Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Cara Install Node.js dan NPM di Ubuntu 18.04

4 min read

cara install node js

Anda menggunakan Linux Ubuntu dan ingin menginstall Node.js dan NPM? Tenang saja karena caranya cukup mudah. Setidaknya ada tiga cara install Node.js dan NPM, yaitu menggunakan PPA sendiri, menggunakan repository, dan memanfaatkan layanan NVM melalui Terminal. Semuanya akan kami bahas di artikel ini.

Apa itu Node.js?

Node.js adalah sebuah platform Javascript yang berjalan pada client dan server. Platform ini mirip seperti PHP di bagian server. Hanya saja Node.js menggunakan Javascript secara keseluruhan.

Node.js memungkinkan developer untuk mengeksekusi dan membangun baris program Javascript pada lingkungan server. Jadi melalui Node.js, JavaScript tidak hanya berjalan di dalam browser saja, tetapi juga di bagian server.

Proses pengembangan perangkat lunak akan lebih mudah berkat Node.js. Anda tidak perlu mempelajari bahasa pemrograman lain dan juga lebih konsisten di dalam mendesain program.

Apa itu NPM?

NPM adalah perangkat lunak semacam package manager. Jadi saat Anda ingin memasang suatu aplikasi tinggal menggunakan beberapa perintah saja. Perintah ini biasanya dijalankan di Terminal di Linux atau Command Line di Windows.

Jadi ketika Anda menggunakan NPN tidak perlu mengunduh file terlebih dahulu. Anda hanya tinggal menjalankan satu dua perintah dan secara otomatis aplikasi akan terinstall.

Anda sudah pernah menggunakan sistem operasi Linux? Fungsi NPM hampir sama dengan  APT di Ubuntu atau Pacman di Arch. Nah, NPM khusus dipakai untuk mengambil beberapa resource di dalam proses pengembangan perangkat lunak atau aplikasi oleh developer.

npm install bootstrap

Contohnya saja ketika Anda membutuhkan framework Bootstrap. Anda hanya perlu mengetikkan “$ sudo npm install bootstrap” di Terminal. Secara otomatis NPM akan menginstall Bootstrap ke dalam project.

Cara Install Node.js dan NPM di Ubuntu 18.04

Proses instalasi NPM dan Node.js di Linux (khususnya Ubuntu) sangat mudah. Pada artikel ini, kami akan membahas setidaknya tiga cara yang bisa Anda lakukan untuk menginstall Node.js di Ubuntu.

Selain di Ubuntu, Node.js maupun NPM dapat di semua platform Linux, seperti Fedora, CentOS, Lubuntu, dan lain sebagainya.

Tiga cara install Node.js dan NPM di Ubuntu:

  1. Menggunakan versi Ubuntu terbaru dan menambahkan PPA sendiri.
  2. Via repository yang Ubuntu resmi.
  3. Menggunakan NVM (Node.js Version Manager).

1. Cara Install Node.js dan NPM Menggunakan PPA Sendiri

Cara install NPM ini cukup sulit karena Anda harus mengeksekusi instalasi program secara langsung melalui Terminal. Namun, jika Anda ingin mendapatkan versi terbaru dari NPN dan Node.js akan lebih baik jika menggunakan cara ini. 

Hal pertama yang perlu Anda persiapkan adalah menambahkan PPA (Personal Package Archive). Caranya, unduh file eksekusi program untuk nodesource.com.

Masuk ke direktori rumah (home folder di Linux).

$ cd ~

Kemudian unduh script instalasi PPA. Anda dapat menggunakan curl untuk mengunduh file tersebut. Pastikan Anda menggunakan versi terbaru PPA yang tersedia.

$ curl -sL https://deb.nodesource.com/setup_8.x -o nodesource_setup.sh

Jika proses download sudah selesai, Anda bisa langsung mengcompile file yang sudah diunduh. Caranya adalah dengan menggunakan sudo dan perintah bash.                                    

$ sudo bash nodesource_setup.sh

Saat proses compile sudah selesai, Anda bisa langsung melanjutkan proses instalasi menggunakan perintah ‘apt’. Pada proses ini, NPM akan secara otomatis terinstall ketika Node.js diinstall menggunakan PPA.

$ sudo apt install nodejs

2. Cara Install Node.js dan NPM Melalui Repository di Linux

Ingin cara yang lebih mudah? Anda dapat memanfaatkan repository yang ada di dalam Linux. Cara ini terhitung lebih mudah dibandingkan dengan cara lainnya. Jadi sangat cocok bagi Anda yang belum terlalu familiar dengan Node.js.

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah melakukan pembaruan repository. Jika sudah, Anda dapat langsung melakukan proses instalasi menggunakan perintah di bawah ini.

$ sudo apt update
$ sudo apt install nodejs

Pada saat proses instalasi sudah selesai, Anda dapat mengecek versi Node.js menggunakan “$ nodejs -v”.

Proses instalasi ini belum termasuk program NPM sehingga jika versi Node.js tidak sesuai dengan yang dikehendaki, Anda harus menginstal beberapa modul dan package JavaScript menggunakan NPM.

Jadi langkah selanjutnya adalah menginstall NPM menggunakan perintah di bawah ini. 

$ sudo apt install npm

Versi NPM dapat Anda cek menggunakan perintah “$ npm -v”.

3. Cara Install Node.js Menggunakan NVM (Node.js Version Manager)

Cara terakhir yang dapat Anda pakai adalah menggunakan Node.js Version Manager. Jika Anda ingin menggunakan lebih dari satu versi Node.js, cara ini perlu Anda pakai. 

NVM memungkinkan Anda untuk menginstall beberapa versi Node.js di dalam satu sistem. 

Selain itu, Anda juga bisa mengatur versi Node.js default dari salah satu versi yang sudah terinstall di dalam sistem.

Anda memerlukan beberapa paket supaya dapat menjalankan NVM dan menginstall Node.js dengan benar, yaitu build-essential dan libssl-dev.

$ sudo apt update
$ sudo apt install build-essential libssl-dev

Kemudian, jika paket sudah terinstall, Anda perlu mengambil file instalasi NVM dari Creationix dengan menggunakan curl seperti perintah di bawah ini.

$ sudo curl -o- https://raw.githubusercontent.com/nvm-sh/nvm/v0.34.0/install.sh | sudo bash
sudo curl

Atau, Anda bisa menggunakan wget melalui perintah di bawah ini.

$ sudo wget -qO- https://raw.githubusercontent.com/nvm-sh/nvm/v0.34.0/install.sh | sudo bash

Perintah di atas akan mengunduh file instalasi NVM dan secara otomatis akan memasangnya langsung.

Supaya NVm dapat bekerja, Anda perlu restart Terminal.

Atau, jika Anda ingin menggunakannya langsung silakan jalankan perintah berikut ini di Terminal.

$ source ~/.bashrc

Sampai di sini Anda sudah mempunyai NVM yang sudah terinstall. Nah, perbedaan NVM dengan cara yang lainnya adalah memungkinkan Anda untuk memilih versi Node.js.

Pertama, Anda dapat mengecek versi aktif saat ini menggunakan perintah berikut.

$ nvm ls-remote

Perintah di atas akan memunculkan informasi versi Node.js yang dapat Anda pakai.

Contoh hasilnya seperti gambar di bawah ini.

versi node js

Versi di atas belum terinstall sehingga Anda perlu meng-installnya terlebih dahulu. 

Cara install Node.js ini sangat mudah. Anda tinggal menunjuk versi yang ingin dipakai. Contohnya jika Anda ingin menginstal versi 6.9.0:

$ nvm install 6.9.0

Tidak hanya satu versi, Anda bahkan dapat menggunakan dua versi Node.js menggunakan NVM. Caranya tinggal ganti nomor versi dengan versi yang Anda inginkan.

Jika Anda selesai memilih dan menginstal versi Node.js yang Anda butuhkan, seluruh versi yang sudah terinstall dapat Anda lihat menggunakan perintah ‘ls’.

$ nvm ls

Sedangkan jika Anda ingin mengubah versi default Node.js yang dipakai oleh sistem, pakai opsi ‘use’ diikuti dengan versi yang ditunjuk.

Contohnya seperti perintah di bawah ini.

$ nvm use 7.7.3

Baca Juga: Cara Setting Node.JS

Kesimpulan

Proses instalasi Node.js dan NPM di Linux cukup beragam. Anda bisa memanfaatkan repository yang tersedia di sistem operasi. Anda juga bisa menggunakan NVM atau menggunakan PPA sendiri yang ditambahkan ke Linux.

Dari ketiga cara yang dijelaskan di atas, cara yang paling disarankan adalah menggunakan repository langsung karena Anda tidak perlu melakukan banyak hal. Tinggal jalankan perintah update dan install di Terminal maka Node.js dan NPM sudah terinstall secara otomatis.

Baca Juga : Next.js: Pengertian, Cara Kerja, dan Tutorial Project Next.js

Itu tadi panduan singkat bagaimana cara install NPM dan Node.js di Ubuntu. Jika masih ada pertanyaan, jangan sungkan untuk menambahkannya melalui kolom komentar di bawah ini. Silakan subscribe untuk mendapatkan informasi terkait bisnis online, digital marketing, dan layanan dari kami seperti hosting web, vps murah terbaik, cloud webhosting murah.


Yasin K Yasin K is a Technical Content Writer for Niagahoster Blog. Other words are unimportant things you will never need to know. Let the content speak for itself :)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *