Apa itu Forever.js? Cara Menjalankan Node.js dengan Forever NPM

4 min read

22_5_15_FI_Apa itu Forever.js, Cara Menjalankan Node.js dengan Forever NPM

Pernahkah project Node.js Anda tidak dapat diakses, dan berhenti secara mendadak? Pasti sangat menyebalkan ya. Namun sebenarnya hal tersebut dapat dihindari, jika Anda memakai Forever.js. Loh, apa itu Forever.js?

Tenang, Anda sudah di tempat yang tepat kok. Kali ini, kami ajak Anda mengenal semua tentang Forever.js. Mulai dari pengertian Forever.js, manfaat Forever.js, hingga praktik tutorial Forever NPM.

Penasaran kan? Langsung saja, ini dia artikel selengkapnya! 

Apa itu Forever.js?

apa itu forever js

Forever.js adalah sebuah tool CLI (Command Line Interface) sederhana yang dibuat untuk project dengan platform Node.js. Nah, Forever.js sendiri ditulis menggunakan bahasa pemrograman JavaScript.

Tujuan dibuatnya Forever.js adalah untuk memastikan script project Node.js dapat berjalan secara terus-menerus. Dengan kata lain, Forever.js dapat mengurangi risiko downtime akibat project yang terhenti secara tiba-tiba.

Forever.js adalah bagian dari paket NPM (Node Package Manager). Itulah mengapa, ia sering disebut sebagai Forever NPM

Cara install dan menggunakan Forever NPM ini juga sangat mirip dengan paket NPM lain. Anda hanya butuh menulis sebuah perintah NPM sederhana pada software terminal apapun yang Anda punya. Tenang, tutorialnya juga akan dibahas di artikel ini, kok.

Jika sudah, Anda bisa mulai menggunakan Forever.js untuk mengelola script Node.js, langsung di software terminal tadi.

Nah, Forever.js adalah paket NPM dengan perkembangan yang cukup pesat. Tercatat, ada lebih dari 50 versi Forever.js di laman resminya. Dengan versi teranyar, Forever 4.0.3, yang baru dirilis Januari 2022 lalu.

Sampai di sini, Anda sudah paham tentang pengertian Forever.js. Di poin berikutnya, Anda akan memahami manfaat Forever.js dengan lebih detail. Yuk simak!

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Setting Node.js di cPanel

Manfaat Forever.js untuk Project Node.js

Beberapa manfaat Forever.js yang akan Anda rasakan ketika menggunakannya di project Node.js adalah sebagai berikut:

1. Memudahkan Pengelolaan Script Node.js

Manfaat Forever.js yang pertama adalah memudahkan Anda mengelola script Node.js, atau script dari framework JavaScript lain yang berjalan di atas environment Node.js. Sebut saja React.js, Angular.js, atau Express.js.

Dengan Forever NPM, Anda bisa mengelola banyak script sekaligus dalam sebuah tampilan sederhana. Yang penting, Anda telah mendaftarkan script tersebut terlebih dahulu.

Bisa dibilang, cara kerja Forever.js sangat mirip dengan software Task Manager. Di mana, Anda bisa menjalankan, menghentikan, lalu menjalankan ulang program lain dengan mudah.

Baca juga: Angular vs React, Mana Framework yang Tepat untuk Project Anda?

2. Memastikan Project Node.js Berjalan Terus-menerus

Manfaat Forever.js lain adalah menjaga project Node.js tetap berjalan di belakang layar. Sekali Anda mendaftarkan sebuah project di Forever.js, project tersebut akan berjalan terus-menerus.

Bahkan ketika Anda melakukan modifikasi, seperti mengedit script atau menambah fitur-fitur baru, project tersebut akan tetap bekerja. Kecuali, jika Anda mengeksekusi perintah untuk menghentikan project tersebut.

Baca juga: [Terlengkap] Pengertian dan Cara Install Vue JS

3. Menghindari Downtime Project secara Tiba-tiba

Meski sebuah project telah berada dalam mode production atau sudah online, bisa saja project tersebut masih menyimpan error. Nah, Forever.js menghindarkan project Anda dari risiko downtime mendadak karena error tadi.

Alasannya, Forever NPM akan melakukan restart otomatis tiap kali terjadi error pada project. Sehingga, project Anda akan ON terus dan bisa diakses pengunjung dengan nyaman.

Sampai di tahap sini, Anda telah paham tentang pengertian Forever.js dan manfaat Forever.js. Berikutnya, Anda akan praktik cara install Forever.js. Yuk menuju poin berikutnya!

Baca juga: Next.js: Pengertian, Cara Kerja, dan Tutorial Project Next.js

Tutorial Install Forever.js

Sebelum mulai menginstall Forever.js, pastikan Anda sudah memasang Node.js sesuai platform yang digunakan. Oh ya, instalasi Node.js sudah termasuk dengan NPM, jadi Anda tidak perlu menginstall keduanya secara terpisah.

Bagi jika Anda belum familiar dengan NPM, ada baiknya Anda belajar terlebih dahulu apa itu NPM dan perintah dasarnya.

Nah, hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah memverifikasi instalasi Node.js dan NPM. Caranya buka software terminal Anda. Di sini, kami akan memakai terminal bawaan Windows, yaitu Command Prompt.

Kemudian, jalankan dua perintah berikut di Command Prompt secara berurutan:

node -v
npm -v

Jika keduanya sudah benar-benar terinstall, maka Anda akan melihat tampilan berikut:

verifikasi instalasi node js dan npm

Sekarang saatnya menginstall Forever.js. Caranya mudah, cukup jalankan perintah berikut:

npm install forever -global

Ini dia tampilan yang akan muncul. Itu artinya, Anda telah berhasil menginstall Forever.js.

pengertian forever.js tutorial install

Anda bisa lanjut ke cara menggunakan Forever NPM di poin selanjutnya. Mari praktikkan bersama-sama!

Baca juga: 50 Perintah CMD dan Fungsinya yang Anda Wajib Tahu!

Cara Menggunakan Perintah Forever NPM

Untuk mulai menggunakan perintah Forever.js, Anda membutuhkan paling tidak satu project berplatform Node.js. Jika sudah punya, Anda bisa melewati langkah yang satu ini. Namun jika belum, Anda bisa membuat program sederhana dulu.

Caranya cukup buka software text editor yang Anda punya. Kali ini, kami memakai Sublime Text 3. Jika sudah, tuliskan perintah berikut:

var http = require('http');

http.createServer(function (req, res) {
res.writeHead(200, {'Content-Type': 'text/html'});
res.end('Hello World!');
}).listen(8080);

Lalu, simpan file tersebut dengan nama helloworld.js di folder apapun yang Anda kehendaki.

menyimpan project helloworld

Setelah menyiapkan project, silakan kembali ke Command Prompt. Di sini, Anda perlu menavigasi ke folder tempat menyimpan project tadi.

navigasi project helloworld

Jika sudah, jalankan perintah berikut untuk mendaftarkan project helloworld.js ke Forever.js.

forever start helloworld.js

Nah, berikut tampilan yang akan muncul. Ini berarti, project helloworld.js tadi sudah berjalan dengan bantuan Forever NPM.

menjalankan project helloworld dengan forever.js

Untuk membuktikannya, silakan buka browser Anda. Kemudian, tuliskan URL berikut pada Address Bar.

localhost:8080

Apakah Anda melihat tampilan yang satu ini? Jika ya, maka project Anda telah berjalan dengan lancar.

project helloworld berhasil dijalankan forever npm

Jika Anda punya project lain yang ingin didaftarkan ke Forever.js, lakukan hal yang sama seperti di atas. Lantas untuk melihat daftar project yang berjalan, tulis perintah berikut:

forever list

Tampilannya kurang lebih akan seperti ini:

forever npm list project berjalan

Selain menjalankan project, Forever.js juga bisa Anda gunakan untuk menghentikan project. Caranya juga mudah kok, tinggal jalankan perintah yang satu ini:

forever stop helloworld.js

Ini dia tampilan yang akan Anda lihat:

manfaat forever js menghentikan project

Bagaimana, mudah sekali bukan cara menggunakan Forever NPM? Kini, pengalaman mengelola project berbasis Node.js Anda jadi lebih menyenangkan.

Baca juga: Cara Install Node.js dan NPM di Ubuntu 18.04

Pakai Forever NPM, Website ON Terus!

Di artikel ini, Anda telah memahami apa itu Forever.js, manfaat Forever.js, serta praktik cara menggunakan Forever NPM. Intinya sih, kami sangat menyarankan Anda memakai Forever.js, agar project Node.js Anda bisa berjalan terus.

Namun selain menggunakan Forever.js untuk menjaga website tetap ON, ada satu hal lagi yang wajib Anda perhatikan. Yaitu, faktor uptime dari layanan hosting yang Anda gunakan.

Sebab jika penyebab downtime terletak di server, menggunakan tools tambahan untuk website akan sia-sia belaka. Untuk itu, pastikan Anda selalu memakai hosting dengan jaminan uptime tinggi, seperti Niagahoster.

Niagahoster punya paket Cloud Hosting dengan jaminan uptime hingga 99.995%. Hal ini berkat penggunaan Data Center Tier 4 pertama di Asia Tenggara, serta fitur pendukung seperti Multiple Upstream dan Dedicated Line.

Semuanya bekerja sama memastikan website Anda selalu ON 24 jam penuh, bahkan ketika sedang banyak pengunjung. Jadi tunggu apa lagi, yuk cobain paket Cloud Hosting Niagahoster dan nikmati website lancar bebas down!

Demikian artikel kali ini, semoga bermanfaat. Jangan lupa klik tombol Subscribe agar Anda tak ketinggalan artikel terbaru kami. Sampai jumpa lagi!

Leave a Reply

Your email address will not be published.