Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Kontribusi untuk WordPress, Siapa Pun Bisa Memberikan Manfaat

3 min read

kontribusi untuk wordpress

Saat ini, WordPress adalah platform CMS terpopuler yang digunakan oleh jutaan orang di seluruh dunia. Nah, sebagai proyek open-source, WordPress memungkinkan Anda untuk turut memberikan kontribusi. 

Tidak perlu takut kalau tidak punya kemampuan teknis yang mumpuni! Siapa saja dari berbagai bidang tetap dapat berbagi manfaat yang luar biasa bersama WordPress.

Penasaran kan bagaimana Anda bisa turut memberikan manfaat bagi banyak orang dengan WordPress? Mari eksplor dunia kontribusi WordPress dan lihat bagaimana Anda dapat turut serta dalam proyek open-source yang menarik ini!

Apa yang Dimaksud Kontribusi untuk WordPress?

Kontribusi untuk WordPress merupakan upaya untuk turut terlibat dalam proyek open-source WordPress.org.

Berbeda dengan WordPress.com yang merupakan layanan hosting dari perusahaan Automattic, WordPress.org adalah proyek open-source yang memungkinkan siapa pun berkontribusi terhadap perbaikan dan peningkatan platform ini.

kontributor WordPress dari berbagai negara
Sumber: https://wordpress.org/news/

Ada banyak jenis kontribusi yang bisa Anda lakukan untuk WordPress, di antaranya:

  • Kontribusi core WordPress: memperbaiki dan meningkatkan kode sumber, mengembangkan fitur baru, dll.
  • Kontribusi desain: membuat tema WordPress atau desain visual lainnya.
  • Kontribusi terjemahan (Polyglot): menerjemahkan WordPress ke bahasa tertentu.
  • Kontribusi dokumentasi: menulis artikel tutorial, panduan pengguna, dokumentasi kode, dll.
  • Kontribusi dukungan: menjawab pertanyaan pengguna di forum WordPress, membantu mengatasi masalah teknis, dll.
  • Kontribusi pemasaran: membagikan pengalaman menggunakan WordPress di media sosial, merekomendasikan WordPress, serta membantu kampanye pemasaran WordPress.
  • Kontribusi komunitas: berpartisipasi aktif pada kegiatan WordPress Community seperti mengadakan acara WordPress Meetup, WordCamp, dan event lainnya.

Kontribusi untuk WordPress diperlukan karena platform ini merupakan proyek open-source yang dibangun oleh komunitas. Dengan berkontribusi, Anda dapat membantu meningkatkan kualitas dan performa WordPress.

Selain itu, Anda juga akan mendapatkan lebih banyak kesempatan untuk belajar, berkolaborasi, dan memperluas jaringan di industri teknologi. Baik dalam bidang pengembangan, desain, penerjemahan, dan apa pun yang Anda inginkan.

Siapa Saja yang Bisa Turut Berkontribusi?

Pasti, Anda penasaran: siapa saja sih yang bisa berkontribusi untuk WordPress?

Jawabannya, semua orang! Mau Anda seorang web designer, penulis, atau bahkan pengguna WordPress, setiap orang punya kesempatan untuk berkontribusi pada proyek WordPress.

Di tahun 2022 saja, orang-orang dari sekitar 57 negara sudah bergabung menjadi kontributor WordPress, lho.

persentase kontributor WordPress 2022 berdasarkan negaranya
Sumber: make.wordpress.org/core/

Inisiatif yang mempersatukan para kontributor di seluruh dunia ini salah satunya adalah Five for the Future.

Dalam inisiatif ini, berbagai perusahaan, komunitas, dan individu menyumbangkan 5% dari waktu kerja mereka untuk berkontribusi pada WordPress. Sehingga, ekosistem WordPress dapat terus hidup dan berkembang.

Gimana? Anda makin tertarik menjadi kontributor WordPress? Selanjutnya, kami akan bocorkan bagaimana cara menjadi kontributor WordPress. Yuk simak terus!

Bagaimana Cara Berkontribusi untuk WordPress?

Sesuai fokusnya, kontributor WordPress terbagi menjadi berbagai tim, di mana Anda bisa memilih salah satu di antaranya untuk turut berpartisipasi.

Ini dia beberapa tim kontribusi WordPress dan cara ikut sertanya:

1. Pengembangan WordPress

Tim ini bertanggung jawab untuk memelihara kode sumber dan mengembangkan WordPress. Jika Anda memiliki keterampilan pemrograman dan ingin berkontribusi pada pengembangan inti WordPress, ini adalah tim yang tepat.

Oh ya, tim pengembangan WordPress ini masih terbagi menjadi beberapa bagian lagi, yaitu: Core, Design, Mobile, Test, dan sebaagainya.

2. Dokumentasi

Sesuai namanya, tim ini adalah kunci di balik dokumentasi WordPress yang lengkap dan jelas. Apakah Anda suka menulis dan ingin membantu meningkatkan dokumentasi WordPress? Kalau iya, tim ini mungkin cocok untuk Anda.

Untuk bergabung, silakan pelajari handbook tim Dokumentasi WordPress ataupun ikut berdiskusi di dalam channel Slack #docs.

3. Terjemahan

Tim Terjemahan WordPress atau Polyglot bisa menjadi kesempatan emas bagi Anda yang menguasai lebih dari satu bahasa untuk ikut serta dalam kontribusi WordPress. 

Jika Anda tertarik untuk membantu menerjemahkan WordPress, silakan baca handbook tim Terjemahan WordPress, ikuti rapat mingguannya, serta aktif di channel Slack #Polyglots.

4. Forum Dukungan

Bergabung dengan Tim Forum Dukungan WordPress memungkinkan Anda memberikan bantuan dan dukungan kepada pengguna lain yang menggunakan platform ini. 

Kalau Anda ingin bergabung, silakan pelajari panduan pada halaman Forum Dukungan WordPress.

Manfaat yang Bisa Didapat dengan Berkontribusi

Menjadi kontributor WordPress bukan berarti hanya ikut mengembangkan content management system (CMS) terpopuler ini, tapi juga memiliki segudang manfaat bagi diri Anda sendiri.

Ini tiga manfaat yang bisa Anda dapat dengan berkontribusi untuk WordPress:

1. Peluang untuk Belajar Sambil Bekerja

Ketika Anda berkontribusi untuk WordPress, Anda akan dikelilingi oleh orang-orang dengan bidang yang beragam. Ini adalah kesempatan emas untuk belajar langsung dari mereka.

Selain itu, Anda juga bisa mengasah keterampilan dan mengejar minat Anda dengan melakukan tanggung jawab yang relevan.

2. Kesempatan Networking Lebih Luas

Terlibat dalam proyek open-source WordPress akan memperluas jaringan Anda dengan orang-orang dari berbagai belahan dunia.

Itu artinya, Anda akan terhubung dengan komunitas pengembang, desainer, penulis, dan penerjemah yang memiliki minat sama. Tentunya, jaringan ini juga mampu membawa manfaat bagi pengembangan karier Anda.

3. Meningkatkan Skill dan Team Work

Mengambil bagian dalam proyek WordPress akan membawa Anda ke dalam tim yang solid dan efektif.

Di sini, Anda akan mempelajari proses bekerja dengan orang-orang yang memiliki latar belakang, pengalaman, dan keterampilan berbeda sehingga Anda dapat turut memperluas wawasan.

Tertarik Bergabung? Niagahoster Siap Memandu Anda!

Sekarang Anda tahu bahwa siapa pun bisa memberikan kontribusi untuk WordPress. Tak peduli latar belakang dan bidang keahlian Anda, kontribusi Anda akan membantu jutaan pengguna WordPress di seluruh dunia.

Selain itu, dengan bergabung dalam komunitas WordPress, Anda akan memiliki kesempatan untuk meningkatkan keterampilan teknis dan non-teknis, serta memperluas jaringan profesional Anda.

Untuk memulai, pahamilah cara kerja WordPress terlebih dahulu. Anda bisa mempelajarinya dengan mencoba memakai CMS WordPress secara langsung untuk mengenal teknologi serta fitur-fiturnya.

Nah, jika Anda ingin mempelajari penggunaan WordPress tanpa repot, cobalah layanan WordPress Hosting dari Niagahoster, yang akan mendukung proses kontribusi Anda tanpa khawatir dengan kendala hosting.

Selain itu, Anda  juga akan mendapatkan berbagai keuntungan seperti keamanan website yang lebih terjamin, performa website yang lebih cepat, serta dukungan teknis yang responsif selama 24/7. 

Jangan lewatkan kesempatan ini dan jadilah bagian dari perubahan besar yang bermanfaat bagi jutaan pengguna WordPress di seluruh dunia!

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *