Ingin tingkatkan SEO website Anda??

Download eBook Gratis 5+ Strategi SEO Berbagai Industri

Download Ebook
Tutorial

Cara Instal SSL di Hosting | Gratis dan Berbayar

Coba cek website Anda sekarang, adakah icon gembok terbuka di samping URL? Hati-hati, bisa jadi itu karena Anda tersebut belum menginstal SSL di hosting. Itulah mengapa Anda harus tahu cara instal SSL di hosting.

Icon gembok mengartikan bahwa, SSL atau Secure Socket Layer adalah sistem keamanan untuk melindungi pertukaran data yang terjadi di jaringan internet melalui proses enkripsi atau sistem pengacakan data. 

Jika website sudah terinstal SSL, maka URL yang tadinya HTTP akan menjadi HTTPS (Hypertext Transfer Protocol Secure). Dan tentunya, memiliki icon gembok yang menunjukkan transfer data di website Anda sudah aman.

Sertifikat SSL ini juga memiliki beberapa fungsi lainnya, seperti:

  • Menghindari pencurian data;
  • Menghindari salah kirim data;
  • Meningkatkan reputasi website;
  • Meningkatkan ranking website di mesin pencari.

Cara instalasinya pun sangat mudah, Anda bisa mengikuti tutorial instalasi SSL di hosting melalui cPanel, baik secara gratis maupun berbayar. 

Cara Instal SSL di Hosting – Gratis

Tak perlu bingung bagaimana cara mengamankan website Anda, karena sertifikat SSL ternyata bisa diinstal secara gratis, loh. Setiap layanan hosting Niagahoster pun sudah dilengkapi dengan sertifikat SSL ini.

Terdapat beberapa penyedia layanan SSL gratis. Awalnya, Niagahoster memberikan SSL gratis dari Let’s Encrypt. Namun, Anda perlu mengupdate manual SSL tersebut per tiga bulan. 

Saat ini, Niagahoster memberikan fitur terbaru yaitu AutoSSL dari Sectigo secara gratis. SSL ini telah dilengkapi dengan sistem perpanjangan otomatis, jadi Anda tidak perlu melakukan update SSL lagi. 

Fitur AutoSSL juga telah dilengkapi teknologi terbaru HTTP/3 yang akan membantu kecepatan website Anda. 

Nah, AutoSSL akan otomatis terpasang pada setiap hosting Niagahoster bagi pengguna baru. Dan bagi Anda pelanggan setia Niagahoster, Anda dapat mengikuti tutorial install AutoSSL dengan mudah melalui cPanel, sebagai berikut:

1. Akses cPanel

Pertama-tama, silakan masuk ke Member Area Niagahoster dan klik tombol oranye Kelola Hosting.

Pada halaman Pengaturan Hosting > pilih tab cPanel > klik All Features.

2. Pilih SSL/TLS Status di cPanel

Setelah itu, Anda akan berada di halaman cPanel. Silakan pilih menu SSL/TLS Status pada bagian Security. 

2. Run AutoSSL di cPanel

Pada halaman SSL/TLS Status, silakan klik tombol Run AutoSSL

Tunggu beberapa saat hingga proses instalasi AutoSSL berhasil dan terdapat keterangan Domain Validated.

Selamat! Fitur AutoSSL sudah terpasang di hosting Anda.

Terbaru! Kini Niagahoster menggunakan AutoSSL yang otomatis akan terinstal di website Anda!

cek selengkapnya

Cara Instal Comodo SSL di cPanel

Jika Anda bersedia mengeluarkan budget lebih untuk faktor keamanan website, Comodo SSL bisa jadi pilihan pertama untuk layanan SSL. 

Comodo SSL adalah salah satu brand terbesar dalam industri keamanan cyber yang telah mengeluarkan lebih dari 100 juta sertifikat! 

Anda dapat dengan mudah menginstal Comodo SSL melalui cPanel hanya dengan empat tahap, yaitu:

  1. Order Comodo SSL di Member Area Niagahoster
  2. Validasi dan Cek Status SSL
  3. Instal Comodo SSL di cPanel
  4. Force HTTPS melalui cPanel.

Karena Anda sudah tahu cara instal ssl di hosting secara gratis, sekarang belajar cara instal ssl berbayar yuk! Pertama-tama, mari kita mulai dengan order SSL-nya terlebih dahulu:

1. Order Comodo SSL

Sebelum menginstal, pastikan Anda memiliki layanan Comodo SSL terlebih dahulu. Anda bisa melakukan order pada saat Checkout dengan menambahkan rekomendasi fitur tambahan.

Namun, jika Anda belum membelinya saat checkout hosting, Anda dapat masuk ke Member Area Niagahoster. Lalu, pilih menu Layanan Anda > SSL.

Setelahnya, pilih tab SSL dan klik tombol Order SSL yang berwarna biru di kanan atas halaman.

Lalu, Anda akan diminta untuk mengisi dua kolom. Pertama, pilih hosting sesuai dengan layanan hosting yang Anda gunakan. Kedua, nama domain yang akan diinstal SSL. 

2. Validasi dan Cek Status SSL

Setelah menyelesaikan proses transaksi, Anda akan mendapatkan kode validasi SSL yang dikirim ke email admin. Contohnya, admin@domainanda.com atau sesuai email domain Anda. 

Pertama, copy kode validasi dan klik link here di kalimat To permit the issuance of the certificate please browser here. Proses ini untuk memvalidasi kode SSL Anda.

Lalu, Anda akan dibawa ke halaman Comodo Certification Authority. Paste atau masukkan kode pada kolom yang disediakan, dan klik Next.

Selanjutnya, mari kembali ke Member Area Niagahoster, lalu pilih tab SSL dan klik tombol orange Kelola SSL.

Untuk mengetahui apakan status sertifikat SSL sudah divalidasi oleh Comodo atau belum, Anda perlu mengklik tombol Cek Status pada bagian bawah halaman.

Setelahnya, Anda akan melihat detail status SSL. Jika masih Pending, itu artinya proses verifikasi sedang dilakukan. 

Biasanya Comodo akan langsung melakukan verifikasi. Jadi, Anda bisa menunggu hingga status berubah menjadi Active dengan sendirinya dalam beberapa menit hingga 24 jam.

Jika muncul kode-kode seperti di bawah ini, itu tandanya sertifikat SSL Anda sudah diverifikasi oleh Comodo. Masing-masing kode ini nantinya akan Anda gunakan untuk instalasi Comodo SSL.

Pada tahap ini status sertifikat SSL aktif dan siap di instal melalui cPanel Niagahoster.

3. Instal Comodo SSL di cPanel

Pertama-tama masuk ke Member Area Niagahoster dan scroll sedikit ke bawah hingga bertemu tombol Kelola Hosting, silakan di klik.

Selanjutnya, akan muncul halaman Pengaturan Hosting. Disini Anda akan menginstal SSL melalui cPanel, maka pilih tab cPanel > dan klik All Features.

Setelah itu, silakan scroll kursor hingga menemukan bagian Security, klik opsi SSL/TLS.

Nah, sekarang Anda berada di halaman SSL di cPanel. Terdapat beberapa pilihan setting, yang perlu Anda klik hanyalah link Manage SSL sites pada bagian Install and Manage SSL for your site (HTTPS).

Lalu, akan muncul halaman Install an SSL Website, silakan pilih nama domain yang ingin dipasang SSL.

Langkah terakhir, salin rincian sertifikat SSL yang terdapat di Member Area Niagahoster pada halaman SSL. Setelahnya, klik Install Certificate

Sudah mendapatkan pop-up seperti di bawah? Selamat! Anda telah berhasil menginstal SSL di cPanel.

Anda juga bisa melihat daftar SSL yang sudah diinstal pada bagian Manage Installed SSL Website.

4. Force HTTPS di cPanel

Nah, untuk mengubah website Anda yang tadinya HTTP menjadi HTTPS secara otomatis, perlu dilakukan konfigurasi force HTTPS. 

Pertama, mari kita ke halaman cPanel. Caranya sama seperti saat instal SSL, yaitu masuk ke halaman Member Area Niagahoster dan klik Kelola Hosting > pilih tab cPanel > All Feature.

Silakan cari bagian Domains dan klik opsi Domains.

Pada halaman setting Domains, pilih nama domain yang tadi Anda instal dengan SSL. Lalu klik ikon toggle pada bagian Force HTTPS Redirect menjadi ON.

Jika sudah menemukan notifikasi hijau di kanan atas layar, artinya URL website Anda sudah berubah menjadi HTTPS.

Cara Instal Comodo SSL di Member Area

Ternyata ada cara yang lebih singkat untuk instal Comodo SSL, loh! Yaitu melalui Member Area Niagahoster.

Berikut tutorial singkatnya.

1. Masuk ke Layanan SSL

Caranya, login ke Member Area Niagahoster > pilih menu Layanan Anda > klik submenu SSL

Anda akan secara otomatis dapat melihat Comodo SSL yang telah Anda beli. Lalu, klik Kelola SSL.

2. Instal Comodo SSL di Member Area

Selanjutnya klik Instal. Karena disini kami telah menginstal Comodo SSL sebelumnya untuk contoh, maka kami klik Instal Ulang SSL.

3. Instalasi Berhasil

Jika Anda disambut dengan tampilan seperti dibawah, itu artinya Comodo SSL sudah terinstal dan siaga melindungi website Anda!

Ingin Install SSL Secara Otomatis? Ini Solusinya!

Baik gratis maupun berbayar, Anda perlu tahu cara instal SSL di hosting. 

Tujuannya, agar proses transfer data di website Anda lebih aman. Selain itu, website kelihatan lebih “terpercaya” di mata Google. Serta memberikan rasa aman bagi pengunjung website.

Nah, jika Anda tidak ingin repot-repot menginstall SSL secara manual, Anda bisa berlangganan hosting di Niagahoster! Khususnya untuk layanan Unlimited Hosting, Cloud Hosting, dan WordPress Hosting. Karena, ketiganya didukung fitur AutoSSL dari Sectigo.

Dengan fitur ini, AutoSSL akan terinstal secara otomatis di cPanel hosting Anda. Selain itu, sistem juga akan secara otomatis melakukan perpanjangan SSL untuk Anda. Praktis sekali, bukan?

Oleh karena itu, pastikan layanan hosting Anda adalah Niagahoster, yang memberikan Anda kemudahan instalasi Sertifikat SSL murah dan gratis!

Naning Nur Wijayanti

A rare talkative person whose love writing the most. As SEO Content Writer at Niagahoster, she loved to share an articles about Internet of Things.

Share
Published by
Naning Nur Wijayanti

Recent Posts

10 Tokoh Wirausahawan Sukses di Indonesia yang Inspiratif!

Anda sedang membangun bisnis? Intip duku kisah 10 wirausahawan sukses di Indonesia yang pasti menginspirasi Anda! Yang mana panutan Anda?

16 hours ago

Apa itu SaaS? Bagaimana Cara Marketing Bisnis Ini?

SaaS adalah bagian tak terpisahkan dari pengembangan bisnis saat ini. Tidak sedikit perusahaan yang menjadikan aplikasi SaaS sebagai pilihan untuk…

2 days ago

Cara Membuat Aplikasi Next JS dengan Mudah

Next JS adalah framework frontend berbasis React dengan banyak fitur yang memudahkan developer membuat website atau aplikasi. Berbeda dengan React,…

4 days ago

Bahaya! Celah Keamanan 3 Plugin XootiX Ancam 84,000 Website Terkena Serangan!

Pada bulan November 2021, ahli keamanan WordPress menemukan celah keamanan dari tiga plugin WordPress milik XootiX, yakni Login/Signup Popup, Side…

4 days ago

Apa Itu VPS? Penjelasan dan Cara Memilih VPS

Saat membuat website, Anda akan dihadapkan dengan banyaknya pilihan paket hosting. Hal ini tentu membuat Anda bingung harus memilih paket…

5 days ago

E-Learning: Pengertian, Manfaat, Contoh, dan Cara Membuatnya

E-learning adalah model pembelajaran yang saat ini cukup populer. Anda bisa lihat dari banyaknya layanan kursus online seperti Zenius, Udemy,…

6 days ago