Ingin membuat produk Anda diketahui banyak orang? Beriklan di Facebook bisa jadi pilihan terbaik mengingat ada lebih dari 171 juta pengguna platform ini di Indonesia. Namun, agar iklan Anda efektif, ketahui dulu jenis dan ukuran banner Facebook Ads.
Kenapa hal ini penting?
Pertama, jika ukuran banner iklan Facebook tidak sesuai, informasi iklan tidak dapat tersampaikan dengan baik. Kedua, jika salah memilih jenis iklan Facebook, maka kurang dapat menjangkau target pasar dengan tepat.
Nah, di artikel ini kami akan membagikan informasi jenis dan ukuran banner Facebook Ads. Mari simak lebih lanjut!
Jenis Iklan dan Ukuran Banner Facebook Ads
Berikut ini jenis dan ukuran banner iklan Facebook yang perlu Anda ketahui.
1. Facebook Feed Ads
Sesuai namanya, Facebook Feed Ads merupakan jenis iklan Facebook yang akan muncul di timeline pengguna Facebook. Bisa dikatakan jenis iklan ini paling umum digunakan karena dapat langsung menjangkau audiens.
Facebook Feed Ads terbagi menjadi dua jenis: image ads dan video ads.
Facebook Feed Image Ads
Facebook Feed Image Ads adalah iklan facebook feed berbentuk gambar. Iklan ini cukup optimal digunakan untuk perangkat desktop maupun mobile.
Ukuran untuk Facebook Feed Image Ads adalah sebagai berikut:
Ukuran | 1200 x 628 pixel (rekomendasi) atau 1080 x 1080 |
Rasio | 9:16 |
Tipe format | JPG atau PNG |
Maks. karakter teks | 125 karakter |
Maks. Karakter Headline | 25 karakter |
Maks. karakter link deskripsi | 20 karakter |
Facebook Feed Video Ads
Ingin menampilkan iklan dalam bentuk video? Facebook Feed Video Ads bisa jadi pilihannya. Jenis iklan Facebook ini memungkinkan Anda untuk menampilkan iklan video dalam bentuk landscape atau kotak. Jadi, cukup memudahkan Anda menyesuaikan dengan kebutuhan iklan, bukan?
Ukuran banner iklan Facebook ini adalah:
Ukuran | 600 x 315 (landscape) atau 600 x 600 (square) |
Rasio | 9:16 atau 1:1 |
Tipe format | MP4 atau MOV |
Karakter teks | 125 karakter |
Headline | 25 karakter |
Link deskripsi | 20 karakter |
Maks. ukuran file | 4GB |
Maksimal durasi | 240 menit |
2. Facebook Stories Ads
Seperti namanya, Facebook Stories Ads akan muncul di bagian stories Facebook. Anda dapat menampilkan iklan dalam format gambar maupun video dalam beberapa detik. Jika ingin memanfaatkan jenis iklan Facebook ini pastikan informasi yang Anda buat singkat dan padat. Ukuran banner Facebook ads mengikuti spesifikasi dari fitur stories berikut ini:
Ukuran | 1080 x 1920 |
Rasio | 9:16 |
Tipe format | JPG, PNG (gambar) dan MP4, MOV (video) |
Maks. ukuran file | 4GB |
Maks. Durasi | 5 detik (gambar) dan 15 detik (video) |
Baca Juga: Carousel Adalah: Pengertian, Jenis, dan Tips Memaksimalkannya
3. Facebook Carousel Ads
Facebook Carousel Ads adalah jenis iklan Facebook yang dapat menampilkan banyak gambar atau video dalam satu iklan atau biasa disebut cards. Anda bisa menggunakan jenis iklan ini jika informasi promo produknya cukup beragam. Misalnya untuk produk fashion, makanan, dan kecantikan.
Berbagai jenis Facebook Carousel Ads, yaitu:
- Facebook Feed Ads
- Facebook Right Column
- Facebook Instant Articles
- Facebook Marketplace
- Facebook Audience
- Messenger Inbox
Ukuran banner Facebook Ads jenis Carousel dibedakan untuk gambar dan videonya. Ini dia ketentuannya:
Ukuran Facebook Carousel Berbentuk Gambar
Ukuran | 1080 x 1080 |
Rasio | 1:1 |
Tipe format | JPG atau PNG |
Karakter teks | 125 karakter |
Headline | 25 karakter |
Link deskripsi | 20 karakter |
Jumlah cards | 2-10 gambar |
Maks. ukuran file | 30MB |
Ukuran Facebook Carousel Berbentuk Video
Ukuran | 1080 x 1080 |
Rasio | 1:1 |
Tipe format | MP4 dan MOV |
Jumlah cards | 2-10 gambar |
Maks. ukuran file | 4GB |
Durasi | 240 menit |
4. Facebook Right Column Ads
Seperti namanya, Facebook Right Column Ads merupakan jenis iklan Facebook yang tampil di sisi kanan halaman. Size banner iklan Facebook ini lebih kecil dibanding beberapa jenis di atas.
Meskipun penempatannya cukup strategis, jenis iklan Facebook ini hanya bisa ditampilkan dalam bentuk landscape, gambar, dan belum mendukung untuk mobile.
Inilah ketentuan ukuran banner Facebook Right Column Ads:
Ukuran | 1200 x 628 pixel |
Rasio | 9:16 |
Tipe format | JPG atau PNG |
Maks. karakter teks | 125 karakter |
Maks. headline | 25 karakter |
Maks. Link deskripsi | 20 karakter |
5. Facebook in-Stream Video Ads
Facebook in-Stream Video Ads adalah jenis iklan video yang berdurasi 5-15 detik dan akan muncul di sela-sela video yang diputar di Facebook. Meskipun dapat diskip (skippable),
70% iklan ini ditonton sampai selesai oleh pengguna. Jadi, jika ingin membuat iklan dengan tujuan brand awareness dan informasi lengkap, Facebook inStream Video Ads cukup direkomendasikan.
Ketentuan ukuran banner Facebook Ads jenis ini adalah:
Ukuran | 1080 x 1920 |
Rasio | 9:16 |
Tipe format | MP4 dan MOV |
Maks. ukuran File | 4GB |
Maksimal durasi | 5-15 detik |
Baca juga: Rahasia Cara Menggunakan Facebook Ads Library [Terbaru 2022]
6. Facebook Instant Articles Ads
Ingin mempromosikan artikel blog? Facebook Instant Articles Ads bisa jadi pilihannya. Jenis iklan Facebook ini dapat membantu artikel utama blog menjangkau lebih banyak pembaca dari Facebook. Dengan demikian, upaya content marketing Anda bisa lebih dekat dengan audiens karena memanfaatkan berbagai platform sekaligus.
FB Instant Articles Ads tersedia dalam format gambar dan video. Ukuran banner FB ads yang digunakan untuk jenis ini adalah:
Ukuran | 1200 x 628 |
Rasio | 9:16 |
Tipe format | JPG, PNG (gambar) dan MP4, MOV (video) |
Maks. Ukuran File | 30MB (gambar) dan 4GB (video) |
Maksimal durasi | 240 menit (video) |
Maks. Karakter judul | 25 karakter |
Maks. karakter deskripsi | 30 karakter |
7. Facebook Marketplaces Ads
Facebook Marketplace Ads adalah jenis iklan Facebook yang akan memunculkan iklan layaknya di marketplace. Katakanlah seperti di halaman OLX, eBay dan lainnya. Bedanya, iklan produk Anda tidak hanya tampil di halaman produk tapi juga muncul di Feed.
Facebook Marketplace Ads lebih disarankan jika Anda ingin menjual produk secara lokal kepada pengguna Facebook lain. Iklan produk tersebut bisa dalam bentuk gambar atau video. Nah, ukuran iklan yang digunakan adalah sebagai berikut:
Ukuran | 1200 x 628 |
Rasio | 9:16 |
Tipe format | JPG, PNG (gambar) dan MP4, MOV (video) |
Maks. ukuran file | 30MB (gambar) dan 4GB (video) |
Maksimal durasi | 240 menit (video) |
Maks. Karakter judul | 25 karakter |
Maks. karakter deskripsi | 30 karakter |
8. Facebook Network Native Ads
Facebook Network Native Ads adalah iklan yang memungkinkan Anda memperluas kampanye iklan di luar Facebook. Dengan iklan ini, Anda dapat menjangkau lebih banyak pengguna di halaman website atau aplikasi mobile Anda lainnya.
Anda bisa menggunakan format video atau gambar dengan jenis iklan ini. Inilah ukuran untuk Facebook Network Native Ads:
Ukuran | 1200 x 628 |
Rasio | 9:16 |
Tipe format | JPG, PNG (gambar) dan MP4, MOV (video) |
Ukuran File | 30MB (gambar) dan 4GB (video) |
Maksimal durasi | 120 detik (video) |
Maks. Karakter judul | 25 karakter |
Maks. karakter deskripsi | 30 karakter |
9. Sponsored Message
Sponsored Message memungkinkan Anda dapat mengirim pesan iklan kepada pengguna yang pernah mengunjungi iklan Anda.
Jenis iklan ini bertujuan untuk meyakinkan pengguna membeli produk. Bisa saja awalnya pengguna sekedar melihat iklan Anda, tetapi belum begitu yakin untuk membeli. Nah, dengan iklan yang personal melalui pesan, tentu akan lebih mendorong pengguna mempertimbangkan keputusannya kembali, bukan?
Ukuran banner Facebook ads jenis ini sama dengan iklan gambar lainnya. Namun, pastikan Anda menyiapkan pesan teks yang lebih casual dalam menyampaikan penawaran produknya.
Ukuran | 1200 x 628 pixel |
Rasio | 9:16 |
Tipe format | JPG atau PNG |
Maks. karakter teks | 125 karakter |
Maks karakter headline | 25 karakter |
Maks. link deskripsi | 20 karakter |
10. Facebook Collection Ads
Ingin memudahkan pengguna menelusuri katalog produk? Facebook Collection Ads bisa menjadi pilihan. Jenis iklan Facebook ini akan menampilkan banyak gambar dan video sekaligus. Namun, berbeda dengan jenis Carousel, satu gambar utama akan ditata beserta empat gambar kecil di bawahnya.
Dengan penataan tersebut, jenis iklan ini menawarkan pengalaman yang baru bagi pengguna. Tidak hanya itu, pengguna akan lebih mudah melihat detail produk tersebut, mulai dari nama produk hingga harganya. Cukup sekali klik. Menarik, bukan?
Facebook Collection Ads dapat menampilkan iklan gambar dan video. Inilah ketentuan ukuran yang digunakan:
Ukuran | 1200 x 628 |
Rasio | 9:16 |
Tipe format | JPG, PNg (gambar) dan MP4, MOV (video) |
Maks. ukuran file | 30MB (gambar) dan 4GB (video) |
Maks. durasi | 120 menit (video) |
Maks. karakter judul | 25 karakter |
Maks. deskripsi | 30 karakter |
Baca juga: Mengenal Meta, Nama Baru Facebook yang Fokus ke Metaverse
Tips Penulisan Teks Iklan Pada Facebook Ads
Setelah mempelajari jenis dan ukuran banner iklan Facebook, Anda sudah bisa mulai memanfaatkan Facebook Ads dengan baik. Namun, ada satu tips yang penting untuk Anda ketahui: jangan gunakan terlalu banyak teks dalam iklan Facebook.
Lalu, berapa banyak informasi yang sebaiknya diberikan?
Facebook merekomendasikan teks sebanyak 20% dari keseluruhan banner. Alasannya, iklan dengan teks yang terlalu banyak kurang memberikan hasil positif. Nah, untuk mengeceknya, Anda bisa menggunakan tools seperti Social Contents dan Creative Hub.
Ukuran Banner Facebook Ads Manakah Pilihan Anda?
Itulah ukuran banner Facebook Ads yang perlu Anda ketahui. Ternyata ada banyak jenis Facebook ads, ya? Anda dapat memilih salah satu jenisnya sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda
Anda juga perlu memperhatikan ketentuan khusus dari Facebook supaya strategi Facebook marketing Anda dapat berjalan dengan optimal.
Oh iya, jika Anda ingin membuat banner iklan, tak perlu melakukan semuanya dari awal. Cukup dengan template, pekerjaan Anda bisa jadi lebih mudah dan cepat. Nah, kami memiliki template iklan online yang bisa Anda download secara gratis.