Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

15+ Template Web Portofolio Terbaru

10 min read

Template Web Portofolio Terbaru

Bagi seorang profesional, memiliki web portofolio sangat penting. Untungnya, membuat web portofolio sendiri tidaklah sulit. Yang perlu diperhatikan justru bagaimana membuat website tersebut tampil menarik. Nah, untuk melakukannya dengan cepat dan mudah, Anda memerlukan template web portofolio. 

Ada banyak pilihan portofolio template yang tersedia, baik yang gratis maupun berbayar. Di artikel ini, kami akan membahas 15+ template web portofolio terbaru untuk Anda.

Template Web Portofolio Terbaru (Pilihan Terbaik)

Berikut ini adalah template web portofolio terbaik yang bisa dijadikan pilihan untuk website WordPress Anda:

1. ePortfolio

ePortfolio Template Web Portofolio

Sesuai namanya, template ini khusus diciptakan untuk membuat portofolio online. ePortfolio adalah template web portofolio yang populer, sudah diunduh lebih dari 1000 pengguna dari WordPress direktori.

Tampilan yang dihadirkan cukup minimalis. Hal ini akan membuat website Anda ringan sehingga mampu loading dengan cepat. Jadi, tidak akan membuat pengunjung Anda menunggu.

Template ini mendukung tampilan layar penuh atau full-width layout dengan pendekatan desain 3 kolom yang unik. Memajang karya foto atau desain website Anda tentu bukanlah hal yang sulit. 

Beberapa fitur unggulan dari ePortfolio adalah SEO-optimized, Mobile Responsive dan Social Share. Dengan tiga fitur ini saja, membangun identitas online akan kian mudah.

Bagi pengguna Pro, Anda akan mendapatkan lebih banyak fitur seperti Color Option, One-click Demo Importer dan Mailchimp Subscription untuk membangun digital marketing.

Harga: 

  • Gratis (Free Version)
  • $49 (Versi Pro, untuk mendapatkan fitur premium dan dedicated support)

2. Hamilton

Hamilton Template Web Portofolio

Hamilton adalah sebuah template web portofolio yang simple dan clean

Hadirnya banyak white space akan membuat pengunjung nyaman berlama-lama mengamati karya terbaik yang Anda tampilkan. 

Menariknya, template ini memiliki fitur Dark Mode yang bisa Anda aktifkan dengan sekali klik. Dengan background gelap, tentu karya Anda akan terlihat menonjol dan tampil lebih elegan. 

Bagi seorang fotografer atau illustrator, Hamilton adalah template yang layak dicoba. Template ini memiliki fitur Gallery Support untuk memajang karya dalam penataan grid yang menarik. Anda bebas mengaturnya dalam 2 atau 3 kolom. 

Fitur lain dari Hamilton adalah Infinite Scroll. Fitur ini akan memudahkan pengunjung melihat karya Anda secara lengkap. Sebab, di bagian bawah akan ada tombol Older Post untuk membuka lebih banyak karya lain dengan cepat. 

Harga: 

  • Gratis

3. Perfect Portfolio

Perfect Portfolio Template Web Portofolio

Anda ingin website portofolio Anda tampil sempurna? Menggunakan template Perfect Portfolio merupakan pilihan yang bijaksana. 

Template ini sudah diunduh lebih dari 2000 pengguna dari direktori WordPress dan bisa digunakan dengan gratis. 

Perfect Portfolio adalah template yang cocok digunakan oleh para profesional seperti freelancer, graphic designer, hingga digital marketer. Berbagai karya terbaik Anda bisa ditampilkan dengan menarik tanpa membutuhkan keahlian coding.

Apa saja fitur unggulan Perfect Portfolio? Yang pertama, Speed Optimization. Fitur ini membuat website Anda mampu loading dengan cepat. Bahkan, kecepatannya akan tetap optimal di berbagai perangkat berkat fitur Mobile Responsive

Tidak hanya itu, template ini sudah mendukung optimasi SEO dan kompatibel dengan berbagai browser populer.

Fitur lain dari Perfect Portofolio adalah Built-In Customizer yang akan membuat kustomisasi website Anda lebih mudah. Tak ketinggalan, ada One Click Demo Import untuk mulai membangun web portfolio dengan lebih cepat.

Harga: 

  • Gratis (Free Version)
  • $59 (Versi Premium, untuk mendapatkan custom pages, unique blog theme, unlimited colors)
  • $99 (Versi Premium plus Instalasi).

4. Portfolio Web

Portfolio Web Template Web Portofolio

Portfolio Web adalah salah satu template terbaik untuk menonjolkan profil Anda sebagai seorang profesional. 

Saat ini, portfolio web mendapat rating sempurna di direktori WordPress. Tidak hanya itu, lebih dari 2000 orang telah menggunakannya. Tentu, ini merupakan bukti kualitas baik yang dimilikinya. 

Seperti beberapa tema sebelumnya, Portfolio Web menggunakan desain simple dan clean. Kustomisasi tema sesuai kebutuhan juga bisa dilakukan menggunakan Live Customizer. Anda bisa memilih pendekatan satu halaman (one page) maupun banyak halaman (multi page). 

Template ini dilengkapi fitur Translation Ready. Jadi, akan sangat berguna bagi Anda yang ingin membangun website dengan banyak bahasa (multilanguage). 

Selain itu, Portfolio web juga sudah mendukung Mobile Responsive dan Cross Browser Compatibility.

Berbagai fitur lain dari template ini adalah Custom Widget, Unlimited Slider, Breadcrumb Option, hingga Social Media Integration. Semua fitur ini bisa Anda gunakan dengan gratis secara terbatas. 

Jika membutuhkan fitur advanced, Anda bisa membeli versi premiumnya. 

Harga: 

  • Gratis (Free Version)
  • $55 (Versi Pro Personal, untuk mendapatkan Advanced Breadcrumb, Unlimited Google Font, High Priority Support)
  • $99 (Versi Pro Developer)

5. Mockup

Mockup Template Web Portofolio

Menggunakan Mockup, Anda bisa memajang karya desain di website Anda dengan mudah. Template ini khusus diciptakan bagi profesional kreatif seperti illustrator, graphic dan web designer. 

Template ini mampu membuat website Anda tampak apik dengan clean design yang dilengkapi dengan Scroll Motion Slider. Mockup akan mampu menarik pengunjung dengan penerapan minimal layout yang akan menciptakan fokus pada karya Anda.

Terkait fitur, Mockup dibekali dengan Responsive Slider. Anda bisa memasang beberapa karya unggulan Anda di bagian header. Pilihlah yang paling bisa mencuri perhatian. 

Tidak hanya itu, Anda bisa melakukan kustomisasi sesuai yang Anda inginkan. Mulai dari custom background image dan color hingga opsi perubahan tema secara lebih lengkap. 

Mockup dibuat dengan coding yang baik sehingga mampu teroptimasi secara SEO. Selain itu, fitur cross browser yang dimiliki, tidak menghalangi pengunjung Anda untuk mengaksesnya dari berbagai browser favorit mereka. 

Harga: 

  • Gratis.

6. Portfolio

Portfolio Theme Template Web Portofolio

Jika Anda menyukai template minimal design yang fokus tampilan gambar dan foto, Portfolio bisa jadi pilihan terbaik. 

Kualitas template ini tidak perlu diragukan dengan rating sempurna yang didapatnya pada direktori WordPress. Penggunanya saat ini juga telah mencapai lebih dari 2000 orang. 

Template ini memungkinkan Anda leluasa memajang semua karya terbaik Anda. Tak ada batasan untuk membuat halaman gallery sesuai dengan kategori yang Anda tentukan. Bahkan, Anda bisa menjadikan gallery karya Anda sebagai slideshow yang menarik. 

Apa yang membuat template ini beda? Tentu saja fitur Vertical Anchored Navigation. Semua menu tersusun dari atas ke bawah pada sisi kiri halaman website. Hasilnya, akan memudahkan pengunjung untuk berpindah dari satu menu ke menu lain sambil tetap menikmati karya terbaik Anda. 

Kelebihan lain dari template ini adalah integrasi dengan WooCommerce, salah satu plugin ecommerce terbaik WordPress. Dengan demikian, Anda tidak hanya sekedar memajang karya, namun juga siap menjualnya. 

Harga: 

  • Gratis (Lite Version)
  • $69 (Single Theme, 1 Site License)

7. Masonry

Masonry Template Web Portofolio

Masonry adalah template web portofolio yang menggunakan layout grid dengan 3 kolom. Template ini hadir dengan desain minimalis yang responsive. Hasilnya, karya foto atau ilustrasi Anda akan mampu tampil dengan menarik apapun perangkat yang digunakan pengunjung. 

Fitur yang dimiliki Masonry cukup lengkap untuk sebuah website portofolio. Mulai dari Theme Options hingga Menu Capability. Theme options memungkinkan Anda mengatur template sesuai kebutuhan. Menu capability akan membantu pengunjung menjelajahi website Anda dengan lebih nyaman.  

Masonry sudah mendukung optimasi SEO sehingga akan memudahkan website Anda mendapatkan peringkat di mesin pencarian. 

Harga:

  • Gratis

8. Gallery

Gallery Template Web Portofolio

Satu lagi template dengan clean layout dan minimal design masuk ke daftar kami. Gallery adalah template WordPress yang responsive, cocok untuk website portofolio fotografer atau illustrator. 

Anda bisa menggunakan template ini dengan gratis. Namun, Anda tetap akan mendapatkan banyak fitur terbaik untuk website WordPress Anda. Apa saja?

Salah satunya, Custom Color Background. Fitur ini memungkinkan Anda menyesuaikan tampilan website sesuai nuansa yang ingin Anda bangun. Lalu, ada Theme Options lengkap dengan fitur Menu Capability. Kedua fitur ini memberikan keleluasaan kepada Anda untuk membangun website yang unik. Tentu web portofolio Anda harus tampil beda dari yang lain, bukan?

Selanjutnya, ada Unlimited domain usage. Fitur ini sangat berguna bagi Anda yang memiliki lebih dari satu website. Jadi, Anda bisa menggunakan template ini tanpa pembatasan penggunaan domain. 

Harga:

  • Gratis


9. Miyazaki

Miyazaki Template Web Portofolio

Jika Anda menyukai tema dengan layout grid, Miyazaki bisa menjadi salah satu pilihan terbaik. Template ini menggunakan layout grid masonry. 

Seperti Anda ketahui, masonry adalah pendekatan desain dengan grid berbasis kolom tanpa menentukan tinggi objek. Hal ini akan membuat tata letak karya yang Anda pajang menjadi lebih kreatif. Mengingatkan Anda dengan Pinterest, bukan?

Miyazaki adalah template yang minimalis. Namun, font bold yang digunakan menampilkan kesan tegas dan percaya diri. Menggunakan template ini untuk karya foto, gambar atau ilustrasi akan membantu menunjukkan bagaimana skill Anda sebagai profesional.

Tak perlu khawatir dengan batasan karya yang bisa ditampilkan. Miyazaki memiliki fitur Infinite Scrolling. Jadi, akan memudahkan pengunjung untuk menampilkan karya Anda secara bertahap. Cukup klik Load More untuk menampilkan karya lain di bawahnya.  

Fitur lain yang dimiliki Miyazaki adalah footer dengan tiga area widget dan Post Meta Settings untuk mengatur bagaimana post meta ditampilkan dalam halaman arsip.

Harga:

  • Gratis

10. Framer

Framer Template Web Portofolio

Jika Anda membutuhkan template web portofolio yang modern, Framer bisa menjadi jawabannya. Template ini didesain untuk para pekerja kreatif seperti fotografer, illustrator, developer dan desainer. 

Framer merupakan template WordPress yang ringan. Hal ini penting untuk memastikan pengunjung bisa melihat karya terbaik Anda tanpa perlu menunggu lama. 

Tidak hanya itu, Framer juga memungkinkan Anda melakukan kustomisasi sehingga tampilan website sesuai yang Anda inginkan. 

Dari sisi tampilan, Framer akan mampu mencuri perhatian. Mulai dari area Header Hero yang luas hingga Parallax Effect yang membuat tampilan web portofolio Anda semakin profesional. 

Bagian header area template ini dilengkapi dengan tombol call-to-action. Anda bisa mengarahkan pengunjung ke halaman About Us, Contact atau landing page lain yang Anda kehendaki. 

Selanjutnya, akan terdapat section dimana Anda bisa menampilkan beragam karya dengan menarik. Tentunya berkat animasi hover yang sangat apik. 

Harga: 

  • Gratis, 1 tahun update.

11. Stacker

Stacker Template Web Portofolio

Seperti halnya Miyazaki, Stacker menggunakan pendekatan masonry layout ala Pinterest.

Sisi tampilan memang menjadi kebanggan template ini. Mulai dari adanya Theme Customizer hingga Custom Widget.

Anda bebas berkreasi dengan menampilkan logo Anda sendiri dan mengganti warna tema. Tidak hanya itu, Anda bisa menampilkan gambar dari Dribbble atau Flickr, menyematkan media sosial dan juga iklan.

Stacker juga telah menyediakan ratusan font dan ikon yang bisa Anda pilih. Ibaratnya, template ini menantang Anda untuk berkreasi dengan optimal di web portofolio Anda. The sky is the limit.

Tak perlu khawatir jika Anda ingin membuat website untuk pengunjung dari berbagai negara. Template ini sudah mendukung localization dan kompatibel dengan WMPL, salah satu plugin translation WordPress terbaik. 

Untuk menghindari kendala penggunaan, Stacker telah menyediakan file dokumentasi yang jelas dan memiliki layanan pelanggan yang siap menjawab pertanyaan Anda. 

Harga:

  • Gratis

12. Ignis

Ignis Template Web Portofolio

Anda mencari template web portofolio dengan header media yang luas? Ignis bisa menjadi salah satu pilihan. 

Pasanglah salah satu foto terbaik sesuai profesi Anda, lalu jelaskan skill yang Anda kuasai. Atau, Anda bisa menggunakan sebuah video yang menggambarkan potensi Anda sebagai seorang profesional. 

Hal ini tentu akan langsung menarik perhatian pengunjung yang datang. 

Ketika pengunjung mulai melakukan scroll ke bawah, mereka akan langsung menemukan bukti karya terbaik Anda. Dengan layout grid dan animasi hover yang cantik, karya Anda akan ditampilkan dengan menarik dan terlihat profesional. 

Jika Anda masih kurang puas dengan tampilan template ini, kustomisasi menggunakan Live Customizer bisa Anda lakukan dengan mudah. Tidak hanya itu, beragam Google font juga sudah tersedia, cukup pilih yang Anda inginkan. 

Ignis adalah template yang selalu terupdate dan sesuai dengan kaidah WordPress Best Practice. Tentu membuat Anda semakin mantap mencobanya, bukan?

Harga: 

  • Gratis

13. Pure

Pure Template Web Portofolio

Jika Anda ingin fokus terarah ke hasil karya terbaik Anda, Pure bisa menjadi pilihan utama untuk web portofolio Anda. 

Template ini hadir tanpa hero header. Deretan karya Anda akan langsung dilihat pengunjung. Yang menarik, pengunjung bisa langsung melihat deretan karya berdasar kategori dan memilih tampilan dalam bentuk ikon atau list. 

Animasi perpindahan antar kategori dan hover effect yang ditampilkan sangat smooth. Hal ini tentu akan membuat pengunjung betah berada di website Anda. 

Kelebihan Pure bukan itu saja. Template ini memungkinkan Anda berbagi pengetahuan yang lebih menegaskan keahlian Anda (Expertise) melalui halaman blog bernama Journal. Bahkan Pure memberikan 7 pilihan layout untuk membuat blog Anda semakin menarik, mulai dari blog masonry, fullwidth, hingga single slider.

Anda tak perlu khawatir dengan tampilan website Anda di berbagai perangkat. Pure sudah mendukung fitur mobile responsive dan Retina Display Ready.

Harga:

  • Gratis

14. Pixgraphy

Pixgraphy Template Web Portofolio

Bagi seorang fotografer, memiliki website portofolio dengan template Pixgraphy adalah kombinasi yang pas. 

Pixgraphy adalah template yang ringan, aman dan mudah dikustomisasi. Anda bisa memilih beberapa layout yang sudah disediakan dan dipastikan akan terlihat baik di berbagai perangkat mobile. 

Template ini sudah SEO ready dan mendukung kemudahan integrasi dengan berbagai media sosial. 

Dengan adanya fitur One Click Demo Import, tentu akan lebih cepat memulai pengelolaan website portofolio Anda. 

Tidak hanya itu, Anda juga bisa memasang karya foto terbaik Anda sekaligus menjualnya. Benar, Pixgraphy sudah mendukung WooCommerce Integration sehingga memudahkan Anda menjual karya secara online. 

Anda bisa menggunakan Pixgraphy secara gratis dengan fitur yang terbatas. Anda bisa melakukan upgrade ke versi Plus untuk mendapatkan fitur seperti footer editor, color customization dan lebih banyak Google font.

Harga:

  • Gratis (Free Version)
  • $59 (Plus Personal)
  • $79 (Plus Business)
  • $99 (Plus Developer)

15. Phlox Portfolio

Phlox Portfolio Template Web Portofolio

Jika Anda seorang digital marketer, illustrator atau graphic designer. Phlox Portfolio bisa menjadi pilihan untuk website Anda. 

Template ini menjadi salah satu nominasi template WordPress terbaik dan dipercaya beberapa digital agency seperti Avant Garde. Alasannya, tampilannya yang simple dan clean, namun elegan. 

Tidak hanya itu, Phlox juga ringan dan memiliki kinerja yang baik dengan skor A dari GTMetrix

Phlox Portfolio adalah template yang mudah digunakan. Salah satunya berkat kehadiran fitur One Click Demo Import. Jadi, Anda tak perlu memulai pengaturan tampilan dari awal karena bisa langsung memajang foto, desain web, atau karya ilustrasi terbaik Anda. 

Template ini juga memiliki fitur Social Media Integration yang berjalan baik. Hal ini akan membuat pengunjung semakin mudah dalam berbagi informasi tentang website Anda. Tak lupa, Phlox Portfolio juga menyematkan fitur SEO Ready dan Responsive Design. 

Harga:

  • Gratis

16. HeyThere

HeyThere Template Web Portofolio

Kesan yang muncul ketika melihat website dengan template HeyThere adalah unik! Baik dari sisi layout maupun tipografi yang berani.

Template ini tidak menggunakan Hero Header atau layout grid pada umumnya. HeyThere menggunakan pendekatan one page design untuk memajang karya Anda. Menariknya, satu karya akan terekspos dalam satu halaman penuh (full width). Anda bisa memajang hingga 5 karya terbaik di halaman utama.  

Bisa dibayangkan bagaimana menariknya karya Anda akan ditampilkan, bukan?

Untuk menghindari kebosanan pengunjung melakukan scroll satu per satu, HeyThere sudah menyiapkan navigasi All Projects di masing-masing halaman karya. Menu tersebut akan membawa pelanggan ke daftar karya dalam tampilan list yang lebih simple.

HeyThere sudah menggunakan design yang mobile responsive dan dilengkapi dengan social media integration yang berjalan dengan baik. Kedua fitur ini akan membuat pengunjung tetap menarik dikunjungi menggunakan perangkat mobile dan mendapatkan exposure lebih mudah. 

Anda bisa menggunakan template ini secara gratis. Namun, tersedia versi premium dengan fitur lebih lengkap. 

Harga:

  • Gratis (Free Version)
  • $49 (Versi Plus)  

Pentingnya Membangun Portfolio Online

Beragam pilihan template web portfolio terbaru sudah kami ulas. Anda cukup menentukan mana yang sesuai dengan citra yang ingin ditampilkan sesuai profesi Anda. 

Namun, sebagian Anda mungkin masih ada yang bertanya: “Seberapa penting membangun portofolio online?”

Jawabannya, sangat penting! Berikut beberapa alasannya:

1. Dapat Memajang Karya dengan Lebih Profesional

Dengan menggunakan web portofolio, Anda bisa memajang karya Anda secara online. Hal ini tentu akan tampak lebih profesional. 

Tidak hanya itu, calon rekan bisnis atau atasan Anda akan lebih mantap menjalin kerjasama. Sebab, sudah mengetahui kemampuan Anda dari karya yang dipajang. Anda pun tak perlu lagi menjelaskan panjang lebar keahlian Anda. Karya Anda akan mampu berbicara dengan sendirinya.

2. Dapat Menjangkau Audien Lebih Luas

Sebuah website dapat diakses secara online oleh siapapun, kapanpun. Begitupun web portofolio Anda.

Sebelumnya hanya beberapa orang yang bisa melihatnya dalam versi cetak saat Anda membagikannya. Kini, semua orang bisa melihat versi digitalnya dengan mudah. 

Semakin banyak orang bisa mengakses karya Anda, semakin besar kemungkinan untuk bekerja sama dengan rekan kerja dari seluruh dunia. 

Apalagi, jika website Anda telah didukung dengan upaya SEO yang baik. Alasannya, SEO bisa membantu website Anda berada di halaman pertama mesin pencari. Dan faktanya, 75% pengguna internet tidak pernah melanjutkan pencarian hingga halaman berikutnya. 

3. Dapat Membangun Personal Branding dengan Mudah

Personal branding adalah upaya membangun citra profesional berdasarkan karya yang dimiliki. Tujuannya, mempromosikan diri untuk meraih pencapaian karir yang lebih baik. 

Sebuah web portofolio adalah sarana untuk membangun personal branding yang efektif. Setiap perusahaan atau penawaran kerjasama tentu berorientasi hasil. Nah, dengan memajang karya Anda di web portofolio, bukti nyata produktivitas Anda dapat ditunjukkan. 

4. Menawarkan Fleksibilitas Tinggi

Memiliki portofolio online memberikan Anda dua jenis fleksibilitas. 

Yang pertama, kemudahan akses. Membagikan portofolio secara manual kepada calon rekan kerja tentu menguras waktu dan tenaga. Belum lagi, jika Anda harus melakukannya tengah malam karena adanya perbedaan zona waktu. 

Portofolio online mampu mengatasi hal tersebut. Melalui website, calon rekan kerja bisa melihat hasil karya Anda dan jika tertarik cukup meninggalkan pesan pada formulir Kontak. 

Yang kedua, kemudahan update informasi. Bayangkan jika Anda harus mencetak portofolio berulang kali karena Anda memiliki karya baru. Tentu cukup merepotkan, bukan?

Dengan memiliki web portofolio, Anda cukup mengunggah karya terbaru Anda dan portofolio Anda akan secara langsung terupdate

5. Menampilkan Informasi yang Lebih Lengkap

Portfolio online memungkinkan Anda menampilkan informasi lebih lengkap. Tentu saja sebagai profesional, informasi yang dimaksud adalah karya yang telah Anda buat. 

Menggunakan sebuah web portofolio, tidak ada batasan bagi Anda dalam memajang karya. Berbeda ketika Anda harus mencetaknya (versi printed). 

Namun, bukan berarti Anda bisa memajang semua karya Anda begitu saja. Perlu diingat bahwa tujuan portofolio adalah menampilkan karya terbaik dan sesuai dengan profesi yang ingin ditunjukkan. 

Sebagai contoh, jika Anda seorang web designer sekaligus musisi, ada baiknya Anda menempatkan karya dua keahlian Anda pada web portfolio yang berbeda. 

6. Membangun Reputasi dan Networking dengan Lebih Mudah

Sebagian besar template web portfolio dibekali dengan social media integration. Tujuannya, memudahkan berbagi informasi dengan orang lain. Semakin sering karya Anda dibagikan berarti kualitasnya semakin baik. Maka, semakin baik pula reputasi Anda. 

Portofolio online juga memudahkan Anda membangun networking. Yang pertama, karena kemudahan akses menghubungi melalui form kontak di landing page. Yang kedua, kemudahan komunikasi dengan engagement tinggi di kolom komentar. 

Interaksi semacam ini tentu tidak ditawarkan oleh portofolio cetak. 

Penutup

Membangun sebuah web portofolio tidaklah sulit. Sudah banyak panduan yang menjelaskan langkahnya secara lengkap. Salah satunya di blog ini. 

Selain itu, hadirnya beragam template web portofolio juga memudahkan Anda dalam membuat tampilan website kian menarik. Untungnya, Anda tak perlu repot mencarinya sendiri.

Di artikel ini, kami sudah mengulas 15+ template yang bisa Anda pilih sesuai profesi yang Anda tekuni. Semua template tersebut mampu berjalan baik untuk website WordPress dan terupdate dengan fitur yang penting. 

Jadi, sekarang giliran Anda menentukan template mana yang akan Anda gunakan. Semoga informasi ini bermanfaat.

0
Suryadi Kurniawan Suryadi is a digital content writer at Niagahoster. He keeps on pursuing opportunities to engage with more people through articles about WordPress, Internet Marketing and other IT-related issues. During his free time, he enjoys playing Clash Royale a lot.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

3 − 2 =