Tutorial

Cara Redirect Domain Melalui cPanel

Anda sedang mencari cara redirect domain? Anda telah mengunjungi artikel yang tepat! Langkah ini sangat penting dilakukan terutama jika Anda ingin mengarahkan domain lama ke halaman website lain atau ke domain baru?

Cara redirect domain ini pun bisa Anda lakukan sendiri dengan menggunakan fitur Redirect pada cPanel.

Nah, di artikel ini kami akan membahas cara redirect domain ke website lain melalui cPanel. Sebagai contoh, pada tutorial ini kami akan menggunakan website dengan nama domain websitepercobaan.com dan mengarahkannya ke google.com.

Langsung saja simak pembahasannya berikut ini!

Baca juga: Cara Menambahkan Domain di cPanel

Bagaimana Cara Redirect Domain Melalui cPanel?

Berikut ini cara redirect domain ke website lain melalui cPanel yang bisa Anda coba.

1. Login ke cPanel

Cara redirect domain yang pertama ialah login ke cPanel dengan akun hosting Anda. Jika Anda pengguna hosting Niagahoster, Anda bisa login cPanel melalui member area Niagahoster.

Login ke member area dengan akun hosting Anda. Jika sudah login, klik menu Layanan Anda > Hosting > Kelola Hosting. Anda akan otomatis diarahkan ke tampilan menu cPanel, klik All Features.

2. Cari Menu Redirects

Jika sudah login ke cPanel, cari menu Redirects dan buka menu tersebut.

3. Pilih Tipe Redirect Domain

Untuk mengarahkan domain ke domain lain, Anda perlu pilih tipe (Type) redirect domain. Ada tipe permanen dan temporary. Berikut penjelasannya:

  • Permanent – Pilihan ini berfungsi untuk memberitahu search engine dan pengunjung bahwa URL tersebut sudah diubah secara permanen (diarahkan ke alamat lain). Jadi, setiap URL tersebut dibuka akan langsung diarahkan ke alamat baru. Pilihan ini yang akan kita gunakan pada tutorial ini.
  • Temporary – Pilihan ini berfungsi untuk memberitahu search engine, jika URL sudah dirubah. Tapi untuk pengunjung dari browser, sebelum diredirect akan tampil url lama terlebih dahulu. Sederhananya, tipe ini akan memberitahu browser seperti: “Hey, nomor telepon saya sudah diganti untuk sementara, tapi belum pasti berapa lama, jika ada kepentingan, silakan menghubungi nomor lama dulu apakah sudah aktif atau belum. Jika belum, Anda akan diarahkan ke nomor baru secara otomatis”.

4. Arahkan Domain ke Domain Lain

Selanjutnya, pada menu dropdwon https?://(www.)?, pilih domain yang akan Anda arahkan. Berikut penjelasannya:

  • All Public Domains – Pilihan ini berfungsi untuk meredirect semua domain yang ada di cPanel.
  • Your chosen domain name – Pilihan ini berfungsi ntuk menentukan domain tertentu untuk diredirect. Pilihan ini yang akan kita gunakan pada tutorial ini.

Lalu, pada kolom berikutnya, masukan slug dari website Anda, jika Anda ingin meredirect subfolder tertentu. Pada contoh ini kami masukkan subfolder. Sehingga nanti link yang akan diredirect adalah https://websitepercobaan.com/subfolder. Silakan kosongkan jika anda ingin mengarahkan domain utama Anda.

Kemudian Kolom Redirects to, masukkan URL tujuan redirect. Contoh ini akan mencoba redirect ke http://google.com. Hasilnya, jika Anda mengakses URL http://www.websitepercobaan.com/subfolder akan diarahkan ke http://google.com.

Jangan lupa untuk menambahkan “http://” sebelum nama domain tujuan karena hal ini wajib ditambahkan (akan muncul peringatan jika Anda lupa menambahkan.

5. Konfigurasi www

Pada bagian “www.redirection”, Anda harus memilih salah satu dari 3 pilihan yang ada.

  • Only redirect with www. – Pilihan ini akan melakukan redirect jika domain diakses mengunakan “www”. Sebagai contoh jika mengakses: www.websitepercobaan.com/subfolder pada browser.
  • Redirect dengan atau tanpa www. – Pilihan ini adalah kombinasi pilihan pertama dan ketiga, jadi website Anda akan di-redirect dengan atau tanpa “www”.
  • Do Not Rediret www . – Pilihan ini berfungsi untuk me-redirect URL tanpa “www” didepan nama domain. Sebagai contoh, URL akan diredirect jika mengakses websitepercobaan.com/subfolder pada browser.

Kami menyarankan centang pilihan Redirect dengan atau tanpa www.

Lalu ada pilihan Wild Card Redirect. Fitur ini akan me-redirect semua file dalam direktori ke nama file yang sama dalam direktori tujuan. Anda tidak dapat mengarahkan domain utama ke direktori berbeda dalam website Anda. Jika Anda memilih pilihan ini, semua file dalam folder yang di-redirect akan diarahkan ke file yang sama di folder tujuan.

Sebagai contoh, jika Wild Card Redirect diaktifkan untuk homedomain.com/subfolder ke destinationdomain.com. Hasilnya homedomain.com/subfolder/picture1.png akan diarahkan langsung ke destinationdomain.com/subfolder/picture1.png.

Jika sudah selesai klik tombol Add.

6. Lakukan Pengecekan

Setelah  menyelesaikan semua langkah redirect, saatnya untuk melakukan pengecekan. Silakan akses URL yang Anda redirect melalui browser. Jika masih belum berhasil diarahkan ke URL baru, silakan lakukan langkah di bawah ini.

  • Cek apakah website Anda berjalan dengan baik melalui situs downforeveryoneorjustme.com.
  • Hapus cache browser Anda (tekan Ctrl+Shift+Delete pada keyboard). Biasanya browser masih menampilkan konten pada cache dari website ketika redirect tidak berfungsi.
  • Coba akses melalui browser yang berbeda.
  • Cek kembali apakah domain Anda sudah terarah dengan baik ke nameserver hosting Anda (Anda dapat mengeceknya melalui intodns.com).

7. Hapus Redirect (Optional)

Apabila cara redirect domain di atas tidak bekerja dengan baik dan redirect Anda tetap tidak berfungsi, silakan hapus dan lakukan pengaturan dari Langkah 1. Pada gambar di bawah ini, Anda dapat melihat URL yang di-redirect pada bagian Current Redirects.

Pada bagian Actions, silakan klik Delete. Pilihan ini akan menghapus URL yang di-redirect.

Baca juga: Panduan Lengkap Redirect Menggunakan .htaccess

Kesimpulan

Itu tadi cara redirect domain ke domain lain melalui cPanel yang bisa Anda coba. Jika tidak berfungsi dengan baik, coba cek terlebih dahulu apakah website tujuan sedang down atau hapus cache browser Anda.

Apabila masih gagal, Anda dapat menghapus pengaturan redirect dan memulainya dari langkah awal sampai redirect berfungsi.

Praktek langsung adalah cara terbaik, jadi jangan ragu untuk melakukan percobaan semua pilihan yang ada pada fitur redirect ini.

Nah, kalau Anda ingin pindah domain baru Anda bisa beli domain termurah dan terlengkap di Niagahoster. Oya, domain Niagahoster sering ada promo diskon lho. Langsung aja cek domain Anda!

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto

Recent Posts

Apa Itu Error 404 Not Found dan Bagaimana Cara Mengatasinya?

Error 404: Not Found adalah salah satu error yang paling sering dikeluhkan oleh para pemilik website. Munculnya error ini tentu…

4 hours ago

Valuasi: Pengertian, Cara Menghitung, dan Berbagai Levelnya

Ketika bicara valuasi, yang terlintas pertama di pikiran Anda mungkin sebuah startup. Padahal, valuasi adalah faktor yang menjadi penanda kesuksesan…

1 day ago

Apa itu Cloudflare? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Keamanan dan kecepatan merupakan faktor utama dalam mengelola website. Untungnya, ada beberapa langkah mudah untuk memastikan website cepat dan aman.…

2 days ago

Marketing Mix: Definisi, Fungsi, dan Contoh Penerapannya

Tak punya latar belakang pendidikan di bidang marketing bukan berarti Anda tidak bisa tahu tentang dunia marketing. Dengan bantuan internet,…

3 days ago

Bagaimana Cara Membuat Blog? Ikuti 8 Langkah Mudah Ini

Cara membuat blog tidak eksklusif untuk orang-orang yang paham coding saja. Dengan bantuan platform CMS, cara membuat blog pribadi menjadi…

4 days ago

Panduan Install Nginx SSL di Ubuntu 20.04

Anda ingin menginstall SSL pada VPS dengan web server Nginx? Inilah artikel yang tepat untuk Anda. Kami akan menjelaskan cara…

5 days ago