Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Ini Cara WordPress Bangun Komunitas Aktif Lewat Teknologi Open Source!

2 min read

cara meningkatkan seo wordpress

Tahukah Anda bahwa sekitar 660 website WordPress dibuat setiap harinya? Yap, WordPress memanglah sistem manajemen konten paling populer dan digunakan oleh website skala kecil maupun besar.

Popularitas WordPress tak lepas dari teknologi open source yang digunakan, serta dukungan komunitas yang kuat. Sehingga, tak heran jika WordPress memiliki banyak fitur baru dan performa yang optimal sampai kebanyakan orang memilih content management system (CMS) ini.

Nah lewat artikel ini, Anda akan semakin mengenal WordPress dan alasan mengapa teknologi open-source serta kekuatan komunitas menjadikan CMS ini salah satu yang terbaik di dunia.

Mengenal Teknologi Open Source pada WordPress

WordPress adalah sistem manajemen konten yang menggunakan teknologi open-source. Artinya, kode sumber WordPress terbuka untuk diakses dan dimodifikasi oleh siapapun yang ingin berkontribusi di dalamnya.

Oh ya, ada dua jenis WordPress, yaitu WordPress.org dan WordPress.com. Keduanya bersifat open-source. Bedanya, WordPress.com dapat digunakan secara gratis walau terdapat beberapa batasan dalam penggunaan plugin, tema, dan juga opsi monetisasi.

Perbedaan dasbor WordPress.com dan WordPress.org
Perbedaan dasbor WordPress.com (atas) dan WordPress.org (bawah)

Sedangkan WordPress.org mengharuskan Anda untuk memiliki hosting sendiri. Walau begitu, Anda bisa mengembangkan website secara lebih fleksibel melalui tema dan plugin yang dikembangkan oleh kontributor WordPress di seluruh dunia.

Para kontributor WordPress ini berasal dari berbagai kalangan. Mulai dari developer, web designer, pengguna WordPress, dan sukarelawan lainnya. Nah seluruh kontributor ini bersatu dalam komunitas yang biasa disebut WordPress Community.

Meskipun tidak mendapatkan uang secara langsung dari komunitas, orang-orang yang bergerak di balik layar ini bisa menghasilkan keuntungan dengan membuat plugin premium, tema berbayar, ataupun menawarkan layanan lainnya.

Selengkapnya, mari lihat apa saja kebebasan yang bisa Anda dapatkan dari teknologi open-source WordPress.

Apa Saja Kebebasan yang Bisa Anda Dapatkan dari Teknologi Open Source WordPress?

Teknologi open source pada WordPress memungkinkan para pengembang maupun pengguna mengubah, menyesuaikan, dan memperbaiki WordPress sesuai kebutuhan mereka secara gratis. Itulah sebabnya, WordPress berevolusi cukup pesat.

Buktinya, selama 13 tahun terakhir, rata-rata pertumbuhan WordPress naik sekitar 1% hingga 4%.

Ditambah dengan fakta bahwa WordPress memegang 65% pangsa pasar dari seluruh sistem manajemen konten yang ada, dan 43% website di dunia pun menggunakan WordPress.

statistik pertumbuhan WordPress semakin meningkat

Tak hanya website kecil, WordPress juga sering digunakan untuk membangun website dengan traffic dan pengunjung yang tinggi. Mulai dari e-commerce, portal berita, situs otomotif, dan sebagainya.

Salah satu alasan mengapa  WordPress kerap menjadi pilihan untuk membangun website adalah adanya berbagai keunggulan seperti kemudahan penggunaan dan fleksibilitas yang tinggi. 

Karena sifatnya yang open-source, para pengembang WordPress pun dapat mengembangkan PHP, membuat tema dan plugin, merancang tema, hingga menghadirkan fitur baru untuk mengoptimalkan penggunaan WordPress.

Oleh sebab itu, jangan heran kalau WordPress menyediakan ribuan tema dan plugin gratis yang selalu berkembang. Apalagi, semua tema dan plugin WordPress wajib mematuhi lisensi General Public License (GPL).

Itu berarti, semua tema dan plugin WordPress harus terbuka untuk didistribusikan serta dimodifikasi penggunanya. Dengan demikian, pengguna bisa mengunduh, menginstal, menggunakan, dan mengubahnya sesuai kebutuhan.

Tampilan editor plugin Akismet Anti-Spam

Perkembangan WordPress juga erat kaitannya dengan peran komunitas. Komunitas ini  aktif dalam mengembangkan dan memperbarui WordPress, serta memberikan dukungan dan solusi masalah kepada pengguna. Baik melalui WordPress meetup, WordCamps, hingga inisiatif Five for the Future.

5 Manfaat Open Source bagi Pengguna WordPress

Ada banyak manfaat yang dibawa oleh teknologi open-source WordPress kepada para pengembang dan penggunanya:

  • Pengembang dan pengguna tidak perlu membayar biaya lisensi software.
  • Keterbukaan terhadap kode sumber, sehingga memberikan kepercayaan keamanan kepada pengguna.
  • Kebebasan untuk memodifikasi kode sumber WordPress sesuai kebutuhan masing-masing.
  • Tersedia ribuan plugin dan tema gratis yang bisa diunduh dan diubah sesuai preferensi.
  • Komunitas WordPress yang aktif, sehingga tersedia banyak dukungan teknis yang siap membantu Anda.

Singkatnya, teknologi open-source dan dukungan komunitas yang kuat memungkinkan WordPress terus berevolusi menghadirkan fitur yang modern dan relevan bagi kebutuhan pengguna.

Gabung ke Komunitas WordPress yang Terus Berkembang Berkat Teknologi Open Source!

Dalam artikel ini, Anda telah mengetahui bagaimana WordPress menjadi salah satu CMS terpopuler di dunia.

Dengan teknologi open source dan dukungan dari komunitas yang solid, WordPress semakin berkembang dan menawarkan banyak keunggulan, mulai dari kemudahan penggunaan, keamanan, hingga optimasi SEO.

Dengan inovasi dan peningkatan yang berkelanjutan, ditambah dukungan komunitas yang kuat, WordPress adalah salah satu CMS terdepan di dunia digital. Terbukti, lebih dari 90% website pelanggan Niagahoster menggunakan WordPress.

Jadi, siapkah Anda bergabung dengan komunitas WordPress dan merasakan kemudahan dalam mengelola website dengan fitur-fitur memukau?

Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *