counter easy hit
6 Kelebihan & Kelemahan Plugin Page Builder WordPress - Tutorial Website, Hosting dan Bisnis Online

Tanpa bantuan coding, Anda dapat membuat website dengan mudah. Plugin page builder WordPress dapat Anda jadikan andalan guna membantu mengatur tata letak website Anda.

Saat ini tersedia beragam plugin page builder WordPress yang dapat Anda pilih sendiri, mulai dari plugin berbayar hingga yang tersedia gratis. Anda hanya perlu mencari page builder yang sesuai untuk keperluan Anda.

Nah, sebelum mulai menggunakan plugin page builder, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu segala kelebihan dan kekurangan plugin page builder WordPress. Untuk memudahkan Anda, kami akan membahas semuanya di sini.

Kelebihan Plugin Page Builder WordPress

1. Fitur Lengkap

plugin web builder

Sumber: Pixabay

Hampir semua bagian dalam website dapat Anda buat menggunakan page builder. Bagian tersebut berupa gambar carousel, tata letak konten, tombol sharing, tombol call-to-action atau tabel harga.

Jika tidak menggunakan page builder, Anda perlu menginstal beberapa plugin terlebih dahulu. Tentu saja Anda juga perlu memastikan kompatibilitas plugin dengan template yang Anda gunakan.

Singkatnya, dengan plugin page builder, Anda tidak memerlukan plugin tambahan untuk menambahkan fitur menarik. Segalanya bisa Anda dapatkan melalui page builder.

2. Kustomisasi Tata Letak Lebih Mudah

page builder wordpress

Sumber: Pixabay

Apabila Anda tidak menguasai cara menambahkan dan mengurangi tata letak website, langkah paling mudah adalah dengan menggunakan template berdesain atau fitur paling mendekati dengan kebutuhan Anda.

Meskipun saat ini tersedia banyak template gratis, tidak semua fitur atau desain pada template yang ada sesuai dengan yang Anda harapkan.

Dengan page builder, Anda dapat mengubah beberapa bagian pada website seperti mengurangi ukuran header tanpa harus mengubah code CSS atau HTML. Anda hanya perlu melakukan drag and drop guna menambahkan bagian-bagian spesifik pada website Anda. Hasil tampilannya pun akan lebih terjamin kualitasnya!

Anda dapat bereksperimen membuat tampilan website sesuai dengan kreativitas yang lebih menarik sehingga dapat menarik perhatian pengunjung.

3. Tidak Memerlukan Coding

page builder wordpress tanpa coding

Sumber: Pixabay

Bagian menarik lainnya, plugin page builder dapat mempersingkat waktu pengerjaan sebuah website karena Anda tidak perlu pusing-pusing menuliskan deretan code yang tepat. Benar, berbekal page builder Anda bahkan tidak memerlukan kemampuan coding sama sekali.

Kelemahan Plugin Page Builder WordPress

Plugin page builder memang menawarkan kelebihan berikut kemudahan yang tidak dimiliki plugin lain. Hanya saja, tidak ada hal yang benar-benar sempurna di dunia ini. Plugin page builder WordPress juga memiliki sederet kelemahan. Berikut kami hadirkan beberapa kelemahan plugin page builder WordPress untuk Anda. Tujuannya, agar Anda dapat melakukan langkah antisipasi sebelum mulai menggunakannya.

1. Plugin Page Builder Harus Terus Diaktifkan

plugin page builder yang mengikat

Sumber: Pixabay

Untuk menjalankan bermacam-macam fitur, kebanyakan plugin page builder menggunakan shortcode. Oleh karena itu, shortcode tidak akan berfungsi jika Anda menonaktifkan page builder. Imbasnya, website Anda secara otomatis tidak dapat diakses.

2. Kecepatan Website Berkurang

page builder

Sumber: Pixabay

Agar website WordPress Anda memiliki banyak fitur, tentu Anda perlu menginstal plugin tambahan terlebih dahulu. Hanya saja, hal ini berpotensi memengaruhi performa website secara keseluruhan, terutama soal berkurangnya kecepatan loading website. Jika website Anda lambat, tentu akan berpengaruh buruk pada SEO.

Sebagai solusi Anda dapat menggunakan satu plugin multifungsi yang efeknya tidak jauh berbeda dengan menginstal banyak plugin.

3. Permasalahan Desain

desain page builder

Sumber: Pixabay

Plugin page builder WordPress menyediakan banyak fitur yang dapat Anda gunakan untuk bereksperimen, salah satunya membuat tampilan website sesuai yang Anda inginkan.

Permasalahan dapat muncul ketika Anda tidak memiliki keahlian dalam mendesain, bukannya website Anda terlihat menarik, tapi malah tampil sebaliknya. Oleh karena itu, ada baiknya Anda juga mempelajari desain website agar tampilan website Anda lebih menarik.


Plugin page builder dapat menjadi pilihan yang tepat bagi Anda yang baru menggunakan WordPress namun ingin membuat website dengan fitur lengkap. Karena tidak memerlukan keahlian coding, Anda dapat melakukannya kapan saja.

Setelah menginstal WordPress, Anda hanya perlu menginstal plugin dan mengaktifkannya, kemudian melakukan pengaturan pada website.

Jika Anda memiliki pengalaman dalam menggunakan plugin page builder, jangan ragu untuk berbagi melalui kolom komentar. Silakan klik Subscribe pada kolom yang tersedia untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda.

Kini Anda bisa membuat website instan dengan WordPress langsung online dalam lima menit.
Ikuti tautan di bawah ini untuk mendapatkan informasi lebih lanjut!

website instan

Subscribe Sekarang

Dapatkan beragam artikel tutorial, insight dan tips menarik seputar dunia online langsung melalui email Anda. Subscribe sekarang dan raih kesuksesan bersama kami!

There are currently no comments.