Putri Aprilia an SEO Content Writer at Niagahoster. Enjoy her articles about online business, web, and other technology-related issued.

Nore Inovasi: Banyak Cuan dan Berkembang Pesat dalam Setahun dari Bisnis Jasa Pembuatan Website

7 min read

Nore Inovasi

Judul di atas sepertinya sulit dipercaya kalau belum ada buktinya, ya? 

Nah, Nore Inovasi adalah salah satu contoh suksesnya. Meskipun memulainya dengan banyak keterbatasan dan juga tantangan, nyatanya dalam setahun mereka bisa kok meraup cuan. 

Bagaimana sih ceritanya? Ada tidak ya tips suksesnya untuk pebisnis pemula lainnya? 

Nah, di artikel ini, kami akan mengulik kisah perjalanan Nore Inovasi dari awal hingga sukses hingga saat ini.  Seperti apa kisahnya? Yuk, simak artikel ini sampai selesai.

Berawal dari Candaan saat Menonton Film 

Inspirasi untuk memulai bisnis memang bisa datang dari mana saja. Termasuk dari sebuah drama. Inilah yang dialami oleh Noer Tjahja Moekthi Prajitno dan Daniel Andi Ismanto, fouder dari Nore Inovasi

Saat nonton drama Jepang berjudul Rich Man, Poor Woman, Noer dan Daniel berkelakar bahwa akan mendirikan startup seperti di serial tersebut. Kelak terbukti bahwa nama Next Innovation di dalam film tersebut menjadi inspirasi lahirnya Nore Inovasi. 

Sayangnya, belum sempat meramu impian membangun startup, Noer harus berangkat ke luar negeri untuk melanjutkan kuliah S2.

Barulah saat kembali ke Indonesia, salah satu temannya menagih janji untuk mewujudkan rencana mereka. 

Tentu saja membangun startup tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Tapi disinilah lika-liku perjalanan bisnis Nore Inovasi dimulai. Banyak tantangan yang ditemui, terutama terkait modal besar yang diperlukan.

Lantas apakah kendala tersebut menyurutkan impin mereka membangun startup? 

Tentu saja tidak! Mereka yakin dengan pepatah: “banyak jalan menuju Roma.” 

Sebagai strategi awal, mereka mulai mencari bahan bakar mesin startup terlebih dulu. Saat itu yang terlintas adalah membuat  bisnis jasa pembuatan website.

Mereka menganggap ide ini menjanjikan karena banyak pebisnis yang mulai go online sehingga membutuhkan website untuk bisnis. Namun, belum banyak yang bisa membuat website sendiri. 

Nah, berbekal keyakinan atas ide tersebut, Noer dan Daniel menyewa sepetak garasi milik tetangga untuk dijadikan kantor. Bisnis pembuatan website Nore Inovasi resmi dijalankan pada Oktober 2019

Nore memulai bisnis dari garasi

Kira-kira bagaimana ya lika-liku yang dihadapi Noer dan Daniel dalam memulai usaha pembuatan website? Mari simak kisahnya berikut.

Penuh Perjuangan Mendapatkan Klien Pertama

Ternyata membangun pabrik untuk bahan bakar startup juga tidaklah mudah. Kali ini bukan tentang modal tapi klien yang tak kunjung datang. 

Mereka mengatakan ada dua alasan mengapa mereka kesulitan mendapatkan klien.

Pertama, sebagai bisnis baru, Nore belum punya bukti pekerjaan yang bisa dipamerkan sebagai portofolio. Nah, kalau tak ada portofolio, mana ada klien yang mau melirik bisnisnya, kan?

Kedua, Noer dan Daniel tak ada yang bisa jualan. Pasalnya, mereka berdua adalah seorang programmer yang tak pernah mendalami marketing . 

“Awal-awal, kami dua programmer, dua orang teknis dan enggak punya tim marketing. Jadi enggak ada yang order” 

Dua hambatan yang mereka hadapi saat itu bak paket kombo menuju kegagalan. Namun, mereka tak lantas menyerah begitu saja.   

Sebagai solusinya, Noer akhirnya “ngalah” dengan terjun ke dunia marketing dulu. Ia mulai belajar caranya jualan. Waktu itu Noer coba pakai Google Ads karena menganggapnya sebagai cara terbaik.

Mempromosikan bisnis dengan beriklan ternyata bukannya untung, malah rugi. Sebab, settingan Google Adsnya kurang pas. 

Tapi, setelah belajar dari kesalahan, akhirnya iklan yang dipasang bisa mendatangkan klien juga. Yah, walaupun kalau dihitung-hitung mereka harus rugi dulu. 

Pun demikian, dari klien pertama inilah, mereka bisa mulai membangun portofolio. Kemudian, satu per-satu, klien berikutnya mulai berdatangan dan portofolionya semakin bertambah. 

Bisnis Mulai Tumbuh, Kepuasan Klien Ditingkatkan

Nore mulai pindah ke gedung

Dengan portofolio yang dibangun, ditambah strategi digital marketing Google Ads yang sudah tepat, orderan Nore Inovasi kian meningkat. Dalam kurun waktu kurang lebih satu tahun, klien mereka sudah mencapai 40 orang. 

Kuantitas itu penting tapi kualitas harus tetap dijaga. Banyaknya jumlah klien yang datang ke Nore Inovasi ternyata sebanding dengan tingkat kepuasan pelanggannya. Buktinya, banyak review bintang 5 yang diterima di profil Google Bisnisku Nore Inovasi.

review Nore Inovasi di Google Bisnisku

Setelah berhasil membangun usaha untuk bahan bakar startupnya, Noer dan Daniel mulai mencicil rancangan produk aplikasi untuk startup impiannya. 

Lalu apakah usaha jasa pembuatan websitenya ini akan ditutup? 

Mereka tak lantas meninggalkan bisnis jasa pembuatan websitenya. Sembari merintis startup impiannya, mereka bahkan berupaya mengembangkan Nore Inovasi. 

Langkah pertama yang dilakukan adalah meninggalkan garasi sewaan mereka dan pindah ke tempat yang lebih besar dan mudah diakses, yaitu Semarang Town Square (Setos). 

Nah, apa saja sih yang diupayakan Nore Inovasi supaya bisnis terus tumbuh? 

1. Menyediakan Layanan No Repot, No Rempong

Target pasar Nore Inovasi adalah UMKM yang baru akan go online. Mereka biasanya tak begitu memahami hal teknis tentang website. 

Oleh sebab itu, Nore Inovasi membuat layanan NoRe: No Repot, No Rempong sebagai layanan unggulan. Klien hanya perlu duduk manis menunggu website siap digunakan sesuai pesanan. 

Nama layanan tersebut saja tentu semakin menggugah calon klien untuk menggunakan jasa mereka, kan?

Bukan hanya itu, untuk memastikan tidak terjadi kendala yang membingungkan klien, Nore Inovasi menyediakan paket layanan support pengoperasian website. Layanan ini akan memudahkan klien untuk menambah fitur tertentu. Jadi, klien tak perlu repot-repot maintenance atau melakukan pengoperasian website sendiri. 

2. Menjangkau Pasar Baru dengan Layanan Terbaik 

Seiring berkembangnya bisnis, Noer dan Daniel mulai meluaskan target pasar ke pemilik bisnis yang lebih besar. Pangsa pasar ini adalah mereka yang membutuhkan jasa pembuatan website, tetapi ingin merawat dan mengoperasikan sendiri bersama tim ITnya. 

Noer akhirnya mulai mengembangkan layanan baru, yaitu layanan lepas. Layanan ini memungkinkan klien memiliki website sesuai request beserta akses servernya untuk pengoperasian.  

Di layanan ini, klien juga boleh memesan jasa pembuatan website saja tanpa domain dan web hostingnya. Artinya, setelah website jadi, mereka bisa mengelola dan mengakses hostingnya sendiri. 

Apakah itu saja strategi yang dilakukan oleh Nore Inovasi?

Siap Berkembang Bersama Niagahoster Partner

Untuk mendukung layanan terbarunya, Noer dan Daniel paham tidak dapat melakukannya semuanya sendiri dengan cepat. Terutama, terkait dengan manajemen klien yang menjadi perhatian utamanya. 

Biasanya setiap ada klien yang ingin memesan layanan lepas, mereka akan memesan hosting dengan akun baru dan harus login ke setiap akun untuk mengelolanya. 

Jika terus menggunakan sistem seperti itu, tentu akan merepotkan. Apalagi jumlah klien yang dikelola terus bertambah. 

Untuk itu, mereka memutuskan mulai memakai layanan Niagahoster Partner (NiPa). Layanan ini merupakan layanan reseller hosting Niagahoster yang memudahkan pemilik usaha pembuatan website dalam mengelola semua akun hosting klien. 

“Nah (setelah) baru tahu NiPa itu, kami mau pakai NiPa untuk layanan lepas. Sekarang, kami gak terlalu banyak (customer) di layanan lepas karena kontrolnya gak ada kalau belum pakai NiPa.” ungkap Noer mantap memakai NiPa. 

Apa sih sebenarnya fitur dan keunggulan dari NiPa yang membuat Noer tertarik? 

  • Client Management. Inilah alasan Noer dan Daniel tertarik pada NiPa. Fitur ini memudahkan partner untuk menambah, mengurangi, dan mengupdate akun hosting klien hanya dengan login satu akun reseller. Jadi, tak perlu terus-terusan membuat akun baru untuk memesan hosting untuk klien. 
  • Pengiriman Email Otomatis. Dengan integrasi sistem yang bisa mengirim email secara otomatis, Noer tak perlu lagi mengirimkan reminder invoice secara manual. Bayangkan kalau klien lupa perpanjangan hosting dan website tidak bisa diakses, mereka akan komplain, bukan?
  • White Label. Menggunakan brand sendiri ketika berhubungan dengan klien penting untuk menjaga kredibilitas sebuah bisnis. Untungnya, hal ini bisa Noer dapatkan dari NiPa. 
  • Markup Harga. Fitur ini memungkinkan Noer memberi nama paket hosting dan menentukan sendiri harga jual untuk klien. 

Jadi, bisa menentukan margin keuntungannya sendiri sesuai pangsa pasar.Server Management. Mengelola bisnis sambil menangani kendala server pada klien tentu tidak mudah. Apalagi Noer dan Daniel mengaku pengguna layanan lepas menjadi korban hack dan Noer tak bisa membantu banyak. Dengan support yang kurang maksimal tentu reputasi bisnis dipertaruhkan.

Tips Sukses Memulai Bisnis Jasa Pembuatan Website Ala Nore

Tips Bisnis ala Nore Inovasi

Dari pengalaman luar biasa yang dihadapi Noer dan Daniel, ada banyak pelajaran tentang bisnis yang bisa dipetik:

1. Mulai Dulu

Kalau ditanya tips membangun bisnis, Noer akan mengatakan: “Mulai dulu”! 

“Enggak ada pebisnis pemula yang sudah berpengalaman. Seiring berjalannya waktu pasti kita akan nemuin problem, (tapi) kita pasti nanti bisa menyelesaikan masalah tersebut dengan cara kita sendiri. Dan jawabannya enggak ada di Google.”

Meskipun Anda tak memiliki pengalaman dalam bisnis, jangan pernah takut untuk mencoba.  

Kalau Anda masih ragu memulai bisnis karena tak memiliki modal, tak punya keahlian marketing, atau belum punya pengalaman, coba ingat lagi cerita Noer dan Daniel saat membangun Nore Inovasi. 

2. Buat Target Bisnis yang Jelas 

Ketika memulai bisnis, Noer selalu memikirkan target bisnis yang jelas. Berbeda dari kebanyakan pebisnis pemula, Noer justru menyarankan untuk membuat target rugi terlebih dulu. 

“Mending ditarget saja, mau rugi berapa. Kalau gak ada itu pasti ngawang-ngawang. Stop gak ya. Misal, target rugi 100 juta. Kalo sudah rugi segitu, stop.” Ungkap Noer

Hmm .. sekilas mungkin terdengar agak pesimis. Namun, Noer menegaskan kalau pebisnis pemula perlu melakukannya karena tanpa pengalaman dan ilmu, target itu lebih realistis. Namun, harus tetap optimis juga, ya! 

3. Buat Portofolio  

Kalau Anda mencari sebuah layanan, tentu akan memilih yang terkenal dan sudah terbukti kemampuannya, kan? Itulah sebabnya, penting untuk memiliki portofolio sebagai bukti pekerjaan yang dapat membuat calon klien percaya.

Cara yang bisa dilakukan adalah mengumpulkan hasil pekerjaan dan merangkumnya dalam sebuah website portofolio. Hal ini tentu akan memudahkan calon klien lainnya untuk mengetahui bisnis Anda. 

Mengumpulkan portofolio inilah yang dilakukan Noer dan Daniel sebagai bekal untuk menjaring lebih banyak klien. 

4. Siapkan Website yang Mudah Diakses

Bagaimana orang mau pakai jasa pembuatan website milik Anda, kalau website Anda sendiri kurang menarik? 

Oleh karena itu, Anda perlu mengupayakan agar website Anda user friendly. Mulai dari struktur website yang jelas, navigasi yang mudah hingga mobile-responsive. Tujuannya, akan menarik pengunjung, apapun perangkat yang digunakan.

Oh ya, jangan lupa untuk menambahkan fitur penting di dalamnya. Untuk bisnis jasa pembuatan website, Noer dan Daniel juga menyarankan agar ada fitur WhatsApp yang tersambung ke WhatsApp bisnis Anda. Tujuannya, untuk memudahkan klien langsung tanya-tanya terkait layanan dari aplikasi chat populer itu. 

5. Siapkan Strategi Marketing

Bisnis oke tanpa pemasaran yang baik, sama aja bohong. Sebab, bagaimana orang akan tahu kalau bisnis Anda eksis jika tidak dipasarkan?

Nah, untuk strategi marketing sendiri, Anda bisa menggunakan cara gratis atau berbayar. 

Kalau yang gratis, ada beberapa strategi yang bisa Anda coba, yaitu SEO dan Google Bisnisku. Dengan SEO, Anda bisa menempatkan website di daftar atas hasil pencarian Google sehingga semakin mudah ditemukan calon klien. Sedangkan dengan Google Bisnisku, Anda bisa menunjukkan eksistensi bisnis berikut jam operasionalnya. 

Google Bisnisku Nore Inovasi

Nah kalau pakai yang berbayar, Anda bisa pakai memasang iklan menggunakan Google Ads. Inilah yang dilakukan oleh Nore Inovasi. Dengan setting yang tepat keberhasilan promosi Anda akan lebih mudah.

6. Terus Asah Kemampuan dan Pelajari Hal Baru 

Dalam menjalankan bisnis, terus belajar adalah kunci keberhasilan. Baik itu meningkatkan skill yang dimiliki atau menambah skill baru. 

Noer rela mempelajari skill marketing dan legal perusahaan dari nol supaya bisnis bisa tetap berjalan dan berkembang. Bahkan, beberapa kali Noer menyibukkan diri dengan membuat aplikasi mini games untuk mengasah kemampuan. Hasilnya, aplikasi tersebut bisa dijadikan portofolio bisnis lho! 

“… Intinya, jangan sampai kita diam…  Kalau kita bekerja di bidang IT itu sebenarnya bikin apa aja bisa selama ada kemauan.” kata Noer. 

7. Mencari Partner Bisnis Terpercaya 

Mengembangkan bisnis tanpa dukungan partner sepertinya hal yang sulit diwujudkan. Sebab, partner akan mampu mendukung bisnis untuk berkembang lebih cepat. Asalkan partner tersebut memiliki kemampuan yang sama baik.

Nore Inovasi memilih Niagahoster karena mampu memberikan solusi dari pengembangan bisnis yang akan dilakukan. Lewat Niagahoster Partner, Noer dan Daniel mampu mengelola klien mereka dengan lebih mudah. 

Bukan hanya itu, berbagai fitur unggulan lain seperti pengiriman email otomatis tentu mampu meningkatkan kepuasan klien. Alasannya, mampu mencegah website tidak bisa diakses karena layanan hosting lupa diperpanjang.

Apalagi layanan Niagahoster Partner bisa diikuti tanpa modal. Tentu akan semakin memudahkan pebisnis pemula jasa pembuatan website.

Infografik Tips Bisnis Jasa Pembuatan Website Ala Nore Inovasi

Tertarik Meraup Cuan Seperti Nore Inovasi? Mulai Dulu!

Meraih kesuksesan bisnis dalam waktu yang singkat bukanlah hal yang mustahil. Nore Inovasi sudah membuktikannya.

Memang untuk meraihnya perlu melewati banyak lika-liku terlebih dulu. Namun, dengan semangat mewujudkan impiannya, Noer bisa melewati berbagai tantangan yang ada. Seperti kata Noer: “Mulai dulu”.

Nah, Anda juga bisa mengikuti langkah kesuksesan Nore Inovasi, terutama untuk bisnis jasa pembuatan website. Upayanya bisa dengan menyiapkan portofolio, membangun website yang user friendly, dan memilih partner yang tepat. 

Dalam hal partner, Nore memilih Niagahoster sejak awal berdiri. Alasannya Niagahoster punya customer support yang bagus. Sehingga, jika ada kendala terkait website klien, mereka bisa menanganinya dengan cepat. 

Apalagi dengan adanya Niagahoster Partner (NiPa), mereka jadi bisa lebih gampang untuk mengelola klien dengan adanya fitur client management. Disaat yang sama, bisnis bisa meraih cuan berkat fitur markup harga. 

Quotes Memilih hosting terpercaya dari Nore Inovasi

Gimana? Sudah mantap memulai bisnis, kan?

Putri Aprilia an SEO Content Writer at Niagahoster. Enjoy her articles about online business, web, and other technology-related issued.
[{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"HOSTING100","label":"Extra Diskon 100rb ","win":true},{"code":"","label":"Belum Beruntung","win":false},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"FREESHIPPING","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"","label":"Sedikit Lagi! ","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true}]
[{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"HOSTING100","label":"Extra Diskon 100rb ","win":true},{"code":"","label":"Belum Beruntung","win":false},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true},{"code":"HOSTING20","label":"Extra Diskon 20rb ","win":true},{"code":"FREESHIPPING","label":"Coba Lagi","win":false},{"code":"","label":"Sedikit Lagi! ","win":false},{"code":"HOSTING50","label":"Extra Diskon 50rb ","win":true}]