Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.

7+ Cara Menjadi Freelancer Online untuk Mendapatkan Uang Tambahan

6 min read

Cara Menjadi Freelancer Online

Saat ini, menjadi freelancer cukup diminati karena lebih fleksibel: bisa bekerja kapan saja dan di mana saja. Menurut survey, jumlah pekerja freelance di Indonesia naik 26 persen. Dan, 97% freelancer merasa lebih bahagia dibanding pekerja kantoran. 

Anda tertarik segera terjun ke dunia freelancer? Namun, masih bingung bagaimana cara mendapatkan uang dari freelancer? Tenang, kami punya tips cara menjadi freelance pemula yang bisa diterapkan dengan mudah. Yuk simak penjelasannya!

5 Alasan Menjadi Freelancer Sangat Diminati

Kenapa sih menjadi freelancer begitu diminati saat ini? Ini dia 5 alasannya: 

1. Jadi Bos untuk Anda Sendiri

Ingin bebas melakukan pekerjaan yang diinginkan tapi tetap profesional sepertinya jadi alasan kenapa seseorang menjadi freelancer. Dengan kata lain, bisa menjadi bos untuk diri sendiri. 

Memang benar begitu. Anda tidak perlu bekerja dengan aturan, seperti standar gaji, izin libur, dan lainnya. Semuanya bisa Anda tentukan sendiri. Kenapa bisa begitu? Sebab, Anda bisa membicarakan semua ketentuan pekerjaan dengan klien Anda. 

Selain itu, Anda bahkan bisa saja mengakhiri kerjasama dengan seorang klien apabila tidak sesuai dengan perjanjian yang disepakati. Misalnya, klien terlambat membayar hasil kerja Anda. 

Baca Juga: Pengertian dan Tips Menjadi Digital Nomad

2. Waktu Lebih Fleksibel

Anda lebih produktif bekerja di malam hari? Tidak masalah. Sebagai seorang freelancer, Anda bisa mengerjakan project sesuai keinginan, kapan pun waktunya. Yang penting, pekerjaan bisa selesai tepat waktu.

3. Bebas Bekerja Dari Mana Saja 

Mau kerja dari rumah? Bisa. Mau kerja di coffee shop atau coworking space? Bisa juga. Selama pekerjaan Anda bisa terselesaikan dengan baik, Anda bebas menentukan ingin bekerja dari mana pun. 

Klien tidak akan menentukan tempat kerja Anda kecuali untuk kebutuhan meeting. Pun demikian, saat ini Anda pun bisa melakukannya dengan berbagai aplikasi meeting online. 

4. Bisa Memilih Project Sendiri

Seorang freelancer bisa memilih pekerjaan sesuai yang diinginkan. Selain agar sesuai keahlian, hasil pekerjaan juga pasti lebih optimal.

Katakanlah, Anda seorang penulis freelance dan menguasai topik tentang teknologi. Meskipun banyak tawaran pekerjaan untuk topik lain, Anda bisa mengutamakan untuk mengambil project penulisan tentang teknologi dulu.

5. Pendapatan yang Menjanjikan 

Freelancer adalah seorang profesional yang dibayar sesuai keahlian. Jadi, semakin tinggi skill Anda, semakin besar pendapatan yang dapat dihasilkan.

Selain itu, pekerjaan untuk freelancer juga banyak kok saat ini. Baik yang berupa penawaran langsung atau melalui berbagai platform freelancer. 

Baca juga: Apa itu Freelance? Simak Keunggulan, Kekurangan, Contoh, Hingga Tipsnya!

7+ Cara Menjadi Freelancer Pemula yang Wajib Anda Tahu 

Berikut ini beberapa cara menjadi freelancer online bagi pemula: 

cara mendapatkan uang dari freelancer

1. Tentukan Niche Sesuai Skill Anda

Apa sih skill yang Anda kuasai saat ini? Menulis konten? Atau membuat website? Apapun itu, jadikan sebagai niche Anda. Apa itu Niche? 

Niche adalah topik atau segmentasi khusus sebagai keahlian yang paling Anda kuasai. 

Sebenarnya, tanpa menentukan niche, Anda tetap bisa menjadi freelancer. Namun, dengan membatasi di segmen tertentu, akan lebih mudah dalam membangun personal branding sebagai seorang expert. 

Ketika menjadi seorang expert, tarif jasa freelance Anda bisa lebih tinggi lho. Bahkan,  tawaran job dari klien tentu juga akan lebih banyak. Inilah cara menjadi freelancer online yang paling penting.

2. Jelaskan Keahlian yang Anda Tawarkan 

Menentukan niche, sudah. Apa lagi ya cara menjadi freelance pemula? Buatlah etail apa saja yang Anda tawarkan.

Sebagai contoh, Anda memilih niche penulisan dan menjadi seorang content writer. Anda bisa jelaskan jenis tulisan yang bisa Anda kerjakan. Apakah artikel blog, ebook, atau script YouTube? Lalu, topik apa yang Anda kuasai? Teknologi, bisnis, atau lainnya. Jika menguasai teknik SEO, cantumkan juga sebagai salah satu kelebihan Anda.

Dengan semua detail tersebut, akan mudah bagi calon klien untuk mengetahui keahlian yang Anda tawarkan.

3. Tentukan Target Pasar

cara mendapatkan uang dari freelancer adalah tentukan target pasar

Ibarat hendak memancing, Anda perlu tahu dulu ikan apa yang ingin Anda tangkap. Begitu pun dalam dunia freelance! 

Menentukan target pasar merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari freelancer yang tak boleh Anda lewatkan. 

Katakanlah Anda menawarkan jasa desain grafis. Kira-kira siapa yang akan membutuhkan keahlian Anda tersebut. Pemilik website? Perusahaan advertising? Atau developer website dan aplikasi? 

Nah, kalau Anda sudah tahu siapa calon pelanggannya, akan lebih mudah menentukan desain jenis apa yang harus dikuasai. Tak hanya itu, promosi yang Anda lakukan bisa jadi lebih jelas dan tepat sasaran. 

4. Tentukan Tarif yang Pas untuk Keahlian Anda 

tentukan tarif yang pas untuk keahlian Anda

Berapa ya harga yang pantas untuk jasa pembuatan website? 

Itulah pertanyaan yang sering ditanyakan oleh banyak freelancer pemula. Jika mematok harga tinggi, bisa susah mendapatkan klien. Sebaliknya jika terlalu rendah, malah tak dapat untung. 

Supaya tidak bingung, ada beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan: 

  • Project yang dikerjakan

Jenis project freelance yang dikerjakan ikut menentukan harganya. Pelajari dulu ya, apakah pekerjaan tersebut mudah atau sulit. 

Jangan lupa bedakan antara klien pribadi dengan perusahaan. Alasannya, budget yang dimiliki mereka tentu berbeda. Apalagi, jika klien dari luar negeri.

  • Pembayaran yang digunakan

Umumnya, pekerjaan freelance mengenal pembayaran per project dan per jam. Nah, di Indonesia sendiri yang sering digunakan adalah per project. Jadi, pembayaran dilakukan setelah pekerjaan selesai, tanpa mempedulikan berapa lamanya.

Pun demikian, jika pekerjaan berlangsung lama, tidak ada salahnya meminta pembayaran setiap bulan. Selain lebih nyaman bagi Anda, lebih mudah menentukan harga jasanya, kan? 

  • Standar tarif freelancer di niche Anda

Berapa sih freelancer lain memasang tarif? Nah, daripada berasumsi, lakukan riset harga jasa sebah niche di pasaran. Anda bisa melihatnya di beberapa platform freelance atau bertanya ke sesama freelancer. 

  • Berapa budget yang dimiliki klien

Anda boleh memasang tarif pasti. Namun, menyesuaikan dengan budget yang dimiliki klien juga bisa menjadi strategi. Terutama, bagi Anda yang masih pemula. Kuncinya, pandai-pandailah bernegosiasi agar tarif yang diberikan layak. 

5. Membuat Portofolio yang Menarik

Bagaimana cara klien mengetahui bahwa Anda lah orang yang mereka butuhkan? Jawabannya, lewat portofolio. 

Anda bisa menampilkan semua hasil pekerjaan terbaik di portofolio tersebut. Misalnya, desain yang pernah Anda buat atau contoh konten di berbagai website. 

Nah, untuk menampilkan portofolio yang menarik dan mudah diakses, Anda bisa pakai website. Apalagi, membuat website portofolio saat ini jauh lebih mudah. 

Ada banyak lho manfaat membuat website. Pertama, portofolio Anda bisa muncul di halaman pertama Google. Jadi, lebih mudah ditemukan banyak orang. Kedua, klien bisa langsung terhubung dengan Anda melalui fitur chat WhatsApp di website. 

Baca juga: 5 Plugin Chat WhatsApp Terbaik 

6. Promosikan Keahlian Anda 

Mengetahui target pasar, sudah. Mempunyai website portofolio juga sudah. Nah, cara mendapatkan uang dari freelancer selanjutnya adalah mempromosikan keahlian Anda. 

Ada banyak lho pilihan promosi, mulai dari yang gratis sampai berbayar. 

Buat pemula, pakai yang gratis bisa jadi pilihan terbaik. Misalnya menerapkan optimasi SEO. Anda juga bisa promosi lewat media sosial khusus profesional seperti LinkedIn atau media sosial lain seperti Facebook dan Instagram untuk mempromosikan jasa Anda. 

Kalau Anda memang memiliki budget, Anda bisa pakai yang berbayar lewat iklan. Anda bisa pakai layanan Google Ads, atau layanan iklan dari media sosial, seperti Facebook Ads atau Instagram Ads.

7. Tingkatkan Skill yang Anda Miliki 

cara mendapatkan uang dari freelancer adalah tingkatkan skill yang Anda miliki

Sebagai seorang freelancer, Anda wajib sekali mengembangkan skill teknis dengan baik. Sebab, skill tersebutlah yang pertama kali akan dilirik oleh klien. 

Masih menggunakan contoh di niche penulisan. Ada baiknya Anda mengasah kemampuan SEO jika jenis project yang Anda terima adalah penulisan blog. Sebab, hampir semua klien tentu menginginkan artikelnya bisa menjadi nomor satu di hasil pencarian Google.

Belum lagi, perkembangan SEO sangatlah pesat. Anda harus selalu update algoritma Google supaya tidak ketinggalan info terkait SEO. 

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mempelajari kemampuan penulisan lainnya, seperti copywriting. Jadi, ketika tawaran pekerjaan copywriting cukup banyak, Anda bisa mengambilnya dengan skill yang mumpuni.

Nah, hal ini pun berlaku untuk niche lainnya. Apapun itu, terus tingkatkan dan perluas kemampuan di bidang tersebut. 

8. Daftar di Platform Freelancer 

Cara menjadi freelancer online lainnya adalah mendaftar ke platform freelancer agar bisa menjangkau klien lebih luas. 

Banyak situs freelancer yang memudahkan Anda bertemu klien. Karena sistemnya sudah disiapkan, akan lebih mudah juga bagi klien menemukan keahlian Anda.Selain itu, kemudahan pembayaran dan keamanannya juga cukup terjamin.

Nah, kalau sudah dapat klien, Anda bisa arahkan mereka menuju website Anda. Jika membutuhkan jasa Anda kembali, mereka bisa menghubungi Anda secara langsung dengan mudah. 

Selain itu, langkah ini sekaligus bisa mengurangi persaingan dengan freelancer lain yang memasang tarif lebih rendah.

3+ Situs Freelance Online yang Bisa Anda Coba 

Salah satu cara mendapatkan uang dari freelancer adalah dengan bergabung di situs freelance online. Berikut ini rekomendasi situs freelancer online Indonesia dan Internasional yang terbukti dapat dipercaya untuk Anda coba. 

1. Projects.co.id 

Project.co.id

Projects.co.id merupakan salah satu situs freelance Indonesia yang cukup terkenal. Anda bisa menemukan berbagai macam jenis pekerjaan freelance, mulai dari programmer, desain, media sosial, hingga jasa tulis menulis. 

Tidak hanya itu, Anda juga bisa menjual dan membeli berbagai macam produk digital seperti ebook, template website, desain aplikasi, dan lainnya.

2. Sribulancer 

sribulancer

Sribulancer juga menawarkan banyak pekerjaan freelance seperti halnya Freelance.co.id. Dengan dukungan pembayaran dalam mata uang USD, Anda bisa saja mendapatkan klien dari luar negeri. Tentunya dengan tarif yang lebih tinggi, bukan? 

3. UpWork 

Upwork

Upwork dikenal sebagai website freelance yang cukup populer dengan lebih dari 12 juta pencari kerja dan 3 juta klien yang terdaftar. 

Situs freelance ini menawarkan sistem pembayaran per-jam ataupun per-proyek. Jadi, bisa lebih fleksibel  untuk menentukan project sesuai keinginan. 

Upwork cocok untuk freelancer pemula dengan berbagai fitur yang disediakan layaknya seorang profesional. Contohnya, pembuatan invoice. 

4. 99design 

99design

Seperti namanya, 99design merupakan situs freelance yang dikhususkan untuk para desainer. 

Situs freelance ini memiliki sistem yang cukup berbeda. Selain bisa mendapatkan project desain secara langsung, Anda juga bisa mengikuti sebuah kontes yang diselenggarakan seorang klien. 

Bagi pemula yang ingin fokus di satu niche dulu, mengambil project dari seorang klien lebih direkomendasikan.

Sudah Siap jadi Freelancer Online yang Sukses? 

Nah, itu tadi 7+ cara mendapatkan uang dari freelance online yang perlu Anda lakukan. Jangan sampai Anda terjun ke dunia freelance tanpa persiapan, ya?

Mulailah dengan menentukan niche dan target pasar, membuat website portfolio, hingga mendaftar di situs freelancer. 

Dari semua langkah di atas, membuat website portofolio tak boleh terlewatkan. Inilah kunci Anda menjadi seorang freelancer sukses. Anda dapat membangun branding serta lebih terlihat kredibel dan profesional. 

Jika ingin membuatnya dengan mudah dan cepat, Anda bisa memanfaatkan template website portofolio. Tinggal edit sedikit, tambahkan profil, dan project terbaik Anda, jadi deh. Jadi, tunggu apa lagi? Wujudkan impian Anda menjadi freelancer sukses!

Putri Aprilia Putri is an SEO Content Writer at Niagahoster. She has experience in SEO writing with business and tech topic.