Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Pilih mana ya? Buat Website di Freelance atau Jasa Website Perusahaan?

8 min read

Featured Image Panduan Memilih Jasa Pembuatan Website yang Tepat

Walau sebenarnya membuat website itu mudah, beberapa orang memilih menyerahkan pembuatan situsnya ke pihak ketiga: freelance atau jasa pembuatan website perusahaan. Mungkin, Anda pun juga demikian.

Pasalnya, dengan menyerahkan pembuatan website ke pihak luar, Anda tidak perlu ribet berurusan dengan hal teknis. Anda bisa langsung memakai web dan fokus mengurus pengembangan bisnis atau hal lainnya.

Sayangnya, beberapa orang kecele dengan website yang dibuatkan oleh orang lain. Tampilan dan fiturnya tidak sesuai ekspektasi, belum lagi ternyata website tidak bisa langsung pakai.

Oleh sebab itu, Anda harus benar-benar memilih layanan membuat website yang tepat. Jangan sampai, sudah bayar lebih mahal, eh project malah macet.

Pertanyaannya, manakah yang sebaiknya Anda pilih: freelance atau jasa website perusahaan?

Tenang, di artikel ini, kami akan membahas secara lengkap perbedaan freelance vs jasa website perusahaan. Dengan begitu, Anda bisa menyerahkan pembuatan web ke pihak yang tepat. Mari meluncur ke bawah!

Apa Perbedaan antara Freelance Web Developer dan Jasa Pembuatan Website Perusahaan?

Pertama-tama, kita bahas dulu apa itu freelance web developer dan bedanya dengan jasa pembuatan website perusahaan.

1. Freelance Web Developer

Freelance web developer adalah tenaga lepas yang dibayar untuk menyelesaikan project pembuatan website. Dengan kata lain, freelance web developer bekerja mandiri dan tidak terikat dengan perusahaan web agency.

Freelance atau jasa website perusahaan

Biasanya, freelance web developer berasal dari kalangan pelajar ataupun seseorang yang sudah punya pekerjaan tetap tapi ingin kerja sampingan. Sehingga, mereka menggarap proyek di sela kesibukan utamanya.

2. Jasa Pembuatan Website Perusahaan

Kebalikan dari freelance, jasa pembuatan website perusahaan yakni bisnis yang melayani pembuatan website secara profesional. Artinya, di sana ada tim serta manajemen yang tertata untuk membuatkan Anda website.

jasa website perusahaan

Nah bicara tentang tim, jasa web perusahaan punya divisi dengan keahlian masing-masing untuk menciptakan situs yang klien butuhkan. Mulai dari front-end engineer, back-end engineer, full-stack developer, hingga SEO Specialist.

Karena kegiatan utamanya memang membuat website, tak heran biasanya jasa pembuatan website perusahaan juga punya layanan lengkap. Seperti menyediakan hosting, domain, email bisnis, dan banyak lagi.

Perbedaan Freelance vs Jasa Website Perusahaan

Meski sama-sama bisa membuatkan website, baik freelance atau jasa website perusahaan punya sejumlah perbedaan. Ini dia info lengkapnya:

1. Sasaran Klien

Perbedaan freelance vs jasa website perusahaan yang pertama, sasaran kliennya.

Sebenarnya, kedua penyedia layanan web ini sama-sama bisa menjaring klien dari individual, toko online, maupun perkantoran. Hanya saja, spesifikasinya berbeda.

Umumnya, klien yang merekrut freelancer sudah paham teknis seputar website. Mereka membayar freelancer agar idenya cepat tereksekusi tanpa prosedur yang ribet. Jadi, freelancer tinggal mengikuti perintah dari kliennya.

Klien freelance vs jasa web perusahaan

Sedangkan jasa website perusahaan cenderung menerima klien dari berbagai kalangan. Mulai dari orang awam sampai yang sudah paham teknis. Mengapa begitu?

Alasannya, jasa web perusahaan biasanya memiliki pengalaman lebih dalam meng-handle klien. Tak heran, jasa web perusahaan paham betul dengan kebutuhan setiap kliennya. Baik itu domain, design, fitur, dan sebagainya. Tak heran, perusahaan web mampu mengarahkan klien ke layanan yang paling tepat.

2. Penawaran Produk

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, penawaran produk freelancer dengan jasa web cukup berbeda.

Peminat jasa freelance umumnya sudah paham betul dengan spesifikasi yang diinginkan, sehingga freelancer biasanya cukup mengikuti request kliennya. Yang mana, spesifikasi ini mungkin tidak ditawarkan oleh jasa pembuatan website perusahaan.

Penawaran produk freelancer berbeda dengan jasa web perusahaan

Ini jelas berbeda dengan jasa web perusahaan yang umumnya sudah memasang paket-paket tertentu. Paket web rumah sakit, web sekolah, web travel, dan sebagainya. Jadi, klien tak perlu pusing bikin rencana dari nol.

Selain itu, jasa web perusahaan yang bagus juga biasanya menyediakan live demo. Alhasil, Anda bisa memperkirakan gambaran hasil jadi website. Bahkan, Anda juga bisa mengecek portfolio klien lainnya untuk membuktikan kinerja web agency tersebut.

3. Ekstra Layanan

Website yang bagus seharusnya punya fitur lengkap dan sesuai kebutuhan, misalnya:

  • Email profesional, yaitu email yang menggunakan domain sendiri sehingga lebih kredibel. ega@tokonia.com, misalnya;
  • Plugin, yakni software untuk menambah fungsi pada website. Contoh plugin Yoast SEO, WooCommerce, dsb;
  • Live chat, layanan komunikasi di mana seseorang dapat menghubungi pengelola website secara real time;
  • Contact button, merupakan tombol yang mampu mengarahkan seseorang ke kontak atau sosial media tertentu. Seperti chat WhatsApp, akun Instagram, dll;

Sayangnya, tidak semua penyedia layanan web menyediakan hal tersebut. Freelancer, misalnya, biasanya fokus mengerjakan permintaan klien dan kurang menyarankan fitur tambahan karena keterbatasan sumber daya dan mencegah biaya membengkak.

Jasa pembuatan website menawarkan ekstra layanan

Sedangkan jasa web perusahaan berkualitas umumnya menyediakan ekstra layanan meskipun klien tidak memintanya. Sebab, fokus jasa web perusahaan memanglah membuat situs terbaik bagi klien.

Baca Juga: 20+ Fitur Toko Online untuk Memikat Pelanggan, Buat Usaha Anda Untung Berlipat!

4. Prosedur Pembuatan Website

Berikutnya, prosedur pembuatan website. Cara kerja freelancer cenderung lebih fleksibel daripada jasa web perusahaan. Tidak ada perjanjian yang ketat sehingga terkadang Anda sebagai klien bisa menambah fitur di tengah jalan.

Sayangnya, bisa saja ini membawa efek negatif bagi project Anda. Kemungkinan, akan terjadi scope creep alias membengkaknya sumber daya yang dibutuhkan (waktu, biaya, dll) akibat penambahan fitur.

Prosedur pembuatan website freelancer lebih fleksibel

Padahal, freelancer seringkali mengerjakan project secara mandiri alias tanpa tim. Alhasil, pekerjaan pun berubah jadi Proyek Roro Jonggrang yang memungkinkan hasil kurang maksimal karena dikerjakan terburu-buru.

Lain halnya dengan jasa web perusahaan, prosedur pembuatan cukup tertib karena mengikuti kontrak/proposal. Lengkap dari fitur web, biaya, sampai durasi pengerjaan.

Meski kelihatannya kaku, sebenarnya ini menguntungkan. Sebab, project bisa berjalan sesuai rencana.

Apalagi, web agency bekerja secara tim. Dengan proposal yang jelas, tiap personil bisa mencurahkan fokus maksimal pada bagian yang mereka kerjakan. Alhasil, kualitas website pun cukup terjamin. 

5. Biaya Pembuatan Web

Sudah bukan rahasia lagi bahwa banyak orang berminat memakai freelancer karena tarifnya relatif murah. Daripada, harus menggelontorkan uang untuk membayar developer permanen atau jasa web ternama.

Sayangnya, Anda harus bersiap-siap jika biayanya makin membengkak di ujung project. Sebab, ada freelancer yang memasang harga tersendiri untuk layanan tambahan seperti revisi, tambah fitur, maintenance web, dan sebagainya. Jadi walaupun kesannya murah, ujung-ujungnya jadi banyak juga.

Biaya pembuatan web freelancer cenderung lebih murah

Tentunya, masalah ini tidak Anda dapatkan di jasa web perusahaan. Sebab, tarif jasa dan fitur website yang didapatkan sudah jelas di awal.

Jadi walaupun biaya pembuatan website di jasa web perusahaan umumnya lebih mahal, jalannya project lebih tertib dan tidak ada biaya tersembunyi.

6. Sistem Keamanan

Sistem keamanan apa yang terampuh bagi website Anda?

Kalau Anda belum bisa menjawabnya, berarti Anda butuh bantuan orang lain untuk menentukannya. Baik freelancer ataupun jasa web perusahaan.

Nah jika bergantung pada kemampuan freelancer, Anda sulit memastikan “pagar” apa yang diberikan freelancer untuk website Anda.

Maklum, resource freelancer terbatas sehingga biasanya mereka bergantung pada penyedia hosting yang dipakai. Kadang juga, mereka tidak punya banyak pilihan karena mengikuti hosting dari klien.

Perbandingan sistem keamanan web buatan freelance dan jasa web perusahaan

Lain halnya dengan jasa web perusahaan terbaik yang dari awal berani menjamin sistem keamanan website dan menjelaskannya secara detail. Mulai dari server yang digunakan, perlindungan malware, fitur backup, dan sebagainya. 

Alasannya, jasa web perusahaan punya sumber daya untuk merangkai server sendiri sampai memilih lokasi data center. Tak heran, perusahaan mampu melengkapi produknya dengan sistem keamanan lebih seperti Imunify360, SpamAsassin Mail Protection, dan banyak lagi.

Baca Juga: 7+ Kasus Hacking yang Menggemparkan Indonesia dan Penyebabnya

7. Kebebasan Mengembangkan Website

Salah satu hal menyenangkan saat merekrut freelancer yaitu Anda lebih bebas request fitur secara spesifik. Sehingga, website memiliki fasilitas yang mungkin sulit ditemukan pada plugin atau resource yang tersedia di pasaran.

Namun, apa yang akan Anda lakukan jika fitur tersebut suatu saat ketinggalan jaman dan bahkan bermasalah?

Menyerahkan website ke lain developer kemungkinan besar tidak menyelesaikan masalah. Sebab, bisa jadi ada bagian tertentu yang tidak bisa mereka akses atau kurang dipahami sehingga sulit untuk mengembangkan web lebih lanjut.

Lalu, bagaimana kah dengan jasa website perusahaan?

Kebebasan mengembangkan website sendiri

Nah, jasa web perusahaan yang bagus pasti akan memberikan akses penuh kepada pemilik website. Sehingga, Anda bisa mengedit web sesuai kebutuhan. Mereka juga menyediakan tutorial dan tak sungkan membantu ketika Anda menjumpai kendala.

Salah satu bentuk kebebasan mengembangkan website ini misalnya diberikannya akses cPanel.

cPanel merupakan dasbor untuk mengelola hosting. Jadi, selain bisa mengatur fitur dan visual web, Anda juga bebas memelihara bagian dalam situs secara mandiri. Seperti backup, database, sistem keamanan, dsb.

Baca Juga: Anda Pelanggan Baru Niagahoster? Ini 26 Fitur yang Tidak Boleh Terlewat

8. Maintenance Website

Setelah website jadi, apakah menurut Anda project ini bisa selesai begitu saja?

Jika Anda mengira iya, itu salah besar. Sebenarnya, website tidak bisa dilepaskan begitu saja.

Bisa jadi, masalah yang sesungguhnya baru datang setelah website jadi. Mulai dari infeksi virus, navigasi tidak bisa digunakan, page load super lambat, dan masalah lainnya.

Maintenance web setelah website jadi

Sayangnya, Anda kurang bisa berharap freelancer mau memperbaiki itu semua. Sebab tanpa perjanjian tertentu, tanggungjawab freelancer selesai begitu project kelar digarap. Dan bisa jadi mereka akan sulit dihubungi.

Sebaliknya, jasa web perusahaan terbaik biasanya mau melakukan maintenance web sepanjang durasinya masih aktif. Selain itu, jangan takut jasa pembuatan web perusahaan bakal hit and run saat muncul problem. Anda bisa sewaktu-waktu mengontak mereka langsung, kok.

9. Jaminan Bantuan Teknis

Kebanyakan freelancer bekerja berdasarkan project. Artinya, problem yang terjadi setelah project selesai sudah tidak lagi menjadi urusan freelancer.

Anda boleh saja menghubungi freelancer dan meminta bantuan mereka kembali. Tapi, tidak ada jaminan mereka akan merespons keluhan Anda. Apalagi, freelancer tidak punya jam kerja tetap dan mereka belum tentu mau menerima project lagi.

Perusahaan website menjamin bantuan teknis

Sedangkan di jasa web perusahaan, Anda selalu bisa meminta pertanggungjawaban kalau terjadi error.

Biasanya, jasa web perusahaan juga mendokumentasikan pekerjaan sehingga sekalipun yang menghandle website Anda ganti personil, problem tetap bisa diselesaikan.

Intinya, freelancer memang oke untuk project jangka pendek. Namun jika Anda memakai website untuk jangka panjang, memakai jasa web perusahaan jelas lebih aman.

Kabar gembiranya lagi, jasa web perusahaan terbaik akan menyediakan jaminan bantuan teknis selama 24 jam non stop. Artinya, ada Customer Support Specialist yang secara professional mengatasi komplain Anda. Niagahoster, contohnya. 

Lho, memangnya sekarang Niagahoster menyediakan layanan pembuatan website?

Nah, kami akan menjawab rasa penasaran Anda pada bagian selanjutnya. Yuk meluncur ke bawah!

Baca Juga: Customer Success Agent: Layani Pelanggan Sepenuh Hati Walau Diterpa Pandemi

Mengenal Layanan Membuat Website dari Niagahoster

Kabar gembira untuk Anda, sekarang Niagahoster tidak hanya menyediakan produk hosting. Melainkan, juga melayani pembuatan website.

Itu artinya, Anda bisa mendapatkan produk super komplit hanya dalam sekali belanja. Mulai dari domainnya, hosting, hingga website yang sudah siap pakai.

Tapi, bukan jasa website perusahaan biasa, Niagahoster menyediakan beberapa jenis layanan. Berikut layanan membuat website dari Niagahoster:

1. Website Instan

Kisaran harga: Mulai dari Rp54.167/bulan

Cocok untuk: individu/UMKM/perusahaan yang ingin cepat memiliki website siap pakai tanpa ribet memikirkan urusan teknis

Pilihan website instan

Website instan adalah layanan membuat situs dengan memilih desain yang sudah Niagahoster sediakan. Desain website ini cocok bagi Anda yang memiliki:

  • Toko online;
  • Toko kue;
  • Restoran digital;
  • Perusahaan travel;
  • Mini marketplace;
  • Korporasi;
  • Klinik atau rumah sakit;
  • Dealer kendaraan;
  • Web sekolah;
  • Web desa;
  • Blog;
  • Agen properti;
  • dsb.

Secara garis besar, setiap desain Website Instan tersebut akan secara otomatis membawa fitur yang memaksimalkan performa situs, seperti:

  • Gratis hosting dan domain;
  • Email domain sendiri;
  • SSL;
  • Akses cPanel untuk mengelola dan mengoptimasi hosting;
  • Desain SEO-friendly;
  • Responsive terhadap berbagai jenis device (mobile, desktop, tablet);
  • Sistem keamanan terbaik Imunify360;
  • Dibekali berbagai fitur optimasi: auto-backup, auto-patch;
  • Layanan support tema;
  • Loading cepat;
  • Kualitas server mumpuni dengan uptime 99%;
  • Bantuan teknis 24 jam.

Bukan itu saja, jenis fitur pada setiap desain pun menyesuaikan kebutuhan. Jika Anda agen wisata, misalnya, di situs akan terpasang galeri tujuan wisata. Lain halnya dengan website klinik yang punya halaman info ketersediaan kamar.

Lantas, apakah Anda takut hasil dari Website Instan ini kurang oke?

Jangan khawatir. Jika Anda ragu, coba saja live demo-nya.

template website kuliner dari Website Instan Niagahoster

Di sini Anda bisa mengecek hasil jadi dengan mencoba berbagai fiturnya, melihat tampilan, melakukan eksplorasi, dan banyak lagi. Jadi, tidak usah takut bakalan kecele dengan hasil Website Instan.

2. Jasa Pembuatan Website

Kisaran harga: Mulai dari Rp1,5juta

Cocok untuk: individu/UMKM/perusahaan yang membutuhkan website siap pakai dengan kustom desain dan fitur tidak pasaran.

Portfolio Jasa Pembuatan Website Niagahoster

Anda menginginkan website unik dan fiturnya sesuai request? Kalau Website Instan kurang menjawab kebutuhan Anda, bisa kok menggunakan layanan berikutnya: Jasa Pembuatan Website.

Bedanya dengan Website Instan, Jasa Pembuatan Website Niagahoster memungkinkan Anda memiliki situs secara kustom.

Artinya, Anda bisa merencanakan kebutuhan dan layanan tambahan di luar template yang tersedia. Seperti halaman Coming Soon, integrasi dengan marketplace, dan fitur lainnya.

Meskipun Anda tidak bisa melihat live demo-nya seperti Website Instan, Jasa Pembuatan Website cukup terjamin. Buktinya, sudah banyak yang mempercayakan pembuatan website-nya ke layanan ini. Mulai dari  Kampoeng Cyber Jogja, Ayaartta Hotel, Bank Bantul, dan banyak lagi.

Tak hanya portfolio yang mumpuni, Anda juga akan mengantongi fasilitas berikut:

  • Hosting dan domain gratis;
  • SSL gratis selamanya;
  • Email profesional dengan domain sendiri;
  • Akses cPanel untuk mengelola dan mengoptimasi hosting;
  • Tersedia lebih dari 500 pilihan tema;
  • Desain situs SEO-Friendly;
  • Kualitas server mumpuni dengan uptime 99%;
  • Sistem keamanan terbaik Imunify360;
  • Dibekali berbagai fitur optimasi: auto-backup, auto-patch;
  • Page load cepat;
  • Free maintenance;
  • Revisi desain;
  • Layanan support 24 jam;

Jadi, bagi Anda yang sedang mengembangkan perusahaan ataupun toko online, memakai Jasa Pembuatan Website Niagahoster adalah pilihan tepat.

Selain mendapat website yang sesuai konsep Anda, ada banyak fasilitas yang menggenjot performa web dan melancarkan bisnis Anda.

Pilih Mana, Freelance atau Jasa Website Perusahaan?

Sampai sini, Anda sudah memahami perbedaan freelance dengan jasa website perusahaan. Nah untuk menyegarkan kembali ingatan Anda, secara ringkas kami akan menjelaskan ulang perbedaan freelance atau jasa website perusahaan:

FreelanceJasa Website Perusahaan
Sasaran KlienKlien yang sudah paham betul rencana detail website-nyaKlien awam ataupun yang sudah berpengalaman
Penawaran ProdukProduk menyesuaikan permintaan klien sehingga tidak ada penawaran produk secara pastiPilihan produk banyak sehingga klien tidak perlu membuat rencana dari nol
Ekstra LayananBiasanya fokus menyediakan layanan sesuai permintaanMenyediakan berbagai layanan tambahan untuk mendukung performa web
Biaya Pembuatan WebRelatif lebih murah tapi rawan biaya tersembunyiRelatif lebih mahal tapi harga sudah pasti
Prosedur Pembuatan WebsiteLebih fleksibel dan tidak terikat kontrak yang ketatPasti sesuai dengan rencana pada kontrak/proposal
Sistem KeamananResource untuk membuat sistem keamanan sendiri agak terbatasSistem keamanan ketat dan legal, serta mampu menyediakan sumber daya sendiri
Kebebasan Mengembangkan WebsiteBelum tentu menyerahkan seluruh akses web ke klienMemberikan seluruh akses website ke klien sesuai perjanjian
Maintenance WebsiteBiasanya tidak ada karena kerjasama putus setelah pengerjaan website selesaiSepanjang website masih aktif, bisa melakukan maintenance
Jaminan Bantuan TeknisHanya mengandalkan komunikasi personal dan tidak ada jaminan keluhan akan diresponsMenyediakan Customer Support profesional yang mudah dihubungi

Kesimpulannya, sebelum memilih freelance atau jasa website perusahaan, lihat dulu kebutuhan Anda.

Freelancer lebih cocok untuk project kecil dan jangka pendek, sedangkan jasa pembuatan website perusahaan tepat untuk segala jenis project yang membutuhkan maintenance berkelanjutan.

Nah untuk merekrut freelancer, Anda bisa mencari dari beberapa situs freelance. Sedangkan kalau Anda lebih tertarik memakai jasa website perusahaan, boleh lho tengok layanan membuat website dari Niagahoster.

Ada tiga macam layanan membuat website dari Niagahoster yang bisa Anda pilih:

  • Website Instan, yaitu layanan membuat website secara cepat, langsung siap pakai, dan cocok untuk pemula;
  • Jasa Pembuatan Website, yakni layanan membuat website dengan kustom desain dan request fitur;

Kabar gembiranya, sekarang Niagahoster lagi ada diskon hingga 75% untuk semua produk, lho. Jadi, Anda bisa mengantongi Website Instan hanya dengan Rp700ribu’an/3 tahun (Harga asli: Rp3juta’an/3tahun).

Tak kalah menarik, Jasa Pembuatan Website Niagaweb juga punya penawaran spesial untuk Anda. Mulai dari Rp1,5juta saja, Anda sudah bisa mewujudkan website idaman Anda.

Dan bukan itu saja, selama bulan Ramadhan ini Anda juga akan mendapat tema website premium gratis. Tapi kalau mau pilihan tema lainnya, Anda bisa membeli lisensinya dengan harga Rp1juta saja (Harga asli Rp1,2juta).

Lalu, sampai kapan kah Niagahoster diskon besar-besaran?

Tidak banyak waktu lagi, promo Website Instan berlangsung sampai 1 Mei 2022 saja. Sedangkan Jasa Pembuatan Website Niagaweb, lebih singkat, hanya sampai 1 April.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk segera wujudkan website impian Anda sebelum kehabisan waktu!

[amp-cta id=”34654″]

Benefita Hi! I'm an experienced tech writer passionate about making complex technology easy to understand. I hope you enjoy reading! See you on my next article!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *