Putri Aprilia an SEO Content Writer at Niagahoster. Enjoy her articles about online business, web, and other technology-related issued.

Mengenal CPA Marketing: Cara Dapat Untung Berlipat dari Internet

8 min read

CPA marketing

Jika Anda memiliki website dengan jumlah pengikut yang banyak, inilah saatnya mendapatkan keuntungan berlipat dari website Anda. Anda bisa mencoba CPA Marketing sebagai salah satu cara mendapatkan uang dari internet.  

Nah, apa itu CPA? CPA atau Cost per Action sebenarnya merupakan strategi marketing yang mirip dengan affiliate marketing. Di bisnis ini Anda akan mendapatkan komisi dari suatu action yang dilakukan oleh pengunjung website Anda. 

Menjalankan CPA bisa dibilang sangatlah menguntungkan, Anda bisa menghemat modal untuk menjalankannya. Bahkan Anda bisa mendapatkan keuntungan yang berlipat dari bisnis ini jika Anda menerapkan strategi yang tepat. 

Di artikel kali ini, kami akan menjelaskan secara lengkap apa itu CPA, cara kerjanya, hingga tips sukses menjalankan bisnis CPA. Jadi, bagi Anda yang ingin mencoba berbisnis CPA, simak terlebih dahulu penjelasannya berikut ini. 

Apa Itu CPA Marketing? 

Cost per Action atau CPA Marketing adalah strategi pemasaran online yang memungkinkan Anda untuk mendapatkan komisi dari action yang dilakukan oleh user (leads). CPA marketing memungkinkan Anda mendapatkan komisi lebih banyak karena menggunakan sistem Pay per Leads (PPL).

Action-nya pun beragam, bisa berupa mengisi form, download, install, mencantumkan email, atau melakukan pembelian pada sebuah landing page. Komisi dari setiap platform bisa berbeda-beda dan tergantung action yang dilakukan. Biasanya komisi yang diberikan berkisar antara 1-10% dari harga sebuah produk.

Dalam dunia CPA marketing ada beberapa istilah yang wajib Anda ketahui. Berikut ini beberapa istilah tersebut:

  • Publisher : Orang yang mempromosikan brand, produk, atau bisnis di websitenya 
  • Advertiser : Suatu perusahaan atau pemilik bisnis yang meminta partnership CPA untuk mempromosikan produk atau bisnisnya. 
  • CPA Network : Platform yang mewadahi atau mempertemukan Publisher dan Advertiser 
  • Affiliate Manager (AM) : Orang yang bertugas membimbing Publisher dalam menjalankan bisnis CPA.
  • Komisi : keuntungan dari memasang iklan di website yang diterima oleh Publisher
  • Action : Tindakan yang dilakukan oleh user pada landing page Advertiser seperti mengisi form, download, install, mencantumkan email, atau melakukan pembelian. 

Kalau Anda familiar dengan affiliate marketing, Anda pasti tahu kalau cara kerja CPA marketing sebenarnya mirip. Keduanya sama-sama memberikan komisi. Komisi CPA marketing biasanya memang lebih kecil daripada affiliate marketing. 

Namun peluang mendapatkan jumlah leads yang melakukan action bisa lebih banyak. Sebab, lebih mudah meminta orang untuk melakukan action ketimbang membeli sebuah produk. Apalagi jika website Anda sudah memiliki traffic yang bagus.

Jika komisi dari affiliate marketing bisa mencapai 70% dari harga produk, komisi dari CPA Marketing hanya berkisar antara 1-10% dari harga produk.

Misalnya, Anda mengikuti program affiliate marketing. Kemudian Anda berhasil menjual sebuah produk seharga Rp100.000 dari kode referral Anda. Komisi 70% atau Rp70.000 langsung menjadi milik Anda. 

Lain halnya dengan CPA Marketing. Jika Anda memasang iklan referral dari Advertiser di website Anda. Pengunjung yang mengklik iklan tersebut akan diarahkan ke halaman landing page Advertiser. Jika pengunjung Anda melakukan action yang diminta, misalnya mencantumkan alamat email, Anda akan mendapatkan 1-10% dari harga produk. 

Jika produk yang dijual seharga Rp100.000, minimum komisi yang Anda terima adalah 1% harga produk atau Rp1000 per action. 

Bayangkan jika Anda memiliki website dengan rata-rata pengunjung harian 1000 pengunjung. Perkiraan minimum pengunjung yang mengklik iklan adalah 10% dari jumlah pengunjung. Berarti minimum komisi yang Anda terima dalam satu hari adalah Rp1000 x 100 (10% pengunjung) = Rp100.000. 

Bayangkan peluang keuntungan yang akan Anda terima dari bisnis CPA marketing ini. Sangat menggiurkan, bukan? 

Bagaimana Cara Kerja CPA Marketing?

Sekarang, bagaimana cara kerja CPA marketing. Sebenarnya bisnis CPA Marketing hampir sama seperti program affiliate marketing. Hal itu karena CPA Marketing memang turunan dari affiliate marketing.

Namun, supaya lebih jelas, beginilah penjelasan lebih lengkap tentang cara kerja CPA Marketing.

Pertama, Anda mendaftar sebagai Publisher di suatu CPA Network. Nantinya Anda akan mendapatkan link atau banner milik Advertiser untuk Anda pasang di website Anda. Pengunjung yang mengklik link tersebut akan diarahkan ke halaman website milik Advertiser. Jika pengunjung tadi melakukan action yang diminta, misalnya mengisi form registrasi, Anda akan mendapatkan komisi. 

Anda (Publisher) Memasang Link di Websitenya → Pengunjung klik link → Pengunjung diarahkan ke halaman Advertiser → pengunjung mengisi form registrasi → Anda dapat komisi.

Nah, sekarang coba perhatikan ilustrasi kisah berikut ini untuk mengetahui lebih jelas tentang cara kerja CPA. Sebut saja Agus adalah seorang blogger populer yang memiliki cukup banyak pengikut. Karena Agus tengah menjalani program hidup sehat, Agus sering memposting tips pola hidup sehat, mereview makanan dan minuman sehat di websitenya. Agus ingin menghasilkan uang dari websitenya dengan mendaftar sebagai Publisher di CPA Network. 

Kemudian, ada sebuah perusahaan kebugaran, sebut saja EasyHealth. EasyHealth sedang merilis aplikasi untuk membantu pola hidup sehat. EasyHealth ingin menyebarluaskan aplikasi tersebut dengan menggunakan strategi CPA marketing. Kemudian, EasyHealth mendaftar di CPA Network sebagai Advertiser untuk mendapatkan partner yang tepat. 

CPA Network kemudian mempertemukan Agus yang bisa mempromosikan aplikasi di websitenya dan EasyHealth yang ingin mempromosikan atau menyebarluaskan aplikasi di website yang tepat. 

Agus akan mendapatkan komisi dari aplikasi EasyHealth yang didownload oleh pengunjung websitenya. Sementara itu, EasyHealth mendapatkan keuntungan dari traffic website Agus. 

Sangat win-win solution, bukan? Bisnis CPA ini juga tidaklah sulit. Hal penting yang Anda butuhkan adalah sebuah website.

Mengapa Berbisnis CPA itu Layak Dicoba? 

CPA marketing adalah bisnis yang menguntungkan jika Anda mempromosikan produk ke audience yang tepat. 

Berikut ini beberapa alasan mengapa bisnis CPA sangat direkomendasikan. 

1. Mudah Dijalankan

CPA Marketing adalah bisnis yang mudah dijalankan. Anda hanya perlu memiliki sebuah website aktif dan mendaftar di CPA Network. Selanjutnya Anda akan dibimbing oleh Affiliate Manager (AM) dan mulai mempromosikan produk di website Anda. Setelah itu, Anda hanya perlu berusaha untuk meningkatkan traffic website Anda untuk mendapatkan komisi lebih banyak. 

2. Minim Modal 

Salah satu alasan mengapa bisnis ini wajib Anda coba adalah minim modal. Bahkan Anda tidak perlu mengeluarkan uang untuk bergabung sebagai Publisher di CPA Network. Satu-satunya yang Anda butuhkan hanyalah sebuah website.  

3. Peluang Untung Besar

Dengan sekali posting di website, Anda berpeluang mendapatkan keuntungan berlipat. Komisi yang diberikan pun beragam sesuai dengan jenis action yang dilakukan. Untuk meningkatkan peluang untung yang lebih besar, Anda harus meningkatkan traffic website Anda.

Bayangkan jika website Anda memiliki 1000 pengunjung setiap hari. Jika setiap action Anda mendapatkan komisi sebesar Rp1000, Anda bisa mendapatkan Rp100.000 per hari  atau Rp3.000.000 sebulan untuk 10% pengunjung yang melakukan action tertentu. Terdengar sangat menggiurkan, bukan? 

4. Jam Kerja Fleksibel

Bagi Anda yang serius menggeluti bisnis ini sebagai sumber pendapatan utama Anda, Anda memiliki jam kerja yang sangat fleksibel. Anda bahkan bisa kerja dengan waktu sesuka Anda. Jika Anda blogger, Anda hanya harus terus mengupdate dan meningkatkan trafik website Anda.  

Dengan keuntungan di atas, Anda hanya perlu pintar-pintar membuat konten yang menarik. Akan lebih bagus lagi ketika Anda sudah memiliki basis audience yang spesifik. 

Misalnya, Anda mempunyai blog yang mengulas produk kecantikan dan pengunjung blog Anda pun kebanyakan adalah pengguna produk kecantikan. Peluang Anda untuk mempromosikan link dan klik akan jauh lebih besar. Hasilnya, Anda pun bisa mendapatkan untung sangat besar. 

5 CPA Networks Terbaik yang Bisa Anda Pilih

Seperti dijelaskan sebelumnya bahwa CPA Network merupakan platform yang mempertemukan Anda dengan pemilik produk. Jika Anda baru memulai bisnis CPA, cobalah mendaftar di CPA Network yang menerima pemula. Setelah Anda mempunyai pengalaman, barulah mendaftar di CPA Network yang lebih besar. 

Setelah Anda diterima sebagai Publisher di CPA Network, Anda akan dibimbing oleh seorang Affiliate Manager (AM). Pastikan Anda berkomunikasi secara rutin dengan AM, karena mereka bisa membantu Anda menyukseskan bisnis CPA Anda. 

Anda juga harus memilih CPA Network dengan reputasi yang baik. Anda bisa melihat review CPA Network sebelum Anda mendaftar. Berikut ini kami tampilkan top 5 CPA Network yang bisa jadi pertimbangan Anda memilih CPA Network. 

Top CPA Network

1. Peerfly

Contoh CPA Network Peerfly

Peerfly merupakan salah satu CPA Network dengan pertumbuhan member tercepat di dunia. Peerfly sudah memiliki lebih dari 30.000 publisher yang tersebar di 165 negara di seluruh dunia. 

Anda akan mendapatkan manajer affiliate yang khusus membantu Anda. Anda juga akan mendapatkan training tools secara gratis untuk Anda pelajari. Jadi, CPA Network ini cocok bagi pemula.

Selain itu, Peerfly juga menyediakan banyak kategori produk dari merek-merek terkenal seperti Uber, Agoda, Booking.com, dan masih banyak lagi. Dengan itu, peluang Anda memperoleh keuntungan semakin besar. 

2. Maxbounty 

CPA Network Maxbounty

CPA Network ini berdiri sejak tahun 2004 dan saat ini Maxbounty dikenal sebagai CPA Network yang paling populer. Maxbounty memiliki ribuan publisher dengan penghasilan yang cukup besar. Selain itu, keuntungan lain yang Anda dapatkan dengan bergabung Maxbounty adalah Anda akan menerima komisi secara mingguan. 

Beberapa perusahaan yang terdaftar sebagai advertiser di Maxbounty di antaranya merupakan perusahaan-perusahaan besar seperti Microsoft, Apple, Shutterstock, Alibaba, American Express, dan lain-lain. 

Bagaimana, Anda tertarik mendaftar sebagai Publisher di Maxbounty?  

3. ClickDealer

CPA Network ClickDealer

ClickDealer disebut sebagai CPA Network yang cocok untuk Publisher pemula. ClickDealer disebut memiliki beberapa Affiliate Manager yang besar yang siap membantu Anda. 

Untuk masalah pembayaran, CPA Network ini menawarkan pembayaran tepat waktu, bahkan mereka juga menawarkan deposito. 

4. Globalwide Media 

Contoh CPA Globalwide

Globawide Media sebelumnya dikenal dengan nama Neverblue. Globalwide Media juga merupakan CPA Network yang populer dan dikatakan sepopuler Maxbounty. 

Jika Anda mendaftar sebagai Publisher di CPA Network ini, Anda bisa memilih kategori bisnis produk yang sesuai dengan website Anda, misalnya E-Commerce, Education, Entertainment, Health Care, Telecommunication, dan lain-lain. 

Selain itu, Anda juga mendapatkan produk dan servis yang menarik seperti tool analytic and measurement, email marketing, dan Brand Safety. 

5. Clickbooth

Contoh CPA Network Clickbooth

Clickbooth juga merupakan salah satu CPA Network yang berkembang dengan cepat. Berdiri pada tahun 2002, Clickbooth disebut sebagai CPA Network tertua. Clickbooth disebut juga sebagai salah satu CPA Network yang terkenal. Mereka memiliki berbagai macam Advertiser dari berbagai kategori yang berbeda seperti 

Clickbooth mengklaim telah membayar lebih dari 100 miliar dolar per tahun untuk publishernya. Itulah mengapa CPA Network ini disebut sebagai favorit CPA network bagi para publisher. 

Tips Sukses Menjalankan Bisnis CPA 

Untuk bisa sukses menjalankan bisnis ini, Anda harus melakukan persiapan dan strategi yang tepat. Terlebih Anda baru mau memulai bisnis ini. Anda tentu ingin bisa meraup untung dari bisnis CPA Marketing, bukan? Pada bab ini, kami akan memberikan panduan sukses menjalankan bisnis ini. Mari simak penjelasan lengkapnya berikut ini. 

1. Memilih CPA Networks yang Tepat

Dalam Cost per Action Marketing, Anda harus mempromosikan produk atau layanan untuk mendapatkan komisi. Anda tentu harus mencari tawaran mempromosikan produk (CPA offer) di website Anda. 

Lalu di mana Anda bisa mendapatkan tawaran tersebut? Cara mudahnya adalah dengan mendaftar di CPA Network. CPA network akan berperan sebagai penghubung Anda dengan pemilik bisnis. 

Namun, di luar sana ada banyak sekali CPA Network, mulai dari yang kecil hingga yang besar dan populer. Selain itu, perlu Anda ketahui bahwa tidak semua CPA Network menerima seorang pemula. Oleh karena itu, Anda perlu melihat reviewnya agar Anda diterima di CPA Network yang tepat. 

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih CPA Network adalah:

  • Kebijakan Pembayaran Komisi

Setiap CPA Network memiliki kebijakan pembayaran yang berbeda-beda. Misalnya ada ketentuan menahan komisi dengan alasan tertentu. Jadi pastikan Anda membaca ketentuan dan kebijakan pembayaran. Carilah CPA Network dengan review pembayaran Publisher yang baik. 

  • Reputasi Manajer Afiliasi 

Manajer Afiliasi sangat berperan penting dalam kesuksesan bisnis CPA Anda. Anda perlu melihat bagaimana reputasi Manajer Afiliasi pada CPA Network tersebut. Pilihlah CPA Network dengan Manajer Afiliasi bereputasi baik. 

  • Syarat Pendaftaran yang Mudah

Untuk seorang pemula, mendaftar sebagai Publisher di CPA Network bisa jadi momok tersendiri.  Tidak semua CPA Network langsung menerima Anda sebagai anggota. Anda akan melalui proses seleksi terlebih dahulu. Anda akan dihubungi untuk konfirmasi identitas dan website Anda. Jadi, pastikan Anda memberikan identitas asli Anda. 

Pada bab sebelumnya, kami telah memberikan beberapa contoh CPA Network yang bisa Anda ikuti. Selain itu, Anda bisa melihat review CPA Network Odigger

Anda bisa melihat review dan rating dari setiap CPA Network yang ingin Anda ikuti. Dengan begitu bisa memilih CPA Network yang tepat. 

2. Mempunyai website 

Apakah Anda sudah mempunyai website sendiri untuk menjalankan bisnis ini? Jika sudah, selamat! Anda bisa lanjut mendaftar di CPA Network dan mulai menerapkan strategi untuk meraup banyak untung.   

Beberapa CPA Network mewajibkan Anda untuk mempunyai website sebagai syarat pendaftaran. Oleh karena itu, jika Anda tidak mempunyai website, sebaiknya Anda membuatnya sekarang. 

Saat ini Anda sudah banyak layanan yang menyediakan hosting dan domain murah untuk membuat website. Anda juga bisa menggunakan CMS (Content Management System) seperti WordPress untuk membuat website. Jadi, tidak perlu memahami coding untuk membuat website. Kami juga telah menyediakan ebook panduan cara membuat website yang bisa Anda dapatkan dengan klik banner di bawah ini.

ebook membuat website

Buat Website Sekarang – Lebih Untung 75%

3. Meningkatkan traffic website 

Saat Anda menjalankan bisnis ini, itu saatnya Anda meningkatkan traffic website Anda. Tenang saja, ada banyak cara meningkatkan trafik website yang bisa Anda terapkan. Salah satu caranya adalah dengan menerapkan teknik SEO. Strategi SEO saat ini masih menjadi senjata ampuh untuk meningkatkan traffic website Anda. 

 Kami juga telah menyediakan artikel tentang teknik SEO yang dapat Anda lihat di artikel 15 Teknik SEO Paling Ampuh Meningkatkan Peringkat dan Traffic Website.

Selain dengan teknik SEO, Anda juga bisa menggunakan Google Adwords atau Facebook Ads untuk meningkatkan traffic website. Cara ini cukup mudah dan dapat langsung Anda terapkan. Menggunakan Google Adwords atau Facebook Ads untuk meningkatkan traffic dipandang ampuh karena keduanya memiliki banyak pengguna. Bagi Anda yang ingin meningkatkan traffic melalui iklan Anda bisa membaca artikel Cara Membuat Facebook Ads dari A-Z

Terakhir, Anda bisa memanfaatkan media sosial Anda seperti Facebook, Instagram, atau Youtube. Anda bisa mengajak pengikut Anda atau komunitas di media sosial Anda untuk mengunjungi website Anda. Dengan begitu, peluang Anda mendapatkan komisi lebih besar, bukan? 

Kesimpulan

Cost per Action merupakan bisnis online yang bisa Anda tekuni untuk mendapatkan uang dari internet. Cara kerjanya kurang lebih seperti affiliate marketing. Hanya saja bisnis ini memberikan komisi untuk action tertentu yang dilakukan oleh pengguna.

Kami merekomendasikan Bisnis ini untuk Anda yang ingin mencoba peluang mendapatkan untung dari internet. Selain minim modal, Anda juga bisa menjalankan bisnis ini dengan fleksibel alias jam kerja yang bebas. Anda juga tidak perlu mencari client sendiri untuk menawarkan jasa pemasaran. Anda tinggal mendaftar di CPA Network untuk mendapatkan client. 

Anda bahkan bisa membuat website sendiri tanpa perlu belajar coding. Anda bisa menggunakan platform website seperti WordPress untuk membuat website. Jangan lupa membeli hosting dan domain yang terpercaya agar website Anda nampak lebih profesional. Kami telah menyediakan artikel ebook cara membuat website dengan mudah. Langsung klik banner di bawah ini untuk mendapatkannya! 

Tertarik menjalankan bisnis CPA Marketing? Selamat mencoba! 

0
Putri Aprilia an SEO Content Writer at Niagahoster. Enjoy her articles about online business, web, and other technology-related issued.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

five × 1 =

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]