Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

WordPress Meetup: Ajang Belajar dan Berbagi Sesama Pengguna WordPress

2 min read

[FI] Cara Menggunakan Widget WordPress

WordPress adalah platform Content Management System (CMS) yang terus berkembang dari tahun ke tahun. Bahkan, 43% website di seluruh dunia dibangun dengan menggunakan WordPress!

Salah satu alasan mengapa WordPress menjadi CMS nomor satu adalah berkat komunitas online-nya yang aktif dan solid. Nah, WordPress Meetup adalah salah satu cara komunitas ini memperkuat relasi dengan berkumpul dan saling berbagi pengetahuan. 

Di artikel ini, kami akan mengajak Anda mengenal apa itu WordPress Meetup dan apa saja manfaat akan didapat jika Anda mengikuti event ini. Tak perlu basa-basi lagi, yuk langsung simak artikelnya!

Sekilas Tentang WordPress Meetup

WordPress Meetup adalah ajang berkumpulnya sekelompok orang (minimal 2 individu) yang diselenggarakan secara lokal untuk saling berbagi informasi seputar WordPress. 

Matt Mullenweg selaku pendiri WordPress menyelenggarakan Meetup pertamanya di tahun 2004. Sejak saat itu, ratusan WordPress Meetup sudah diselenggarakan di seluruh dunia. 

Di Indonesia sendiri, komunitas WordPress sudah menyelenggarakan event ini di berbagai kota, mulai dari Tegal, Surabaya, Bali, hingga Demak. Beberapa komunitas di tiap kota mengadakan acara ini tiap bulan, namun jadwalnya bisa berbeda-beda sesuai kesepakatan anggota.

wordcamp gresik 2022
WordCamp Gresik 2022

Agenda WordPress Meetup pun bervariasi. Terkadang, pembicara yang diundang akan membahas topik sesuai dengan bidang keahliannya. Tapi, adakalanya pula Meetup diisi dengan diskusi tentang fitur WordPress yang sedang dikembangkan. 

Selain itu, biasanya, peserta juga mendapat kesempatan melakukan testing dan bereksperimen dengan fitur baru yang menjadi topik diskusi. 

Apa Saja Manfaat Mengikuti WordPress Meetup?

Melihat gambaran WordPress Meetup di bagian sebelumnya, sudah pasti event ini akan membawa banyak manfaat bagi Anda. Apa saja itu?

  • Turut berkontribusi dalam pengembangan WordPress.
  • Mendengarkan pemaparan dari para ahli yang berpengalaman di bidangnya. 
  • Berbincang dan berbagi ilmu dengan pengguna WordPress di kota Anda. 
  • Memperluas koneksi.
  • Bertemu dengan mentor potensial.
  • Mendapatkan teman baru yang memiliki ketertarikan dan hobi yang sama.

Bagaimana Cara Mengikuti WordPress Meetup?

Komunitas WordPress terbuka bagi siapapun, terlepas dari tingkat keahlian yang dikuasainya. Cara berpartisipasi di event ini pun cukup mudah.

Untuk bergabung ke WordPress Meetup di kota Anda, silakan cari informasinya di wordpress.org. Lalu, pilih menu Community > Meetups yang akan meluncurkan Anda ke meetup.com. 

tampilan website wordpress.org

Di halaman website ini, masukkan keyword nama kota di kolom pencarian untuk mencari event Meetup yang paling dekat dari tempat tinggal Anda.

mencari event wordpress meetup di meetup.com

Untuk bisa menghadiri WordPress Meetup, buatlah akun di meetup.com terlebih dahulu. Kemudian pilih event yang diinginkan dan klik Attend.

contoh halaman registrasi wordpress meetup

Saat ini, sudah ada 15 komunitas WordPress Meetup yang aktif di Indonesia, di antaranya:

  1. Bali
  2. Bandung
  3. Bekasi
  4. Gresik
  5. Jakarta
  6. Semarang
  7. Solo
  8. Surabaya
  9. Tegal
  10. Wonosobo
  11. Yogyakarta
  12. Demak
  13. Kediri
  14. Serang
  15. Depok

Lalu, bagaimana kalau tidak ada komunitas atau WordPress Meetup di area sekitar Anda?

Tenang, Anda juga bisa menyelenggarakan Meetup sendiri dengan mengisi formulir Meetup Interest lho. Setelah pengajuan Meetup Anda disetujui, Anda bisa menambahkan anggota dan penyelenggara event. Barulah Anda bisa mengatur jadwal diadakannya Meetup.

Yang perlu diingat, WordPress Meetup bukan tempat untuk mempromosikan bisnis. Jadi, sebisa mungkin Meetup diselenggarakan tanpa sponsor. Sebab, kehadiran sponsor bisa jadi menimbulkan bias yang mungkin mempengaruhi nilai open source yang ditanamkan dalam setiap event WordPress Meetup. 

Namun, jika memang mendesak sampai-sampai Meetup tidak bisa berlangsung tanpa adanya dukungan sponsor, maka hal ini diperbolehkan dengan mengikuti panduan mencari sponsor yang disediakan oleh WordPress.

Tak hanya itu, seluruh panitia dan pembicara juga merupakan sukarelawan dan tidak akan mendapat bayaran dari event ini. Sehingga, alangkah baiknya event ini juga diselenggarakan di tempat umum seperti perpustakaan untuk menghindari biaya sewa lokasi.

wordpress meetup bali
WordPress Meetup di Bali

Tapi, kalau Anda tidak berhasil menemukan venue gratis, Anda bisa mengisi formulir Request Venue. Dengan begitu, komunitas WordPress bisa membantu membayarkan biaya sewa tersebut. 

Jadi, Sudah Tertarik Ikut WordPress Meetup?

WordPress Meetup adalah ajang yang paling oke untuk berdiskusi dan belajar skill baru sekaligus berkontribusi di komunitas WordPress. Dengan menghadiri WordPress Meetup, Anda bisa membangun network, menimba ilmu, dan selalu update soal kabar perkembangan WordPress. 

Menariknya lagi, cara mengikuti WordPress Meetup itu tidak sulit. Tinggal buat akun di meetup.com, Anda sudah bisa bergabung dengan komunitas WordPress di kota Anda. Jadi, jangan ragu untuk ikut WordPress Meetup dan menjadi bagian dari komunitas WordPress yang suportif. Yuk, raih kesuksesan online bersama WordPress dan Niagahoster!

Aura Nisrina Hesanty I am currently working as a SEO content writer at Niagahoster. When I am not writing, you will find me buried in pile of fiction books, killing my time on movies, or zeroing on console games.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *