Panduan Lengkap Social Media Marketing 2021

Social media marketing sudah bukan hal asing bagi sebagian Anda. Promosi produk melalui platform media sosial ini dianggap cukup efektif menjangkau calon pelanggan dengan mudah.

Namun, apakah Anda sudah melakukannya dengan benar? Atau, apakah Anda menggunakan satu platform saja dan ternyata belum mendapatkan hasil maksimal?

Nah, di artikel berikut, kami akan mengajak Anda untuk belajar social media marketing dengan berbagai platform yang berbeda.

Mari mulai dengan pengertian Social Media Marketing dulu.

Apa itu Social Media Marketing?

Sesuai namanya, social media marketing adalah pemanfaatan platform media sosial untuk mempromosikan produk.

Pada prakteknya, upaya social marketing sering digunakan bersamaan dengan upaya digital marketing lainnya. Contohnya, penggunaan blog, email dan lainnya.

Karena platform media sosial cukup banyak, pemilihan platform yang tepat sesuai bisnis Anda merupakan salah satu kunci kesuksesan strategi pemasaran ini.

Memulai Social Media Marketing dengan Data

Sebelum masuk ke berbagai strategi social media marketing, ada baiknya Anda melakukan riset untuk mendukung upaya Anda.

Mulailah dengan potensi media sosial di Indonesia.

Data dari WeAreSocial160 juta orang Indonesia adalah pengguna media sosial aktif. Dari jumlah tersebut, pengguna terbanyak adalah usia 25-24 tahun. Ini tentu menjadi informasi penting bagi Anda yang menyasar target pasar usia tertentu.

Saat ini, Facebook masih menjadi platform media sosial yang paling populer. Dan, Whatsapp merupakan aplikasi berkirim pesan yang umum digunakan. Dengan mengetahui data ini, Anda bisa menerapkan upaya yang sesuai dengan strategi bisnis Anda.
Selain itu, perlu diingat bahwa 99% akses media sosial tersebut dilakukan melalui perangkat mobile. Jadi, sesuaikan konten promosi Anda agar mobile friendly.

Strategi Social Media Marketing yang Efektif

Berikut ini adalah beberapa strategi social media marketing yang bisa Anda lakukan:


1. Menggunakan Instagram Marketing

Potensi Instagram untuk promosi produk tidak dapat diragukan. 80% pengguna mengaku postingan di Instagram mempengaruhi buying decision mereka.

Nah, untuk memastikan social media marketing Anda berhasil, ada beberapa strategi penting saat menggunakan Instagram. Yang utama, segera beralih ke akun profesional atau Instagram bisnis. Kemudian, optimasi profil bisnis Anda.

Jika dua langkah di atas sudah dilakukan, lanjutkan dengan menciptakan konten kreatif dan hashtag unik.

Baca Strategi Instagram Marketing Terlengkap ›


2. Berbagai Instagram Tools Terbaik untuk Promosi Bisnis

Jika Anda yakin bahwa Instagram adalah platform terbaik untuk promosi bisnis Anda, lakukanlah upaya yang lebih agresif. Caranya, memanfaatkan Instagram tools.

Instagram tools akan membantu upaya social media marketing Anda lebih mudah, baik dari sisi pembuatan konten, pelaksanaan promosi hingga analisa data.

Beberapa tools yang bisa Anda manfaatkan adalah Snapseed untuk photo editing dan Later untuk penjadwalan posting konten.

Baca 20 Instagram Tools Terbaik untuk Bisnis ›


3. Memanfaatkan Instagram Ads

Untuk melengkapi upaya Instagram marketing Anda, memasang iklan di platform tersebut juga merupakan ide yang cukup baik.

Karena iklan terkait dengan penggunaan anggaran, pastikan iklan Anda efektif untuk menjangkau pelanggan. Jadi, bisa memberi Anda return of investment (ROI) alias balik modal.

Untuk membuat iklan di Instagram, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Pertama, tentukan audiens dengan tepat. Lalu, pilih format iklan yang sesuai dengan produk Anda. Yang tak kalah penting, buat teks copywriting yang menarik.

Baca Cara Menggunakan Instagram Ads ›


4. Menggunakan Facebook Marketing

Dengan banyaknya pengguna Facebook di Indonesia, Facebook marketing tentu menjadi upaya social media marketing wajib untuk bisnis Anda. Jika belum dilakukan, sekarang-lah saatnya.

Ada berbagai strategi yang bisa Anda gunakan dalam pemasaran dengan Facebook. Mulai dari menciptakan konten menarik, menentukan budget dan menganalisa upaya yang dilakukan.

Jangan lupa untuk menggunakan tools Facebook marketing yang tersedia. Contohnya, DrumUp dan SocialOomph.

Baca Panduan Facebook Marketing ›


5. Memanfaatkan Facebook Ads untuk Hasil Lebih Optimal

Jika Anda memiliki budget khusus, menggunakan Facebook Ads bisa menjadi pilihan menarik. Sebab, Anda akan lebih mudah menarget audiens yang lebih spesifik dengan cepat.

Berkat kemampuan Facebook mempelajari kebiasaan pengguna, Anda akan terbantu dalam menciptakan program promosi yang tepat sasaran.

Cara membuat Facebook Ads hampir sama dengan Instagram. Langkahnya mulai dari memilih jenis iklan, menentukan audiens dan mengatur penjadwalan tayang iklan.

Baca Cara Menggunakan Facebook Ads ›


6. Menggunakan Twitter Marketing

Apabila strategi social media marketing Anda fokus pada brand visibility, Twitter bisa menjadi platform pilihan. Faktanya, 80% pengguna melakukan mention brand dalam tweet mereka. Dan, lebih dari 50% brand mention tersebut berakhir dengan pembelian produk.

Nah, untuk menangkap peluang tersebut, Anda perlu menerapkan strategi Twitter marketing yang tepat. Pertama, optimalkan profil twitter bisnis Anda. Jangan lupa selalu sertakan hashtag pada setiap kampanye promosi produk.

Baca Strategi Jitu Twitter Marketing Lengkap ›


7. Memaksimalkan User-generated Content

User-generated content adalah postingan konsumen yang merekomendasikan produk Anda di akun pribadi mereka.

Memanfaatkan user-generated content bisa menjadi strategi social media marketing yang jitu. Sebab, tingkat kepercayaan konsumen pada rekomendasi orang lain cukup tinggi, mencapai 92%.

Salah satu cara menggenjot user-generated content adalah membuat kontes atau giveaway dengan hashtag tertentu dan meminta follower melakukan mention.

Baca Strategi User Generated Content ›


8. Meningkatkan Penjualan dengan Retargeting

Retargeting adalah upaya mendekati kembali konsumen yang sebelumnya pernah membeli produk atau sekedar berkunjung ke website Anda. Tujuannya, melakukan penawaran sesuai jenis produk yang mereka lihat..

Salah satu cara yang paling populer adalah Facebook Retargeting Ads menggunakan Pixel.

Baca Cara Tingkatkan Penjualan dengan Retargeting ›


9. Menggunakan Plugin Social Media Terbaik untuk Website

Masih menjalankan promosi melalui website dan media sosial secara terpisah? Pikirkan lagi. Karena dengan plugin social media WordPress, Anda bisa melakukannya secara terintegrasi dengan mudah.

Banyak plugin WordPress untuk social media marketing. Baik untuk tujuan sharing, profiling hingga melakukan auto publish konten.

Beberapa plugin yang bisa Anda coba adalah Social Media Auto Publish, Social Warfare dan Instagram Feed.

Baca 30 Plugin Social Media Terbaik ›

Manakah Strategi Social Media Marketing untuk Bisnis Anda?

Cukup banyak strategi social media marketing yang bisa Anda gunakan. Sebagai langkah awal, pastikan Anda sudah mengenali target audience Anda dengan baik.

Beberapa platform media sosial menawarkan upaya pemasaran secara gratis maupun berbayar. Sesuaikan dengan kebutuhan dan kemampuan anggaran Anda.

Jika sudah menentukan pilihan, segera lakukan upaya social media marketing Anda dengan lebih optimal. Semoga sukses selalu!

Suryadi Kurniawan

Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Share
Published by
Suryadi Kurniawan

Recent Posts

TamananMart: Dari Sekedar Hobi, Jadi Bisnis Online yang Melejit Berkat SEO dan Digital Marketing

Sekadar hobi bisa jadi bisnis yang sukses? Lalu, masih bisa survive dan bersaing di tengah tantangan bisnis online?  Aah.. mengada-ada…

14 hours ago

Faktor Apa Saja yang Mempengaruhi Google Ranking? (Edisi 2021)

Tahukah Anda bahwa ada lebih dari 200 faktor yang mempengaruhi peringkat website di Google? Itulah kenapa persaingan di halaman pertama…

2 days ago

Ingin Website dengan Akses Tercepat? Pilih Niagahoster! Ini Buktinya..

Apa persamaan pemilik website dan pembalap? Keduanya sama-sama menganggap penting hitungan detik.  Jika pembalap memanfaatkan selisih detik untuk memenangkan pertandingan,…

3 days ago

Redirect PHP: Cara Membuat Redirect dengan Aman dan Mudah

Ketika mengelola website, redirect PHP kadang diperlukan. Tujuannya agar pengunjung dapat dialihkan dari suatu halaman ke halaman lainnya sesuai kebutuhan. …

4 days ago

14+ Ide Konten TikTok untuk Promosi Bisnis

Ide konten TikTok check~ Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana orang-orang bisa membuat konten TikTok yang menarik? Dance viral, voiceover, duet with…

5 days ago

Customer Success Agent: Layani Pelanggan Sepenuh Hati Walau Diterpa Pandemi

Sejak munculnya COVID-19, hampir semua lini pekerjaan menghadapi tantangan. Terutama setelah adanya anjuran untuk bekerja dari rumah. Ada yang mampu…

5 days ago