Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Denny Triana: A Day in the Life of Engineering Manager

7 min read

8 Cara Menjadi Programmer Handal

Belum banyak orang tahu kalau di balik website yang hebat, ada peran web engineer. 

Web engineer lah yang bertanggungjawab atas kelancaran seluruh aktivitas pada website. Mulai dari kecepatan loading halaman, kelancaran transaksi, keamanan website, dan banyak lagi.

Karena itu, di kesempatan kali ini kami akan mengajak Anda mengintip rahasia di balik website Niagahoster dan platform pendukung lainnya. Sehingga, bisa terus-terusan melayani customer dengan minim kendala.

Tapi, tentunya kurang asyik kalau hanya membaca teorinya saja, kan? Jadi, kami menghadirkan langsung komandan Departemen Engineering Niagahoster, Denny Triana, untuk ngobrol bersama Anda sebentar lagi.

Berkenalan dengan Engineering Manager Niagahoster

“Haloo, nama lengkap saya Denny Triana… bergabung di Niagahoster dari Agustus 2020. Dan, join pertama kali di sini sebagai Engineering Manager.”

Nama: Denny Triana
Title: Engineering Manager
Bergabung di Niagahoster Sejak: 2020

FUN FACTS!

  • Pernah terlibat dengan beberapa jenis industri
  • Tertarik kerja di Niagahoster karena penasaran behind-the-scene layanan hosting
  • Pertama kali join hanya memimpin satu team saja (Development Team)
  • Berhasil mengembangkan Departemen Engineering hingga punya tiga tim dan jumlah member 2x lipat

Jauh sebelum bergabung dengan Niagahoster, Denny Triana sudah nyemplung cukup dalam di ranah engineering. Mulai dari menjadi developer di berbagai jenis industri, sampai akhirnya menduduki posisi Engineering Manager.

Dengan skill kuat dan personality yang sesuai budaya perusahaan, Niagahoster pun menganggap Denny orang terbaik untuk memegang Departemen Engineering. Yang mana, saat itu divisinya masih sangat baru.

Di bawah komando Denny, Departemen Engineering semakin berkembang. Baik dari sisi jumlah tim, personil, hingga peningkatan performanya.

Jadi, jangan heran kalau Niagahoster mampu melayani seluruh customer lewat situsnya dengan aman dan tanpa masalah.

Meski begitu, ternyata kunci performa hebat Departemen Engineering tidak hanya skill teknis saja, lho. Tapi juga kebahagiaan member tim serta komunikasi yang kuat.

Nah, Anda penasaran sesibuk apa Denny Triana dalam bekerja dan meng-handle Departemen Engineering? Tanpa berlama-lama, mari dengarkan cerita Denny!

A Day in The Life of Niagahoster Engineering Manager

Ini dia obrolan kami dengan Denny Triana tentang Departemen Engineering dan kesibukannya.

Apa sih tugas dan target dari Departemen Engineering?

Di Niagahoster sendiri kita ada beberapa platform yang di-develop dan di-maintain: www (website Niagahoster), panel, Niagahoster Course (NiCo), forum Niagahoster, blog Niagahoster, Niagahoster Partner, Niagahoster Services Status, Niagaweb…

Website Niagahoster

Di luar itu juga kita ada platform untuk keperluan internal, seperti newsletter, juga metabase.

Nah salah satu fokus kami adalah untuk bisa menjaga platform kita sekarang itu supaya up to date dengan teknologi yang ada saat ini. Dengan mengupdate platform, akan mengurangi potensi isu keamanan.

Info Tambahan

Departemen Engineering juga mengurus masalah klien seperti: kendala perpanjangan layanan, invoice pembayaran tidak masuk ke inbox email klien, payment gagal, dsb.

Dalam Departemen Engineering, ada tim apa saja?

Ada Development, Quality Assurance (QA), Site Reliability Engineering (SRE).

Departemen Engineering Niagahoster

Di software development, saya banyak dibantu sama tim Development. Tugasnya untuk meningkatkan performa sampai keamanan platform, dan sebagainya.

Terus yang berhubungan sama software quality, saya dibantu tim QA. Untuk memastikan performa mobile website dan kenyamanan pengalaman pengguna.

Dan untuk reliable atau keandalan sistemnya, saya juga dibantu oleh SRE. SRE itu yang bertanggungjawab untuk kelancaran user dalam menggunakan sebuah platform.

Jadi misal nih di jam satu malam website NH down, SRE lah yang bertanggungjawab. SRE yang bakal bertindak pertama kali supaya websitenya bisa kembali diakses. 

Baca Juga: Ingin Website Anda Online 24 Jam? Perhatikan Uptime-nya!

Kalau Engineering Manager, perannya apa saja sih?

Engineering manager itu lebih fokus ke aspek teknis dari platformnya Niagahoster.  Memberikan pertimbangan secara teknis ketika mau buat sebuah fitur.

Intinya, tanggungjawab saya membuat platform Niagahoster itu lebih lancar, lebih aman. Tapi di saat bersamaan, saya harus bisa mengakomodasi kebutuhan bisnis.

Saya juga bertanggungjawab terhadap kebahagiaan tim, perkembangan dari masing-masing personal member. Ada dua hal, pengembangan secara teknis dan non-teknis.

Sesimple ini sih, misalkan aspek teknis yang tadinya hanya bisa A jadi bisa A, B, C. Kalau non teknisnya, yang tadinya mungkin baru bisa menyampaikan pendapat ke saya aja, berikutnya dia bisa menyampaikan ke semua team member.

Boleh dong cerita rutinitas Anda setelah bangun pagi 😀

Rutinitas Engineering Manager
Salah satu jadwal mingguan paling sibuk Denny Triana selaku Engineering Manager Niagahoster

Waktu tersibuk saya itu biasanya ada di hari Senin sama Kamis.

Tiap Senin itu ada meeting sama tim global dan CEO. Kita bahas perkembangan seminggu ke belakang, terkait Objective and Key Results (OKR), problemnya apa aja, ada blocker gak, solusinya gimana…

Hari Kamis, biasanya saya melakukan alignment meeting dengan semua tim (Development, SRE, dan QA). Kalau alignment meeting dengan semua tim itu saya bahas secara spesifik, bahas lebih detail OKR yang berhubungan dengan tim.

Kira-kira, begini time-frame daily routine-nya

PukulKegiatan
9 – 10Check Slack, email and follow-up
10 -12Candidate interview (Full Stack Developer)
13-14 Mentoring Session, managing Team
14-15Candidate Interview (Software QA)
15-16Payment integration brainstorming with Global Team
16.00 – 16.30Book Reading
16.30 -17.301on1 with Global Manager
19.00-19.30Leadership-Guild: Global Team

Tantangan apa yang Anda dan tim biasa hadapi, serta bagaimana solusinya?

Pada saat 2020, boleh dibilang platform Niagahoster itu belum ada yang bener-bener fokus ke sisi engineering-nya. Banyak yang terlewat kalau saya perhatikan.

Makanya ketika saya join, itu masih banyak issue-issue di platformnya Niagahoster. Panel down itu hal yang sering saya temui di awal-awal join.

Panel Niagahoster

Bahkan di tahun sebelumnya kita sempet dapet serangan yang cukup besar impact-nya terhadap perusahaan.

Akhirnya ketika saya join, salah satu yang jadi PR saya pertama kali, untuk membenahi kestabilan platform.

Setelah itu kita memperbaiki keandalannya, kenyamannya, setelah itu baru kita bisa fokus ke pengembangan yang lain. Karena dalam jangka panjang kita pingin punya platform yang efisien, dari sisi development maupun maintenance-nya.

Performa website Niagahoster
Gambaran besar performa website Niagahoster

Baca Juga: 7+ Kasus Hacking yang Menggemparkan Indonesia dan Penyebabnya

Seperti apa proses kerja dalam Departemen Engineering?

Jadi, team leader atau team development, team QA, lebih fokus sama sisi teknisnya. Sedangkan kalau aspek bisnisnya, yang harus pertimbangkan itu saya.

Jadi misal ada kebutuhan untuk promo nih dari tim marketing, atau tim produk mau deliver sebuah promo, saya perlu pertimbangkan secara bisnis impactnya seperti apa.

Nggak yang sekedar lempar-lemparan aja, “Ini nggak bisa nih kalau besok, karena bisa berimpact ke fitur yang lain. Kalau dipaksakan nanti akan kurang optimal.”

Kedua… saya harus berurusan dengan tim global di mana mereka hanya punya pertimbangan secara teknis saja. Jadi saya harus mencari jalan tengahnya untuk bisa mengakomodasi keinginan mereka, tapi di sisi lain masih cukup fit dengan kondisi di tim kita saat ini.

Apakah bekerja secara WFH mengganggu produktivitas tim?

Mungkin dulu saya masuk ke startup yang bener-bener startup, jadi bisa dibilang jam kerjanya itu nggak terhitung saat WFH. Jadi WFH itu bisa dari pagi banget udah aktif semua, sampe lebih dari jam 6 sore itu kadang masih ada yang minta ini itu.

Sedangkan kalo di Niagahoster nggak sama sekali. Bahkan, boleh saya bilang cukup disiplin. Jadi kalau udah selesainya jam 5, di luar itu ya nggak ada. Terkecuali SRE karena memang harus standby.

Ilustrasi SRE
Ilustrasi SRE

Dan kalau kesulitan sih, WFO kan kita bisa ketemu orangnya langsung. Jadi kalau ada masalah atau apa kita bisa follow-up langsung. 

Nah kalau WFH kita kan nggak bisa lihat orangnya tiap hari.Tapi paling nggak, saya berusaha meng-capture itu lewat weekly alignment dan 1on1 juga. Jadi setiap minggu saya dapat feedback, gambaran keadaan orang. Karena kan kita nggak bisa komunikasi langsung face to face.

Baca Juga: Niagahoster Mengutamakan Keselamatan Karyawan Selama Pandemi: Tetap Work From Home atau Memberlakukan New Normal?

Menurut Anda, seberapa penting employee happiness dalam tim?

Itu sangat penting sih. Apalagi di masa sekarang yang di mana kita nggak bisa ketemu langsung gitu, ya.

Nah makanya saya tetap coba usahakan ngobrol cukup sering. Paling enggak, 1 on 1 dengan DRI sebulan sekali. Sedangkan untuk hal yang lain, kita ada meeting mingguan, jadi ada obrolan tiap minggu. 

Kebahagiaan member team itu penting

Di sesi 1 on 1 itu obrolannya beragam sih, dan tidak membahas pekerjaan secara spesifik. Kadang ada yang curhat masalah jodoh, rumah tangga. Ya coba jadi pendengar yang baik aja sih, tanpa menghakimi. 

Dari situ saya jadi tahu, mungkin orang ini performanya terpengaruh karena hal ini. Dengan seperti itu, saya jadi bisa ‘Oh ini butuhnya apa nih?’

Momen apa yang membuat Anda paling bangga selama bekerja sebagai Engineering Manager?

Kalau pencapaian, saya seneng aja sih makin ke sini sebenernya saya bisa dengan cukup confident bilang platformnya Niagahoster lebih stable.

Issue-issue panel down jauh lebih berkurang daripada dulu awal join. Terus komunikasi dengan tim global sekarang lebih banyak intens lagi.

Baca Juga: Ingin Website dengan Akses Tercepat? Pilih Niagahoster! Ini Buktinya..

Dibandingkan setahun lalu, perubahan apa yang terjadi pada diri Anda, Departemen Engineering, dan Niagahoster?

Kalau dari diri saya sendiri, yang saya rasakan sih makin banyak hal yang bisa saya handle dibanding ketika pertama kali.

Mungkin ketika pertama kali saya masih jetlag. Dan dari management masih kasih saya kesempatan untuk belajar supaya lebih bisa mengatasi banyak hal.

Dan bisa dibilang, yang paling berasa timnya lebih besar daripada yang dulu, jumlahnya dua kali lebih besar.  Timnya juga udah cukup mandiri, gak hanya bergantung dan menunggu perintah aja. 

“Dibandingkan tahun lalu, saat ini platform sudah lebih stabil. Terus report-report yang masuk ke tim CS pun sudah jauh lebih berkurang saat ini.”

Denny Triana – Engineering Manager Niagahoster

Apa company value Niagahoster yang paling berkesan bagi Anda?

Di sini itu, paling suka Hire and Develop the Best sih. Karena untuk pertama kalinya di sini saya menjadi pembuat keputusan untuk meng-hire seseorang atau tidak.

Hiringnya sendiri udah cukup challenging. Proses hiringnya itu kan nggak bisa lama-lama. Di sisi lain, saya juga perlu tahu apa orang-orang ini bisa diandalkan atau tidak. Karena kita kan kerjanya bakal WFH, nggak ketemu secara personal.

Pernah ada beberapa kandidat yang saya tolak. Sebenernya technical skillnya oke, dari CV-nya pun tim HR kagum. Tapi ternyata, dalam proses hiringnya tidak menunjukkan sikap yang baik. Dari segi komitmen, responsible, terus menghormati.

Dan untuk develop the bestnya sendiri yang jadi challenge saya itu bagaimana team member saya dari hari ke hari dapet tantangan baru. Supaya, mereka dapet knowledge yang baru juga.

Fun Facts!

Mengedepankan value Hire and Develop the Best, Niagahoster memilih kandidat terbaik supaya bisa memberikan layanan terbaik juga bagi customer.

Baca Juga: Handri Hermawan: Sukses Memanfaatkan Kesempatan Kedua untuk Menjadi Front End Developer di Niagahoster

Butuh skill apa saja sih untuk bisa jadi Engineering Manager?

Kalo hal teknis, yang pasti berkaitan dengan platform yang di-maintain, update dengan teknologi terkini terutama yang sedang digunakan.

Tapi di luar itu, sebenernya hal yang cukup penting untuk dimiliki menurut saya sebenernya kemauan untuk mendengar dan bersabar.

“Dengan punya kemauan untuk mendengar, saya jadi bisa tahu masalah yang dihadapi tim member saya dan klien. Dan dengan bersabar, di saat ada dua hal yang sama-sama keras gitu, saya harus sabar untuk bisa menjembatani.”

Denny Triana – Engineering Manager Niagahoster

Seberapa penting kepuasan customer bagi anda?

Ini kembali lagi ke company culture NH. Bahkan di point pertama itu Customer Obsession. Jadi segala yang kita lakukan, semua keputusan yang kita ambil itu ujung-ujungnya buat customer. 

Nggak cuma customer yang menggunakan servisnya Niagahoster. Di luar itu kan customernya Departemen Engineering: ada tim product, tim kreatif, tim global juga.

Jadi saya ketika membuat keputusan harus bisa mengakomodasi customer di luar Departemen Engineering. Tapi di sisi lain saya juga harus memperhatikan, seberapa besar impact-nya keputusan tersebut untuk tim internal saya. 

Baca Juga: Niagahoster Mewujudkan Budaya Kerja Yang Nyaman dan Inklusif


Sekarang, pastinya Anda sudah jauh lebih kenal dengan profesi Engineering Manager Niagahoster. 

Dari cerita Denny, Anda pun tahu bahwa kesibukan Engineering Manager memang cukup kompleks, yaitu:

  • Menentukan goal target Departemen Engineering supaya sejalan dengan bisnis perusahaan;
  • Memberikan pertimbangan teknis sekaligus memenuhi kebutuhan bisnis perusahaan;
  • Bertanggungjawab terhadap kinerja platform perusahaan;
  • Memastikan kolaborasi setiap tim (Development, QA, SRE) berjalan harmonis;
  • Menjaga employee happiness supaya performa tim maksimal;
  • Mengembangkan kualitas SDM dalam tim;
  • Menjamin customer, baik pengguna langsung layanan Niagahoster dan customer internal, mendapatkan service terbaik.

Meski begitu, Denny selalu berusaha memberikan 200%-nya supaya Departemen Engineering memberikan performa terbaik. Apalagi, peran engineer memang cukup krusial bagi nyawa perusahaan. 

Nah, itu sebabnya Niagahoster mengedepankan company value Hire and Develop the Best. Alasannya, Niagahoster percaya bahwa kepuasan pelanggan tercipta dari kebahagiaan Hoster Ranger-nya.

Itulah mengapa Niagahoster berkomitmen untuk mengembangkan Hoster Ranger. Bukan dari performa dan skill saja, tetapi juga kebahagiannya.

Nah sekarang, Anda sudah yakin kan dengan kualitas layanan Niagahoster? Atau jangan-jangan… Anda malah ingin ikutan berkarier bersama kami?

Kalau iya, buruan yuk cek posisi di Niagahoster yang sesuai dengan passion Anda! Sebelum keduluan, lho 😀

Berkarir bersama Niagahoster

Benefita Benefita is a Pisces girl. She dreams of living in the world of Harvest Moon.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *