David Kurniawan A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Yuk Mengenal Apa itu Softaculous!

4 min read

Softaculous adalah auto installer yang ada di dalam panel hosting. Aplikasi ini membantu Anda untuk mempermudah pemasangan script dan instalasi web Apps ke website.

Aplikasi Softaculous biasanya juga digunakan untuk membuat tabel dalam database, menginstall software, dan memodifikasi konfigurasi file web server. 

Script Softaculous bisa diakses dari area administrasi kontrol panel website. Biasanya melalui tools interface seperti cPanel, Plesk, H-Sphere, DirectAdmin dan InterWorx

Apa itu Softaculous?

Softaculous adalah auto installer yang ada di dalam panel hosting. Ia berfungsi untuk mempermudah user melakukan instalasi berbagai CMS (Content Management System). Dengan adanya Softaculous, user juga bisa melakukan instalasi aplikasi secara otomatis di mana user tidak perlu melakukan instalasi secara manual. 

Contohnya, install WordPress akan lebih mudah ketika menggunakan Softaculous karena Anda tidak perlu membuat database, dan mengatur konfigurasi web server. Sebaliknya, Jika Anda menggunakan Softaculous, Anda tinggal klik saja pada pilihan yang diinginkan untuk menginstall WordPress, PrestaShop, dan aplikasi lainnya. Jadi dengan adanya Softaculous, pekerjaan Anda untuk membuat website, blog, forum, dan toko online akan lebih mudah dan praktis.

Softaculous merupakan web apps yang paling unggul dari web apps lainnya. Karena Softaculous memiliki 451 script terbaik, 1115 class PHP,  tampilan interface yang mudah dipahami, dan masih banyak keunggulan lainnya. Oleh karena itu Softaculous digunakan oleh jutaan pengguna web hosting di dunia.

Manfaat Softaculous

Softaculous memiliki banyak sekali manfaat. Salah satunya, yaitu dapat membantu mempermudah user untuk melakukan instalasi script atau aplikasi. Penjelasan lebih detail tentang manfaat Softaculous bisa Anda simak berikut ini. 

Mempermudah Pembuatan Website

Pembuatan website akan lebih mudah jika menggunakan Softaculous. Karena Anda tidak perlu manual seperti download file zip, membuat database dan kemudian upload file website.

Meningkatkan Efisiensi

Membangun situs web lebih cepat dapat menghemat biaya desain dan development web. Karena Softaculous memberikan banyak pilihan untuk pembuatan website, blog, toko online, forum dan lain-lain hanya dalam hitungan menit.

Praktis

Tanpa adanya web apps seperti Softaculous, Anda akan lebih banyak memakan waktu untuk pembuatan website atau pemasangan script lainnya. Karena, Anda harus melakukan konfigurasi dan upload secara manual. Dengan adanya Softaculous, Anda akan dipermudah karena Anda cukup melakukan satu klik saja aplikasi sudah terinstal.

Keunggulan Softaculous

Softaculous memiliki beberapa keunggulan dibandingkan dengan auto installer lainnya. Dikutip dari Softaculous Apps Installer, Softaculous memiliki keunggulan yaitu:

1. Pilihan Aplikasi yang Lengkap

Softaculous memiliki banyak ragam aplikasi yang bisa Anda gunakan. Apabila Anda ingin membuat blog, maka Anda bisa menggunakan WordPress, Open Blog Serendipity dan sebagainya. Jika ingin membuat portal website, maka Anda bisa menginstall Joomla, Drupal, Mambo dan sebagainya. Untuk pengguna framework, Anda bisa gunakan Laravel, CodeIgniter, Yii, Bootstrap dan lain-lainnya.

Baca Juga: 2 Cara Install phpBB untuk Buat Forum Online Sendiri

2. Pilihan Berbagai Bahasa

Softaculous juga menyediakan berbagai bahasa, Jadi buat Anda yang kurang bisa berbahasa Inggris, Softaculous menyediakan beberapa pilihan bahasa yang bisa ditentukan.

Softaculous memiliki fitur search, yang akan mempermudah Anda dalam mencari aplikasi atau CMS yang ingin Anda gunakan.

4. Real Time Update

Softaculous akan memberikan aplikasi yang selalu ter-update. Mulai patch sampai update security. Anda juga bisa melakukan update via cron atau admin Softaculous.

5. Integrasi Kontrol Panel Hosting Lebih Mudah

Adanya Softaculous mempermudah integrasi ke kontrol panel hosting. Karena terdapat berbagai macam kontrol panel hosting seperti cPanel, Plesk, H-sphere, ISPmanager, DirectAdmin, InterWorx, CentOS Web Panel, ISPConfig dan Hosting Controller.

6. Auto Install Aplikasi

Dengan Softaculous Anda bisa melakukan Auto Installation dari beberapa scripts menggunakan WHMCS.

7. Auto Backup dan Auto Upgrade

Pada Softaculous terdapat fitur Backup dan Auto Upgrade sehingga dapat melakukan backup website dan Auto Upgrade dengan sekali klik.

8. Mempermudah Pembuatan Website

Dengan adanya Softaculous, membangun website menjadi lebih mudah dan cepat karena Anda tidak harus mengerti bahasa pemrograman. Tidak perlu melakukan instalasi manual seperti download file zip, membuat database dan kemudian upload file website.

Dengan Softaculous, semua proses instalasi akan secara otomatis. Kamu juga bisa membuat toko online dengan menggunakan beberapa aplikasi seperti Prestashop ataupun OpenCart.

9. Support HTTPS

Softaculous juga mendukung HTTPS, Anda bisa melakukan instalasi aplikasi atau CMS langsung pada domain yang memiliki protokol jenis HTTPS. Anda harus selalu gunakan protokol HTTPS agar proses transfer data lebih aman.

10. Review, dan Rating Dari User

Aplikasi Softaculous memiliki fitur Ratings, Review, dan Demo Aplikasi. Jadi sebelum Anda menentukan jenis aplikasi mana yang dipilih, Anda bisa melihat ratings dan review dari para penggunanya. Anda juga bisa mencoba aplikasi dengan fitur demo yang dimiliki oleh Softaculous.

11. Digunakan oleh Ribuan Web Hosting

Softaculous digunakan oleh ribuan web hosting di dunia karena kehadiran Softaculous yang dapat mempermudah user khususnya pemula dalam membuat website secara instan.

Termasuk di negara kita, Softaculous banyak digunakan oleh penyedia webhosting Indonesia.

Baca Juga : Panduan Cara Install Owncloud Bagi Pemula

Aplikasi Apa Saja yang Ada di Softaculous Apps Installer?

Softaculous dirancang untuk memberikan kemudahan bagi semua penggunanya. Softaculous sendiri memiliki ratusan aplikasi yang siap install hanya dengan satu kali klik saja. Berikut ini adalah contoh beberapa aplikasi yang ada di Softaculous.

BlogWordPress, Open Blog, Serendipity, Dotclear, b2evolution, Textpattern, Nibbleblog, LifeType, Pixie, Nucleus, Chyrp, eggBlog, HTMLy, PivotX, FlatPress, Leafpub, Movable Type
Micro BlogsStatusNet, PageCookery, Storytlr
Portal/CMSJoomla, Open Real Estate, PHP-Fusion, Concrete5, MODX, e107, CMS Made Simple, Xoops, Zikula, Composr, Drupal, Website Baker, PHP-Nuke, Mambo, Subrion, dan sebagainya.
ForumsphpBB, SMF, MyBB, AEF, Vanilla
Image GalleriesGallery, Piwigo, Coppermine, Zenphoto, TinyWebGallery
WikisDokuWiki, PmWiki, WikkaWiki, MediaWiki
Social NetworkingDolphin, pH7CMS, Oxwall, Jcow, Elgg, dan sebagainya
Ad ManagementYclas, OSClass, Revive Adserver, GPixPixel
CalendarsWebCalendar, Booked, ExtCalendar, phpicalendar, LuxCal, SuperCali
GamingBlackNova Traders, Shadows Rising, Multiplayer Checkers, Word Search Puzzle, Nuked Klan
MailsRoundcube, phpList, WebMail Lite, poMMo, SquirrelMail
Pools and AnalyticsLimeSurvey, Matomo, LittlePoll, phpESP, Aardvark Topsites, Advanced Poll, Simple PHP Poll
Project ManagementqdPM, Feng Office, eyeOS, Collabtive, dotProject, ProjectPier, Mantis Bug Tracker, Rukovoditel
E-CommerceAbanteCart, PrestaShop, CubeCart, OpenCart, osCommerce, Open eShop
ERPYetiForce, Vtiger, Dolibarr, SugarCRM, EPESI, X2CRM, Zurmo dan sebagainya
Guest BooksAdvanced Guestbook, Lazarus, BellaBook, phpBook, VX Guestbook
Customers SupportVision Helpdesk, osTicket, HESK, Mibew Messenger, Live helper chat, Help Center Live, phpOnline, Sales Syntax
FrameworksLaravel, CodeIgniter, yii, Bootstrap, CakePHP, Zend, Symfony, Kohana
EducationalChamilo, Moodle, Claroline, eFront, Dokeos, DoceboLMS, TCExam
DB ToolsSIDU, phpMyAdmin, MyWebSQL, Adminer, SQLiteManager
MusickPlaylist, Podcast Generator, AmpJuke, Impleo, Ampache
VideoClipBucket, VidiScript, CumulusClips
RSSGregarius, Tiny Tiny RSS, Feed On Feeds, selfoss
File ManagementownCloud, ProjectSend, Pydio, PHPfileNavigator, Nextcloud
LibrariesjQuery, AngularJS, script.aculo.us, Dojo, Ext JS, Raphael, MooTools, DHTMLX, Modernizr
OthersSeo Panel, phpFreeChat, WeBid, SLiMS, YOURLS dan sebagainya

Cara Install Aplikasi di Softaculous

Anda sudah tahu tentang apa itu Softaculous, manfaat, dan keunggulan Softaculous. Nah, selanjutnya Anda bisa belajar bagaimana menginstall aplikasi di Softaculous berikut ini adalah beberapa artikel yang dapat membantu Anda untuk belajar menginstall aplikasi Softaculous.

Kesimpulan

Softaculous adalah web apps yang sangat membantu Anda untuk menginstal aplikasi hanya dalam beberapa menit saja. 

Karena kehebatannya ini, Niagahoster ikut menggunakan Softaculous dalam sistemnya. Jadi, Anda bisa membuat website sendiri dengan baik tanpa perlu bantuan seorang developer.

Ingin membuat website dengan dukungan Softaculous? Yuk gunakan layanan hosting di Niagahoster! Klik tombol di bawah untuk cari tahu lebih lanjut:

Niagahoster juga menyediakan jasa pembuatan website murah untuk Anda yang tidak mau repot!

David Kurniawan A Technical Content Writer at Niagahoster, specializing in Virtual Private Servers (VPS), WordPress, and Internet Marketing. David is eager to help people to improve their business on the internet.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *