Sekar Ningtyas As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

Rekomendasi 6 Plugin Table WordPress Terbaik

5 min read

Plugin Table WordPress Terbaik

WordPress diciptakan dengan fitur editor visual yang memudahkan penggunanya dalam menciptakan konten ideal. Sayangnya, pada versi sebelum Gutenberg (versi sekarang), WordPress tidak dibekali fitur pembuatan tabel. Sehingga, pengguna perlu mengandalkan bantuan plugin table WordPress sebagai solusi bagi yang tidak memiliki keahlian HTML.

Terdapat banyak sekali pilihan plugin table yang bisa digunakan untuk memenuhi standar kualitas konten Anda. Walaupun, saat ini pada versi terbarunya yakni Gutenberg telah dilengkapi fitur pembuatan tabel, namun tetap saja Anda tidak bisa melakukan banyak kustomisasi. Seperti mengatur besar ukuran kolom, menambahkan gambar, atau input lain yang lebih kompleks. 

Maka itu, di artikel inilah kami akan merekomendasikan 6 plugin table WordPress terbaik yang bisa Anda jajal. Namun, sebelum kami mengulas satu per satu, ada baiknya jika Anda pahami dulu bagaimana cara membuat tabel sederhana dengan editor Gutenberg. 

Cara Membuat Tabel di Editor Gutenberg

Bagi yang sudah familiar dengan fitur WordPress versi terkini yaitu Gutenberg, tentu Anda juga tahu kalau di versi ini WordPress telah dilengkapi fitur untuk membuat tabel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Arahkan kursor pada ikon Add Block.

Table WordPress Gutenberg

2. Pilih kategori Formatting, lalu klik Table.

Table WordPress Gutenberg

3. Kemudian, tentukan jumlah kolom dan baris yang diinginkan. 

Table WordPress Gutenberg

4. Sisanya, Anda bisa mengatur tabel sesuka hati dengan menggunakan opsi bar yang berada di atas tabel.

Table WordPress Gutenberg

6 Pilihan Plugin Table WordPress

Jika dengan editor Gutenberg Anda hanya bisa membuat tabel sederhana tanpa banyak fitur kustomisasi, sekarang waktunya Anda mengenali berbagai plugin table WordPress dengan aneka fiturnya yang canggih.TablePress.

1. TablePress

plugin table wordpress terbaik

Bisa dikatakan kalau TablePress adalah plugin table WordPress responsif yang sudah sangat populer sejak lama. Plugin ini telah terinstal lebih dari 800 ribu akun WordPress karena keunggulannya yang ditawarkan. Mudah dan simpel adalah kesan yang didapatkan dari penggunaan aplikasi ini karena Anda tak memerlukan keahlian untuk membuat HTML.

Selain gratis, Anda pun bisa menambahkan beberapa ekstensi untuk menunjang performa yang lebih unggul. Segala bentuk format file baik itu CSV, Excel, HTML, atau JSON bisa Anda gunakan dengan plugin ini. 

Fitur-fitur TablePress:

  • Memudahkan untuk meng-input data dalam berbagai format file sekaligus tanpa harus memasukkannya satu per satu.
  • TablePress mendukung penggunaan formula matematika dasar di setiap tabelnya seperti pengurangan, penjumlahan, perkalian, dan sebagainya.
  • Anda bisa menambahkan aneka jenis ekstensi gratis maupun berbayar dengan fasilitas yang lebih mumpuni seperti ekstensi untuk filtering, pengurutan data, dan lain-lain.

Untuk tutorial pembuatan tabel dengan TablePress bisa Anda temukan pada artikel kami di Cara Membuat Tabel di WordPress dengan TablePress.

2. Data Tables Generator by Supsystic

plugin table wordpress responsif

Plugin table WordPress terbaik berikutnya adalah Data Tables Generator,  sebuah plugin yang ideal untuk membuat dan mengelola tabel dengan hasil mengesankan. Anda bisa bebas menambahkan berbagai desain, grafik maupun diagram untuk membuat tampilan tabel lebih menarik. 

Sama dengan TablePress, plugin jebolan Supsystic ini juga menawarkan fasilitas secara gratis maupun Premium yang bisa Anda upgrade kapan saja. Terdapat juga berbagai opsi ekstensi yang ideal khusus kebutuhan website bisnis seperti menambah jumlah kolom tanpa batas, membuat tabel dengan ukuran besar, penggabungan sel, dan format data.

Fitur-fitur Data Tables Generator:

  • Data Tables Generator telah terintegrasi dengan WooCommerce serta berbagai plugin Supsystic lainnya untuk mendukung pembuatan tabel yang lebih kompleks.
  • Mendukung penambahan grafik visual seperti diagram lingkaran dan diagram batang.
  • Dapat membuat jumlah tabel dan kolom tak terbatas.
  • Tersedia berbagai akses kustomisasi seperti filtering, penambahan warna, pagination, dan lain-lain.
  • Mendukung ekspor dan impor data dalam format CSV, PDF, dan Excel.
  • Memudahkan proses perhitungan dengan formula matematika dasar seperti penjumlahan, perkalian dan pembagian.

3. Ninja Tables

rekomendasi plugin table untuk wordpress

Ninja Tables juga tak kalah powerful dengan kedua plugin sebelumnya. Di samping menawarkan pelayanan secara gratis, Anda juga bisa upgrade ke layanan Premium untuk mendapati fitur-fitur yang lebih canggih. 

Ada 3 jenis layanan Premium yang bisa Anda sesuaikan dengan pilih, yakni Single License dengan biaya $49, Agency License seharga $99, dan Agency License untuk fasilitas tanpa batas (unlimitied) dengan biaya $399.  

Dengan mengakses layanan Premium, Anda bisa mendapatkan fitur pengeditan tabel front-end, drag-and-drop, berbagai opsi warna tabel, terintegrasi dengan WooCommerce, filtering, opsi sortir tingkat lanjut, koneksi ke Google Sheets, dan masih banyak lagi.

Walaupun begitu, layanan gratis Ninja Tables sebenarnya sudah sangat cukup untuk mendapatkan tabel yang sempurna. Anda bisa mengatur ukuran tabel, mengubah bentuk garis setiap kolom, menggunakan fitur sortir, dan memasukkan berbagai warna yang diinginkan.

Fitur-fitur Ninja Tables:

  • Mempunyai banyak tools tambahan untuk mengkustomisasi tabel yang lebih menonjol.
  • Dapat terhubung langsung dengan Google Sheets.
  • Melengkapi tabel dengan unggahan media seperti tambahan foto dan video di dalam tabel.
  • Menyortir setiap tabel dengan fitur drag and drop.
  • Mendukung impor dan ekspor data dalam format CSV dan JSON.
  • Ideal untuk kebutuhan bisnis online shop karena telah terintegrasi dengan WooCommerce.

4. Easy Table

rekomendasi plugin table untuk wordpress

Sesuai dengan namanya, plugin table WordPress satu ini tidak hanya mudah digunakan tapi juga ringan di kantong, alias gratis. Anda juga tak memerlukan keahlian khusus HTML untuk menciptakan tabel yang diinginkan.

Segala jenis data dalam format CSV bisa Anda impor dan ekspor melalui plugin ini. Sehingga Anda bisa membuatnya secara manual pada WordPress ataupun mengunggahnya dari Excel. Namun, yang membuatnya berbeda dengan plugin lain adalah Easy Table tidak menyediakan ekstensi tambahan maupun layanan upgrade ke tingkat Premium.

Baca juga: 10 Plugin Forum Terbaik untuk WordPress

Tapi tenang, fitur-fitur yang dimiliki plugin ini sudah cukup melengkapi kebutuhan Anda dalam membuat tabel yang ringkas dan sempurna. Anda bisa melakukan berbagai kustomisasi standar setiap kolom tabel seperti pengaturan border, garis, mengganti warna background dan sebagainya.

Fitur-fitur Easy Table:

  • Tidak membutuhkan kemampuan HTML untuk membuat tabel yang diinginkan.
  • Bebas pengaturan tampilan tabel baik dari pemilihan jenis garis, warna kolom, warna latar, dan sebagainya.
  • Dapat mengimpor data dalam bentuk format CSV.
  • Dapat memasukkan tabel pada segala bentuk halaman WordPress dan widget.

5. WP Table Builder

plugin table wordpress terbaik

WP Table Builder menjadi opsi plugin table WordPress responsif berikutnya yang bisa Anda coba. Persis dengan Ninja Tables, plugin ini mengusung fitur drag and drop sehingga pembuatan tabel bisa lebih dinamis. 

Anda bisa memanfaatkannya saat membuat tabel perbandingan produk, tabel harga, daftar isi dan sebagainya. Plugin ini juga dibekali dengan beberapa elemen yang bisa Anda atur sebebas mungkin, seperti pengaturan teks, foto, button link, dan komponen warna.

Serta, beberapa fitur kompleks lainnya seperti Table Border, Border Color, Cell Padding, Header Background, Even/Odd Row Background, dan masih banyak lagi. 

  • Pembuatan tabel yang mudah dengan fitur drag and drop.
  • Pada elemen teks, Anda bisa bebas mengubah jenis font, ukuran, dan warna teks.
  • Menambahkan foto dengan berbagai posisi, serta menambahkan link pada foto.
  • Menambahkan button link dengan pilihan warna yang diinginkan.

6. Pricing Tables by Supsystic

plugin table wordpress responsif

Plugin rilisan Supsystic lainnya adalah Pricing Tables. Plugin ini mengusung fungsi berbeda dengan seri sebelumnya yaitu Data Tables Generator. Ya, walaupun keduanya memiliki tujuan sama, yakni membantu pembuatan tabel di WordPress,  plugin kali ini sangat ideal untuk membuat tabel harga.

Anda bisa mengandalkannya dalam membuat tabel daftar harga dengan visual yang lebih menarik. Sehingga sangat membantu untuk yang memiliki website e-commerce atau bisnis online. Plugin ini tersedia dalam dua versi, gratis dan premium.

Walau tersedia versi premium, sebenarnya Anda sudah bisa menikmati segala komponen penting dalam membuat tabel melalui versi gratis. Seperti fitur ekspor dan impor tabel, penambahan kolom tak terbatas, penambahan logo di dalam tabel, fitur drag and drop, tata letak yang  

Untuk yang berminat melakukan upgrade ke premium, Anda bisa memilih beberapa layanan dari kisaran harga $29 hingga $99 tergantung berapa banyak situs yang Anda miliki. Intinya, dengan menggunakan plugin Pricing Tables, Anda bisa memperoleh dua fungsi dalam satu aplikasi, yaitu untuk membuat tabel harga dengan hasil maksimal, dan membuat tabel perbandingan standar.

Fitur-fitur Pricing Tables:

  • Plugin gratis sudah melengkapi seluruh kebutuhan dasar dalam pembuatan tabel harga yang solid.
  • Mendukung pembuatan tabel standar (reguler).
  • Pembuatan tabel menjadi fleksibel dengan adanya fitur drag and drop.
  • Anda dapat mengakses ke editor CSS untuk mendapatkan kontrol kustomisasi secara penuh.
  • Dapat mengakses data impor dan ekspor dalam format CSV.
  • Bisa menambahkan berbagai komponen visual seperti gambar, video dan ikon pada tabel.

Baca juga: Plugin Wajib WordPress Terbaik untuk Anda Install

Penutup

Berbeda dengan versi sebelumnya, kini WordPress versi Gutenberg memfasilitasi para penggunanya dalam membuat tabel tanpa memerlukan keahlian HTML. Akan tetapi, hasil tabel yang diperoleh masih sangat sederhana. Sehingga, bila menginginkan hasil tabel yang lebih kompleks, Anda bisa menggunakan plugin table WordPress seperti yang kami rekomendasikan.

Berikut ini adalah rangkuman semua plugin yang dibahas pada artikel ini.

  • TablePress – plugin terpopuler dengan penggunaan yang mudah dan cocok untuk segala jenis format data.
  • Data Tables Generator by Supsystic – terintegrasi dengan WooCommerce dan mendukung penambahan grafik visual.
  • Ninja Tables – mendapatkan fitur pengeditan tabel front-end, drag-and-drop, serta penambahan media di dalam tabel seperti foto dan video.
  • Easy Table – pemakaian yang mudah dan dapat memasukkan tabel pada segala bentuk halaman WordPress maupun widget.
  • WP Table Builder – memiliki beberapa elemen untuk pengeditan teks, foto, button link, dan komponen warna.
  • Pricing Tables by Supsystic – ideal untuk pembuatan tabel daftar harga khusus bisnis online atau e-commerce. 

Itu tadi beberapa referensi plugin table WordPress responsif yang bisa dicoba. Semoga, artikel ini dapat memudahkan pembuatan tabel yang Anda inginkan. Jika memiliki pertanyaan, jangan sungkan untuk meninggalkannya di kolom komentar.

ebook optimasi seo
1
Sekar Ningtyas As a content writer, Sekar always tries to help people in scaling up their competencies about WordPress, SEO and digital marketing through the simplest way.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

15 + nine =

[{"code":""
[{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING100"
{"code":"HOSTING100"
"label":"Extra Diskon 100rb "
"label":"Extra Diskon 100rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Belum Beruntung"
"label":"Belum Beruntung"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":""
{"code":""
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"HOSTING20"
{"code":"HOSTING20"
"label":"Extra Diskon 20rb "
"label":"Extra Diskon 20rb "
"win":true}
"win":true}
{"code":"FREESHIPPING"
{"code":"FREESHIPPING"
"label":"Coba Lagi"
"label":"Coba Lagi"
"win":false}
"win":false}
{"code":""
{"code":""
"label":"Sedikit Lagi! "
"label":"Sedikit Lagi! "
"win":false}
"win":false}
{"code":"HOSTING50"
{"code":"HOSTING50"
"label":"Extra Diskon 50rb "
"label":"Extra Diskon 50rb "
"win":true}]
"win":true}]