Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his contents. He loves fantasy and sci-fi stories, ranging from video games, TV series, comics, movies, and books.

20+ Aplikasi Untuk Work From Home Agar Lebih Efektif [Terlengkap]

8 min read

Featured Image 20+ Aplikasi Untuk Work From Home Agar Lebih Efektif [Terlengkap]

Work From Home (WFH) mengubah kebiasaan semua orang saat bekerja. Anda yang sebelumnya tinggal datang ke kantor saja, sekarang memerlukan banyak “bantuan” agar tetap bisa bekerja seperti biasanya. Nah, salah satu dari bantuan tersebut adalah aplikasi pendukung saat WFH.

Baca juga: Sedang Work From Home? Ikuti 3+ Cara Mengatur Waktu yang Ampuh Ini!

Aplikasi pendukung ini sangat penting untuk menjaga produktivitas Anda dan agar tetap bisa terhubung ke rekan kerja lainnya. Anda tak mau kan pekerjaan tak kunjung selesai saat WFH padahal deadline semakin mendekat? Atau tak bisa melakukan rapat online secara lancar karena salah menggunakan aplikasi? 

Oleh karena itu, di artikel ini kami akan memberikan daftar aplikasi untuk Work From Home yang bisa Anda coba. Kami akan membedakan aplikasi ini ke dalam tujuh kategori, yaitu:

  1. Aplikasi Work From Home untuk Komunikasi
  2. Aplikasi Work From Home untuk Rapat dan Presentasi
  3. Aplikasi Work From Home untuk Manajemen Project
  4. Aplikasi Work From Home untuk Manajemen Waktu
  5. Aplikasi Work From Home untuk Menulis dan Editing
  6. Aplikasi Work From Home untuk Berbagi File
  7. Aplikasi Work From Home untuk Developer

Penasaran apa saja aplikasi di masing-masing kategori? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Aplikasi Work From Home Terbaik untuk Komunikasi

Seperti LDR dengan pasangan, komunikasi itu juga sangat penting saat WFH. WFH membuat Anda tak bisa pergi ke ruangan bos untuk bertanya mengenai pekerjaan atau sekedar mampir ke meja rekan kerja untuk menggosip. Oleh karena itu, Anda membutuhkan aplikasi untuk berkomunikasi jarak jauh secara real-time tanpa hambatan. 

1. Slack

Slack adalah aplikasi untuk work from home terbaik agar bisa komunikasi dengan rekan kerja

Bisa dikatakan kalau Slack adalah aplikasi komunikasi yang hampir sempurna untuk Work From Home Anda. Bagaimana tidak? Anda tak hanya bisa berkomunikasi dengan satu orang saja, tapi berbagai orang sekaligus dalam satu grup. Dengan kata lain, Anda bisa membuat grup untuk satu divisi, grup satu project atau grup ghibah sekalipun.

Selain itu, Slack juga menawarkan komunikasi lewat voice call maupun video call—baik dengan satu orang ataupun grup banyak orang. Terakhir, sebagai bumbu pelengkap, Slack juga mendukung berbagi file dan integrasi aplikasi lain seperti Google Drive, Google Calendar, dan masih banyak lainnya. 

Harga: Gratis untuk fitur standar. Anda juga bisa berlangganan untuk fitur yang jauh lebih melimpah mulai dari $6.67 / bulan.

Fitur unggulan:

  • Aplikasi gratis yang kaya akan fitur;
  • Dukungan voice call dan video call dengan grup;
  • Integrasi dengan aplikasi pendukung kerja lainnya.

2. Google Hangout Chat

Google Hangout Chat adalah aplikasi untuk Work From Home yang memungkinkan Anda berkomunikasi secara personal maupun group chat. Aplikasi ini tersedia di 28 bahasa dan mendukung hingga 8,000 anggota di satu grupnya.

Oh ya, karena Google Hangout Chat memiliki embel-embel “Google” di namanya, aplikasi ini juga terintegrasi dengan layanan Google lainnya, lho. Mulai dari Docs, Sheets, hingga Slides. Namun karena itu pula lah, Anda dan rekan kerja wajib memiliki akun Gmail agar bisa menggunakan Google Hangout Chat ini.

Harga: Free Trial 14 hari. Setelah itu, Anda harus membayar mulai dari $4.20 / bulan untuk paket Basic.

Fitur unggulan:

  • Terintegrasi langsung dengan hampir semua layanan Google;
  • Bisa menampung hingga 8,000 anggota di satu grup.

3. Microsoft Teams

Jika kantor Anda menggunakan berbagai produk keluaran Microsoft, mungkin aplikasi untuk Work From Home ini patut dicoba. Microsoft Teams tak hanya menawarkan fitur-fitur dasar aplikasi komunikasi, tapi juga terintegrasi penuh dengan layanan Microsoft lainnya.

Harga: Free Trial satu bulan. Setelah itu, Anda harus berlangganan Rp156.400 / bulan.

Fitur unggulan:

  • Integrasi dengan aplikasi dan layanan Microsoft lainnya;
  • Sistem keamanan yang canggih.

Aplikasi Work From Home Terbaik untuk Rapat dan Presentasi

Rapat adalah aspek yang tak terpisahkan dari dunia kerja—bahkan, saat WFH sekalipun. Maka dari itu, Anda harus menggunakan aplikasi yang tepat supaya rapat lintas jarak bisa berjalan dengan lancar.

4. Zoom

Zoom adalah aplikasi untuk Work From Home yang sudah sangat populer. Tak heran karena ia gratis, mudah digunakan dan bisa akses di berbagai perangkat. Bahkan, Zoom bisa menampung hingga 1,000 orang dan 49 video di waktu yang sama, lho!

Zoom juga mendukung video dan audio kualitas HD, sehingga tak perlu khawatir kalau wajah Anda akan buram atau suara kurang jelas. Selain itu, Anda juga bisa berbagi layar dengan orang lain secara real-time jika ingin presentasi.

Harga: Gratis untuk versi Basic. Anda juga bisa berlangganan untuk menikmati fitur lainnya dengan harga mulai dari $14.99 / bulan.

Fitur unggulan:

  • Versi gratis yang kaya akan fitur;
  • Mudah digunakan;
  • Mendukung hingga 1,000 orang dan 49 video di waktu yang sama.

5. Google Meet

Google Meet adalah aplikasi Work From Home yang sangat simpel. Anda tinggal kunjungi situsnya/buka aplikasinya, masukkan Gmail rekan kerja lain, dan rapat sudah bisa dimulai. 

Google Meet mendukung hingga 250 orang dalam satu rapat dan terhubung langsung dengan Google Calendar. Sehingga undangan rapat Anda akan otomatis tersinkronisasi dengan jadwal rekan kerja yang lainnya.

Jadi, Anda tak perlu repot-repot mengingatkan rekan kerja karena Google Calendar secara otomatis akan mengirimkan pemberitahuan beberapa menit sebelum rapat dimulai.

Harga: Gratis untuk pengguna Gmail. Serta tersedia juga versi berbayar mulai dari $4.20 / bulan untuk fitur yang lebih komplit.

Fitur unggulan:

  • Simpel dan user friendly;
  • Tersinkronisasi dengan Google Calendar;
  • Harga berlangganan yang terjangkau.

6. GoToMeeting

GoToMeeting merupakan aplikasi terbaik untuk work from home di kategori meeting

Satu hal yang membedakan GoToMeeting dengan aplikasi rapat lain adalah aspek mobile friendly yang dimiliki. Anda bisa mengatur dan memulai rapat skala besar dengan mudah langsung dari ponsel. Tinggal unduh saja aplikasi GoToMeeting yang tersedia baik di Android maupun iOS.

Harga: Free Trial 14 hari. Setelah itu, Anda perlu membayar mulai dari $12 / bulan untuk menikmatinya lebih lanjut.

Fitur unggulan:

  • Mobile friendly;
  • Mendukung hingga 3,000 orang.

Aplikasi Work From Home Terbaik untuk Manajemen Proyek

Saat WFH, memastikan diri sendiri agar tetap produktif saja sudah sulit, apalagi mengurusi proyek yang dikerjakan dengan orang lain. Maka dari itu, Anda membutuhkan bantuan dari aplikasi manajemen proyek yang bisa mempermudah kolaborasi kerja tim Anda saat WFH.

7. Trello

Inilah salah satu aplikasi untuk Work From Home terbaik yang bisa Anda coba. Trello memungkinkan Anda untuk mengetahui proyek apa yang sedang dikerjakan, siapa yang mengerjakannya, hingga sejauh mana proyek berjalan. Semua dengan tampilan yang simpel dan mudah dipahami.

Memang tidak sulit memakai Trello. Namun, bagi Anda yang ingin memanfaatkan Trello dengan maksimal, bisa mengikuti panduannya di artikel →Trello: Pengertian, Manfaat, dan Cara Menggunakannya

Harga: Gratis untuk versi biasa.

Fitur unggulan:

  • Versi gratis saja sudah cukup untuk kolaborasi kerja;
  • Kaya fitur tapi tetap user friendly;
  • Bisa diakses di berbagai perangkat.

8. Basecamp

Basecamp mengklaim dirinya sebagai aplikasi yang memungkinkan semua project untuk berada di satu tempat. Klaim yang tak berlebihan sepertinya. Dengan basecamp, Anda bisa membuat project yang tak terbatas dan bekerjasama dengan ratusan orang, tapi tetap terorganisir.

Tak hanya itu, Basecamp juga memiliki tampilan yang modern, mendukung fitur komunikasi real-time, penyimpanan file, dan masih banyak lainnya. Basecamp sangat cocok digunakan oleh siapapun. Baik perusahaan dengan project kecil-kecilan, maupun perusahaan raksasa yang mempunyai project skala besar.

Harga: Free Trial 30 hari. Setelah itu Anda harus membayar $99/bulan untuk Basecamp Business.

Fitur unggulan:

  • Tampilan modern yang rapi;
  • Bisa digunakan oleh perusahaan kecil dan perusahaan besar.

9. Jira

Jira ini sangat cocok dipakai apabila perusahaan Anda berfokus pada agile development. Aplikasi ini memungkinkan setiap anggota dari tim Anda untuk melakukan planning, melacak progress, dan melihat laporan performa tim secara real-time. Selain itu, Anda juga bisa membuat workflow yang unik sesuai kondisi dan cara tim bekerja.

Harga: Gratis untuk versi biasa.

Fitur unggulan:

  • Dibuat khusus untuk tim yang menerapkan agile development;
  • Laporan performa tim secara real-time.

Aplikasi Work From Home Terbaik untuk Manajemen Waktu

Salah satu kekurangan dari WFH adalah lupa waktu. Anda tak tahu sudah berapa lama bekerja di depan laptop atau sudah berapa lama berbaring sambil menonton YouTube di ponsel. Oleh karena itu, Anda memerlukan aplikasi manajemen waktu agar pekerjaan bisa selesai tepat waktu dan bisa bersantai dengan tenang.

10. Google Calendar

Apakah Anda ingin membuat jadwal harian dengan mudah? Atau mensinkronisasikan jadwal Anda dengan rekan kerja lainnya sehingga tidak tabrakan? Google Calendar adalah solusinya. 

Dengan Google Calendar, Anda bisa membuat jadwal harian dengan sangat detail. Jadi, Anda tahu kapan waktu untuk bekerja, kapan waktu untuk membuka media sosial, dan kapan waktu untuk tidur siang. Semua dilakukan dengan mudah dan bisa diakses dari perangkat mana pun.

Harga: Gratis.

Fitur unggulan:

  • Mudah digunakan;
  • Berbagi jadwal dengan rekan kerja;
  • Terhubung langsung dengan Google Meet.

11. Clockify

Clockify merupakan salah satu aplikasi work from home untuk manajemen waktu

Clockify adalah aplikasi Work From Home yang bertujuan untuk memperbaiki manajemen waktu Anda. Dengan aplikasi ini, Anda bisa melacak berapa lama waktu yang dihabiskan untuk berbagai kegiatan. Jadi, Anda bisa tahu kegiatan apa yang produktif dan kegiatan mana yang hanya membuang-buang waktu saja.

Oh ya, Anda juga bisa mengundang anggota tim untuk ikut menggunakan Clockify, lho. Sehingga Anda bisa tahu apa kegiatan masing-masing anggota tim dan berapa lama mereka melakukannya.

Hraga: Gratis.

Fitur unggulan:

  • Melacak waktu saat melakukan suatu kegiatan;
  • Analisis laporan dengan visual yang mudah dimengerti;
  • Mengundang anggota tim sehingga tahu aktivitas mereka. 

12. Rescue Time

Apakah Anda merasa percaya diri bahwa semua kegiatan yang dilakukan sehari-hari itu selalu produktif? Nah, Anda bisa mencoba Rescue Time ini untuk menemukan jawabannya. Seperti namanya, Rescue Time bertujuan untuk “menyelamatkan” waktu Anda yang terbuang sia-sia dan mengubahnya menjadi lebih bermanfaat.

Mungkin Anda merasa pede pada awalnya. Namun, setelah menggunakan Rescue Time, Anda akan menyadari betapa banyak waktu yang ternyata dihabiskan sia-sia begitu saja setiap harinya. Penasaran, bukan?

Harga: Gratis untuk versi biasa.

Fitur unggulan:

  • Otomatis melacak waktu yang dihabiskan di suatu website atau aplikasi;
  • Bisa digunakan di perangkat apa saja;
  • Versi berbayar mampu melacak waktu anggota tim.

13. Forest

Forest adalah aplikasi untuk work from home terbaik di bidang manajemen waktu

Forest adalah aplikasi untuk Work From Home yang unik. Aplikasi ini membantu Anda untuk fokus dan memanfaatkan waktu dengan efektif. Jadi, Anda tak perlu menghabiskan terlalu banyak waktu untuk hal yang tak berguna.

Lalu, di mana keunikannya? Nah, setiap ingin fokus dalam suatu kegiatan, Anda diharuskan untuk menanam pohon di dalam aplikasi. Pohon itu akan tumbuh perlahan jika Anda tetap fokus kepada kegiatan tersebut. Sementara jika Anda keluar dari aplikasi ini, pohon yang ditanam tadi akan layu seketika.

Harga: Gratis, tapi terdapat in-app purchases dengan harga bervariasi.

Fitur unggulan:

  • Konsep yang unik;
  • Koin yang didapatkan bisa ditukarkan untuk menanam pohon asli.

Aplikasi Work From Home Terbaik untuk Berbagi File

Apakah Anda ingin membagikan file penting terkait pekerjaan dengan rekan kerja yang lain? Atau ingin mengirim hasil pekerjaan yang sudah selesai ke bos dengan aman? Tak usah khawatir! Beberapa aplikasi di bawah ini bisa melakukannya untuk Anda.

14. Google Drive

Google Drive dengan cepat menjadi salah satu aplikasi terbaik untuk berbagi file karena integrasinya dengan Gmail dan layanan Google lainnya. Namun, untuk mengakses file yang dibagikan, rekan kerja Anda tak harus menggunakan Gmail, kok. Semua orang bisa mengaksesnya asal Anda mengaturnya ke anyone with the link.

Selain itu, setiap pengguna Gmail secara otomatis mendapatkan gratis penyimpanan sebesar 15GB. Jumlah yang lebih dari cukup untuk penggunaan pribadi atau sekedar berbagi file pekerjaan kecil dengan rekan.

Harga: Gratis. Namun, Anda juga bisa membayar untuk mendapatkan storage yang lebih besar.

Fitur unggulan:

  • Gratis penyimpanan 15GB;
  • Integrasi dengan layanan Google lainnya;

15. Dropbox

Dropbox merupakan salah satu aplikasi work from home untuk berbagi file

Dropbox sendiri merupakan salah satu pelopor penyimpanan awan (cloud storage). Jadi, kemampuannya untuk menyimpan dan berbagi data dalam satu tempat dengan orang lain sudah tidak diragukan lagi. 

Bahkan, Dropbox juga bisa digunakan untuk backup website Anda, lho. Bagaimana caranya? Ikuti saja panduannya di artikel → Cara Menggunakan Dropbox: Kiat Mudah Backup WordPress

Harga: Gratis. Akan tetapi, Anda juga bisa membayar untuk mendapatkan penyimpanan lebih besar.

Fitur unggulan:

  • Gratis penyimpanan 2GB;
  • Bisa dimanfaatkan untuk backup website WordPress.

16. Microsoft OneDrive

Bagi Anda pengguna Windows 10, pasti sudah tak asing dengan OneDrive yang mempunyai icon awan di taskbar. Satu fitur unik dari OneDrive adalah kemampuannya untuk scan dokumen di dunia nyata dan mengunggahnya langsung ke akun Anda. 

Oh ya, aplikasi untuk Work From Home ini juga memiliki opsi untuk mengatur tanggal kadaluarsa dari file yang Anda bagi. Jadi, orang lain tak akan bisa mengaksesnya jika melewati tanggal yang sudah diatur.

Harga: Gratis dan Anda juga bisa membayar untuk mendapatkan storage yang lebih besar.

Fitur unggulan:

  • Gratis penyimpanan 5GB;
  • Scan dokumen;
  • Pengaturan tanggal kedaluwarsa.

Aplikasi Work From Home Terbaik untuk Menulis dan Editing

Tulis menulis sepertinya juga menjadi aspek yang tak terpisahkan dari dunia kerja. Entah itu sekedar menulis email, menulis artikel di website atau membuat dokumen penting. Maka dari itu, Anda butuh aplikasi yang bisa diandalkan.

17. Google Docs

Jika selama ini menggunakan Microsoft Word, mungkin saat WFH Google Docs bisa Anda coba. Secara keseluruhan, mungkin fiturnya tak selengkap Microsoft Word. Tapi, bukan disitu kelebihan Google Docs ini.

Melainkan, Google Docs memungkinkan berbagi dokumen dengan rekan kerja Anda bisa jauh lebih mudah. Anda tinggal bagikan saja link dokumen dan si bos bisa memberikan komentar atau revisi mengenai hasil kerja Anda langsung di Google Docs tersebut. 

Harga: Gratis

Fitur unggulan:

  • Berbagi dokumen dengan mudah;
  • Bisa diakses di berbagai perangkat.

18. Evernote

Evernote adalah aplikasi untuk work from home terbaik perkara tulis menulis

Apakah Anda tiba-tiba mendapatkan ide saat browsing? Atau Anda ingin menyimpan artikel di suatu website untuk referensi tulisan? Atau ingin membagi catatan-catatan Anda dengan rekan kerja lain? Nah, Anda bisa melakukan semua itu dengan Evernote.

Oh ya, catatan di sini tak hanya berbentuk tulisan yang diketik saja, lho. Anda juga bisa “mencatat” dalam bentuk gambar, rekaman suara ataupun tulisan tangan sekalipun. Semuanya tersimpan rapi di Evernote dan bisa diakses oleh rekan kerja Anda dari mana saja.

Harga: Gratis untuk versi Basic. 

Fitur unggulan:

  • Menyimpan catatan dalam berbagai bentuk;
  • Menyimpan artikel website;
  • Bisa diakses di perangkat apa saja.

19. Grammarly

Ucapkan selamat tinggal pada grammar yang tak pas atau spelling yang berantakan! Dengan menggunakan Grammarly, Anda bisa menulis selayaknya bule asli, lho. Jadi, Anda tak akan keringat dingin jika harus menulis email untuk klien internasional atau untuk rekan kerja ekspat.

Harga: Gratis untuk versi biasa.

Fitur unggulan:

  • Memperbaiki kesalahan grammar dan spelling yang ditulis;
  • Tersedia di berbagai perangkat dan browser;
  • Dukungan terhadap Microsoft Word dan Google Docs.

(Bonus) Aplikasi Work From Home Terbaik untuk Developer

Bagi Anda developer, tentu memerlukan aplikasi khusus untuk mendukung kerja. Apalagi, jika perusahaan Anda bergerak di bidang teknologi dan harus selalu berhubungan dengan rekan developer lainnya.

Baca juga: 7 Tips Kerja Remote yang Lebih Produktif dan Menyenangkan untuk Developer

20. Git

Aplikasi untuk Work From Home ini memungkinkan Anda untuk memeriksa kode dan mengerjakannya bersama-sama dengan lebih mudah. Anda bisa tahu apa saja perubahan terhadap kode tersebut, siapa yang merubahnya, dan kapan kode tersebut diubah.

Jadi, jika perubahan kode tersebut tidak beres, Anda bisa memarahi rekan kerja kembali ke versi sebelumnya yang secara otomatis tersimpan.

Harga: Gratis

Fitur unggulan:

  • Ringan untuk digunakan;
  • Mengerjakan kode bersama-sama dari jarak jauh;
  • Semua perubahan terhadap kode otomatis tersimpan.

21. Atom

Atom adalah aplikasi terbaik untuk work from home bagi developer

Atom merupakan salah satu text editor terbaik yang ada saat ini. Tak hanya kaya akan fitur. Namun dengan Atom, Anda bisa berbagi kode yang ditulis dan berkolaborasi dengan rekan kerja lain secara real-time dengan mudah. Tak banyak text editor lain yang bisa seperti ini.

Harga: Gratis

Fitur unggulan:

  • Kaya akan fitur;
  • Kolaborasi secara real-time;
  • Mendukung berbagai sistem operasi.

Mana Aplikasi Work From Home Pilihan Anda?

Demikian daftar aplikasi untuk Work From Home yang bisa Anda gunakan. Mana yang menjadi pilihan Anda di masing-masing kategori? Apapun pilihannya, aplikasi-aplikasi di atas dipastikan akan membuat WFH Anda jauh lebih efektif. 

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini ke rekan kerja Anda yang lain agar mereka juga ikut mendapatkan manfaatnya. Kan sama saja jika Anda sudah bekerja maksimal, tapi rekan kerja tidak bisa mengimbanginya karena tak punya alat tempur yang memadai.

Oh ya, apakah Anda sudah mempraktekkan kebiasaan positif untuk membuat WFH tetap produktif? Sebab, aplikasi saja tak akan bisa membuat produktif jika Anda tak mengubah kebiasaan sehari-hari, lho. Lalu, apa saja kebiasaan-kebiasaan tersebut? Tenang, Anda bisa menemukannya di artikel →12+ Tips Work from Home agar Tetap Produktif

4
Mirza M. Haekal Mirza is a member of SEO Team at Niagahoster. His mission is trying to help as many people as possible through his contents. He loves fantasy and sci-fi stories, ranging from video games, TV series, comics, movies, and books.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seven + 5 =

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]