Salsabila Annisa SEO Content Writer at Niagahoster. She developed her writing skill after years of experience in journalism.

Twitter Spaces: Manfaat dan Cara Menggunakannya untuk Bisnis Anda

6 min read

[FI] Apa itu Twitter Spaces Manfaat dan Cara Menggunakannya untu

Pernah dengar Clubhouse? Platform audio sosial yang sempat naik daun ini bisa Anda gunakan untuk memaksimalkan promosi bisnis. Sayangnya, Clubhouse bersifat eksklusif hanya untuk pengguna iOS. Bagi Anda yang ingin menggunakan fitur serupa secara bebas, Anda bisa menjajal Twitter Spaces.

Apa itu Twitter Spaces? Bagaimana cara menggunakannya untuk memaksimalkan bisnis Anda? Simak artikel ini sampai selesai ya!

Apa itu Twitter Spaces?

sumber: twitter.com

Twitter Spaces adalah fitur terbaru Twitter yang memungkinkan Anda melakukan streaming obrolan suara dengan pengguna lainnya. Ruang obrolan suara dalam Twitter Spaces biasa disebut Space.

Twitter Spaces resmi diluncurkan ke pasar pada Mei 2021 untuk pengguna iOS dan Android. Meski begitu, hanya pengguna dengan followers di atas 600 yang bisa menjadi host ruang obrolan. 

Sebenarnya fitur terbaru twitter satu ini terinspirasi oleh Clubhouse. Namun berbeda dengan Clubhouse yang menggunakan invite only, Twitter Spaces terbuka untuk didengarkan oleh semua penggunanya. 

Nah, dengan begitu Twitter Spaces memiliki banyak manfaat untuk bisnis Anda. Apa saja manfaatnya? 

3+ Manfaat Twitter Spaces untuk Bisnis Anda

Berikut ini adalah manfaat Twitter Spaces untuk Bisnis Anda:

1. Membuat Event Jadi Lebih Mudah

Anda tak perlu repot lagi mengatur penyelenggaraan event offline. Dengan menggunakan Twitter Spaces, Anda bisa menyelenggarakan event secara online cukup dengan beberapa klik. Mudah, bukan?

Tak hanya itu saja keuntungannya lho. Membuat event secara online bisa menghemat budget Anda. Sebab, event bisa diselenggarakan secara gratis. 

Nah, sisa dana Anda bisa digunakan untuk berinvestasi lebih pada pembicara berkualitas. Event yang berkualitas itu akan menjaring banyak klien potensial yang teredukasi. 

Apalagi saat ini popularitas event online meningkat hingga 1000%. Itu artinya, makin banyak kesempatan Anda untuk menjaring klien potensial melalui event online, kan?

Tidak percaya? Simak artikel berikut ini > Virtual Event: Benarkah Menjadi Solusi Masa Kini dan Bagaimana Melakukannya untuk Menjaring Klien Potensial

2. Meningkatkan Reputasi Brand

Anda bisa menggelar diskusi panel seputar topik yang sedang hangat dalam industri bisnis Anda. Tujuannya untuk membangun online presence atau citra dari brand Anda. 

Online presence memberi kesempatan pada brand Anda untuk membangun narasi positif tentang brand Anda kepada pelanggan potensial. Sehingga mereka lebih percaya untuk melakukan pembelian produk.

Faktanya, 97% pemilik bisnis mengatakan bahwa manajemen online presence untuk reputasi brand sangat penting. Sebab, sebelum membuat keputusan pembelian, pelanggan potensial mencari referensi melalui konten digital marketing.

Lalu, seperti apa sih contoh penerapan diskusi panel yang meningkatkan reputasi brand?

Misalnya, Anda adalah seorang social media strategist. Nah, Anda bisa mewakili brand Anda untuk berbagi ilmu dan pengalaman seputar social media marketing. 

contoh spaces di Twitter Spaces
sumber: hootsuite.com

Diskusi panel itu akan membuat Anda dipandang sebagai ahli dalam bidang bisnis Anda oleh para audiens. Jadi, reputasi brand Anda juga akan makin kuat di mata mereka.

Dampaknya tak main-main lho. Menurut riset Edelman dan LinkedIn, reputasi brand yang menguat karena keahlian akan meningkatkan peluang kerjasama bisnis. Tentu saja hal ini akan menguntungkan bisnis Anda, bukan?

3. Menambah Insight Bisnis

ilustrasi niagahoster

Anda juga bisa mengikuti diskusi panel seputar bidang bisnis Anda yang digelar oleh brand kompetitor lho. Dengan begitu, insight bisnis Anda akan semakin kaya. Kenapa?

Sebab, Anda akan mengetahui pengalaman para pelanggan kompetitor dari berbagai aspek. Informasi itu kemudian bisa Anda manfaatkan untuk membuat produk yang lebih baik.

Lalu, apa saja informasi yang harus Anda gali?

  1. Informasi Produk
  • Apakah kompetitor memiliki produk yang sama dengan Anda?
  • Apa saja keluhan yang sering disampaikan pelanggan tentang produk kompetitor?
  • Apa saja alasan pelanggan yang memilih produk kompetitor?
  1. Informasi Penjualan
  • Apakah kompetitor membuka program reseller?
  • Apakah kompetitor menjalankan program afiliasi?
  • Berapa diskon yang diberikan kompetitor pada pelanggan?
  • Bagaimana strategi kompetitor mempertahankan pelanggan lama? Apakah dengan loyalty point, diskon spesial, atau komunitas?
  1. Informasi Pemasaran
  • Channel pemasaran apa saja yang digunakan kompetitor?
  • Channel pemasaran apa yang dampaknya paling besar ke penjualan?
  • Strategi marketing apa yang bisa ditiru dari masing-masing channel pemasaran?
  • Apakah kompetitor melakukan edukasi ke pelanggan lewat konten pemasaran?

Mau tahu tips agar insight bisnis di atas bisa maksimal dengan menggunakan Twitter Spaces? Jadilah pendengar yang baik. Pembicaraan dalam diskusi bisa jadi membantu Anda memahami tren terkini industri Anda. 

Nah, dengan begitu, Anda akan memiliki banyak inspirasi untuk strategi marketing atau konten marketing Anda.

4. Mendapatkan Feedback Seputar Produk Baru

ilustrasi feedback produk

Katakanlah Anda baru saja mengeluarkan produk baru. Tentu Anda membutuhkan feedback dari pelanggan potensial bukan? Tujuannya untuk mengetahui fitur apa saja yang perlu pengembangan lebih lanjut.

Nah, Anda bisa membuat ruang obrolan dengan format tanya jawab untuk mengetahuinya. Beri audiens kesempatan untuk mengeksplor kelebihan dan kekurangan produk Anda dibanding produk lainnya. 

Cara ini lebih efektif dibanding melakukan survei melalui email lho. Sebab, Anda mendapatkan feedback secara real-time. Jadi, Anda tak perlu lagi menunggu balasan email dari pelanggan.

Nah, setelah menyimak manfaat Twitter Spaces untuk bisnis Anda, saatnya Anda mengintegrasikannya dengan strategi marketing Anda. Caranya dengan membuat berbagai bentuk event. Bagaimana contohnya? Simak pembahasan berikutnya. 

Contoh Penggunaan Twitter Spaces untuk Bisnis

Berikut ini adalah contoh penggunaan Twitter Spaces untuk Bisnis:

1. Thought Leadership

Anda bisa menggunakan Twitter Spaces untuk membuat konten thought leadership, yaitu event online bersama para pakar untuk membahas topik-topik seputar industri Anda. 

Bentuk acaranya bermacam-macam, contohnya seperti  diskusi panel dan webinar. Dalam acara itu, Anda bisa menunjuk salah satu staf Anda untuk berbagi pengalaman dalam industri bisnis Anda.

2. Question and Answer (Q&A) dan Ask Me Anything (AMA)

Anda juga bisa menyelenggarakan sesi Q&A seperti yang banyak dilakukan di Instagram Stories. Namun alih-alih berinteraksi dengan komentar, Twitter Spaces menawarkan interaksi tanya jawab real time. 

Sesi tanya jawab bisa Anda gunakan untuk membuka kesempatan audiens bertanya soal fitur baru dari produk Anda. Bisa juga untuk bertanya seputar produk baru Anda. 

Saat audiens bertanya, jawaban akan langsung mereka terima. Tak perlu mengalami komentar yang tertumpuk atau tak terbaca. Tentu pengalaman Q&A di Twitter Spaces jadi lebih menarik, bukan? 

Tak hanya itu, Anda juga bisa mengundang influencer yang relate dengan industri Anda untuk melakukan sesi Ask Me Anything (AMA). Audiens bebas bertanya seputar topik tertentu kepada influencer, lalu brand Anda menjadi moderatornya.

3. Kolom Komentar di Acara Live

Jika ada acara live yang sedang ramai ditonton, Anda bisa menggelar acara live komentar menggunakan Twitter Spaces. Misalnya, mengomentari secara langsung pertandingan olahraga atau tayangan televisi.

Anda bisa mengundang pelanggan yang tergabung dalam komunitas ke dalam acara ini. Sebagai contoh, sebuah perusahaan publishing bernama The First Mint menyelenggarakan komentar live pertandingan NBA Top.

4. Peluncuran Produk

Twitter Spaces juga cocok digunakan untuk meluncurkan produk baru. Caranya, Anda cukup mengundang pelanggan setia Anda ke event online yang membahas fitur-fitur produk terbaru Anda.

Dalam event online itu, biarkan pelanggan setia bertanya seputar fitur produk Anda. Berikan jawaban secara real time. Cara ini memberi kesempatan pelanggan untuk mengeksplor pengetahuan produk mereka sekaligus mempromosikan manfaat dari produk terbaru Anda. 

5. Giveaway

Penggunaan Twitter Spaces yang lainnya adalah menyelenggarakan giveaway dengan tema tertentu. Misalnya, peluncuran platform baru, peluncuran hasil riset industri untuk mengatur strategi pemasaran, atau rencana perluasan pasar..

Saat acara peluncuran, Anda bisa mengajak audiens bermain kuis atau tantangan. Bagi setiap audiens yang menang, Anda bisa memberi hadiah berupa produk terbaru Anda. 

Nah, sekarang Anda sudah mendapat banyak inspirasi untuk membuat konten Twitter Spaces. Pada pembahasan selanjutnya, kami akan menjelaskan cara menggunakan Twitter Spaces. 

Cara Menggunakan Twitter Spaces

Berikut ini adalah cara menggunakan Twitter Spaces:

  1. Buat ruang obrolan (Spaces)
  2. Atur akses pembicara 
  3. Undang audiens
  4. Memulai Spaces
  5. Mengakhiri Spaces

Yuk simak penjelasan lengkapnya!

1. Buat Ruang Obrolan (Spaces)

Pertama-tama, klik dan tahan ikon Add di profile picture Twitter Anda, kemudian klik ikon Spaces.

add Twitter Spaces
Sumber: Youtube Dusty Porter

Setelah itu, beri nama ruang obrolan Anda. Misalnya, tutorial. Kemudian klik Start your space

Start your spaces di Twitter Spaces
Sumber: Youtube Dusty Porter

Lalu, klik ikon microphone untuk mengaktifkan suara Anda. 

menyalakan microphone di Twitter Spaces
Sumber: Youtube Dusty Porter

Setelah microphone aktif, klik ikon Options. Setelah itu klik Adjust settings.

pengaturan di Twitter Spaces
Sumber: Youtube Dusty Porter

Setelah itu, Anda akan menemukan pilihan pengaturan pembicara. Berikut ini adalah opsi pengaturan beserta fungsinya:

  • Everyone – semua pengguna Twitter, meskipun bukan merupakan followers Anda, boleh menjadi pembicara
  • People you follow – hanya followers Twitter Anda yang boleh menjadi pembicara.
  • Only people you invite to speak – pengguna yang boleh menjadi pembicara hanya orang yang Anda undang. 

Agar pembicaraan di dalam ruang obrolan atau Spaces kondusif, lebih baik pilih opsi Only people you invite to speak

Mengaktifkan only people you follow
Sumber: Youtube Dusty Porter

2. Atur Akses Pembicara 

Setelah Sspaces ruang obrolan jadi, saatnya mengundang pembicara dan pendengar.

Pertama-tama, klik back menuju opsi awal, kemudian klik ikon people untuk masuk ke opsi pengaturan pembicara dan audiens. 

atur akses pembicara Twitter Spaces
Sumber: Youtube Dusty Porter

Klik add speakers untuk masuk ke opsi selanjutnya.

tambah pembicara di Twitter Spaces
Sumber: Youtube Dusty Porter

Setelah itu Anda menemukan pengaturan untuk menambahkan pembicara. Ketikkan username pembicara di kolom pencarian. Lalu, klik Invite.

Pilih pembicara di Twitter Spaces
Sumber: Youtube Dusty Porter

3. Undang Audiens

Setelah mengundang pembicara, saatnya mengundang audiens. 

Pertama-tama, kembali ke opsi Space Anda. Kemudian klik ikon share. Lalu pilih opsi link undangan audiens sesuai kebutuhan Anda, yaitu:

  • Invite via DM – Anda bisa mengundang pengguna Twitter lainnya, baik merupakan followers maupun bukan melalui sebuah DM
  • Share via Tweet – Anda bisa mengundang followers Anda lewat sebuah tweet.
  • Copy link – Anda bisa menyebarkan undangan berupa link ke media sosial lain.
undang audiens Twitter Spaces
Sumber: Youtube Dusty Porter

Ingat, Anda perlu mengundang minimal 10 pengguna dalam ruang obrolan Anda sebagai audiens. 

4. Memulai Spaces

Setelah semua pengaturan dilakukan, kembali ke beranda Anda. Spaces Anda siap dimulai! Begini tampilan timeline Twitter Anda ketika Spaces Anda dimulai.

tampilan spaces di Twitter
Sumber: Youtube Dusty Porter

Saat obrolan di Space dimulai, Anda bisa mengatur giliran berbicara antar pembicara dengan cara klik ikon speaker di sebelah username pembicara. 

Jika ada audiens yang request menjadi pembicara, Anda akan mendapat notifikasi. Anda bisa menerima atau menolak request tersebut. 

Anda juga bebas menghapus audiens maupun pembicara yang tidak aktif. Caranya dengan klik remove di samping username pembicara. 

Jika salah satu dari mereka berbicara tidak sopan, Anda bisa melakukan mute atau block. Sehingga pembicaraan bisa lebih kondusif.

5. Mengakhiri Spaces

Setelah diskusi panel Anda selesai, Anda bisa mengakhiri Space Anda. Caranya dengan klik End di kiri atas opsi Space Anda. Hanya Anda sebagai host yang bisa mengakhiri Space.

mengakhiri spaces di Twitter Spaces
Sumber: Youtube Dusty Porter

Twitter akan menyimpan data obrolan Space Anda selama 30 menit setelah Space diakhiri. Selama kurun waktu itu, Anda sebagai host bisa mengunduh transkrip pembicaraan di Space Anda.

Yuk Coba Twitter Spaces!

Twitter Spaces yang merupakan fitur terbaru Twitter memungkinkan Anda membuat ruang obrolan audio bersama pengguna lainnya. 

Nah, fitur terbaru ini otomatis mendatangkan banyak manfaat untuk bisnis Anda. Mulai dari meningkatkan reputasi brand, menambah insight bisnis untuk strategi marketing hingga mendapatkan feedback pelanggan secara instan. 

Kami sudah menjelaskan cara menggunakan Twitter Spaces di dalam artikel ini. Mulai dari membuat Spaces, mengatur akses pembicara, mengundang audiens, memulai Spaces dan mengakhirinya. 

Cukup mudah, bukan? Selamat mencoba Twitter Spaces ya! 

Nah, bagi Anda yang ingin menggabungkan strategi Twitter Spaces dengan strategi media sosial marketing lainnya, kami punya solusi untuk Anda. Anda cukup baca artikel berikut ini > Panduan Lengkap Social Media Marketing 2021

Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda ya!

Salsabila Annisa SEO Content Writer at Niagahoster. She developed her writing skill after years of experience in journalism.