Hosting

Hosting IIX: Pengertian dan Manfaatnya

Kalau target pengunjung website Anda dari Indonesia, menggunakan hosting IIX adalah langkah jitu untuk memberikan akses ke website lebih mudah. Kenapa demikian?

Hosting IIX merupakan jenis server hosting untuk lokasi di Indonesia. Dengan begitu, akses website dari pengunjung Indonesia tentu bisa lebih cepat dibanding jika servernya di luar negeri. 

Yang menarik, selain kecepatan yang lebih baik, masih ada beberapa keunggulan server IIX lainnya. Namun, sebelumnya mari bahas dulu apa itu hosting server IIX, yuk!

Apa Itu Hosting IIX?

Hosting IIX adalah layanan web hosting yang servernya terhubung dengan Indonesia Internet Exchange (IIX). IIX merupakan jaringan interkoneksi yang menghubungkan semua penyedia layanan internet di Indonesia.

Dengan adanya IIX, setiap akses ke website dari pengunjung Indonesia tidak perlu menuju ke server luar negeri dari masing-masing penyedia layanan internet. Sebab, lokasi server IIX berada di Indonesia.

Nah, karena hosting IIX merupakan hosting pada negara Indonesia, jadi menawarkan kecepatan akses yang lebih baik bagi pengguna internet di Indonesia. Dengan akses pengunjung yang tidak perlu melewati jaringan internet nasional yang lebih ramai, maka jadi lebih cepat. 

Saat ini, lokasi server IIX ada di beberapa data center di DKI Jakarta dan sekitarnya. Namun, beberapa data center server IIX juga sudah dicoba di lokasi lain yang kondisinya mendukung. 

Itu sekilas penjelasan tentang hosting server IIX. Nah, apa saja keunggulan hosting server IIX lainnya?

Manfaat Hosting IIX

Hosting server IIX memiliki beberapa manfaat yang tidak ditawarkan layanan hosting yang servernya berada di luar negeri, yaitu:

1. Akses Lebih Cepat bagi Pengunjung dari Indonesia

Hosting IIX adalah pilihan tepat bagi Anda yang target pengunjung websitenya di Indonesia. Sebab, dengan interkoneksi lokal IIX, akses website dari pengguna internet Indonesia tidak perlu lagi melewati server luar negeri dulu. 

Dengan begitu, akses website yang menggunakan server IIX lebih cepat karena baik server maupun pengunjung yang mengaksesnya berada di Indonesia.

2. Menyediakan Uptime Tinggi

Kualitas layanan hosting server IIX tidak kalah baik dengan hosting dengan server di luar negeri. Salah satu alasannya adalah uptime yang juga tinggi.

Uptime merupakan waktu di mana website bisa diakses. Nah, data center untuk server IIX memiliki uptime di atas 99%, yang artinya hampir selalu online. Jadi, dengan menggunakan hosting server IIX, website Anda siap melayani pengunjung kapanpun.

Yang tak kalah menarik,  data center di Indonesia memanfaatkan beberapa penyedia internet. Jadi, apabila ada kendala di salah satu penyedia layanan, bisa memanfaatkan penyedia layanan lain tanpa mengganggu aksesnya. 

Selain itu, data center tersebut umumnya memiliki cadangan listrik agar tetap bisa beroperasi saat terjadi pemadaman.

3. Menjamin Keamanan Server

Server hosting di luar negeri memiliki keamanan yang baik. Namun, Anda juga bisa mempercayakan website Anda kepada hosting server IIX karena keamanannya terjamin, baik dari kejahatan cyber maupun ancaman fisik.

Hal itu dikarenakan data center server IIX mencegah serangan hacker dan malware dengan sistem keamanan yang mumpuni. Dengan demikian, website pengguna hosting server IIX terlindungi dari upaya peretasan yang bisa mengakibatkan penyanderaan data.

Yang tidak kalah baik, data center hosting Indonesia idealnya terletak di lokasi yang minim risiko bencana alam, sehingga kondisi fisik server bisa terjaga.

Baca Juga: Memahami Pentingnya Peran Data Center Pasca Peristiwa Kebakaran

4. Tidak Terpengaruh Kendala Koneksi Luar Negeri

Ketika koneksi jaringan internet di luar negeri terganggu, akses dari pengguna di Indonesia ke website Anda tetap dapat berjalan. 

Alasannya, hosting server IIX terhubung dengan jaringan IIX yang berada di Indonesia. Jadi, tidak ikut terdampak kendala yang terjadi pada koneksi jaringan luar negeri. Dengan begitu, masalah koneksi yang menyebabkan website sulit diakses bisa diminimalkan.

Ingin Menggunakan Hosting IIX? Pilih Niagahoster!

Hosting IIX merupakan jenis server hosting untuk lokasi di Indonesia, sehingga cocok untuk website yang target pengunjungnya di Indonesia.

Kualitas server IIX tidak kalah tangguh dengan server-server luar negeri. Sebab, keamanannya terjaga dan memiliki uptime yang tinggi. Dengan begitu, website pengguna hosting server IIX bisa senantiasa lancar dalam melayani pengunjung.

Nah, kalau Anda ingin menggunakan hosting server IIX, Niagahoster bisa menjadi salah satu penyedia hosting pilihan Anda. 

Server hosting Niagahoster berada di data center yang menawarkan uptime 99,99% dan terhubung dengan jaringan IIX. Jadi, Anda bisa memanfaatkan semua keunggulan IIX dengan menggunakan layanan Niagahoster.

Tidak hanya itu, layanan hosting Niagahoster memiliki fitur lengkap untuk membuat performa website Anda makin optimal, termasuk:

  • WordPress Accelerator untuk mengoptimalkan kecepatan website dengan satu klik
  • Imunify360 untuk menyaring dan menghapus file yang terjangkit malware
  • SSL gratis untuk mengamankan transfer data antara website dan pengunjung
  • Customer support 24 jam yang bisa Anda hubungi melalui berbagai channel
  • Backup website otomatis untuk mencegah kehilangan data website

Semua fitur unggulan di atas bisa Anda dapatkan mulai dari Rp10.000/bulan saja. Jadi, segera pilih paket hosting yang Anda inginkan!

Aldwin Nayoan

Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Share
Published by
Aldwin Nayoan
Tags: hosting iix

Recent Posts

Spesifikasi Hosting untuk Moodle & Rekomendasi Jenis Hosting

Ingin menginstall Moodle di hosting tapi takut performanya anjlok? Yuk simak dulu rekomendasi hosting untuk Moodle yang tepat!

10 hours ago

25 Domain Termahal di Dunia, Berapa Harganya?

Hanya dengan belasan ribu rupiah, Anda sudah bisa mendapatkan domain baru. Lalu kenapa ada orang yang membeli domain termahal sampai…

3 days ago

Apa Itu Google Domain dan Perbedaan dengan Domain Lain

Saat berselancar di internet, mungkin Anda menemukan Google Domain sebagai salah satu opsi untuk membeli domain website.  Yap, layanan yang…

4 days ago

Apa itu DOM di JavaScript? Mengenal DOM JavaScript

Jika Anda ingin mendalami JavaScript, Anda perlu tahu apa itu DOM. Yuk pelajari semua tentang JavaScript DOM di sini!

4 days ago

Perbedaan Domain dan Subdomain yang Perlu Anda Tahu

Bagi Anda yang menggunakan website pasti sering mendengar istilah domain dan subdomain. Tapi, apa ya perbedaan domain dan subdomain? Singkatnya,…

5 days ago

Apa itu Exact Match Domain: Contoh & Pengaruhnya pada SEO

Sebelum Google meng-update algoritmanya, exact match domain menjadi jalan pintas untuk meraih ranking #1 di hasil pencarian. Apa itu exact…

5 days ago