Muhammad Ariffudin also known as Ariffud

Komitmen ke Komunitas WordPress, Niagahoster Rilis Wapuu Ranger

1 min read

Wapuu Ranger Niagahoster

WordPress adalah platform CMS nomor satu di dunia yang menguasai 64.3% pangsa pasar. Sementara di Niagahoster, pengguna WordPress mencapai 80%. Salah satu rahasia CMS open source ini bisa bertahan hingga sekarang yaitu dukungan komunitas yang solid.

Kekompakan dan semangat komunitas WordPress tak hanya tercermin pada hal-hal teknis saja, seperti pengembangan, perbaikan bug, dan alih bahasa. Melainkan juga menyangkut aspek kreativitas, misalnya pembuatan maskot.

Sudah lumayan lama, komunitas WordPress mengangkat Wapuu sebagai maskotnya. Bahkan hingga kini, ada banyak sekali versi Wapuu tercipta. Salah satunya yang belum lama ini dirilis Niagahoster, bernama Wapuu Ranger.

Kali ini, kami mengajak Anda mengenal maskot Wapuu Ranger versi Niagahoster. Tanpa basa-basi lagi, yuk simak artikel selengkapnya!

Niagahoster Rilis Wapuu Ranger untuk Komunitas WordPress

wapuu ranger niagahoster

Sekitar bulan September 2022, Niagahoster meluncurkan maskot Wapuu versinya sendiri yang bernama Wapuu Ranger. Nama ‘Ranger’ dipilih untuk menyesuaikan panggilan si maskot dengan sebutan karyawan Niagahoster, Hoster Ranger.

Sesuai namanya, Wapuu Ranger mengenakan kostum Power Ranger berwarna biru. Di lengan kirinya terdapat ikatan berlogo Niagahoster. Ia juga memakai ikat kepala berwarna merah putih yang melambangkan bendera Indonesia.

Lantas, kenapa sih Niagahoster sampai seniat itu membuat Wapuu-nya sendiri?

“Niagahoster menyadari WordPress tetap menjadi CMS dengan pengguna yang besar di Indonesia. Hampir semua produk Niagahoster didesain untuk mendukung para pengguna WordPress sehingga websitenya bisa bekerja optimal,” ungkap Ayunda Zikrina, Head of Brand and Communication Niagahoster.

Bahkan, Niagahoster saat ini menyediakan dua layanan hosting khusus WordPress, yaitu WordPress Hosting dan Simple WordPress.

Ayunda menambahkan “Kontribusi ini menjadi dasar kenapa Niagahoster akhirnya membuat maskot sendiri. Maskot ini adalah wujud kedekatan Niagahoster dengan ekosistem WordPress dan akan terus membersamai para pengguna WordPress di Indonesia meraih sukses online.”

wordcamp gresik 2022

Nantinya, Wapuu Ranger akan turut memeriahkan acara komunitas WordPress di Indonesia yang juga didukung oleh Niagahoster. Yang terdekat tentu saja event WordCamp Gresik 2022 yang akan berlangsung tanggal 9 hingga 10 November 2022.

Nah, itu tadi sekilas tentang Wapuu Ranger dan cerita menarik dibalik pembuatan maskot WordPress versi Niagahoster ini. Anda penasaran dengan sejarah Wapuu hingga mendunia seperti sekarang? Scroll ke bawah, ya!

Baca juga: Kolaborasi Niagahoster dan Komunitas WordPress Adakan Road to WordCamp 2022

Sekilas Tentang Maskot WordPress Wapuu

wapuu adalah

Seperti yang sedikit disinggung, Wapuu adalah karakter fiksi yang diciptakan sebagai maskot WordPress. Wapuu digambarkan layaknya makhluk mirip kucing berekor panjang yang sedang memeluk bola berlogo WordPress.

Wapuu pertama kali dikenalkan pada acara WordCamp Fukuoka pada tahun 2011 silam, sebagai cara untuk mempromosikan WordPress di komunitas pengguna Jepang secara lebih gencar.

wapuu lahir di wordcamp fukuoka 2011

Hingga sekarang, Wapuu semakin mendunia dan menemani setiap kegiatan komunitas WordPress. Ditambah lagi, semua orang baik individu maupun perusahaan seperti Niagahoster, bebas membuat varian Wapuu-nya sendiri.

Sampai di sini, Anda sudah mengenal Wapuu Ranger Niagahoster dan sejarah maskot komunitas WordPress yang satu ini. Bagaimana, Anda tertarik berjumpa dengan Wapuu Ranger di event WordCamp Gresik 2022 nanti?

Eits… tapi sambil menunggu acara tersebut digelar bulan November, tak ada salahnya Anda menengok deretan event yang diselenggarakan Niagahoster. Dijamin, acaranya bermanfaat menambah wawasan Anda dan pastinya, gratis!

Muhammad Ariffudin also known as Ariffud

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *