Andriana Sari Andriana is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has been applying knowledge gained in many ways as a writer. She is often described as highly curious, critical, and creative while having a positively contagious can-do attitude at the same time.

Apa Itu IT Support? Inilah Tugas dan Skills yang Harus Dikuasai!

3 min read

IT support

Akhir-akhir ini pekerjaan di bidang IT sedang banyak diincar oleh pencari kerja. Salah satunya adalah pekerjaan IT support. Dunia teknologi digital yang berkembang pesat membuat banyak perusahaan yang membuka lowongan kerja untuk posisi ini.

Data statistik menyebutkan bahwa permintaan posisi di bidang IT, termasuk IT support tumbuh sekitar 13% mulai tahun 2020 hingga 2030. Hal ini membuktikan bahwa IT support menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Tidak hanya untuk saat ini, tapi juga untuk beberapa tahun ke depan.  

Nah, kali ini kami akan membahas tuntas tentang pekerjaan IT support. Mulai dari pengertian, tugas, hingga skills yang harus dikuasai. Untuk Anda yang penasaran dengan profesi ini, simak artikel berikut, ya.

Apa Itu IT Support?

IT support adalah seorang ahli yang bertanggung jawab untuk menyelesaikan masalah yang dihadapi user. Namun, praktiknya sendiri tergantung pada industri dan produk atau layanan perusahaan. 

Jadi, saat user mengalami masalah tertentu, bisa langsung menghubungi tim IT support. Begitu juga saat ada pertanyaan yang berkaitan dengan produk atau layanan tertentu. Hal inilah yang membuat setiap masalah user bisa selesai dengan cepat.

Nah, seperti yang sudah dibilang di awal, pekerjaan IT support sangat tergantung pada industri dan produk yang ditawarkan. Namun, kalau mau dikategorikan ada lima tipe IT support yang perlu Anda ketahui.

  • Computer network: Menginstal, mengkonfigurasi, dan memelihara komputer di perusahaan.
  • Desktop support: Memberikan bantuan pengguna secara langsung.
  • Contract hardware maintenance: Memelihara dan memperbaiki perangkat keras komputer.
  • Vertical software applications: Memasok aplikasi perangkat lunak untuk sektor bisnis tertentu, seperti farmasi dan ritel.
  • Managed hosting providers: Memastikan situs website dan aplikasi klien tetap aktif dan menawarkan dukungan teknis.

Apa Saja Tugas Seorang IT? 

Setelah tahu apa itu IT support, Anda juga perlu mengetahui jobdesk IT support. Namun, perlu dipahami bahwa tugas IT support berbeda di tiap perusahaan. Perbedaan tugas IT support juga tergantung dari banyak hal.

Jadi, apa saja tugas seorang IT? Berikut berbagai tugas IT support secara umum.

  • Mengajukan pertanyaan kepada user untuk mendiagnosis masalah.
  • Berkomunikasi dengan user melalui layanan live chat.
  • Menanggapi dan memeriksa penyalahgunaan layanan, seperti spam dan phishing.
  • Merekomendasikan solusi untuk memecahkan masalah.
  • Melatih user mengenai cara kerja produk atau layanan yang digunakan.
  • Menginstal dan mengkonfigurasikan komponen jaringan.
  • Memantau dan memelihara sistem dan jaringan komputer.
  • Memecahkan masalah pada sistem dan jaringan.
  • Mendukung aplikasi sesuai kebutuhan user.
  • Menambahkan pengguna ke sistem dan memastikan kredensialnya.
  • Membangun hubungan kerja dengan end-users.  

Skills yang Harus Dikuasai untuk Menjadi IT Support

Tanpa adanya skills, tentu Anda tidak bisa melaksanakan IT support job description dengan baik. Lalu, apa yang harus dikuasai untuk menjadi seorang IT? Berikut penjelasannya.

1. Kemampuan Teknis

Kemampuan teknis menjadi hard skills yang perlu dimiliki IT support. Umumnya, kemampuan teknis mencakup pengetahuan mendalam tentang cara mengoperasikan komputer dan perangkat lunak, serta cara menangani masalah yang muncul.

Namun, perlu dipahami jika kemampuan teknis yang dimiliki IT support akan berbeda tergantung dari bidangnya. Berikut beberapa contoh kemampuan teknis IT support pada beberapa spesifikasi bidang.

  • Bidang jaringan internet – Mengetahui cara pemasangan dan pengoperasian program komputer, serta fungsi program komputer.
  • Bidang technical support – Memelihara, mengelola, dan memperbaiki kesalahan pada IT.
  • Bidang desk support – Menganalisis proses helpdesk di perusahaan.

Baca Juga: Komputer Server: Pengertian, Fungsi, dan Spesifikasinya

2. Problem Solving

Problem solving adalah keterampilan untuk menganalisis dan memperbaiki segala jenis masalah. Seorang IT support harus bisa mengidentifikasi masalah dan mencari solusinya dengan cepat dan tepat. Skills ini dapat membantu Anda dalam menangani masalah user. Baik yang berkaitan dengan perangkat lunak maupun perangkat keras.

Selain itu, Anda juga harus dapat melakukan evaluasi informasi yang diberikan dari pengguna. Dengan begitu, Anda dapat memecahkan masalah secara akurat. Skills ini bisa meningkat seiring dengan pengalaman yang dimiliki.

Sebagai seorang IT support, Anda bisa menyelesaikan masalah user dengan mengajukan beberapa pertanyaan berikut ini.

  • Apa masalah yang sebenarnya terjadi?
  • Kapan masalah itu terjadi?
  • Apakah masalah itu hanya terjadi berselang atau konstan?
  • Apa yang berubah setelah munculnya masalah tersebut?
  • Apakah tersedia benchmarks dan logs?

Ingat, Anda membutuhkan jawaban yang akurat dari setiap pertanyaan tersebut. Makanya, IT support perlu meluangkan waktu untuk memvalidasi setiap jawaban tersebut. 

Hal ini karena jawaban yang salah dan tidak akurat akan berdampak pada solusi yang salah. Akibatnya proses penyelesaian masalah membutuhkan waktu yang lebih lama. Bahkan tidak menutup kemungkinan masalah menjadi lebih kompleks.

3. Komunikasi

Keterampilan komunikasi yang dimiliki oleh IT support tidak sekadar bertukar informasi. Tetapi bagaimana Anda dapat memahami maksud dari informasi tersebut. Hal ini akan membuat Anda bisa memberikan solusi yang tepat dan benar-benar dibutuhkan oleh user. Nah, berikut lima tips meningkatkan skills komunikasi yang bisa Anda terapkan.

  • Jadilah pendengar yang baik. Anda harus bisa menjadi pendengar yang baik agar dapat memahami masalah yang dihadapi user. Hal ini tidak hanya berdampak pada proses penyelesaian masalah. Namun juga menunjukkan sikap Anda yang menghargai user.
  • Tanggung jawab atas informasi yang disampaikan. Perlu dipahami bahwa setiap informasi yang Anda berikan kepada user haruslah valid. Jangan sampai Anda memberi informasi yang salah kepada user. Apabila ada hal yang tidak diketahui, sebaiknya Anda melakukan riset terlebih dulu.
  • Set expectations. Sebagai IT support, Anda harus bisa memastikan bahwa user mengerti informasi yang disampaikan. Jika ada masalah yang belum terselesaikan, Anda perlu memberi kepastian pada user. Anda bisa menghubunginya kembali untuk memberikan informasi lebih lanjut.
  • Perhatikan isyarat non-verbal. Isyarat non-verbal sangat penting untuk diperhatikan saat berkomunikasi via telepon. Jadi, pastikan Anda bisa menangkap nada dan tone suara yang disampaikan user. Dengan begitu, Anda bisa menyesuaikan gaya bahasa yang dipakai saat memberi informasi.
  • Harus jelas. Anda harus bisa menyampaikan setiap informasi dengan jelas dan ringkas kepada user. Hal ini akan membuat komunikasi menjadi efektif. 

Baca Juga: Apa Itu Customer Experience? Strategi Lengkap & Contoh Penerapannya [Terbaru]

4. Manajemen Waktu

Manajemen waktu menjadi skills terakhir yang harus dimiliki oleh seorang IT support. Dengan keterampilan ini, Anda bisa menyelesaikan seluruh pekerjaan dengan maksimal dan tepat waktu. 

Untuk mencapai hal tersebut, tentu Anda harus menyusun prioritas tugas dan pekerjaan. Jadi, waktu yang digunakan selama bekerja bisa lebih efektif. Beberapa hal yang bisa Anda terapkan untuk mewujudkan keterampilan manajemen waktu, yaitu:

  • Mengidentifikasi masalah yang sering dihadapi.
  • Menciptakan solusi untuk masalah tersebut.
  • Mengurangi interupsi dan distraksi.
  • Menetapkan perencanaan dan tujuan.

Anda Sedang Mencari Lowongan Kerja IT Support?

Dari penjelasan di atas, Anda sudah mengetahui apa itu IT support dan gambarannya pekerjaan yang dilakukan, bukan?

Jika tertarik menjadi seorang IT support, tentu Anda harus menguasai berbagai skills yang dibutuhkan. Contohnya skills problem solving agar Anda bisa menyelesaikan masalah user dengan baik. Selain itu, Anda juga perlu memahami setiap job desk IT support. Hal ini akan memudahkan Anda dalam memahami fungsi IT support itu sendiri.

Nah, untuk Anda yang sedang mencari lowongan kerja IT support, bisa kunjungi halaman karier Niagahoster. Di sana Anda bisa menemukan peluang untuk bekerja di industri teknologi digital. Selamat mencoba!

Andriana Sari Andriana is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has been applying knowledge gained in many ways as a writer. She is often described as highly curious, critical, and creative while having a positively contagious can-do attitude at the same time.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *