Categories: Dev

Cara Menghapus Cache WordPress

Mungkin Anda pernah melakukan perubahan pada blog WordPress namun tidak menemukan perubahan yang tampil sesuai harapan. Sebagai contoh, Anda yakin telah melakukan perubahan dengan menambahkan gambar baru, edit template, maupun memperbaiki kesalahan penulisan pada postingan blog. Hanya saja, setelah blog diakses Anda tidak melihat adanya perubahan.

Besar kemungkinan permasalahan ini disebabkan oleh cache. Cache yang tersimpan dapat berpengaruh pada perubahan tampilan sebuah website. Nah, melalui tutorial ini Anda akan mengetahui cara menghapus cache WordPress berbekal tiga plugin cache berbeda.

Plugin yang kami gunakan di sini dapat menurunkan waktu loading dengan cara generate cache pada sisi server blog WordPress.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, Anda membutuhkan:

Berikut ini adalah cara menghapus cache WordPress …

Pilihan 1: Menghapus Cache dengan WP Super Cache

WordPress Super Cache adalah salah satu plugin cache WordPress yang paling banyak digunakan. Digunakan oleh lebih dari 1 juta pengguna WordPress. Ikuti langkah di bawah ini untuk menghapus cache dengan WP Super Cache:

1. Login ke dashboard admin WordPress blog Anda.

2. Silakan pilih menu Settings > WP Super Cache.

3. Setelah itu, silakan tekan tombol Delete Cache yang berada pada bagian Delete Cached Pages.

Pada langkah ini Anda sudah berhasil menghapus cache pada pada blog WordPress Anda.

Pilihan 2: Cara Setting Plugin W3 Total Cache untuk Menghapus Cache WordPress

W3 Total Cache termasuk plugin yang memiliki banyak pengguna. Blog populer seperti Mashable turut menggunakan plugin ini. Untuk menghapus cache dengan plugin W3 Total Cache, silakan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

1. Silakan login ke dashboard admin WordPress Anda.

2. Pilih Performance > Dashboard.

3. Setelah itu, klik tombol emplty all caches yang berada pada bagian atas halaman.

4. Hingga langkah ini semestinya Anda telah berhasil menghapus cache menggunakan plugin W3 Total Cache.

Pilihan 3 – Menghapus Cache Melalui WP Fastest Cache

WP Fastest Cache merupakan plugin yang lebih sederhana namun tetap mudah digunakan. Silakan ikuti langkah di bawah ini untuk menghapus cache dengan WP Fastest Cache.

1. Login ke dashboard admin WordPress.

2. Setelah itu, silakan akses WP Fastest Cache.

3. Silakan pilih tab Delete Cache dan klik tombol Delete Cache.

4. Selamat! Di sini Anda telah berhasil menghapus cache blog WordPress menggunakan plugin WP Fastest Cache.

Kesimpulan

Cache yang sudah kadaluwarsa dapat cukup merepotkan karena update/perubahan pada website Anda tidak tersimpan dengan baik. Dengan menyelesaikan tutorial ini, Anda telah belajar mengetahui cara menghapus cache WordPress dengan tiga jenis plugin berbeda. Jika tetap tidak ada perubahan berarti, Anda dapat mencoba untuk menghapus cache pada browser Anda.

Sampaikan pertanyaan Anda pada kolom komentar di bagian bawah halaman ini! Jangan lupa klik Subscribe untuk terus mendapatkan ulasan seputar dunia online terbaik, langsung melalui email Anda ?

Waryanto

Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Share
Published by
Waryanto

Recent Posts

Apa Itu Experiential Marketing? Kenapa Penting Bagi Bisnis di 2020?

Sebelum scroll ke bawah, coba Anda jawab pertanyaan ini terlebih dahulu. Menurut Anda, apa yang membuat orang rela mengeluarkan uang…

13 hours ago

Panduan Lengkap Cara Konfigurasi Nginx Reverse Proxy di VPS!

Peran sebuah reverse proxy cukup penting dalam aktivitas internet. Proxy server ini menghubungkan client dengan web server dalam kegiatan pertukaran…

17 hours ago

7 Tips PHP Security yang Wajib Anda Simak!

PHP adalah salah satu bahasa pemrograman backend yang sangat populer di kalangan developer. Karena PHP merupakan bahasa pemrograman yang open…

2 days ago

Apa itu Deface Website? Bagaimana Cara Mengatasinya?

Kejahatan online bisa menimpa sebuah website tanpa diduga. Salah satunya, website mendadak berubah tampilannya. Jika itu terjadi pada website Anda,…

2 days ago

Cara Downgrade WordPress ke Versi Sebelumnya dengan Mudah

Apakah saat ini website Anda sedang bermasalah setelah mengupgrade versi WordPress? Jangan cemas. Hal ini memang sudah cukup lumrah terjadi…

3 days ago

11+ Trend Web Design yang Menarik dan Hits di 2020

Kesan pengunjung terhadap website, 94% terkait desain. Oleh karena itu, penting untuk membuat desain yang baik. Untuk memastikan website mampu…

3 days ago