Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Riset HostAdvice: Jenis Hosting yang Tepat untuk Website Super Cepat

3 min read

Riset HostAdvice Jenis Hosting yang Tepat untuk Website Super Cepat

Kecepatan adalah dewanya internet”

Meski kelihatannya lebay, ungkapan di atas ada benarnya loh. Karena jika dipikir-pikir, siapa sih yang mau menunggu lama untuk mengakses internet. Bahkan, faktor kecepatan bisa bikin seseorang betah mengakses website, atau justru malas mampir ke website tersebut.

Kebetulan di artikel ini, kami akan mengulas salah satu faktor penentu kecepatan website, yaitu jenis hosting. Hosting jenis apa sih yang paling pas untuk website cepat? Seperti apa spesifikasi kebutuhan hosting agar website jadi ngebut?

Penasaran kan? Temukan jawabannya di artikel ini!

Kenapa Website Anda Harus Cepat?

Sebelum jauh-jauh membahas tentang hosting, kami punya fakta menarik untuk Anda simak.

Menurut survey, 90% orang akan meninggalkan website yang loadingnya lebih dari 5 detik. Artinya, semakin lemot website Anda maka semakin besar kemungkinan si pengunjung tidak akan mampir lagi.

Sebaliknya, akses website yang cepat akan meningkatkan pengalaman pengguna. Katakanlah, Anda punya website toko online. Dengan ngebutnya loading website, pengunjung akan lebih mudah mencari produk, atau bahkan melakukan transaksi pembelian.

Ujung-ujungnya, mereka jadi senang berbelanja lagi di website Anda. Atau malah, pengunjung akan merekomendasikan website Anda ke orang-orang terdekat. Kalau sudah begitu, Anda yang jadi untung, kan?

statistik kecepatan website spesifikasi kebutuhan hosting

Selain untuk pengunjung, kecepatan juga berpengaruh terhadap performa SEO. Loh, kok bisa?

Alasannya, kecepatan website ternyata adalah salah satu faktor ranking Google yang dominan. Jika website Anda lelet, maka hampir dipastikan peringkatnya akan turun di hasil pencarian.

Namun jika akses website Anda gesit, maka Google akan memprioritaskan website Anda untuk muncul di posisi puncak. Bahkan, loading cepat akan membantu setiap halaman web Anda agar bisa lebih cepat terindeks oleh Google.

Dengan begitu, kemungkinan halaman tersebut untuk meroket di mesin pencari jadi terbuka lebih lebar. Pada akhirnya sih, website Anda jadi lebih mudah menjaring trafik pengunjung.

Itu tadi alasan kenapa akses website Anda wajib cepat. Berikutnya kami bocorkan informasi spesifikasi kebutuhan hosting idaman Anda untuk website ngebut. Yuk simak!

Baca juga: Ingin Website dengan Akses Tercepat? Pilih Niagahoster! Ini Buktinya..

Spesifikasi Kebutuhan Hosting untuk Website Cepat

Ada banyak cara mempercepat loading website yang bisa Anda coba. Sebut saja mengoptimasi ukuran gambar, menghapus plugin tidak terpakai, mengaktifkan Gzip Compression, sampai meng-embed konten video.

Namun sebenarnya, hal paling berpengaruh dalam mempercepat akses website adalah kualitas penyedia hosting. Alasannya, hosting adalah ‘rumah’ bagi website. Sehingga, kecepatan server hosting akan berdampak langsung terhadap loading website.

Menurut HostAdvice, sebuah platform review dan pusat informasi penyedia hosting di dunia, pastikan hosting Anda punya spesifikasi kebutuhan hosting seperti berikut:

  • CPU Multi-core – CPU (Central Processing Unit) adalah komponen untuk menjalankan proses transfer data website. CPU diukur berdasarkan jumlah Core. Semakin banyak jumlah Core, maka semakin cepat akses website. Usahakan Anda memilih hosting dengan minimal CPU 2 Core.
  • RAM Dedicated – RAM (Random Access Memory) adalah memori untuk menjalankan aktivitas di website. Pastikan Anda berlangganan hosting dengan kapasitas RAM paling tidak 0.5 GB. Lebih bagus lagi, jika RAM tersebut sudah dedicated alias tidak terbagi untuk pengguna lain.
  • Storage SSD – Solid State Drive atau SSD adalah memori untuk menyimpan data website. Jenis memori ini jauh lebih cepat dari HDD (Hard Disk Drive) karena punya teknologi Flash Memory. Untuk lalu lintas data yang gesit, pilihlah hosting yang sudah memakai SSD.
  • Bandwidth – Bandwidth adalah jumlah data yang bisa ditransfer dalam satu waktu, dari server ke website atau sebaliknya. Semakin besar jumlah bandwidth, maka bisa ditebak, akses website semakin lancar. Untuk itu, Anda wajib memilih hosting dengan bandwidth minimal 1 TB.

Sudah paham kan spesifikasi kebutuhan hosting yang sesuai untuk website cepat? Sayangnya, tidak semua jenis hosting punya spesifikasi seperti di atas. Yuk meluncur ke poin berikutnya untuk tahu jenis hosting yang tepat!

Baca juga: Yuk Kenali Jenis-Jenis Layanan Hosting!

Jenis Hosting Manakah yang Perlu Dipilih?

Saat ini tersedia banyak opsi hosting yang bisa Anda pilih. Salah satunya Shared Hosting, jenis hosting terpopuler karena harganya yang terjangkau. Namun bagi Anda yang mendambakan kecepatan, Shared Hosting sebenarnya kurang recommended.

Sebab sesuai namanya, hosting jenis ini akan membagi-bagi sumber daya server untuk setiap pelanggannya. Sehingga pada akhirnya, website Anda akan semakin lambat karena pasokan resource yang semakin menipis.

Untungnya, masih ada jenis hosting yang menawarkan sumber daya server terdedikasi. Tidak lain tidak bukan adalah VPS hosting.

Jenis layanan hosting - ilustrasi VPS hosting

Virtual Private Server atau VPS adalah jenis hosting yang menawarkan virtualisasi server. Nah, virtualisasi ini memungkinkan pengguna untuk mengelola resource server dengan lebih bebas. Sehingga, akses website Anda jadi lebih ngebut secara signifikan.

Tapi, bagaimana cara kerjanya?

Ketika Anda berlangganan VPS, maka penyedia akan membagi server secara virtual. Nah, salah satu server virtual tersebut akan menjadi jatah khusus untuk Anda. Sehingga, Anda tidak perlu khawatir ada orang lain yang memakai server.

Selain itu dengan VPS, Anda berhak mengakses server secara penuh. Di sini, Anda bebas untuk menginstal software yang diperlukan saja. Sehingga, Anda terhindar dari memasang sesuatu yang sebenarnya tidak dibutuhkan, yang malah membebani kinerja server.

Oh ya, ada satu hal lagi yang menarik dari VPS. Yaitu, kemudahannya untuk mengupgrade kapasitas sesuai kebutuhan. Dengan begitu, Anda bisa mulai berlangganan dari paket yang termurah dulu, lalu mengupgrade seiring berjalannya waktu.

Sampai sini, tidak mengherankan kalau pihak HostAdvice menyatakan bahwa VPS adalah jenis hosting yang tepat untuk website cepat. Nah, jika Anda tertarik mencoba VPS di Niagahoster, kami sarankan Anda mencoba layanan Cloud VPS Hosting.

Layanan ini memakai teknologi virtualisasi canggih yang mampu membagi resource server. Sehingga, kapasitas sumber daya seperti CPU, RAM, Storage, dan Bandwidth yang diberikan untuk Anda tidak akan bisa dinikmati pengguna lain seperti di Shared Hosting.

Kerennya lagi, VPS Niagahoster menyediakan delapan pilihan paket berbeda yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan. Harganya juga tidak bikin kantong jebol, mulai dari Rp104 ribuan saja per bulan!

cara membeli vps pilihan paket

Tentang HostAdvice

Didirikan tahun 2014, HostAdvice adalah tempat terbaik untuk menemukan berbagai info tentang kualitas dan performa penyedia web hosting. HostAdvice menyajikan review  yang netral, tidak memihak, dan berdasarkan review pengguna. HostAdvice telah menerbitkan lebih dari 40 ribu ulasan ahli di bidangnya, serta menerima lebih dari 65 ribu review dari pengguna.

HostAdvice juga membantu, baik individu maupun perusahaan, untuk menemukan penyedia hosting terbaik sesuai kebutuhan mereka. Tim ahli HostAdvice juga konsisten menulis panduan berkualitas tinggi untuk membantu orang-orang belajar lebih banyak tentang dunia teknologi.

Kesimpulan

Di artikel ini, Anda sudah paham bahwa kecepatan adalah hal yang krusial ketika mengelola website. Apapun jenis websitenya, sudah sepantasnya jika Anda memilih jenis hosting yang mendukung akses website lebih cepat.

Apabila Anda butuh akses website ekstra ngebut, maka hosting VPS adalah pilihan terbaik. Dengan sumber daya server terdedikasi, Anda tidak perlu khawatir kehabisan resource yang menyebabkan loading website jadi lemot.

Apalagi jika Anda berlangganan layanan VPS Niagahoster. Dengan teknologi virtualisasi super canggih, dijamin loading website Anda jadi secepat kilat. Yuk cobain sekarang juga!

Ariffud Muhammad Ariffud is a Technical Content Writer with an educational background in Informatics. He has extensive expertise in Linux and VPS, authoring over 200 articles on server management and web development. Follow him on LinkedIn.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *