Ridandi Bintang Pamungkas Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.

Ingin Membuat Konsumen Anda Terpikat? Tawarkan Value Proposition yang Tepat!

8 min read

Mencari konsumen sama seperti mencari jodoh. Anda bisa saja menghubungi, membujuk, dan mendekati target Anda. Tapi, peluang Anda untuk diterima tentu tergantung dari apa yang Anda tawarkan. 

Contohnya, Anda bisa saja menawarkan produk yang menarik dan berkualitas tinggi untuk memikat target pasar. Tapi.. Apakah memperhatikan fitur produknya saja sudah cukup?

Tentu saja belum. Anda juga harus pintar dalam menjual nilai dan manfaat produknya. Atau dalam istilah bisnis adalah value proposition.

Karena, dengan membuat dan menampilkan value proposition yang menarik, niscaya calon pembeli akan semakin yakin untuk membeli produk Anda.

Ingin tahu cara membuat value proposition terbaik untuk bisnis Anda? Yuk simak artikel ini sampai selesai! 

Apa Itu Value Proposition?

Nah, sebelum membahas lebih lanjut tentang cara membuat value proposition, sebenarnya value proposition itu apa sih? 

Value proposition adalah suatu pernyataan yang berisi manfaat yang ditawarkan bisnis ke pelanggannya. Biasanya, pernyataan value proposition terdiri dari:

  1. Headline
  2. Sub-headline
  3. Tombol CTA (Call-To-Action)
  4. Gambar

Tapi tidak semua value proposition memiliki keempat komponen tersebut secara lengkap. Terkadang ada juga value proposition yang cuma menampilkan headline dan CTA saja:

halaman utama bellroy

Tapi, jika Anda ingin tahu contoh value proposition yang lengkap, lihatlah halaman untuk layanan pembuatan website di Niagahoster:

halaman utama membuat website niagahoster

Seperti yang Anda lihat, di halaman ini semua komponen value propositionnya sudah sangat jelas:

  1. Headline – Bagian ini langsung menjelaskan manfaat utama layanannya, yaitu “Konsumen bisa mendapat website bisnis dengan fitur lengkap secara praktis”. 
  2. Sub-headline – Bagian ini berfungsi untuk mendukung pernyataan di headline. Jadi, kalimatnya menekankan bahwa pembeli bisa langsung menerima website siap pakai.
  3. CTA – Fungsi tombol ini adalah mengarahkan calon pembeli untuk melakukan transaksi. Itulah kenapa tombolnya diberi tulisan “Lihat Penawaran”.
  4. Gambar – Niagahoster memasang gambar yang cocok untuk mendukung narasi “membuat website profesional dengan cara yang praktis”.

Patut dicatat bahwa kunci dari value proposition adalah menyampaikan manfaat dari produk atau layanan. Jadi, value proposition bukan sekadar slogan

Sebagai contoh, mari kita lihat slogan dari beberapa brand terkenal:

  • Nike – Just do it
  • Apple – Think different
  • McDonald’s – I’m lovin’ it!

Apakah ketiga slogan di atas menjelaskan manfaat produk? Tentu saja tidak. Selain itu, kalimat branding juga bukan termasuk value proposition. Contohnya seperti:

  • Restoran Padang pertama di Yogyakarta!
  • Toko buku online nomor satu di Indonesia.
  • Franchise ayam goreng terbaik dengan 40 cabang di seluruh Indonesia.

Alasannya, pernyataan branding hanya berfungsi untuk menaikkan reputasi, bukan untuk menawarkan manfaat ke calon pelanggan.

Nah, di sini mungkin Anda mulai penasaran, kira-kira bagaimana sih cara membuat value proposition yang menarik? Yuk lihat di bagian selanjutnya!

Baca juga: Tingkatkan Conversion Rate Anda dengan 5+ Tips CTA ini!

Bagaimana Cara Membuat Value Proposition yang Menarik?

Apakah untuk membuat value proposition yang menarik Anda perlu mengetahui banyak trik dan mempelajari banyak teori? Untungnya, tidak.

Justru, bisa dibilang caranya cukup simpel. Anda hanya perlu melakukan tiga hal berikut:

  • Jelaskan produk dan manfaatnya.
  • Jelaskan siapa yang cocok untuk membeli produknya.
  • Jelaskan mengapa produk Anda lebih unggul dari kompetitor.

Selesai! Jika Anda mampu menjelaskan ketiganya, kemungkinan besar Anda sudah punya value proposition yang ideal.

Tapi.. walaupun Anda punya sudah punya penawaran yang menarik, terkadang eksekusinya tidak sesuai harapan. Biasanya, penyebabnya karena penawarannya tidak disampaikan dengan baik.

Bagaimana cara mempresentasikan value proposition Anda secara lebih menarik? Mari kita lihat di bagian selanjutnya!

Cara Menawarkan Value Proposition secara Lebih Menarik

Agar value proposition yang Anda tawarkan jadi lebih menarik dan mudah dimengerti calon pembeli, coba lakukan hal-hal berikut:

  • Hindari bahasa yang terlalu teknis. Pastikan target konsumen paham apa yang Anda tawarkan. Gunakan bahasa yang dimengerti orang awam.
  • Jangan berlebihan. Terkadang ada penawaran yang bahasanya terlalu heboh. Contohnya seperti “Produk revolusioner!” atau “Layanan yang akan mengubah hidup Anda!”. Padahal, konsumen pasti lebih tertarik jika penawarannya jujur dan apa adanya.
  • Tawarkan bonus. Jika penawaran awal Anda sudah menarik, lalu Anda menambahkannya dengan bonus. Tentu calon pembeli akan semakin tertarik untuk membeli, kan?

Baca juga: Belajar Copywriting: Cara Lengkap “Menjual”dengan Tulisan

Contoh Bonus Penawaran yang Menarik bagi Pelanggan

Nah, bicara soal bonus, apa saja sih bonus yang kira-kira menarik untuk ditawarkan? Berikut adalah beberapa contoh bonus yang berpotensi membuat calon konsumen tertarik untuk membeli:

  1. Gratis ongkir. Cara ini banyak dilakukan oleh online marketplace ternama seperti Shopee dan Tokopedia.
  2. Beli satu produk gratis produk lain. Contohnya seperti yang dilakukan oleh Niagahoster. Jadi, pelanggan yang membeli hosting di Niagahoster bisa mendapat domain gratis.
  3. Gratis instalasi. Contohnya seperti bisnis internet service provider yang menawarkan gratis instalasi modem. Atau usaha isi ulang gas yang menawarkan pemasangan tabung gas secara cuma-cuma.
  4. Garansi. Terkadang konsumen takut produk yang mereka beli tidak sesuai harapan. Jadi, bila Anda menawarkan garansi, mereka tak perlu lagi khawatir dengan risiko kerugian.
  5. Potongan Biaya. Siapa yang tak tertarik dengan diskon? Anda bisa memberikan potongan harga pada produk-produk tertentu untuk memberi nilai tambah.

Baca juga: 12+ Strategi Pemasaran Efektif untuk Bisnis Anda

Oke, sekarang Anda sudah tahu cara membuat value proposition yang menarik. Tapi, mungkin Anda masih penasaran. Seberapa besar sih pengaruh value proposition terhadap peningkatan penjualan?

Invesp, sebuah agensi CRO (Conversion Rate Optimization) pernah melakukan riset dengan memperbaiki value proposition di lima website. Dan hasilnya, semua websitenya menunjukkan peningkatan penjualan, bahkan ada yang meningkat hingga 90%!

Jadi, dapat disimpulkan bahwa value proposition memang punya peran yang cukup besar dalam meningkatkan penjualan. Dengan catatan value proposition yang dipasang tidak hanya menarik, tapi juga efektif.

Lalu contoh value proposition yang bagus itu seperti apa sih? Yuk simak lebih lanjut!

5+ Contoh Value Proposition yang Mengundang Calon Pembeli

Berikut adalah beberapa bisnis yang berhasil menawarkan value proposition yang menarik. Mau tahu alasannya? Mari kita breakdown manfaat yang mereka tawarkan:

1. Flip

value proposition flip

Flip adalah aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer antar bank tanpa mengeluarkan biaya.

Manfaat tersebut ditampilkan Flip sebagai headline utama. Lalu, mereka juga menempatkan tombol CTA tepat di bawahnya. Sehingga pengguna yang tertarik bisa langsung mendaftar.

Mungkin Anda penasaran, di mana sub-headlinenya? Nah, jika Anda scroll sedikit ke bawah, Anda akan menemukannya:

sub headline flip

Jadi, sub-headlinenya masih mendukung manfaat yang ditampilkan di headline utama, yaitu membantu masyarakat Indonesia menghemat uang dengan menghapus biaya transfer antar bank.

Analisa value proposition

  • Produk dan manfaatnya: Aplikasi yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer antar bank tanpa biaya. 
  • Cocok digunakan oleh: Orang-orang yang sering melakukan transfer antar bank. Karena, mereka bisa menghemat banyak biaya dengan menggunakan Flip.
  • Keunggulan produk: Flip bersaing dengan aplikasi-aplikasi mobile banking yang memungkinkan penggunanya untuk melakukan transfer antar bank juga. Namun, rata-rata kompetitornya masih menerapkan biaya transfer.

2. Niagahoster

Niagahoster menyediakan banyak layanan. Jadi, value proposition yang ditawarkan pun banyak. Sebagai contoh, mari kita lihat halaman utama dari layanan email hosting Niagahoster:

halaman utama email hosting niagahoster

Dari headlinenya sudah jelas, bahwa manfaat utama yang ditawarkan oleh layanan ini adalah membantu bisnis agar punya daya saing yang lebih tinggi.

Namun, manfaat tersebut tentu perlu dijelaskan lebih detail lagi. Bagaimana layanan ini mampu membuat bisnis lebih bersaing? 

Itulah mengapa pertanyaan tersebut langsung dijawab di sub-headline, yaitu dengan memiliki alamat email bisnis sendiri, bisnis mampu memberi kesan profesional sekaligus meningkatkan kepercayaan pelanggan.

Kemudian value propositionnya ditutup dengan tombol CTA yang mengarahkan pengunjung untuk “Order Sekarang”. Tidak hanya itu, di bagian kanannya juga ada elemen visual yang memberi gambaran kreatif tentang email hosting.

Analisa Value Proposition

  • Produk dan manfaatnya: Layanan email hosting yang memungkinkan para pebisnis untuk punya email bisnis profesional. Dengan begitu, mereka dapat meningkatkan kepercayaan pelanggan.
  • Cocok digunakan oleh: Para pebisnis yang ingin punya email profesional.
  • Keunggulan produk: Layanan email hosting Niagahoster sudah dilengkapi fitur SpamExperts dan SpamAssassin untuk melindungi email yang dikirim dan juga menghalau email spam dari luar.  

Baca juga: Ingin Punya Email Bisnis Profesional? Email Hosting Solusinya!

3. Mitra Bukalapak

Mitra Bukalapak adalah program yang dibangun oleh Bukalapak untuk membantu para anggotanya membuka usaha dengan berjualan berbagai produk dan jasa yang ada di Bukalapak. Value proposition yang mereka tawarkan pun cukup menarik.

halaman utama mitra bukalapak

Tanpa basa-basi, headline utama websitenya langsung menjelaskan pada pengunjung bahwa siapa pun bisa mendapat untung jutaan dengan menjadi Mitra Bukalapak. Hal ini tentu menggoda sekali bagi orang-orang yang ingin mendapat penghasilan tambahan.

Sub-headlinenya pun mendukung narasi di headline utama, dengan menjelaskan bahwa Mitra Bukalapak dapat menikmati berbagai manfaat mulai dari belanja stok warung hingga menjual produk virtual.

Uniknya lagi, jika Anda melihat ke bagian kanan headline, Bukalapak menaruh gambar yang senada dengan pernyataan di headline, yaitu: Siapapun bisa mendapat keuntungan dari program ini. Mulai dari orang tua, anak muda, ibu rumah tangga, hingga tukang ojek.

Baca : Promo Domain Termurah 2021

Analisa Value Proposition

  • Produk dan manfaatnya: Program mitra usaha yang dapat membantu anggotanya untuk meraih penghasilan tambahan.
  • Cocok digunakan oleh: Siapa pun yang berminat untuk mendapat penghasilan tambahan dari berjualan.
  • Keunggulan produk: Mitra Bukalapak dapat bergabung tanpa mengeluarkan modal sama sekali. Selain itu, ada banyak keuntungan lainnya seperti harga ekonomis untuk produk grosir dan juga potongan harga untuk layanan top up dan tagihan.

4. Sucor Sekuritas

Apakah value proposition yang sederhana juga bisa menjual? Tentu saja bisa! Contohnya seperti value proposition yang digunakan Sucor Sekuritas.

Perusahaan yang bergerak di bidang pengelolaan investasi ini punya value proposition yang sangat simpel, yaitu “Grow Your Wealth” alias “Mengembangkan kekayaan Anda”.

value proposition sucor sekuritas

Kemudian, mereka juga menekankan manfaat layanannya di bagian sub-headline, yaitu membantu orang-orang untuk mencapai kebebasan finansial. 

Ini adalah cara yang cukup brilian untuk mengajak masyarakat awam mengenal lebih jauh tentang dunia investasi. Sebab, bahasanya sangat mudah dimengerti.

Bayangkan jika value proposition yang digunakan adalah “Membantu pemula berinvestasi untuk capai return yang tinggi”. Tentu akan lebih membingungkan, bukan?

Analisa Value Proposition

  • Produk dan manfaatnya: Layanan manajemen aset dan perdagangan online yang dapat membantu nasabahnya membangun kekayaan dan mempertahankannya.
  • Cocok digunakan oleh: Orang-orang yang tertarik untuk berinvestasi demi mengembangkan kekayaan mereka dari waktu ke waktu.
  • Keunggulan produk: Selain menawarkan produk investasi yang cukup lengkap. Sucor Sekuritas juga memiliki aplikasi SPOT yang dapat mempermudah nasabah dalam melakukan trading saham via online.

Baca juga: Yuk Belajar dari Para Penerima Forbes 30 Under 30 asal Indonesia!

5. Notion

Anda bisa saja memiliki value proposition yang menarik. Tapi, bagaimana jika kompetitor Anda menawarkan value yang sama?

Solusinya, berikan ciri khas pada value proposition yang Anda tawarkan. Contohnya seperti yang dilakukan oleh Notion, sebuah aplikasi workspace yang memiliki banyak fungsi. Mulai menulis catatan, menyimpan tugas, hingga menjalankan proyek kolaborasi. 

Value proposition mereka adalah “All-in-one workspace”. Dengan kata lain, penggunanya bisa membuat dan mengakses seluruh data terkait pekerjaan di satu tempat. 

value proposition notion

Well, idenya memang menarik, tapi jika presentasinya kurang tepat, tentu akan terdengar membosankan, bukan?

Untungnya, Notion tahu bahwa penggunanya adalah orang-orang yang tertarik dengan kemudahan dan hal-hal yang sifatnya simpel. Itulah mengapa mereka menggunakan style minimalis dalam menyampaikan value propositionnya.

Tidak hanya melalui tulisan-tulisan yang singkat, tapi juga penggunaan gambar-gambar yang simpel nan bermakna. Menariknya, Anda bisa melihat konsistensi style Notion di seluruh halaman websitenya.

halaman about me notion

Analisa Value Proposition

  • Produk dan manfaatnya: Workspace multi fungsi yang dapat memudahkan penggunanya dalam banyak hal terkait pekerjaan. Mulai dari mencatat tugas harian, menulis laporan, hingga melakukan kolaborasi antar tim.
  • Cocok digunakan oleh: Orang-orang ingin membuat, menyimpan, dan mengakses seluruh data pekerjaan di satu tempat.
  • Keunggulan produk: Notion bukan hanya sekadar aplikasi pembuat catatan. Sebab, penggunanya juga dapat membuat database, diagram, dan tabel. Selain itu, Notion juga sudah terintegrasi dengan aplikasi populer lain seperti Slack dan Google Drive.

6. Qasir

Satu lagi contoh bisnis yang mampu memanfaatkan seluruh elemen value propositionnya dengan baik, yaitu Qasir:

value proposition qasir

Saat pertama kali melihat value propositionnya, Anda pasti langsung tahu kan manfaat utama aplikasi ini? 

Ya, tepat sekali. Jadi, Qasir adalah aplikasi kasir yang dapat membantu para pengusaha untuk mengelola bisnis via perangkat mobile.

Anda juga pasti menyadari bahwa yang menjadi kunci dari penawarannya adalah kata gratis. Karena, kata ini muncul secara berurutan di headline, sub-headline, dan juga tombol CTA. Jadi, bisa dibilang gratis merupakan salah satu keunggulan utama yang dimiliki Qasir.

Selain menulis penawaran yang menarik, gambar yang digunakan Qasir pun cukup mewakili fungsi aplikasi mereka. Mulai dari memilih menu hingga memproses pembayaran.

Anda pun bisa melakukan hal yang sama ketika merangkai value proposition. Pastikan seluruh elemennyadari headline hingga gambarmampu mengkomunikasikan manfaat dan keunggulan produknya dengan baik ke calon konsumen.

Analisa Value Proposition

  • Produk dan manfaatnya: Aplikasi kasir yang dapat membantu para pengusaha mengelola bisnisnya melalui perangkat mobile.
  • Cocok digunakan oleh: Pengusaha yang mencari solusi mudah dalam mengelola usaha sekaligus kemudahan dalam melayani pelanggan.
  • Keunggulan produk: Sesuai dengan value proposition di halaman utama websitenya, pengguna dapat menikmati fitur Qasir secara cuma-cuma. Selain itu, Qasir juga menawarkan fitur premium seperti fitur laporan usaha dan fitur absensi.

Baca juga: Pikat Pembaca Anda dengan 11+ Contoh Copywriting Headline Ini!

Yuk Buat Value Proposition Terbaik untuk Bisnis Anda! 

Ingin membuat value proposition yang menarik sekarang juga? Mulailah dengan mengidentifikasi manfaat produk, target konsumen, serta keunggulan produknya.

Jangan lupa untuk memberikan ciri khas pada penawaran Anda, serta berikan bonus-bonus yang dapat membuat penawarannya jadi lebih menarik.

Nah, selain memikirkan daya tarik valuenya, Anda juga perlu memperhatikan tempat di mana value tersebut akan dipresentasikan, yaitu website

Kenapa harus website? Karena platform ini merupakan gerbang utama bisnis Anda di dunia digital. Jadi, dengan memasang value proposition di website, Anda dapat menarik lebih banyak calon konsumen.

Nah, karena peran website sepenting itu, tentu Anda harus memperhatikan aspek teknisnya juga. Mulai dari kecepatan loading hingga performa servernya. Jika tidak, website Anda bisa jadi sulit diakses oleh pengunjung.

Bagaimana caranya agar website bisnis Anda punya durasi loading yang cepat dan stabil 24 jam? Gampang, Anda hanya perlu memilih layanan hosting yang tepat!

Dengan berlangganan hosting di Niagahoster, Anda tak perlu khawatir dengan performa website Anda. Kok bisa? Ini alasannya:

  • Website Anda akan didukung LiteSpeed, yaitu web server tercepat di dunia. Sehingga para pengunjung dapat menikmati waktu loading yang singkat.
  • Uptime rate Niagahoster berada di angka 99.9%. Jadi, pengunjung dijamin bisa mengakses website Anda dengan lancar 24 jam.
  • Jangan lupa soal keamanan! Agar website bisnis Anda terhindar dari serangan siber, Niagahoster menyediakan berbagai fitur keamanan terbaru, seperti Imunify360, Anti DDoS, serta Auto Backup.

Selain itu, Anda juga tak perlu khawatir jika websitenya bermasalah. Karena tim CS Niagahoster siap melayani Anda 24 jam non stop setiap hari.

Jadi, tunggu apa lagi? Yuk buat value proposition Anda semakin menjual dengan menggunakan website profesional di Niagahoster!

Ridandi Bintang Pamungkas Bintang is an avid learner with years of experience in Marketing and Business Management subjects. Aside from writing, Bintang loves reading books and collecting movies.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *