur One Click SSL yang akan membuat Anda dapat mengaktifkan SSL hanya dengan satu kali klik, langsung dari dashboard CyberPanel. 

Jika Anda ingin memakai tambahan keamanan, Anda juga bisa mengaktifkannya. Namun sebelumnya, pastikan Anda memilih layanan hosting yang menawarkan fitur tersebut. CyberPanel VPS Hosting Niagahoster adalah salah satu pilihannya. 

CyberPanel VPS Niagahoster memiliki fitur Embedded Security yang menyediakan pilihan aktivasi Comodo maupun OWASP rules.

Comodo Web Application Firewall (CWAF) mendukung pengamanan data VPS pada LiteSpeed web server. Sedangkan OWASP rules bertujuan untuk melindungi website dari berbagai serangan secara real-time.

Bagaimana, Anda semakin tertarik menggunakan web hosting dengan sistem keamanan yang baik? Yuk, langsung saja berlangganan CyberPanel VPS Niagahoster!

Semoga artikel cara konfigurasi SSL di CyberPanel ini bermanfaat bagi Anda, ya :), Oiya Anda juga bisa mendapatkan SSL murah di Niagahoster loh.

Nida Regita F SEO Technical Writer at Niagahoster. An aquarius girl who loves music, watching movies and of course writing.