Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

10+ Plugin Ini untuk Membuat Halaman Under Construction

5 min read

plugin under construction

Domain, hosting, dan konten adalah komponen utama untuk membuat website. Sudah mempunyai domain, sudah memasang WordPress di hosting murah yang sudah Anda beli, tapi belum mempunyai konten yang siap akan membuat pengunjung kebingungan ketika mengakses domain Anda. Apalagi tampilan masih acak-acakan atau berubah-ubah. Hal ini akan memberikan kesan kurang menarik.

Mengenalkan website yang dalam pengembangan tentu bukan ide yang bagus. Namun ada cara menarik untuk tetap mempromosikan website Anda meskipun masih dalam proses pengembangan, yaitu menampilkan halaman Under Construction atau Coming Soon.

Halaman under construction atau coming soon akan membantu Anda memberikan kesan pertama yang menarik bagi pengunjung website –meskipun masih dalam proses pengembangan.

Kelebihan Menggunakan Plugin Under Construction

Anda bisa membuat halaman under construction atau coming soon menggunakan tema, tapi ketika Anda melakukan perubahan, tema akan ikut berubah. Supaya Anda bisa menampilkan pesan kepada pengunjung dan menjalankan proses pengembangan sekaligus, cara yang paling ideal adalah menggunakan plugin under construction atau plugin maintenance WordPress.

Kelebihan menggunakan plugin under maintenance adalah proses pengembangan tidak mempengaruhi tampilan yang dilihat oleh pengunjung website. Anda bisa tetap fokus mengembangkan tanpa harus khawatir pengunjung akan terganggu proses pengembangan yang Anda lakukan.

Selain itu, bagi Anda yang sudah mempunyai website aktif dan ingin melakukan beberapa perubahan di dalamnya, halaman under construction akan sangat membantu. Dalam hal ini, alih-alih membiarkan pengunjung melihat tampilan yang berubah atau malah blank, Anda bisa menampilkan halaman under construction hanya dengan mengaktifkan plugin saja.

Di samping itu semua, hal paling penting adalah Anda dapat menggunakan salah satu plugin untuk membuat halaman under construction atau coming soon yang sangat menarik!

Plugin Under Construction di WordPress

Berikut ini plugin untuk membuat halaman under construction di WordPress:

1. Under Construction Page

Sesuai dengan namanya, plugin Under Construction Page dapat membantu Anda membuat halaman under construction atau coming soon dengan cepat. Plugin ini menyediakan fitur yang sederhana dan mudah digunakan. Anda sebagai pengguna WordPress dapat memanfaatkan plugin ini untuk memastikan pengunjung tidak melihat halaman error ketika Anda sedang mengembangkan/memperbaiki website.

Plugin ini menawarkan fitur mode maintenance dengan pengaturan waktu sehingga ketika waktu selesai tampilan website akan kembali normal. Selain itu, menariknya plugin ini adalah fitur kustomisasi CSS.

Under Construction Page mempunyai 150+ template yang bisa Anda pilih sesuai dengan selera. Anda dengan mudah mengembangkannya dan menyesuaikan menggunakan metode ‘drag and drop.

Ada yang menarik lagi, plugin ini menyediakan fitur untuk menambahkan judul dan deskripsi untuk menargetkan SEO. Saat ini, plugin ini menjadi plugin yang paling banyak digunakan di WordPress.

plugin under construction

2. Fancy WP Maintenance Mode

Fancy WP Maintenance Mode akan membantu Anda mengatur halaman under construction dengan cepat. Plugin ini menyediakan halaman yang responsive sehingga dapat menyesuaikan tampilan di berbagai perangkat.

Di plugin ini Anda bisa memilih tiga tema yang tersedia dengan berbagai macam opsi yang ditawarkan. Anda dapat memilih opsi countdown timer, progress bar, custom logo, custom background, dan lain sebagainya.

plugin under construction

3. Elementor Maintenance Mode

Anda pasti tidak asing dengan Elementor. Ini adalah website builder yang menawarkan berbagai macam fitur menarik. Anda dapat membuat website hanya dengan metode ‘drag and drop’ tampilan. Tidak hanya itu, Elementor juga menawarkan fitur mode maintenance. Dengan banyaknya fitur yang ada, menjadikan Elementor salah satu plugin maintenance wordpress terbaik.

Jika Anda ingin membuat halaman under construction dan coming soon untuk website, Anda dapat melakukannya menggunakan Elementor hanya dengan beberapa klik saja.

Pada saat Anda melakukan penyesuaian di website, Anda dapat menempatkan mode website ke mode maintenance sehingga user tidak dapat mengakses perubahan yang Anda lakukan. Hanya saja, user yang mempunyai hak akses admin akan tetap bisa mengakses website.

4. Coming Soon Landing Page

Coming Soon Landing Page adalah premium plugin “coming soon” WordPress yang menawarkan banyak tema menarik untuk Anda. Anda juga dapat melakukan kustomisasi tema sendiri dengan pre-desain yang ditawarkan.

Fitur menarik dari Coming Soon Landing Page yaitu adanya opsi penambahan sosial media yang bisa menjadi media promosi sebelum website Anda diluncurkan.

Selain itu, plugin ini menawarkan opsi subscription yang memungkinkan Anda mengumpulkan email bahkan sebelum website Anda jadi.

plugin under construction

5. Ultimate Maintenance Mode

Plugin Ultimate Maintenance Mode merupakan plugin coming soon yang cukup menarik. Plugin ini mempunyai fitur membuat screenshot secara otomatis untuk pengunjung dan menggunakannya sebagai background pesan.

Anda dapat membuat pesan sendiri, headline, dan background sesuai dengan kebutuhan. Secara keseluruhan, ini adalah plugin yang cukup menarik untuk Anda coba.

plugin under construction

6. Simple Maintenance

Kalau Anda mencari plugin halaman under construction yang ringan, cobalah menggunakan Maintenance Mode. Anda hanya tinggal mengaktifkan plugin kapan saja dan menonaktifkannya kembali dengan mudah.

Plugin ini tidak membutuhkan tambahkan konfigurasi atau instalasi. Anda hanya butuh mengaktifkannya dan fitur mode maintenance secara otomatis akan aktif. Plugin ini sangat ringan dan cukup berguna. Apalai plugin ini menggunakan Layout HTML5 yang membuat halaman mode mainenance dapat dibuka dengan baik menggunakan perangkat mobile.

Selain fitur di atas, plugin ini juga secara otomatis memberi tahu search engine bahwa website sedang dalam proses perbaikan dalam jangka waktu tertentu.

plugin under construction

7. Slim Maintenance Mode

Ada plugin under construction simpel lain, yaitu Slim Maintenance Mode. Sama halnya dengan plugin sederhana lain, Anda hanya tinggal mengaktifkan plugin ini kapan saja Anda membutuhkan.

Ketika plugin Slim Maintenance Mode aktif, admin akan tetap dapat melihat halaman website yang asli. Jadi Anda bisa melakukan perubahan tanpa harus terlihat oleh pengunjung.

plugin under construction

8. Ultimate Coming Soon Page

Saat Anda menemukan beberapa masalah muncul ketika menggunakan plugin coming soon yang sudah dibahas sebelumnya, Ultimate Coming Soon bisa jadi adalah plugin yang selama ini Anda cari. Plugin ini dapat terintegrasi dengan baik dengan banyak tema di WordPress.

Anda hanya tinggal menginstall plugin dan mengaktifkanya tanpa harus melakukan konfigurasi lain. Setiap pengunjung user (non-admin) yang mengakses website akan melihat halaman under construction, sedangkan admin akan tetap melihat halaman website yang asli.

plugin under construction

Perbedaan dengan beberapa plugin lain, plugin dapat Anda sesuaikan, mengganti warna background, logo, font, dan lain sebagainya.

9. Maintenance Mode

Jika Anda mencari plugin yang paling simpel untuk menampilkan mode maintenance, Maintenance Mode adalah plugin yang cocok untuk Anda. Plugin ini membantu Anda untuk mengatur halaman under construction dengan mudah.

Plugin ini mempunyai opsi untuk menambahkan timer, progress bar, dan lain sebagainya. Anda bisa memanfaatkan beberapa fitur sederhana ini untuk menampilkan halaman yang sederhana tetapi menarik.

plugin under construction

10. Minimal Coming Soon & Maintenance Mode

Satu lagi plugin halaman under construction WordPress yang cukup simple. Minimal Coming Soon & Maintenance Mode akan memudahkan Anda untuk mengatur halaman dengan mudah dan cukup fleksibel. Tidak masalah dengan tema yang Anda gunakan, karena plugin ini dapat bekerja dengan baik di berbagai tema WordPress.

Selain itu, Anda bisa mengganti setiap elemen dari tema sesuai dengan keinginan Anda.

plugin under construction

11. Coming Soon Page

Jika Anda akan membuat perubahan apa pun pada situs Anda yang mungkin memakan waktu beberapa hari, Coming Soon Page akan membantu Anda membuat halaman responsif untuk menampilkan halaman under construction.

Anda bisa mengatur timer ke dalam tema. Selain itu, Anda juga bisa menambahkan form subscribe untuk pengunjung yang ingin berlangganan informasi website. Jadi Anda tetap bisa mengumpulkan informasi pengunjung selagi website masih dalam proses pengembangan.

12. Site Offline or Coming Soon

Site Offline or Coming Soon adalah plugin mode maintenance yang cukup handal di WordPress. Ketika Anda mengaktifkan mode maintenance, umumnya user akan melihat halaman splash dengan pesan. Sedangkan jika Anda mempunyai user admin, maka Anda dapat melihat halaman website yang asli dan bisa mengubah-ubahnya ketika pengguna lain hanya dapat melihat halaman splash.

Ada banyak fitur yang ditawarkan. Anda bisa memanfaatkan trafik yang masuk ke dalam website bahkan ketika sedang dalam mode maintenance. Anda juga dapat mengatur form subscribe, menambahkan akun sosial media, dan mengatur tampilan maupun pesan di website.

plugin under construction

13. Easy Pie Maintenance Mode

Terakhir ini adalah plugin WordPress yang cukup populer juga, yaitu Easy Pie Maintenance Mode. Plugin ini sudah diunduh lebih dari 30 ribu kali.

Fitur yang ditawarkan plugin ini cukup menarik. Anda bisa memilih tema yang cukup luar biasa untuk dipilih, dan semua tema ini sepenuhnya responsif untuk membuat situs Anda ramah di berbagai perangkat.

Anda juga dapat menambahkan logo dan tampilan header, pesan, dan teks lain yang sesuai dengan kebutuhan. Hal yang menarik lainnya, Anda bisa menambahkan custom CSS di tema sebelum menggunakannya.

plugin under construction

Penutup

Website yang berantakan akan memberikan kesan kurang menarik untuk pengunjung. Akan lebih baik jika sedang melakukan pengembangan atau perbaikan menggunakan mode maintenance.

Ada banyak plugin maintenance WordPress yang bisa Anda gunakan. Penggunaan plugin cukup mudah dan sederhana. Kebanyakan plugin under maintenance cukup diaktifkan dan website Anda sudah bisa menampilkan tampilan mode maintenance. Jadi Anda tidak perlu susah-susah untuk mengkonfigurasi.

Baca juga: Modifikasi WordPress Maintenance Mode Anda Agar Tampil Lebih Menarik

Semoga artikel ini membantu Anda. Jika menyukai artikel dari kami, jangan lupa subscribe dan kalau masih ada pertanyaan silakan untuk mengirimkan komentar melalui form di bawah ini.

1
Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

one × 5 =