Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

Cara Membuat Tabel di WordPress dengan TablePress

1 min read

Cara Membuat Tabel di WordPress

WordPress tidak menyediakan fitur bawaan untuk menampilkan tabel pada postingan. Nah, cara membuat tabel di WordPress dapat dengan mudah menggunakan plugin khusus bernama TablePress.

Plugin ini akan memudahkan Anda dalam menampilkan data pada sebuah tabel. Bahkan, tanpa ilmu pemrograman sedikit pun. Hingga saat ini, TablePress telah diinstal oleh lebih dari 500.000 user dan memiliki sedikitnya 3.000 rating bintang 5.

Fitur yang Dimiliki TablePress

Sebelum Anda melanjutkan tutorial ini, kami akan memberikan sedikit gambaran mengenai beberapa fitur yang ditawarkan oleh TablePress.

  • Lebih dari satu format file import: Anda tidak hanya dapat membuat tabel, tapi juga dapat melakukan import data dengan berbagai format file seperti Excel, CSV, HTML dan file JSON.
  • Export tabel: Jika Anda sudah membuat tabel, Anda dapat dengan mudah melakukan export file ke dalam format CSV, HTML, atau JSON.
  • Ekstensi untuk menambahkan fitur: Anda dapat menambahkan ekstensi yang tersedia jika ingin melakukan modifikasi pada tabel.

Apa yang Anda Butuhkan?

Sebelum memulai langkah pada tutorial ini, Anda membutuhkan:

Berikut adalah Cara Membuat Tabel di WordPress

Langkah 1: Masukan Data pada Tabel

1. Setelah Anda menginstal plugin dan mengaktifkannya pada dashboard WordPress, silakan pilih menu TablePress > Add New Table yang ada di bagian kiri dashboard WordPress.

tablepress

2. Silakan masukkan data berupa nama tabel, deskripsi, jumlah baris dan kolom, kemudian klik simpan dengan menekan tombol Add Table. Untuk Lebih jelasnya silakan lihat gambar di bawah ini.

tabel wordpress

3. Silakan masukkan data ke dalam tabel yang Anda buat pada bagian kolom Table Content. Di bagian kanan atas Anda akan melihat shortcode yang nantinya dapat Anda masukkan pada postingan untuk menampilkan data dalam tabel.

cara membuat tabel wordpress

4. Masih pada halaman yang sama, Anda dapat melakukan modifikasi atau mengatur tampilan tabel. Beberapa hal yang bisa Anda kustomisasi sendiri misalnya memasukkan link, gambar, menambah kolom, menambahkan baris, dan sebagainya.

mengatur tabel

5.  Jika pengaturan telah selesai, silakan simpan dengan menekan tombol Save Changes.

tombol simpan

6. Untuk melihat tampilannya, Anda dapat menekan tombol Preview.

preview tabel

Langkah 2: Masukkan Shortcode pada Postingan

1. Setelah selesai membuat tabel, selanjutnya Anda perlu memasukkan tabel pada postingan. Ada dua pilihan yang bisa Anda gunakan di sini. Pilihan pertama adalah dengan meletakkan shortcode yang dihasilkan ketika membuat tabel (lihat langkah 1 nomor 3).

masukkan shortcode tablepress

2. Pilihan cara membuat tabel di WordPress editor selanjutnya adalah melalui tombol Insert Table from TablePress.

shortcode tablepress

Berikut ini adalah tampilan tabel setelah artikel diterbitkan.

cara membuat tabel di wordpress

Langkah 3: Export Tabel

Seperti yang telah kami sampaikan sebelumnya, plugin TablePress memiliki fitur export plugin. Caranya pun cukup mudah Anda lakukan.

1. Pilih menu TablePress > Export a Table.

export tabel

2. Kemudian, pilih tabel dan format filenya dan klik tombol Download Export File.

export tabel wordpress

3. Berikut ini adalah tampilan data setelah tabel di-export.

tampilan excel

Langkah 4: Import Tabel

Selain fitur export, TablePress juga memiliki fitur import file dengan format CSV, HTML, JSON, XLS, dan XLSX.

1. Pilih menu TablePress > Import a Table.

import tabel

2. Silakan pilih file yang akan Anda import dengan menekan tombol Choose File. Pilih format yang Anda inginkan, kemudian klik tombol Import.

import file

Kesimpulan

Akhir kata, TablePress menawarkan cara membuat tabel di WordPress dengan mudah. Anda hanya perlu melakukan instalasi dan tabel dapat segera Anda pasang pada postingan.

Jika Anda memiliki pertanyaan mengenai tutorial ini, jangan ragu untuk meninggalkan komentar pada kolom yang tersedia. Subscribe sekarang pada kolom yang tersedia untuk mendapatkan artikel terbaru langsung di inbox email Anda. 🙂

2
Waryanto Technical Content Writer, Menyukai dunia Technical IT, Digital Marketing & Travel Blogging. Suka berbagi hal baru yang bermanfaat bagi orang lain.

25 Replies to “Cara Membuat Tabel di WordPress dengan TablePress”

    1. jika yang dimaksud domain gratisan adalah subdomain dari wordpress.com, maka tidak bisa di instal plugin, supaya bisa instal plugin harus upgrade ke premium atau menginstal WordPress di hosting.

        1. Silakan tambahkan code berikut di bagian "Custom CSS" dengan cara pilih menu TablePress > Plugin Options

          .tablepress-id-1 th,
          .tablepress-id-1 td {
          border: 1px solid #cccccc;
          }

          Catatan: untuk angka id silakan disesuaikan dengan id dari tabel Anda, pada contoh ini angka pada id adalah 1.
          Semoga membantu, 🙂

  1. Mas Wayanto bagaimana caranya untuk membuat font menjadi bold/ italic di TablePress. Soalnya tidak ada menu untuk customize font. Font yang masuk ke table secara otomatis jadi reguler semua. Mohon pencerahannya

    1. Anda bisa menambahkan code css melalui pilihan custom css di menu lugin options.

      Contoh codenya seperti ini:

      .tablepress-id-N tbody td {
      font-family: Tahoma;
      font-size: 14px;
      color: #ff0000;
      }

      Catatan: untuk N perlu Anda ubah sesuai dengan ID dari tabel

  2. Mas mau nanya sori #oot nih cara nambahin tulisan berjalan di bawah header dan diatas menu lebih tepat di tengah2 nya..
    terimakasih

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

seventeen − seven =