Ingin tingkatkan SEO website Anda??

Download eBook Gratis 5+ Strategi SEO Berbagai Industri

Download Ebook
Mau Domain Gratis?

Tiap minggu Niagahoster bagi-bagi domain gratis untuk 5 orang beruntung. Pastikan Anda jadi salah satu yang beruntung mendapatkannya!

Dapatkan Domain Gratis
Tutorial

10 + Domain Name Generator Gratis untuk Situs Atau Blog Anda

Bingung memilih nama domain untuk website atau blog baru Anda? Bukan berarti Anda perlu mengurungkan niat untuk membuat online presence! Sebab, domain adalah alamat virtual website Anda di dunia maya.

Namun untungnya, Anda dapat mencoba menggunakan domain name generator. Sesuai namanya, tool ini memberikan berbagai rekomendasi domain sesuai kata kunci yang Anda berikan. Meskipun nama-nama yang muncul buatan komputer, hasilnya tidak terdengar aneh. Ditambah lagi, Anda dapat menentukan ekstensi yang ditampilkan tool ini.

Namun, saat ini ada banyak sekali domain name generator. Tidak semuanya berkualitas. Untuk mengetahui mana yang sebaiknya Anda gunakan, yuk, simak artikel ini!

10+ Domain Name Generator Gratis Terbaik

Di bawah ini adalah daftar tool domain name generator terbaik yang dapat Anda gunakan. Jangan khawatir. Semuanya gratis!

  1. Lean Domain Search
  2. Bust a Name
  3. NameStall
  4. Name Generator
  5. Wordoid
  6. Zyro
  7. Domain Wheel
  8. Name Mesh
  9. Panabee
  10. Name Station
  11. Webhosting Geeks

Sebelum memulai, perlu Anda ingat bahwa semua tool yang dibahas di artikel ini hanya memahami kata kunci berbahasa Inggris. Jadi, Anda tidak dapat menggunakan kata-kata dalam bahasa Indonesia untuk mencari ide nama domain.

Tertarik untuk memiliki domain dengan ekstensi .com? Jika ya, Anda dapat mengandalkan Lean Search Domain untuk mencari nama yang diinginkan.

Ketikkan kata kunci yang Anda inginkan, lalu tool name generator ini akan menampilkan ribuan ide nama domain dengan ekstensi .com.

Lean Domain Search juga menyediakan filter pencarian untuk memudahkan Anda. Misalnya, Anda dapat mengurutkan hasil pencarian berdasarkan popularitas, panjang nama, atau dari huruf pertamanya.

Selain itu, Anda dapat memunculkan ide nama domain yang diawali dengan kata kunci Anda saja. Demikian pula sebaliknya.

Ingin menyimpan hasil pencarian domain Anda? Tinggal klik tombol Copy to Clipboard yang ada di sebelah kanan halaman.

2. Bust a Name

Dari tampilannya, Bust a Name terlihat minimalis. Namun, tool name generator ini menyediakan filter yang lebih beragam daripada Lean Domain Search:

  • Anda dapat meminta Bust a Name untuk hanya menampilkan domain yang terdengar natural, tidak begitu natural, atau tidak natural. Ini berguna apabila Anda ingin mencari domain yang cocok untuk dijadikan nama brand. Misalnya forticafe.com.
  • Anda dapat menentukan jumlah karakter pada nama domain yang dicari.
  • Selain .com, Anda juga dapat mencari domain dengan ekstensi .net, .org, .info, dan .biz.

Jika kurang puas dengan hasil yang ditunjukkan oleh Bust a Name, Anda dapat melihat saran kata kunci yang muncul di bawah hasil pencarian. Di bawah ini adalah contoh saran yang muncul untuk kata kunci “finance”.

Di samping itu, tool ini juga memiliki fitur untuk menampilkan ide nama domain acak. Siapa tahu, Anda justru menemukan domain yang menarik.

Untuk memanfaatkan fitur tersebut, Anda tinggal klik tombol Make Random Domains

3. NameStall

NameStall memiliki fitur-fitur yang ada di kedua name generator sebelumnya. Misalnya, Anda dapat meminta Namestall untuk mencari domain dengan kata kunci di awal atau akhir. 

Tambahannya, tool ini memungkinkan Anda untuk menemukan nama domain yang mengandung hyphen atau tanda hubung (-) di tengahnya.

Ditambah lagi, Anda tidak hanya dapat mencari generic top-level domain (gTLD) seperti .com, .net, dan .org saja. NameStall juga dapat menampilkan country code top-level domain (ccTLD), yaitu domain dengan kode negara. Contohnya seperti .co.uk, .asia, dan .net.br.

Di hasil pencarian nama domain, Anda dapat mengetahui domain mana saja yang telah digunakan orang lain. Ini ditunjukkan dengan tulisan Taken yang ada di sebelah kanan daftar.

Sebagai catatan, domain yang belum digunakan akan ditandai dengan tulisan Register. Namun, Anda tidak akan dapat mengklik teks tersebut untuk membelinya.

Untuk itu, Anda dapat menyalin nama domain tersebut dan membelinya di Niagahoster. Anda akan mempelajari caranya di akhir artikel ini.

Apabila belum menemukan pilihan yang sesuai, Anda dapat mengklik menu drop-down Word Group untuk mengubah kumpulan nama domainnya. Misalnya, “top keywords”, “popular 4 letter words”, dan “popular first words”.

4. Name Generator

Meskipun tagline tool ini berbunyi “temukan nama terbaik untuk blog Anda”, Name Generator dapat Anda gunakan untuk nama domain apa pun.

Tool ini memang sedikit berbeda dari yang tadi sudah dibahas. Untuk menggunakannya, Anda perlu memberikan beberapa informasi pada kolom-kolom yang tersedia.

Nah, pada kolom pertama, ketikkan dua kata sifat yang menggambarkan website Anda.

Kemudian, ketikkan tiga kata kerja yang berkaitan dengan subjek website Anda.

Terakhir, ketikkan nama depan dan nama belakang Anda, diikuti dengan kota atau negara tempat tinggal Anda.

Setelah mengisi semua kolom tersebut, Anda tinggal scroll ke bawah dan klik tombol Write me some blog names.

Di bawah ini adalah contoh beberapa nama blog atau website yang disarankan Name Generator.

5. Wordoid

Wordoid kurang lebih memiliki fitur yang sama dengan Bust a Name. Hanya saja, letak menu filter tool ini berada di sebelah kiri layar. Sedangkan di bagian kanan Anda akan melihat hasil pencarian domain.

Ada beberapa filter yang dapat Anda gunakan di tool ini. Misalnya, Wordoid memungkinkan Anda untuk menentukan jumlah karakter dan letak kata kunci yang ada di dalam hasil pencarian domain.

Selain itu, Anda juga dapat meminta agar nama domain yang tampil terdengar natural atau sebaliknya.

Setelah mengatur ketiga filter tadi, Anda tinggal klik tombol Create wordoids yang ada di atasnya. Apabila Anda tidak mengetikkan kata kunci, mengklik tombol ini akan menampilkan domain acak.

Agar tidak salah memilih nama domain yang sudah digunakan website lain, Anda juga dapat mengklik filter Show available only.

6. Zyro Business Name Generator

Seperti namanya, tool ini memang bukan domain name generator. Ia hanya menampilkan ide nama bisnis yang berkaitan dengan kata kunci Anda. Namun, tidak ada salahnya jika Anda menggunakan hasil pencariannya untuk membuat nama domain.

Untuk menggunakannya, Anda tinggal memasukkan satu atau beberapa kata kunci pada kolom yang tersedia. Jika ada lebih dari satu kata kunci, Anda harus memisah masing-masing menggunakan tanda koma.

7. Domain Wheel

Domain Wheel adalah tool name generator minimalis lainnya. Anda tinggal mengetikkan kata kunci yang ingin digunakan, kemudian tool ini akan menampilkan sejumlah ide nama domain.

Sebagai tambahan, Anda dapat memilih ekstensi domain yang ingin dicari. Pilihannya cukup banyak, termasuk .com, .online, .blog, dan .space. Hanya saja, opsi ini baru dapat digunakan setelah hasil pencarian Anda tampil.

Baca juga: Cara Melakukan Transfer Domain

8. Name Mesh

Sekilas, Name Mesh terlihat seperti name generator lainnya. Namun, Tool ini menyajikan hasil pencarian domain Anda dalam beberapa kategori:

  • Common — Domain dengan ekstensi umum seperti .com, .org, dan .net.
  • New — Domain dengan ekstensi-ekstensi baru, tapi tidak kalah menguntungkan, seperti .email, .link, dan .domains.
  • Short — Domain dengan jumlah karakter yang sedikit. Bisa juga dibuat bersambung dengan ekstensi, seperti foc.us dan citi.es.
  • Extra — Domain dengan ekstensi yang tidak begitu umum, seperti .mobi, .name, dan .io.
  • Similar — Domain dengan sinonim dari kata kunci yang Anda gunakan.
  • SEO — Domain yang cocok untuk optimasi mesin pencarian (SEO).
  • Fun — Domain yang dapat dijadikan nama brand.
  • Mix — Domain yang berisi gabungan kata kunci Anda dengan kosakata lain.

Misalnya, di bawah ini adalah contoh hasil pencarian domain yang mengandung kosakata “coffee”.

Di hasil pencarian, Anda juga dapat memfilter domain berdasarkan jumlah maksimal karakter dan ketersediaan.

9. Panabee

Kegunaan Panabee sangat sederhana. Anda tinggal mengetikkan kata kunci untuk mencari domain Anda.

Hasil pencarian Panabee akan menampilkan semua domain yang berekstensi .com. Namun, Anda juga dapat mencari berbagai ekstensi lainnya. Daftarnya ada di bawah ini.

Di daftar hasil pencariannya, Anda dapat membedakan domain yang telah digunakan dan yang masih bisa diambil.

Domain yang berwarna merah dan diikuti oleh ikon jantung hati merah artinya telah dimiliki orang lain. Sedangkan domain berwarna biru dan diikuti oleh ikon jantung hati biru belum digunakan. Contohnya seperti berikut ini.

Akan tetapi, tidak hanya ide nama domain saja yang dapat Anda temukan di Panabee. Jika Anda scroll ke bawah, ada juga daftar saran ekstensi yang berkaitan dengan kata kunci Anda. Di bawahnya lagi, ada juga sinonim atau kata kunci terkait yang dapat Anda gunakan.

Apabila ingin menemukan nama yang unik, Anda dapat mencoba memeriksa daftar terjemahan kata kunci Anda dalam beberapa bahasa. Daftar ini dapat Anda lihat di sebelah kanan hasil pencarian domain tadi.

10. NameStation

NameStation memiliki fitur yang kurang lebih sama dengan name generator lainnya di artikel ini. Dengannya, Anda dapat menentukan ekstensi domain yang diinginkan. Mulai dari yang umum hingga jarang didengar, seperti .zone, .video, dan .world.

Di samping itu, NameStation memungkinkan Anda untuk menyembunyikan domain yang sudah digunakan dari hasil pencarian.

Selain kedua fitur tersebut, tool ini tidak memiliki kegunaan lainnya. Namun, Anda dapat membuat akun agar dapat meminta saran nama domain dari pengguna NameStation lainnya.

11. Webhosting Geeks

Ingin rekomendasi tool name generator lainnya? Webhosting Geeks bisa jadi salah satu pilihan Anda.

Tool ini sangat sederhana, tapi dapat diandalkan. Sebelum mengetikkan kata kunci, Anda dapat menentukan ekstensi yang diinginkan, letak kata kunci, dan jumlah karakter.

Nah, di hasil pencarian nanti Anda tidak akan menemukan tanda bahwa domain yang muncul sudah digunakan atau belum. Namun, jangan khawatir. Tool ini hanya menampilkan domain yang belum terpakai.

Baca juga: 10 Tips Memilih Nama Domain yang Tepat untuk Website Anda

Sudah Menggunakan Domain Name Generator? Segera Daftarkan Domain Anda!

Bagaimana? Apakah Anda sudah menemukan ide-ide nama domain yang sesuai keinginan?

Jika ya, pastikan Anda menentukan nama yang benar-benar tepat sebelum mendaftarkannya di registrar. Ini penting karena Anda tidak dapat mengubah nama domain yang telah Anda miliki.

Memang, proses ini susah-susah gampang. Oleh karena itu, Anda dapat membaca tips-tips kami dalam menentukan nama domain.

Setelah yakin, Anda perlu segera mendaftarkannya agar tidak didahului orang lain. Caranya mudah!

Anda tinggal mengakses halaman cek nama domain Niagahoster dan mengetikkan domain yang dipilih pada kolom yang tersedia. Jangan lupa untuk memilih ekstensi di menu drop-down di kanan kolom nama domain. Kemudian, klik Cek Domain.

Pada halaman berikutnya, Anda tinggal mengklik tombol Selanjutnya untuk menyelesaikan pembelian domain.

Sangat mudah, bukan? Apalagi, Anda dapat membeli domain yang Anda inginkan dengan harga terjangkau di Niagahoster. Domain .com misalnya, bisa Anda dapatkan dengan Rp125.000 per tahun. Selain itu jika beruntung, Anda juga bisa mendapatkan free domain dari kami.

Tapi, bagaimana jika Anda ingin memindahkan domain Anda dari layanan lain ke Niagahoster? Jangan khawatir, karena Niagahoster menawarkan transfer domain dengan proses yang singkat dan mudah!

Jadi, tunggu apa lagi? Segera daftarkan nama domain Anda sekarang juga!

Aldwin Nayoan

Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Share
Published by
Aldwin Nayoan

Recent Posts

Apa itu Content Marketing? Yuk Kenali Lebih Jauh Lagi!

Banyak perusahaan yang gencar menjalankan promosi kreatif melalui konten. Baik yang sifatnya ringan dan menghibur, maupun yang edukatif dan bermanfaat.…

1 hour ago

Gawat! Tema Premium Jupiter Diserang Banyak Isu Keamanan

Gawat! Telah ditemukan LIMA isu keamanan di tema premium Jupiter yang berbahaya bagi website. Baca berita lengkapnya di sini!

7 hours ago

Apa Itu Aged Domain & Manfaatnya? [Wajib Tahu]

Anda pernah melihat website yang selalu bertengger di hasil pencarian teratas Google? Bisa jadi, salah satu faktor mengapa website tersebut…

12 hours ago

Panduan Cara Membeli VPS Indonesia Terbaik [Mudah & Cepat]

Ingin berlangganan VPS, tapi takut ribet? Yuk praktikkan sendiri cara membeli VPS Indonesia terbaik. Dijamin mudah dan cepat!

1 day ago

Statistik Keamanan Website Tahun 2022

Tahukah Anda bahwa tak ada satupun website yang benar-benar aman? Faktanya, setiap 39 detik ada saja serangan siber yang terjadi.…

1 day ago

Cara Daftar Domain yang Benar

Ingin sukses go online dengan website? Menggunakan domain yang unik dan mudah diingat adalah salah satu kuncinya. Nah, untuk memilikinya,…

1 day ago