Digital Marketing

Apa Itu Afiliator? Pengertian, Tugas, dan Keuntungannya

Menjadi afiliator adalah salah satu pekerjaan yang menjanjikan. Bagaimana tidak? Selain mudah untuk memulainya, Anda bisa mendapatkan penghasilan hingga ratusan juta dari profesi tersebut. Terlebih, Anda bisa melakukannya dari rumah.

Kedengarannya sangat menggiurkan, ya? Tapi, apa itu afiliator sebenarnya? Seperti apa pekerjaan afiliator?

Artikel ini tidak hanya akan membahas pengertian afiliator, tetapi juga menjelaskan keunggulan menjadi afiliator dan cara memulainya. Jadi, simak terus sampai selesai, ya!

Apa Itu Afiliator?

Afiliator adalah sebutan untuk orang yang mengikuti program afiliasi. Afiliasi sendiri merupakan program kerjasama suatu brand dengan orang lain yang nantinya memberikan imbalan berupa komisi.

Sebagai afiliator, tugas Anda adalah mengajak orang untuk membeli produk milik brand yang program afiliasinya Anda ikuti. 

Besaran komisi ditentukan oleh brand yang menyelenggarakan afiliasi, mulai dari beberapa persen saja, hingga komisi 70% seperti program afiliasi Niagahoster.

Untuk mengajak orang mau membeli produk, Anda harus rajin mempromosikan produk dengan social media marketing. Bisa melalui berbagai konten online, seperti postingan blog, media sosial, dan video di YouTube.

Contohnya, Anda menulis ulasan di blog tentang keunggulan suatu produk dan mengajak pembaca untuk membelinya melalui link yang Anda cantumkan.

Link tersebut berisi kode referral khusus yang Anda dapatkan setelah mendaftar program afiliasi. Anda wajib menggunakan link tersebut agar terhitung sebagai penjualan yang berhasil dan mendapatkan komisi.

Nah, itu dia arti afiliator yang perlu Anda pahami.

Sekilas, pekerjaan afiliator memang mirip dengan apa yang dilakukan seorang influencer. Keduanya sama-sama memasarkan produk atau layanan milik suatu brand. Akan tetapi, keduanya sebenarnya merupakan profesi yang berbeda. 

Apa Perbedaan Antara Afiliator dan Influencer?

Ada beberapa hal yang membedakan influencer dengan afiliator.

Pertama, influencer dipilih oleh brand untuk mempromosikan produknya, sedangkan afiliator mendaftar secara mandiri pada suatu program afiliasi.

Kedua, penghasilan influencer berasal dari bayaran dengan jumlah yang disepakati  dengan brand. Kalau afiliator, pendapatannya berupa komisi dari setiap penjualan produk yang berhasil dilakukan.

Ketiga, influencer mendapatkan bayaran sebelum membuat konten promosi yang disetujui dengan brand. Sementara itu, afiliator mendapatkan komisi setelah mempromosikan dan berhasil menjual produk.

Keempat, tugas influencer selesai setelah membuat konten pemasaran untuk brand pada periode tertentu sesuai ketentuan kerjasama. Sedangkan, afiliator bisa terus menjual produk sesuai dengan keinginan selama tidak melanggar ketentuan program.

Dengan mengetahui perbedaan tersebut, Anda tentu bisa menebak apa keuntungan menjadi afiliator, bukan?

Baca Juga: Pengertian dan Tips Sukses Affiliate Marketing

Apa Saja Keuntungan Menjadi Afiliator?

Pekerjaan afiliator menawarkan beberapa kelebihan yang menarik, yaitu:

1. Memiliki Penghasilan Pasif

Keunggulan utama menjadi afiliator adalah memiliki penghasilan pasif yang jumlahnya cukup menggiurkan. Sebab, link afiliasi Anda akan terus-menerus mendatangkan uang selama tidak dihapus dari konten Anda.

Bahkan, para afiliator top bisa mendapatkan ratusan juta dari link afiliasi saja. Jika tidak percaya, Anda bisa simak kisah afiliator Niagahoster yang penghasilan afiliasinya melebihi pendapatan utamanya.

Agar bisa terus meraup pendapatan dari program afiliasi, tentunya konten Anda harus bisa mempengaruhi audiens agar membeli produk menggunakan link Anda. Oleh karena itu, Anda harus mengikuti afiliasi yang produknya sesuai dengan niche blog atau media sosial Anda.

Contohnya, apabila blog Anda membahas tentang teknologi, tentunya ulasan tentang produk skincare kurang bisa menghasilkan komisi dari afiliasi yang diikuti.

Selain itu, pastikan konten Anda mudah ditemukan audiens agar mereka tahu tentang promosi Anda. Misalnya, Anda perlu menerapkan SEO untuk postingan blog Anda agar berada di puncak hasil pencarian Google untuk kata kunci tertentu.

Baca Juga: Ini Cara Blogger Meraih Jutaan Rupiah dari Program Afiliasi Niagahoster!

2. Tidak Memerlukan Modal Besar

Memulai pekerjaan afiliator adalah hal yang mudah. Apalagi bagi Anda yang sudah gemar blogging dan posting di media sosial serta kemampuan untuk membuat konten promosi yang efektif.

Selanjutnya, Anda tinggal bergabung dengan suatu program afiliasi yang umumnya gratis. Dengan begitu, Anda tidak perlu mengeluarkan dana untuk mulai memasarkan produk yang ditawarkan brand penyedia program afiliasi.

Namun, jika ingin mampu melakukan promosi yang lebih mendetail tentang kualitas produk, Anda bisa mencoba produk brand tersebut. 

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Sering Dilakukan Afiliator Pemula

3. Bisa Bekerja Dimanapun dan Kapan Saja

Kalau Anda ingin bebas work from home, kafe, atau tempat lainnya, menjadi afiliator adalah salah satu pilihan tepat. Yang Anda butuhkan hanyalah perangkat komputer untuk bekerja dan koneksi internet yang stabil.

Selain itu, Anda tidak harus bekerja dari pagi hingga sore untuk melakukan tugas afiliator. Dengan begitu, Anda bisa menjadikannya sebagai profesi sampingan setelah menyelesaikan pekerjaan utama Anda.

Baca Juga: 7 Tips Kerja Remote yang Lebih Produktif dan Menyenangkan

4. Tidak Terbatas pada Satu Program Afiliasi

Ingin mendapatkan lebih banyak penghasilan? Sah-sah saja kalau Anda mengikuti lebih dari satu program afiliasi, lho.

Namun, pastikan dulu bahwa Anda punya cukup waktu dan energi untuk membuat beberapa konten sekaligus dan memantau efektifitas masing-masing promosi yang dilakukan. 

Selain itu, pelajari syarat dan ketentuan penyelenggara program afiliasi. Sebab, ada juga yang tidak memperbolehkan Anda menjadi afiliator brand lain.

Baca Juga: 17+ Program Afiliasi Terbaik, Begini Rekomendasinya!

Sudah Tahu Apa Itu Afiliator, kan?

Di artikel ini Anda sudah mengenal arti afiliator. Jika menjadi seorang afiliator, Anda akan mendapatkan komisi untuk setiap pembelian produk dari suatu brand melalui link afiliasi di konten Anda.

Afiliator adalah profesi yang menguntungkan dan mudah dijalankan. Anda hanya perlu bermodal komputer, koneksi internet, dan kemampuan membuat konten pemasaran yang baik untuk mendapatkan penghasilan jutaan rupiah.

Nah, jika tertarik untuk menjadi seorang afiliator, program afiliasi Niagahoster bisa jadi pertimbangan Anda. Selain menawarkan komisi 70%, program afiliasi Niagahoster memiliki beberapa keunggulan, yaitu:

  • Pencairan komisinya mudah. Anda cukup memiliki dua pelanggan aktif dan bisa mencairkan keuntungan 30 hari setelah transaksi pertama.
  • Menawarkan diskon menarik untuk pelanggan. Jika membeli produk Niagahoster melalui link afiliasi Anda, pelanggan akan mendapatkan diskon 5%. Tentunya, potongan harga itu bisa Anda manfaatkan untuk menarik pembeli.
  • Produk afiliasi beragam. Anda bisa memasarkan beberapa produk hosting Niagahoster, seperti shared hosting, cloud hosting, dan mail hosting.

Menariknya lagi, Niagahoster tidak memungut biaya untuk pendaftaran program afiliasinya. Jadi, tunggu apa lagi? Segera jadi afiliator Niagahoster dan dapatkan penghasilan sebesar-besarnya!

Aldwin Nayoan

Aldwin is a content writer at Niagahoster. Specializing in web hosting and WordPress, he is eager to help people uplevel their business on the internet. Apart from being a tech junkie, Aldwin likes fiction and photography.

Share
Published by
Aldwin Nayoan

Recent Posts

Perbedaan Cloud Hosting dengan Cloud Computing, Jangan Salah Pilih!

Cloud Hosting dan Cloud Computing adalah dua istilah yang serupa tapi tak sama. Yuk ketahui perbedaan Cloud Hosting dan Cloud…

17 hours ago

Cara Mengganti Nama Domain Dengan Cepat dan Mudah

Anda ingin tahu cara mengganti nama domain? Tapi, sebenarnya bisakah mengganti nama domain website dengan nama lain? Tenang, Anda sudah…

20 hours ago

Cara Backup dan Restore Database MySQL dengan Mysqldump

SQL Dump adalah tools CI untuk membackup database MySQL. Yuk ketahui cara backup MySQL dengan Mysqldump di sini!

5 days ago

Hosting Murahan vs Niagahoster: Teliti Sebelum Beli Hosting!

Ingin membeli hosting? Awas, jangan terkecoh hosting abal-abal! Yuk ketahui dulu perbedaan hosting murahan vs Niagahoster di sini!

7 days ago

Jejak Digital Adalah: Pengertian, Bahaya, Cara Menghapus, dan Tips Mengelolanya

Jejak digital adalah informasi yang ditinggalkan seseorang saat menggunakan internet. Informasi ini sulit dihilangkan dan bisa saja disalahgunakan oleh orang…

1 week ago

Apa Itu Dropshipper? Bagaimana Cara Menjadi Dropshipper?

Anda ingin memulai bisnis online dengan modal kecil? Menjadi dropshipper adalah salah satu cara yang bisa Anda coba, apalagi bagi…

1 week ago